Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan AplikasiMobile ProgrammingApa itu Apache Cordova? Mengenal Framework Mobile Apps Cordova

Apa itu Apache Cordova? Mengenal Framework Mobile Apps Cordova

-

Apache Cordova adalah framework open source yang memungkinkan pengembang web menggunakan konten HTML, CSS dan JavaScript mereka untuk membuat aplikasi native untuk berbagai platform seluler.

Ia memiliki cara kerja yang unik. Cordova mengambil aplikasi web Anda dan merendernya dalam native WebView. WebView adalah komponen aplikasi (seperti tombol atau tab bar) yang digunakan untuk menampilkan konten web dalam aplikasi asli.

Anda dapat menganggap WebView sebagai browser web tanpa elemen antarmuka pengguna standar apa pun, seperti bidang URL atau bilah status. Aplikasi web yang berjalan di dalam wadah ini sama seperti aplikasi web lain yang akan berjalan di dalam browser seluler aplikasi ini dapat membuka halaman HTML tambahan, menjalankan kode JavaScript, memutar file media dan berkomunikasi dengan server jarak jauh.

Pada artikel ini, kami akan membahas framework untuk mobile apps Cordova dari Apache. Kalau Anda ingin tahu kejelasan tentang Cordova, mari simak artikel ini sampai akhir.

Definisi Apache Cordova

apache-cordova..

Apache Cordova adalah framework yang digunakan untuk pengembangan aplikasi seluler yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi seluler lintas platform menggunakan HTML5 dan JavaScript murni.

Dengan lintas platform, yang kami maksud adalah bahwa basis kode aplikasi dapat ditulis satu kali menggunakan HTML5 dan JavaScript yang dapat dijalankan di beberapa platform seluler target seperti Android, iOS, atau Windows seluler.

Biasanya, aplikasi berbasis web dijalankan dalam sandbox, artinya aplikasi tersebut tidak memiliki akses langsung ke berbagai fitur perangkat keras dan perangkat lunak pada perangkat digital yang Anda biasa gunakan. Contoh bagusnya adalah database kontak di perangkat seluler Anda.

Database yang berisi nama, nomor telepon, email, dan informasi lainnya tidak dapat diakses oleh aplikasi web. Selain menyediakan framework dasar untuk menjalankan aplikasi web dalam aplikasi native, Cordova juga menyediakan API JavaScript untuk memungkinkan akses ke berbagai fitur perangkat, seperti database kontak.

Kemampuan dari framework ini dapat diekspos melalui penggunaan kumpulan plugin. Plugin menyediakan jembatan antara aplikasi web kami dan fitur asli perangkat.

Tim Ionic telah melangkah lebih jauh dan menciptakan Ionic Native dengan interface TypeScript untuk lebih dari 200 plugin yang paling umum dan versi yang didukung perusahaan untuk tim yang menginginkan manfaat dari Ionic yang mengelola pembaruan yang sedang berlangsung, patch keamanan, kompatibilitas dan aspek lainnya akses perangkat asli.

Sejarah Terbentuknya Cordova

Developer mobile apps sering bingung dengan perbedaan antara Apache Cordova dan PhoneGap. Untuk meluruskan kebingungan ini, kita perlu memahami asal usul proyek ini. Pada akhir 2008, beberapa insinyur dari Nitobi, sebuah perusahaan pengembangan web dari Kanada, menghadiri kamp pengembangan iPhone di kantor Adobe di San Francisco.

Mereka mengeksplorasi ide menggunakan WebView asli sebagai shell untuk menjalankan aplikasi web mereka di lingkungan asli. Eksperimen itu berhasil. Selama beberapa bulan berikutnya, mereka memperluas upaya mereka dan mampu memanfaatkan solusi ini untuk membuat kerangka kerja.

Mereka menamai proyek tersebut PhoneGap karena memungkinkan pengembang web untuk menjembatani kesenjangan antara aplikasi web mereka dan kemampuan asli perangkat.

Proyek ini pun terus berkembang dan lebih banyak plugin dibuat, memungkinkan lebih banyak fungsionalitas untuk diakses di telepon. Kontributor lain bergabung dalam upaya ini, memperluas jumlah platform seluler yang didukungnya.

Pada tahun 2011, Adobe membeli Nitobi dan kerangka PhoneGap disumbangkan ke Apache Foundation. Proyek ini akhirnya berganti nama menjadi Cordova (yang sebenarnya adalah nama jalan kantor Nitobi di Vancouver, Kanada).

Artikel Terkait  Bisakah Merubah Aplikasi Web Menjadi Aplikasi Android? Yuk Intip Caranya!

Apache Cordova vs Adobe PhoneGap

Karena adanya Apache Cordova dan Adobe PhoneGap, mungkin membingungkan. Namun, sebenarnya cukup mudah membedakan keduanya. Masalah penamaan ini dapat menjadi sumber kebingungan bahkan frustasi ketika meneliti masalah selama pengembangan dan harus mencari menggunakan Cordova dan PhoneGap sebagai kata kunci untuk menemukan solusi, atau bahkan membaca dokumentasi yang tepat, karena kedua proyek tersebut sangat terkait.

Cara yang baik untuk memahami perbedaannya adalah dengan memikirkan bagaimana Apple memiliki browser Safari yang ada, tetapi ini didasarkan pada mesin WebKit open source. Hal yang sama berlaku di sini: Cordova adalah versi open source dari framework tersebut, sedangkan PhoneGap adalah versi bermerek Adobe.

Pada akhirnya, ada sedikit perbedaan antara kedua upaya tersebut. Ada beberapa perbedaan kecil dalam antarmuka baris perintah, tetapi fungsinya sama. Satu-satunya hal yang tidak dapat Anda lakukan adalah mencampur dua proyek dalam aplikasi yang sama. Meskipun tidak berbahaya seperti ketika Ghostbusters melintasi arus mereka, menggunakan Cordova dan PhoneGap dalam proyek yang sama tidak akan menghasilkan apa-apa selain masalah.

Perbedaan utama antara proyek adalah bahwa Adobe memiliki beberapa layanan berbayar di bawah merek PhoneGap, terutama pada layanan PhoneGap Build. Layanan tersebut adalah layanan yang dihosting yang memungkinkan Anda untuk mengkompilasi aplikasi Anda ke dalam biner asli dari jarak jauh.

Hal itu pun dapat menghilangkan kebutuhan untuk menginstal SDK setiap platform seluler secara lokal. Alat interface baris perintah PhoneGap (CLI) memiliki kemampuan untuk memanfaatkan layanan ini, sedangkan Cordova CLI tidak.

Cara Kerja Apache Cordova

Saat aplikasi ini diluncurkan pertama kali,  Apache Cordova memuat halaman awal aplikasi default (biasanya index.html) di WebView aplikasi dan meneruskan kontrolnya ke WebView. Pada WebView ini pun memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan aplikasi dengan memasukkan data di bidang input, mengklik tombol tindakan, dan melihat hasil di WebView aplikasi.

Untuk mengakses fungsionalitas asli seluler seperti audio atau kamera, Cordova menyediakan paket API JavaScript yang dapat digunakan oleh pengembang dari kode JavaScript mereka. Panggilan ke Cordova JavaScript API akan diterjemahkan ke dalam panggilan API perangkat asli dengan menggunakan lapisan jembatan khusus. API asli dapat diakses dari plugin Apache Cordova.

Siapa yang Cocok Menggunakan Cordova?

Cordova bisa menjadi platform yang baik untuk Anda gunakan dalam membangun aplikasi mobile. Pengguna yang cocok menggunakan dan download Apache Cordova adalah sebagai berikut:

  • Jika Anda seorang developer seluler dan ingin membuat aplikasi Anda kompatibel di lebih dari satu platform tanpa perlu mengimplementasikannya kembali dengan bahasa masing-masing platform.
  • Jika Anda seorang web developer dan ingin menyebarkan aplikasi web Anda di portal toko yang berbeda.
  • Jika Anda adalah mobile apps dan ingin menggabungkan komponen aplikasi asli dengan WebView untuk mengakses API tingkat perangkat. Anda juga dapat menggunakannya untuk mengembangkan Interface plugin antara komponen asli dan WebView.

Artikel Terkait  PWA dan aplikasi native, apa bedanya? Beberapa PWA yang berhasil.

Download Apache Cordova dan Instal dengan Mudah

Jika Anda tertarik untuk menggunakan Cordova, Anda bisa download Apache Cordova dengan mudah menggunakan langkah-langkah di bawah ini.

  1. Untuk download Apache Cordova dan menginstalnya, Anda harus download Node.js terlebih dahulu. Anda bisa download Node.js di sini: http://nodejs.org. Anda bisa download Node 12.14.0 LTS yang mana sangat direkomendasikan untuk para pengguna. Setelah itu langkah-langkah instalasi Node.js.
  2. Langkah kedua untuk download Apache Cordova adalah menginstal Git. Anda bisa mengunjungi website resmi dari Git adalah: http://git-scm.com. Jika Anda pengguna Windows klik versi rilis terbaru dari Git yaitu versi 2.24.1. setelah itu ikuti langkah instalasi Git seperti yang ditampilkan.
  3. Instal Cordova. Di sini Anda akan melihat cara install Cordova dalam Windows. Anda dapat menginstal modul Cordova dengan menggunakan Node Package Manager(npm), utilitas dari Node.js. Modul ini akan secara otomatis diunduh dari utilitas npm dari Node.js.
  4. Pertama-tama, jalankan command atau perintah berikut ini di command prompt untuk menginstal Cordova dalam Windows.

C: \>npm install -g cordova

Bendera -g ini bertanggung jawab untuk menginstal modul Cordova secara global. Jika tidak, itu akan menginstal Cordova di subdirektori node_modules dari direktori kerja saat ini.

5. Setelah menginstalnya, Anda dapat menjalankan cordova pada baris perintah tanpa argumen. Jika Anda ingin memeriksa versi cordova, Anda cukup memeriksanya dari perintah di bawah ini:

cordova –version

Jika Anda melihat nomor versi di command prompt, itu berarti aplikasi cordova Anda telah terinstal dengan benar.

Itulah penjelasan tentang Apache Cordova yang cocok untuk digunakan untuk membangun aplikasi web maupun aplikasi standar. Download dan instalasi Cordova sangat mudah serta pembangunan aplikasi dengan Cordova pun sangat mudah.

Hal ini pun sangat memudahkan untuk Anda yang masih pemula. Jika Anda tertarik untuk tahu lebih banyak tentang teknologi pengembangan aplikasi terbaru, kunjungi situs Web App di https://appkey.id/ atau bisa juga download aplikasinya di Google Play Store agar Anda tidak ketinggalan informasi terbaru.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya