Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

DesainDesign WebYang Perlu Diketahui Tentang Daftar Periksa Pengujian Desain Web...

Yang Perlu Diketahui Tentang Daftar Periksa Pengujian Desain Web Responsif

-

Kita hidup di era smartphone, dan kita menghabiskan banyak waktu untuk perangkat ini. Tahukah Anda bahwa rata-rata pengguna ponsel cerdas saat ini menghabiskan 4 jam 30 menit per hari untuk perangkat mereka? Kemungkinan besar Anda juga membaca artikel ini melalui smartphone Anda.

Smartphone hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran layar. Dan prospek dan pelanggan Anda dapat menggunakan salah satu dari mereka untuk mengakses situs web Anda. Artinya, situs web Anda harus terlihat bagus dan mudah digunakan, apa pun perangkat yang digunakan orang.

Di situlah pengujian desain web responsif berperan. Ini memastikan bahwa situs web Anda terlihat bagus dan berfungsi dengan baik di seluruh perangkat, baik itu desktop, laptop, tablet, atau smartphone.

Cara terbaik untuk memastikan bahwa Anda berhasil melakukan pengujian desain web responsif adalah dengan membuat checklist. Itulah mengapa kami membuat checklist pengujian desain web responsif ini. Mari kita mulai.

Apa Itu Desain Web Responsif?

laravel-tutorial-3

Desain web responsif secara otomatis menyesuaikan situs web ke berbagai ukuran layar, resolusi, dan orientasi, dan lain sebagainya. Jadi, jika kita menggunakan perangkat 7,1’, elemen harus ditingkatkan secara otomatis dari apa yang akan terjadi pada perangkat 5,5’.

Saat ini, praktik ini menjadi lebih penting dari sebelumnya karena semakin banyak orang yang melihat situs web Anda pada layar dan perangkat yang berbeda. Anda harus terbiasa dengan konsep dan praktik desain responsif untuk pengujian yang baik.

Artikel Terkait  Panduan Tersimpel Membuat Mockup dengan Balsamiq

Checklist untuk Pengujian Desain Web Responsif

Kita semua ingin situs web kita terlihat bagus di seluruh perangkat, dan daftar periksa pengujian desain web responsif ini akan membantu Anda melakukannya. Jika Anda tertarik untuk menjelajahi lebih lanjut tentang mengembangkan situs web yang ramah seluler dan responsif. Anda dapat mengunjungi Panduan Membuat Situs Web Ramah Seluler dan membuat situs web untuk setiap perangkat seluler di luar sana, termasuk metodologi desain responsif secara detail.

Menguji Masalah Kompatibilitas Lintas Browser

Langkah pertama dan terpenting dalam pengujian desain responsif adalah melakukan pengujian lintas browser pada perangkat dan memverifikasi apakah situs web kompatibel lintas browser atau tidak. Ini memungkinkan Anda untuk melihat dan menjelajahi situs web Anda di browser, sistem operasi, atau resolusi apa pun. Ini adalah konsep yang lebih mendalam.

Uji Font pada Beberapa Perangkat

Untuk menarik pengguna secara visual, pengembang menggunakan berbagai font dan metode desain untuk menulis teks di situs web mereka. Font ini mungkin atau mungkin, tidak didukung secara universal dan dapat berubah menjadi karakter atau kode acak di perangkat yang bergantung pada format encoding. Pengujian font sangat penting dilakukan pada beberapa perangkat, terutama sebelum digunakan untuk pengujian responsif yang nyata.

Uji Kombinasi Perangkat-Browser

Analisis web dan lalu lintas seluler dari Google Analytics dan sertakan browser dan perangkat yang digunakan untuk mengunjungi situs web. Anda dapat mempertimbangkan untuk menyertakan versi beta untuk menguji desain web responsif dari situs web. Aktivitas ini harus dilakukan setiap kuartal dengan sistem operasi baru dan perangkat ditambahkan dan menghilangkan yang lama.

Uji untuk Perangkat Layar Kecil

Karena pengguna seluler meningkat setiap hari, Anda tidak dapat memiliki situs web yang tidak merespons setiap perangkat seluler. Oleh karena itu, menjadi sempurna untuk mempertimbangkan pendekatan desain yang mengutamakan seluler sambil mendesain daya tanggap. Desain Anda harus sesuai dengan perangkat layar kecil, seperti ponsel, kemudian beralih ke layar yang lebih besar.

Uji Kecepatan Website Anda

test-selenium

Desain responsif mengukur efisiensi elemen Anda dalam hal skala naik atau turun menurut perangkat. Namun saat kita melihat elemen berat seperti gambar, video, dan yang lainnya, Itu adalah perhatian utama yang memengaruhi kecepatan pemuatan situs web pada perangkat yang lebih kecil seperti seluler, yang biasanya bekerja pada bandwidth yang lebih rendah.

Jika kita terus menggunakan gambar yang sama dengan yang kami render di layar yang lebih besar seperti laptop, waktu muat akan meningkat secara proporsional, yang dapat membuat pengguna akhir Anda frustrasi.

Artikel Terkait  Cara Memilih Skema Warna Terbaik untuk Aplikasi Anda

Menguji Penyelarasa Elemen

Penyelarasan elemen penting untuk perangkat layar yang lebih kecil karena mudah dikenali. Ketika sebuah formulir di luar proporsi dan melewati batas, semua orang dapat melihatnya. Ada banyak elemen di situs web, dan menyelaraskannya dengan benar di layar adalah tugas yang perlu dikonfirmasi oleh penguji. Tanpa rendering dan penyelarasan yang tepat, desain web yang responsif tidak akan memberikan hasil.

Menguji Penempatan Konten

Pada layar yang lebih besar, sangat mudah untuk menemukan elemen karena area tampilan lebih menonjol. Namun tidak demikian halnya dengan perangkat seluler. Di perangkat seluler, kita perlu berhati-hati karena ukurannya kecil, dan jika kami mencoba menampilkan semuanya apa adanya, itu akan terlalu padat. Uji elemen-elemen penting apakah mereka berada di dalam area ini atau tidak, dan elemen-elemen tersebut tidak terlalu padat.

Tes untuk Navigasi di Situs Web

Saat perangkat berubah, bilah navigasi juga akan ikut berubah. Bilah navigasi dimaksudkan untuk navigasi cepat ke berbagai bagian atau halaman berbeda di situs web Anda. Bilah navigasi biasanya berisi lima atau lebih elemen. Jadi, kita memilih strategi menu hamburger di layar yang lebih kecil dan sangat populer. Ini sangat populer sehingga pengguna dengan sengaja akan mencarinya jika tidak dapat menemukan opsi apa pun.

Uji untuk Pengalaman Interaktif

Parameter lain yang perlu dipertimbangkan adalah bahwa pengalaman interaktif telah berubah. Saat ini, sebagian orang menggunakan stylus untuk sentuhan biasa dan tepat, sementara sebagian besar orang berinteraksi dengan perangkat hanya dengan satu tangan. Tujuan utama daftar periksa pengujian situs web responsif ini adalah tidak peduli apa atau bagaimana interaksi terjadi, pengalaman interaktif tidak boleh berubah.

Tombolnya tidak boleh terlalu kecil sehingga Anda dapat mengklik dua sekaligus dari tangan Anda. UI harus mencoba merangkum sebagian besar opsi melalui beberapa model, dll. Ini adalah item penting untuk disimpan dalam daftar periksa, karena secara langsung memengaruhi cara pengguna memandang situs web kita.

Uji Mobile-Friendly Pop-Up Situs Web

Kita semua menggunakan pop-up karena ini adalah cara terbaik untuk mengubah pengunjung situs web kita menjadi pelanggan dan penjualan. Jika tidak ditampilkan dengan benar, pop-up dapat mengganggu pengunjung Anda dan sangat merusak reputasi situs web Anda dengan mesin telusur. Dengan uji desain responsif, Anda dapat memastikan bahwa popup yang ditampilkan juga harus responsif sehingga tujuannya dapat disajikan di perangkat apa pun.

Artikel Terkait  InVision atau Adobe XD? | Review Software UI/UX Terbaik

Menguji Situs Web sebagai Pengguna

Item terakhir pengujian desain web responsif adalah menguji situs web. Anda mungkin melewatkan beberapa bug sepele yang hanya berpikir bahwa mereka tidak akan terlihat oleh pengguna. Pada kenyataannya, hal itu tidak pernah terjadi. Di antara jutaan orang yang mengunjungi situs web Anda, ada kemungkinan besar setidaknya 1% dari mereka akan disadap oleh bug yang ditinggalkan itu. Dan sebagai tugas akhir, selalu uji situs web Anda sebagai pengguna.

Jelajahi berbagai area situs web dan minati konsepnya. Anda tidak pernah tahu di mana daya tanggap Anda mungkin meninggalkan Anda. Jika Anda menguji seperti pengguna akhir, Anda akan berpikir seperti pengguna akhir dan memberikan mereka situs web responsif bebas bug.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya