Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Desain Design UI Panduan Tersimpel Membuat Mockup dengan Balsamiq

Panduan Tersimpel Membuat Mockup dengan Balsamiq

-

Bingung mau membuat prototipe mockup memakai software desain yang mana? Jangan pusing-pusing, yuk coba tutorial Balsamiq mockup Indonesia berikut ini!

Sudah pernah mendengar nama software Balsamiq? Nama Balsamiq mockup adalah salah satu software desainer UI/UX terbaik yang sering muncul di halaman-halaman rekomendasi software desainer. Bahkan tak sedikit juga desainer pr ofesional yang mengandalkan Balsamiq sebagai software desain andalannya. Selain itu, Balsamiq mockup adalah software desain UI/UX yang mudah dipelajari oleh pemula alhasil semakin menjadikannya sebagai salah satu software desain yang wajib untuk Anda coba!

Apa itu Balsamiq dan bagaimana cara kerjanya untuk membuat desain? Yuk tanpa berbasa-basi lagi, mari kita jawab pertanyaan tersebut dengan scroll membaca artikel edisi kali ini seputar tutorial Balsamiq mockup software. Selamat membaca!

Apa Itu Balsamiq dan Mengapa Kita Harus Membuat Prototipe Desain?

apa-itu-balsamiq

Mengapa, sih, kita perlu membuat prototipe mockup? Untuk Anda yang belum tahu atau baru belajar menjadi seorang desainer UI/UX, prototipe adalah sebuah gambar atau sketsa dasar dari software yang hendak digarap. Di sini, tugas seorang desainer adalah turut serta bersama developer menyusun bentuk dari aplikasi atau website yang sedang dikerjakan. Pun dengan adanya prototipe dasar, maka developer bisa dengan lebih mudah menyusun komponen dari produk software yang dikerjakan.

Namun ingat, prototipe mockup ini adalah sebuah bentuk sketsa dasar atau awal saja, bukan gambaran hasil akhir dari aplikasi atau website yang sedang dibuat. Jadi, Balsamiq mockup adalah alat bantu untuk mempermudah Anda menyusun seperti apa bentuk awal dari software yang sedang dibuat. Dengan adanya prototipe, Anda dan tim bisa lebih gampang menganalisis kinerja software, memperkirakan fitur-fitur utama serta posisinya, dan memperkirakan apakah software dapat digunakan dengan mudah oleh user atau belum.

Artikel Terkait  Contoh Web Perusahaan, Bisnis dan Toko Online Dengan Desain Terbaik Tahun ini

Sampai di sini, sudahkah Anda memahami apa itu Balsamiq dan mengapa membuat prototipe desain itu penting? Jika sudah, selamat! Kini Anda bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya yang mendownload Balsamiq.

Tentunya sebelum bisa menggunakan Balsamiq untuk mendesain, Anda perlu mendownload Balsamiq terlebih dahulu. Sesungguhnya ada cukup banyak software yang bisa digunakan untuk membuat rancangan prototipe UI/UX website atau aplikasi, seperti Adobe XD, InVision Studio, dan Figma Studio. Namun di antara semua nama software desain tersebut, Balsamiq adalah software termudah yang bisa membantu Anda lebih cepat dalam proses belajar membuat mockup prototipe.

Bagaimana dengan fitur-fitur Balsamiq? Tenang, Balsamiq menghadirkan banyak fitur editing lengka yang semuanya dapat diunduh dan digunakan secara gratis untuk versi demo. Untuk Anda yang belum download Balsamiq mockup, Anda bisa mendownloadnya via link website resmi Balsamiq di: https://balsamiq.com/download/ .

Jika sudah mendownload Balsamiq, yuk lanjutkan membaca ke bagian selanjutnya!

Tutorial Mendesain Sketsa Prototipe dengan Balsamiq

desain-sketsa

Tibalah kita di bagian inti yang dinanti-nanti, yaitu tutorial mendesain sketsa UI/UX dengan Balsamiq. Dengan Balsamiq, Anda bisa membuat desain sketsa prototipe apa saja, baik tampilan UI/UX website ataupun UI/UX sebuah aplikasi.

Apapun project yang Anda kerjakan, Balsamiq telah terbukti mampu memprosesnya (loading) dengan cepat, anti lelet apalagi mengakibatkan perangkat mengalami kemacetan (lag). Kemudian, hasil prototipe yang dirancang dapat diekspor dalam beragam bentuk seperti link untuk dicoba dijalankan via browser.

Sebelum memulai, berikut ini ada sedikit tips yang wajib Anda ketahui untuk bisa merancang sebuah prototipe yang bagus:

  • Buatlah tatanan desain dan pemosisian fitur-fitur yang berurutan serta sesuai kebutuhan. Trik ini akan membuat desain Anda tetap rapi.
  • Gunakan kombinasi warna yang baik, memiliki kontras dan enak dilihat.
  • Memakai platform atau gadget yang mendukung proses pengembangan project.
  • Berikan sejumlah assets gambar untuk mempercantik desain.

Yuk sekarang kita coba tutorial membuat sketsa prototipe dengan Balsamiq mockup. Dicatat cara-caranya, ya!

Instal Aplikasi

Pertama-tama, buka https://balsamiq.com/download/ lalu tunggu hingga download otomatis berjalan pada hardware atau gadget yang Anda gunakan. Apabila download sudah selesai dijalankan, maka selanjutnya adalah melakukan instalasi. Instalasi Balsamiq dapat dilakukan dengan mudah. Cukup klik file yang baru terdownload, kemudian klik ‘run’.

Apabila muncul box berisi instruksi download, Anda tinggal mengikuti perintah yang diberikan seperti mengklik ‘next’ hingga mencapai tombol ‘finish’. Instalasi akan dijalankan otomatis oleh komputer sampai Anda sukses memperoleh tombol shortcut menuju aplikasi Balsamiq di dekstop. Jika instalasi sudah beres, bukalah aplikasi.

Memilih Platform

Setelah membuka aplikasi, Anda akan langsung diarahkan ke dashboard Balsamiq. Di sini pekerjaan Anda dimulai. Mula-mula, Anda harus memilih platform yang akan didesain. Platform ini ibaratnya ‘kanvas’ desain Anda.  Untuk memilih platform, ikuti langkah-langkah:

Artikel Terkait  Efisien Membangun UI/UX dengan MockFlow

  • Buka menu.
  • Klik menu toolbar container.
  • Anda akan langsung menemukan beragam tipe platform gadget yang bisa didesain. Ada platform tampilan web untuk beragam perangkat. Ada juga tampilan aplikasi untuk beraneka jenis device seperti smartphone android dan iOS, desktop dan tablet.
  • Begitu menemukan tipe platform yang paling sesuai untuk prototipe project Anda, langsung klik platform pilihan.
  • Tampilan desain akan langsung muncul di bagian tengah layar dashboard editing.

Mulai Berkreasi

Dari sini Anda sudah bisa mulai berkreasi mendesain sesuka hati! Anda bisa menyusun beraneka jenis tombol pada ilustrasi aplikasi, menambahkan teks dengan beragam font dan ukuran, hingga mengganti warna-warni background dan aneka tombol atau menambahkan foto untuk mempercantik desain.

Semisal Anda ingin fokus membuat tampilan prototipe laman login dari aplikasi pada smartphone. Caranya sangat simpel, yakni:

  1. Buat beragam ‘shape’ atau bentuk box untuk diposisikan di bagian tengah layar platform smartphone. Anda bebas menentukan kombinasi warnanya sesuai keinginan atau tema dari
  2. Kemudian, tambahkan teks khas judul menu login (seperti “Hi, Welcome!”) atau menyelipkan logo dari aplikasi maupun brand untuk dapat memperkuat tampilan desain. Jika Anda memerlukan inspirasi, Anda bisa melihat beragam menu login yang dipunyai oleh aplikasi-aplikasi yang sudah jadi atau beredar di pasaran.
  3. Buat form username dan password. Klik menu > pilih opsi ‘form’ > klik ‘input text’. Kolom menu isian login sudah selesai.
  4. Terakhir, buatlah tombol masuk atau login ke aplikasi. Caranya juga sama seperti sebelumnya: klik menu > pilih opsi ‘button’ > klik input text pada template button yang sudah disediakan.

Artikel Terkait  5 Masalah Desain UI/UX yang Sering Dihadapi Developer

Memeriksa Desain

Sampai di sini Anda sudah berhasil membuat 1 desain prototipe UI/UX aplikasi yakni menu login ke aplikasi smartphone. Mudah sekali bukan? Namun jangan tergesa-gesa menampilkan hasil desain Anda ke klien. Lebih baik lakukan pengujian atau pengecekan desain terlebih dahulu. Cara mengecek desain ini juga gampang. Anda cukup scroll ke bagian pojok kanan atas aplikasi Balsamiq hingga menemukan tombol ‘play’. Klik tombol tersebut. Apabila Anda bisa mengoperasikan prototipe dengan baik, maka desain yang dibuat sudah benar dan lancar – siap untuk ditampilkan kepada klien!

Ekspor File

Tahap terakhir adalah menyerahkan desain kepada klien. Untuk memudahkan mengirim file ke klien, Anda bisa melakukan mengekspor file ke dalam aneka bentuk seperti link, file .jpg atau file PDF. Cukup klik menu > opsi ekspor (export) > klik format yang diinginkan untuk dieksport. Balsamiq akan bekerja mengekspor file dengan otomatis, Anda cukup menunggu saja hingga loading selesai.

Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini tentang tutorial Balsamiq mockup Indonesia. Semoga setelah membaca tutorial Balsamiq mockup Indonesia di atas, Anda kini sudah bisa mencoba mengerjakan Balsamiq mockup sendiri, ya!

Terima kasih sudah mengikuti artikel edisi kali ini sampai di sini. Jangan lupa temukan lebih banyak artikel menarik dan berwawasan lainnya seputar dunia IT hanya dari Appkey.id. Sayonara!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya