Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Desain Design UI Kumpulan UI Design Libraries Terbaik dan Pentingnya Mulai Membuat...

Kumpulan UI Design Libraries Terbaik dan Pentingnya Mulai Membuat Library Sendiri

-

Ingin membuat web UI design untuk project software terbaru tapi sedang minim inspirasi desain? Atau, Anda ingin mendesain project secara simpel tapi tidak punya koleksi library UI design yang bisa dijadikan resources desain? Tenang, Anda sudah menemukan jawabannya di artikel Appkey.id edisi kali ini!

Dunia pengembangan software nyatanya tidak dapat lepas dari tampilan antar muka. Dalam dunia IT, istilah tampilan antar muka lebih akrab dikenal sebagai User Interface atau UI. UI tak hanya berperan dalam memberikan tampilan yang menarik dari sebuah aplikasi atau website ke pengguna, sehingga pengguna betah berlama-lama memakai software yang Anda buat.

Sayangnya, menyusun sebuah tampilan UI secara utuh dari nol merupakan pekerjaan yang amat rumit dan nyaris mustahil, apalagi bagi pemula. Kebanyakan desainer akan memanfaatkan UI template free dan background UI design sebagai salah satu trik cerdas untuk merampungkan pekerjaan.

Pun saat ini sudah ada banyak web UI design library yang bertebaran di internet dan bisa diakses gratis. Penasaran apa saja rekomendasi library UI design rekomendasi terbaik yang bisa Anda gunakan? Yuk kita simak rekomendasi pilihan web UI design dari Appkey.id berikut ini. Selamat membaca!

8 Rekomendasi UI Template Free untuk Pemula

desainapp1

Teknologi terus berkembang dari hari ke hari untuk mempermudah user (pengguna) dalam merampungkan pekerjaannya. Kali ini, kita akan membahas kecanggihan sumber daya teknologi dalam mempermudah pekerjaan UI desainer.

Tak sedikit UI desainer memilih untuk menggunakan bantuan web UI design library dan background UI design saat membuat rancangan prototipe dan hasil jadi UI/UX. Biasanya, resources web UI design tersebar dalam bentuk libraries atau UI kit.

Artikel Terkait  Percantik Aplikasi Anda dengan Font Gratis yang Keren Ini, Berikut Cara Downloadnya!

Masing-masing web UI design biasanya sudah membuat aneka komponen dan elemen mentah yang siap  disusun menjadi sebuah desain jadi, seperti elemen ikon, tombol, font, aneka shapes, warna dan lain sebagainya. Jadi, Anda tidak perlu menyusun desain UI software dari nol.

Pun Anda tidak perlu repot mencari aneka resources web UI design library dari beragam sumber, karena berikut ini kami sudah menyusun 8 rekomendasi web UI design library yang mudah diaplikasikan oleh desainer pemula.  Yuk dicatat!

Greyhound UX Diagram

Pertama adalah Greyhound UX Diagram. Di sini, Anda bisa menemukan UI kit yang memuat ratusan elemen gratis desain siap pakai, seperti tanda tombol, vektor-vektor dalam beragam bentuk, mini flowchart dalam bentuk kartu, diagram, block-block action, tanda panah (arrow), dan masih banyak lagi.

Anda bisa mengakses template ini pada link: https://elements.envato.com/greyhound-ux-flowcharts-M2GRXM

UX Workflow

Kedua adalah UX Workflow, yang tak hanya simpel secara tampilan (UI), tetapi juga memudahkan user dan mampu meningkatkan UX (user experience) dari penggunaan aplikasi atau website. Dengan UX Workflow, Anda bisa membuat sebuah sitemap yang simpel dan saling terkoneksi. Alhasil,  Anda bisa mudah menghubungkan semua pages yang dimiliki oleh website dan menghasilkan tampilan yang praktis plus bersinergis.

Akses UX Workflow di link: https://elements.envato.com/ux-workflow-wireframe-and-sitemap-creator-SPMCV8

6 Wireframes e-Commerce

Ingin punya tampilan software khas e-commerce? Anda bisa memakai template UI 6 Wireframes e-Commerce. Template ini menyediakan ratusan pilihan warna, tipe font dan ukuran, logo / icon, gambar background, dan komponen-komponen lainnya yang siap digunakan untuk mendesain. Semuanya juga dapat Anda akses secara gratis hanya dari link: https://elements.envato.com/6-ecommerce-wireframes-GNSSXE
WeDot
Rekomendasi selanjutnya adalah WeDot yang sudah sangat terkenal di kalangan para desainer profesional. Di sini, Anda bisa mendapatkan aneka UI wireframe hingga lebih dari 150 layout siap pakai. Anda bisa memakai layout wireframe ini untuk mendesain aneka tampilan database, dashboard, dan juga grafik pada aplikasi. Tertarik untuk mencoba?

Download template UI WeDot di: https://elements.envato.com/wedot-wireframe-ui-kit-WFW9KY

Collector Wireframe Web Kit

webp

Template UI yang satu ini biasanya digunakan untuk proses desain UI di Adobe XD, karena template ini juga dirancang secara khas untuk Adobe. Sehingga untuk Anda yang memakai software desain UI/UX selain Adobe XD, mungkin Anda bisa memilih untuk mencoba template desain lainnya. Beberapa contoh project yang bisa didesain dengan Collector Wireframe Web Kit antara lain tampilan blog, portofolio, tabel harga dan header web.

Download template ini di: https://elements.envato.com/collector-wireframe-web-kit-7KDK5W

Blokk Wireframe Kit

Blokk adalah UI wireframe kit yang biasa digunakan untuk mendesain 1 halaman website. Berbeda dengan template UI lainnya, Blokk Wireframe Kit bekerja dengan basis sistem Bootstrap sehingga bisa menghasilkan prototipe yang persis sebagaimana tampilan hasil jadi software (tampilan real).

Artikel Terkait  Apa itu GUI (Graphical User Interface)?

Download Blokk Wireframe Kit di: https://elements.envato.com/blokk-wireframe-kit-R72Q3E

Wirey Wireframe Kit

Ingin membuat tampilan UI web yang lengkap dan dinamis dengan aneka fitur fungsional seperti footer, navigasi, header, blog dan fitur-fitur aktif lain? Tenang, Anda bisa memakai Wirey Wireframe Kit yang bisa didownload langsung dan gratis dari: https://elements.envato.com/wirey-wireframe-kit-4YTLEJ . Yuk langsung coba sekarang!

Awesome Web UI Kit

Selain Blokk, Awesome Web UI Kit juga dirancang dengan memakai sistem Bootstrap grid dan Photoshop. Anda bahkan bisa mengimpor file editing dari Photoshop untuk disempurnakan hasilnya dengan template UI ini. Fitur-fitur dan elemen pada template ini sangat lengkap, gratis, dan mudah digunakan untuk mendesain. Dapatkan template ini sekarang di: https://elements.envato.com/awesome-web-ui-kit-CHKMQW

Bagaimana, sudah menemukan template desain UI yang ingin Anda coba gunakan? Jika Anda belum menemukan template UI yang sesuai dengan keinginan atau kebutuhan, maka tidak ada salahnya untuk membuat library UI sendiri, lho.

Membuat UI library sendiri sering kali menjadi salah satu hal yang direkomendasikan oleh para desainer profesional. Setidaknya ada beberapa alasan sekaligus keuntungan yang bisa Anda peroleh jika mengembangkan atau memiliki library UI sendiri:

  • Desain Anda akan tampak konsisten dan mempunyai gaya atau style desain yang khas, konsisten dan gampang dibedakan oleh user pengunjung website / pengguna app. Hal ini dikarenakan Anda mempunyai elemen-elemen desain yang khas seperti nuansa warna tersendiri, koleksi font tersendiri, dan bentuk-bentuk icon khusus.
  • Mudah bekerja dengan lebih cepat karena library UI sudah tersedia dan siap digunakan langsung. Anda tidak perlu repot mencari dan memilah template online terlebih dahulu.
  • Mudah dimaintenance, alias kode-kode desain pada UI/UX Anda dijamin lebih mudah dipelihara bahkan dikustomisasi (update) karena semua kode desain dan elemen ada dalam genggaman Anda. Jika memakai template milik orang lain, besar kemungkinan template yang mereka sediakan bisa dilupakan, tidak dirawat, dan diubah-ubah sesuka hatinya sehingga Anda mungkin harus mencari template baru yang lebih sesuai dengan desain project.

Artikel Terkait  Metrik Paling Penting Yang Menjadi Masalah Untuk Aplikasi SMB Anda

Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini tentang kumpulan library UI design yang bisa Anda coba. Dengan rekomendasi di atas, Anda tidak perlu pusing lagi kesusahan mencari background UI design atau UI template free dari banyak sumber! Kini Anda sudah bisa langsung fokus pada aktivitas membuat web UI design yang terbaik.

Terima kasih sudah mengikuti artikel  kali ini sampai di sini. Jangan lupa untuk menemukan lebih banyak artikel menarik yang tak hanya sebatas tentang web UI design, tapi juga tentang beragam aspek dalam dunia IT lainnya dari Appkey.id! Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya