Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Desain Designer tools Pecinta Adobe Merapat! Ini Dia Koleksi Lengkap Adobe untuk...

Pecinta Adobe Merapat! Ini Dia Koleksi Lengkap Adobe untuk Desain UI/UX

-

Saat kita mendengar atau membicakan nama Adobe, hal pertama yang muncul di benak kita seketika adalah software tools desain plus editing foto, video dan sejenisnya, bukan? Sepak terjang macam-macam Adobe dan fungsinya dalam dunia desain grafis memang tidak perlu diragukan lagi. Adobe software sudah ada sejak zaman dahulu dan masih tetap eksis sampai hari ini sebagai software desain terbaik pilihan desainer profesional, meskipun kini kita juga mengenal banyak software desain lain.

Namun faktanya, memang tidak ada software desain lain yang bisa menandingi kecanggihan, ketangguhan dan daya performa Adobe software. Bahkan tak hanya untuk mendesain gambar biasa, Adobe software kini berkembang hingga lahir software khusus Adobe untuk membangun UI/UX website dan aplikasi.

Adobe punya banyak sekali software tools editing desain untuk membangun UI/UX. Jadi, Anda yang sudah terbiasa memakai Adobe software tidak perlu lagi untuk repot mempelajari software lain. Anda juga beruntung karena artikel edisi kali ini akan membahas macam-macam Adobe dan fungsinya untuk mendesain UI/UX.

Untuk Anda sang pecinta Adobe, yuk simak daftar lengkap Adobe software untuk desain UI/UX berikut ini!

4 Adobe Software Terbaik untuk Desain UI/UX

adobe-creative-cloud

Perusahaan Adobe memang tidak pernah berhenti untuk berinovasi. Jika dulu perusahaan ini sangat terkenal dengan Adobe Photoshop untuk melakukan editing foto biasa, kini, Adobe telah meluncurkan lebih banyak aplikasi desain untuk beragam objek desain atau project, salah satunya adalah desain UI/UX web dan aplikasi.

Dari sekian banyak software editing desain milik Adobe, ada 4 tipe Adobe yang bisa dimanfaatkan oleh desainer untuk membuat desain UI/UX. Keempat software tersebut adalah Adobe XD, Adobe Photoshop, Adobe Illustrator dan Adobe Dreamweaver CC. Keempatnya mempunyai spesifikasi dan kegunaan yang berbeda-beda, lho. Yuk kita cari tahu pada penjelasan lebih lanjut untuk keempatnya berikut ini:

Artikel Terkait  User Research | Mengenal Perilaku User dan Kebutuhannya Terhadap Aplikasi

Adobe XD (Experience Design)

Nama Adobe XD sangat identik dengan software desain UI/UX website atau aplikasi. Fitur-fitur khas pada Adobe XD sengaja dirancang untuk mempermudah desainer dalam membuat desain UI/UX. Seluruh program pada Adobe XD pun sangat responsif, dan intuitif, sehingga tak mengherankan banyak developer UI/UX yang tertarik menggunakan Adobe XD untuk project mereka.

Desainer pemula pun dapat dengan mudah dan cepat belajar memakai Adobe XD, sebab sudah terdapat tutorial untuk menjalankan software ini. Anda cukup menekan tombol ‘start screen’ > ‘Begin Tutorial’, dan pedoman tutorial memakai Adobe XD sudah akan terpampang langsung untuk Anda coba. Prototype yang dapat dibuat dengan Adobe XD bisa beraneka ragam, mulai dari screen aplikasi dan web untuk smartphone Android dan iOS, tablet, hingga laptop dan PC desktop.

Ada banyak fitur desain fungsional dalam Adobe XD yang bisa Anda coba untuk membuat desain UI/UX. Fitur-fitur tersebut antara lain:

Repeat Grid

Fitur ini hanya ada di  Adobe XD. Dengan fitur repeat grid, Anda bisa membuat objek yang sama berulang kali dengan memakai 1 sampel yang telah dibuat sebelumnya. Cukup buat sebuah objek, kemudian tekan tombol ‘repeat grid’ dan klik ‘activate’. Nantinya, Anda bisa mengulang membuat objek  secara otomatis plus menyesuaikan jarak antar objek. Repeat grid ini banyak digunakan untuk membuat bentuk-bentuk tetap  dalam jumlah banyak seperti tabel, gambar list teks, dan kotak-kotak gambar di galeri smartphone.

UX Kits

Selanjutnya adalah UX Kits untuk menyusun UI/UX bagi aplikasi smartphone iOS, Android, Google dan Windows. UI Kita memberikan Anda aneka elemen standar untuk membangun UI bagi semua platform aplikasi. Anda tidak perlu pusing karena cukup memakai template elemen yang sudah ada dan menyesuaikannya saja sehingga tampak sama persis dengan aplikasi di lingkungan sesungguhnya. Untuk mengakses, Anda bisa melakukannya dengan masuk ke dashboard > menu file > klik ‘Kit UI’.

Library Creative Cloud

Ada juga fitur library creative cloud yang memungkinkan Anda untuk memperoleh banyak template warna, style, gambar, dan karakter lain untuk mempercantik desain UI aplikasi ataupun website. Jadi, Anda tidak perlu repot membuat gambar sendiri terlebih dahulu atau melakukan browsing dari internet. Cukup gunakan kumpulan template yang tersedia di library khusus creative cloud.

Symbols, Preview dan Export

Fitur-fitur lain yang bisa Anda peroleh di Adobe XD untuk mendesain UI/UX adalah symbols, preview dan export. Symbols dapat Anda aplikasikan pada kanvas atau artboards XD untuk dijadikan sebagai objek desain. Sementara hasil jadi desain dapat dibagikan melalui fitur export atau ditampilkan pada menu preview.

Adobe Photoshop

adobe-photoshop

Selain Adobe XD, Anda juga bisa memakai Adobe Photoshop untuk mendesain UI/UX website. Photoshop adalah software editing foto yang sangat populer. Muncul pertama kali di tahun 1982, sampai hari ini ada banyak sekali versi Photoshop yang bisa dimafaatkan untuk mengedit foto, video, hingga yang terbaru adalah untuk mendesain UI/UX.

Artikel Terkait  Efisien Membangun UI/UX dengan MockFlow

Dengan Photoshop, Anda bisa menambahkan beragam efek ke dalam gambar, atau memperbaiki citra gambar yang dirasa kurang baik. Tapi Anda juga bisa membuat desain baru dari kanvas putih kosong dengan Photoshop. Nantinya, gambar desain yang Anda buat dapat diekspor menjadi tampilan UI/UX web atau aplikasi yang sedang dibuat.

Fitur-fitur unggulan dari Adobe Photoshop adalah:

  • Fitur editor (cut, copy, select tool, brush, shape, line, magic wand)
  • Fitur layer (main layer, layer background, layer additional)
  • Fitur warna / color (RGB color model, CMYK, Grayscale, Lab color model)
  • Preview dan View
  • Export to PDF, PNG, JPG, JPEG, XML.
  • Import file dari komputer atau source lain
  • Bitmap, duotone, dan masih banyak lagi.

Adobe Illustrator (AI)

Adobe ketiga untuk desain UI/UX web dan aplikasi adalah Adobe Illustrator atau yang biasa dikenal sebagai AI. Adobe Illustrator memiliki warna icon kuning dengan tulisan AI dan sangat populer di kalangan desainer grafis saja. Berbeda dengan Adobe Photoshop yang terkenal di kalangan semua orang, baik desainer maupun non-desainer / masyarakat awam.

AI adalah software adobe khusus untuk membuat ilustrasi vektor. Adobe Illustrator biasa digunakan untuk membuat desain mockup seperti desain baju, desain logo, infografis, kartun, wallpaper, hingga keperluan website UI/UX. Pada desain UI/UX, Adobe Illustrator banyak dimanfaatkan untuk mengedit bagian header aplikasi dan website. Namun hal tersebut tidak berarti bahwa AI tidak bisa digunakan untuk mengedit tampilan keseluruhan halaman pada website atau aplikasi. Sepintas pula, fitur-fitur milik AI mirip dengan Ps (Photoshop).

Adobe Dreamweaver CC

Terakhir adalah Adobe Dreamweaver CC atau Adobe Dreamweaver. Adobe Dreamweaver merupakan software editor pada pengembangan website dengan metode WYSIWYG, alias ‘What You See Is What You Get’.

Adobe Dreamweaver CC ditulis dengan bahasa pemrograman C. Namun dengan memakai software ini, Anda tidak repot menggunakan coding bahasa pemrograman untuk mengelola dan menata ulang website. Adobe Dreamweaver menjamin Anda untuk bisa membuat website yang responsif dengan mudah, karena di dalamnya sudah terdapat 1 paket lengkap web builder dan web deploy tool alias perpaduan HTML dan WYSIWYG. Dreamweaver juga bisa digunakan untuk mengembangkan UI/UX plus badan website dan aplikasi itu sendiri karena software Adobe ini sudah dirancang menjadi IDE (integrated development environment).

Mempelajari Dreamweaver cukup mudah karena sudah terdapat tutorial langsung di dalam aplikasi selayaknya pada Adobe XD. Segera setelah menguasai Adobe Dreamweaver CC, Anda akan bisa dengan mudah melakukan drag dan drop pada dashboard, melakukan preview serta mengupload web ke server, mengelola CMS (content management system), hingga mengatur sintaks kode software dengan teks. Nah, dari keempat nama Adobe software di atas, manakah tools desain yang menjadi jagoan Anda: XD, AI, PS, atau Dreamweaver?

Demikianlah pembahasan kali ini tentang macam-macam Adobe dan fungsinya, khususnya sebagai software desain UI/UX terbaik. Sudah tidak sabar untuk mencoba mendownload Adobe software? Tenang, Anda kini bisa mendapatkan Adobe software dengan membeli di www.adobe.com. Semua paket Adobe sudah tersedia lengkap di situs resmi Adobe.

Artikel Terkait  Mau Mendesain UI/UX Tanpa Ngoding? Yuk Pakai “Axure”!

Namun Anda juga bisa memakai link download kumpulan software Adobe ini: https://safelink.kadal.club/full/?api=172713e6e33463f2d5ab1dca40109822326285eb&url=aHR0cHM6Ly9mYy5sYy9jRTd5Vw==&type=2

Anda cukup mencopy dan paste link download kumpulan software Adobe tersebut ke browser dan menekan enter. Sebagai catatan, ukuran seluruh file Adobe software yang tersedia pada link tersebut adalah 10GB. Jadi, agar proses download berjalan dengan lancar, maka Anda perlu memastikan bahwa gadget hardware yang Anda pakai mempunyai ruang kosong yang cukup, ya. Untuk membuka file pasca mendownload kumpulan software Adobe, Anda perlu memasukkan kode password: www.yasir252.com.

Terima kasih sudah mengikuti artikel edisi kali ini sampai di sini! Semoga ilmu yang didapat membawa manfaat untuk Anda, dan nantikan juga lebih banyak artikel menarik plus informatif lainnya hanya dari Appkey.id! Sayonara!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya