Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

DesainDesigner toolsCara Membuat Icon Agar Komputermu Tidak Terlihat Membosankan

Cara Membuat Icon Agar Komputermu Tidak Terlihat Membosankan

-

Last Updated on October 5, 2023 by

Siapa yang tidak pernah pakai laptop atau komputer di sini? Pasti udah pada pakai ya. Kadang-kadang kan, kita bosen liat tampilan laptop atau komputer yang gitu-gitu aja. Nah, solusinya pasti nyobain ganti-ganti tampilan layar atau tema di komputer atau laptop. Tapi pernah nggak nih mencoba ubah icon-icon file kalian? Kalau belum, yuk kita lihat cara membuat icon dan nge-apply di komputer atau laptop kalian.

Tapi sebelumnya yuk kenali dulu apa itu icon.

icon

Photo by Don Daskalo on Unsplash

Apa Itu Icon?

Icon (atau disebut juga ikona) adalah gambar kecil atau simbol grafis yang digunakan untuk merepresentasikan objek, aplikasi atau tindakan tertentu pada layar komputer atau perangkat lainnya. Ikon digunakan untuk mempermudah pengguna mengenali dan mengakses fungsi atau objek tanpa perlu membaca teks panjang.

Icon sering digunakan dalam antarmuka pengguna grafis (GUI) untuk mewakili aplikasi, folder, file dan perangkat lainnya. Contoh icon yang umum adalah icon keranjang sampah untuk menghapus, icon folder untuk membuka direktori atau icon printer untuk mencetak.

Icon memiliki peran penting dalam desain antarmuka pengguna karena dapat memberikan pengalaman visual yang intuitif dan mudah dipahami. Selain itu ikon juga membantu menghemat ruang layar dengan memberikan representasi visual yang singkat dan mudah diakses.

Cara Membuat Icon

Untuk cara yang paling mudah, kami merekomendasikan untuk membuat icon di situs ICO Convert, berikut adalah beberapa langkahnya.

Membuat di ICO Convert

Salah satu membuat icon dengan cepat dan mudah adalah melalui ICO Convert kalian dapat membuka situs http://icoconvert.com/ melalui web komputer atau laptop kalian. Kalian bisa menggunakan foto apa saja. Ketika kalian telah membuka situs, kalian akan melihat beberapa step untuk membuat icon. Berikut adalah step-stepnya.

Artikel Terkait  Mengenal Hugo SSG, Framework untuk Membuat Website Statis

Step 1: Mengupload Gambar

Pada keterangannya, kalian bisa mengupload gambar dengan format JPG, PNG atau BMP dengan maksimal ukuran yaitu 50MB. Setelah menentukan gambar apa yang akan diupload, pilih Choose File dan kemudian tekan Upload. Jika upload foto kalian berhasil, aka nada message “Successfully uploaded”.

Step 2: Crop Image

Pada step ini adalah optional atau dilakukan jika perlu saja. Jika kalian perlu untuk memotong sebagian gambar atau memotong bagian tertentu yang tidak diinginkan, kalian bisa memotongnya langsung di step ini.

Step 3: Pilih Style

Step ini juga optional, jika kalian ingin menentukan bentuk icon kalian sesuai dengan pilihan yang tersedia, kalian dapat memilih salah satu diantaranya. Jika kalian tetap untuk memilih ke dalam bentuk asli, kalian bisa memilih “Select None”

Step 4: Pilih Format Icon

Pada step ini terdapat beberapa pilihan format yaitu PNG, ICO for Windows 10, Windows 11, 7 and 8, Favicon icon for your website atau kalian dapat meng-custom sesuai dengan ukuran yang kalian inginkan. Kebanyakan ukuran 32×32 atau 96×96 adalah ukuran custom yang paling sering digunakan. Karena akan kalian gunakan pada komputer atau laptop, silakan pilih “ICO for Windows 10, Windows 11, 7 and 8”.

Step 5: Convert and Download

Pada step ini ada beberapa pilihan yaitu Convert ICO, PNG to ICO, Resize Image, Compress Image, PNG to SVG. Pilih sesuai dengan kebutuhan kalian. Jika tidak ada masalah, klik Covert ICO lalu download your icon, jika gambar icon tidak terlihat, ada kemungkinan ukurannya terlalu besar, kalian bisa mengcompress nya agar bisa terlihat.

icon

Photo by Brett Jordan on Unsplash

Cara Mengubah Tampilan File dengan Icon yang Telah Didownload

Setelah membuat icon, tentu saja kalian ingin mencoba untuk mengubah tampilan icon kalian bukan? Berikut adalah beberapa langkah-langkahnya.

Langkah Pertama: Pilih Folder

Pilih tampilan folder mana yang kalian inginkan untuk diubah. Dan akan lebih baik lagi jika icon yang terlah kalian buat mewakili isi didalam folder tersebut sehingga kalian akan dengan mudah untuk mengenali isi di dalam foldernya. Misalnya isi folder kalian yaitu tentang makanan, kalian bisa mengganti icon folder yang lama dengan icon berbentuk mangkok atau makanan lainnya.

Artikel Terkait  Yuk Cari Tahu 5 Tren Desain Logo yang Populer Tahun Ini!

Langkah Kedua: Properties

Setelah memilih, klik kanan lalu pilih properties, nanti akan ada beberapa pilihan seperti General, Sharing, Security, Previous Version dan Customize jika kalian memakai windows terbaru. Jika kalian masih memakai windows lama, setelah meng klik properties, akan muncul General, Shortcut, Security, Details, Previous Version.

Langkah Ketiga: Customize dan Shortcut

Pada windows terbaru, kalian pilih customize lalu pilih change icon yang terletak di paling bawah, sedangkan jika windows lama, kalian pilih Shortcut lalu klik change icon. Setelah itu kalian klik browse, lalu cari dimana kalian menyimpan ikon kalian. Lalu klik dan OK.

Manfaat Mengganti Icon

Selain memudahkan pencarian file dan agar tidak terlihat membosankan, berikut adalah manfaat lain dari mengganti icon. Mengganti icon pada Windows dapat memberikan sejumlah manfaat tergantung pada preferensi dan kebutuhan pengguna.

Berikut adalah beberapa manfaat mengganti icon pada Windows.

  • Personalisasi dan Estetika

Mengganti icon memungkinkan personalisasi tampilan desktop dan folder. Ini dapat memberikan sentuhan unik dan estetika yang sesuai dengan selera kalian.

  • Mudah Membedakan

Dengan menggunakan ikon yang berbeda, kalian dapat dengan mudah membedakan antara jenis file, folder atau program. Ini dapat membantu meningkatkan organisasi dan keteraturan.

  • Memudahkan Navigasi

Kalian dapat mengganti ikon untuk menciptakan ikon yang lebih intuitif atau mencerminkan fungsi spesifik. Ini dapat membuat navigasi dan penggunaan komputer lebih mudah dipahami.

  • Menghindari Kejenuhan Visual

Mengganti ikon dapat membantu menghindari kejenuhan visual. Ikon yang berbeda atau menarik perhatian dapat membuat tampilan desktop atau folder lebih menarik.

  • Tanda Pengenal Khusus

Ikon yang unik dapat berfungsi sebagai tanda pengenal khusus untuk file atau folder penting. Misalnya mengganti ikon untuk folder proyek atau dokumen yang sering digunakan.

  • Peningkatan Motivasi
Artikel Terkait  Google Data Studio: Apa itu dan Bagaimana Penggunaanya?

Beberapa orang merasa termotivasi atau senang ketika tampilan desktop atau lingkungan kerja mereka disesuaikan dengan preferensi pribadi. Ini dapat memberikan sentimen positif dan meningkatkan semangat.

  • Konsistensi dengan Tema

Saat mengonfigurasi tema khusus pada Windows, mengganti icon dapat membantu menciptakan konsistensi visual dengan elemen lain dari tema tersebut.

  • Meningkatkan Pengalaman Pengguna

Personalisasi tampilan desktop dan icon dapat menciptakan pengalaman pengguna yang lebih menyenangkan dan dapat disesuaikan sesuai dengan keinginan.

  • Pembeda untuk Penggunaan Ganda

Pada sistem yang digunakan oleh beberapa pengguna, mengganti ikon dapat menjadi cara untuk membedakan antara akun pengguna yang berbeda dan memberikan sentuhan personal kepada setiap pengguna.

Kesimpulan

Ikon adalah gambar kecil atau simbol grafis yang merepresentasikan objek, aplikasi atau tindakan pada layar komputer, memudahkan pengguna mengenali fungsi atau objek tanpa membaca teks panjang.

Salah satu rekomendasinya yaitu penggunaan situs ICO Convert. Prosesnya dari mengunggah gambar, memotong gambar jika perlu, memilih bentuk dan format ikon dan mengonversinya sebelum mengunduhnya.

Manfaat mengganti ikon yaitu personalisasi dan peningkatan estetika tampilan desktop, kemudahan dalam membedakan jenis file atau folder, memudahkan navigasi, menghindari kejenuhan visual dan memberikan tanda pengenal khusus untuk file atau folder penting. Penggantian ikon juga dapat meningkatkan motivasi, konsistensi dengan tema, pengalaman pengguna yang lebih baik dan memberikan pembeda untuk penggunaan ganda pada sistem yang digunakan oleh beberapa pengguna.

Dengan mengganti ikon, pengguna dapat menciptakan lingkungan kerja yang lebih menarik dan sesuai dengan preferensi pribadi mereka, meningkatkan organisasi dan membuat navigasi komputer lebih intuitif.

Bagaimana dengan informasi diatas? Menarik bukan? Ikuti WEBAPP untuk terus dapatkan update artikel menarik mengenai pengembangan aplikasi dan juga web! Klik https://appkey.id/ agar tak ketinggalan seluruh artikel terbaru dan menarik mengenai teknologi serta pengembangan aplikasi setiap hari! Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Ini Cara Mudah Membuat Redirect PHP | Seri Belajar PHP

Fungsi redirect PHP sangat banyak digunakan dalam kehidupan berwebsite alias mengelola website. Script redirect PHP banyak dipergunakan oleh user...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya