Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan AplikasiMobile ProgrammingMengenal Flutter Web, Flutter Hummingbird apa Fungsinya?

Mengenal Flutter Web, Flutter Hummingbird apa Fungsinya?

-

Flutter adalah framework yang banyak digunakan untuk membangun aplikasi serta aplikasi web. Flutter web app adalah salah satu aplikasi yang luar biasa dan mampu menyaingi aplikasi dari berbagai framework luar biasa lainnya.

Namun sekarang, Anda juga bisa membangun website dengan project dari Flutter Web yaitu Hummingbird. Flutter Hummingbird digunakan untuk memperluas fungsionalitas Flutter, tidak hanya untuk membangun aplikasi, tetapi juga untuk membangun website.

Pada artikel ini, kami akan membahas tentang Flutter Hummingbird yang digunakan sebagai perangkat dalam membangun website. Sebelum membahas lebih jauh tentang Hummingbird, kita akan membahas tentang Flutter Web.

Apa itu Flutter Web?

Platform Web telah berkembang selama beberapa dekade dan mencakup banyak teknologi dan spesifikasi. Ada beberapa istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan koleksi besar fitur terkait: HTML, CSS, SVG, JavaScript, WebGL. Untuk menjalankan Flutter Web, kita membutuhkan:

  1. Compile Dart code:

Flutter ditulis dalam Dart dan kita perlu menjalankan Dart di Web.

  1. Pilih subset Flutter untuk dijalankan di Web

Hal ini tidak praktis atau tidak berguna untuk menjalankan semua kode Flutter di Web. Beberapa di antaranya adalah platform khusus, seperti bit Android dan iOS.

  1. Pilih subset fitur Web yang memadai

Seiring waktu Platform Web mengumpulkan fitur yang tumpang tindih dalam fungsionalitas. Misalnya, Anda dapat menggambar grafik menggunakan HTML+CSS, SVG, Canvas, dan WebGL.

Flutter Web membantu untuk memberikan pengalaman yang sama di web seperti di seluler. Membangun portabilitas Dart, kekuatan platform web, dan fleksibilitas framework Flutter, kini Anda dapat membuat aplikasi untuk iOS, Android, dan browser dari basis kode yang sama.

Anda dapat mengompilasi kode Flutter yang ada yang ditulis di Dart ke dalam pengalaman web karena ini adalah kerangka kerja Flutter yang persis sama dan web hanyalah target perangkat lain untuk aplikasi Anda.

Menambahkan dukungan web ke Flutter melibatkan penerapan lapisan gambar inti Flutter di atas API browser standar, selain mengompilasi Dart ke JavaScript, alih-alih kode mesin ARM yang digunakan untuk aplikasi seluler. Menggunakan kombinasi DOM, Canvas, dan WebAssembly, Flutter dapat memberikan pengalaman pengguna yang portabel, berkualitas tinggi, dan berkinerja tinggi di seluruh browser modern.

Dengan Flutter Web, kita dapat mengimplementasikan lapisan gambar inti sepenuhnya di Dart dan menggunakan kompiler JavaScript Dart yang dioptimalkan untuk mengompilasi inti dan kerangka kerja Flutter bersama dengan aplikasi Anda ke dalam satu file sumber yang diperkecil yang dapat diterapkan ke server web mana pun.

Salah satu fungsionalitas Flutter yang bisa digunakan untuk membangun web adalah Flutter Hummingbird. Apa itu hummingbird dan bagaimana cara kerjanya? Selanjutnya, kita akan membahas tentang Flutter Hummingbird.

Artikel Terkait  Apa itu OOP? Mengetahui Konsep dan Pengertian Object Oriented Programming

Apa itu Flutter Hummingbird?

Project Hummingbird adalah versi lain dari Flutter yang akan membantu pengembang membangun aplikasi web dengan mudah. Sejak awal, tim Google menginginkannya menjadi perangkat UI portabel, bukan hanya perangkat UI seluler.

Membangun Flutter untuk web adalah implementasi Flutter yang kompatibel dengan kode yang dirender menggunakan teknologi web berbasis standar seperti HTML, CSS, dan JavaScript. Dengan flutter untuk web, Anda dapat mengkompilasi kode flutter yang ada yang ditulis di Dart menjadi konten interaktif dan kaya grafis yang dapat disematkan di browser dan disebarkan ke server web mana pun. Anda dapat menggunakan semua fitur core Flutter dan Anda tidak memerlukan plugin browser untuk semua itu.

Flutter Architecture

Flutter adalah sistem berlapis-lapis sehingga lapisan yang lebih tinggi lebih mudah digunakan dan memungkinkan Anda menampilkan banyak dengan sedikit kode sedangkan lapisan bawah memberi Anda lebih banyak kontrol tetapi dengan sedikit komplikasi.

Ketika lapisan yang lebih tinggi tidak mengizinkan pengembang untuk membuat perubahan yang mereka inginkan, mereka dapat turun ke lapisan yang lebih rendah. Pengembang memiliki akses ke semua lapisan yang ada di atas mesin Flutter.

Mesin Flutter diekspos sebagai pustaka level terendah di Flutter, dart:ui. Itu tidak tahu apa-apa tentang widget, fisika, tata letak, atau animasi. Yang ia tahu hanyalah membuat gambar di layar dan mengubahnya menjadi piksel. Akan sulit untuk langsung menulis aplikasi di atas dart:ui itulah sebabnya lapisan yang lebih tinggi dibuat.

Segala sesuatu di atas dart:ui adalah apa yang disebut tim sebagai “kerangka kerja” dan segala sesuatu di bawahnya adalah “mesin”. Sementara kerangka kerja ditulis menggunakan bahasa Dart, sebagian besar mesin ditulis dalam C++ dengan bagian khusus Android di Java dan bagian khusus iOS di Objective C. Beberapa kelas dan fungsi dasar di dart:ui ditulis dalam Dart dan sebagian besar bertindak sebagai jembatan antara Dart dan C++.

Sebelum kita melangkah lebih jauh, penting untuk memberi tahu Anda bahwa proyek ini berada dalam tahap pengembangan yang sangat awal. Nah, itulah beberapa fakta tentang performa burung kolibri dalam situasi saat ini. Web masih tidak mendukung plugin, kinerja mungkin terkadang lambat, tidak semua Flutter API didukung dan interaksi desktop penuh tidak lengkap.

Manfaat Flutter Hummingbird

Meskipun Flutter masih dalam tahap awal pengembangan, tim Google yakin bahwa Flutter Web Hummingbird akan terbukti bermanfaat dalam banyak situasi. Sebagai contoh:

  1. Aplikasi web progresif terhubung yang dikembangkan dengan Flutter

Dukungan web untuk flutter memungkinkan aplikasi seluler yang ada dikemas sebagai PWA untuk diperluas ke berbagai perangkat yang lebih besar atau untuk memberikan pengalaman web pendamping ke aplikasi yang sudah ada.

  1. Konten interaktif yang disematkan (embedded interactive content)

Flutter menyediakan lingkungan yang kuat untuk membuat komponen yang kaya dan berpusat pada data yang dapat dengan mudah dihosting di halaman web yang ada. Baik untuk visualisasi data, alat online seperti konfigurator mobil atau bagan yang disematkan, ini dapat memberikan pendekatan pengembangan yang produktif untuk konten web yang disematkan.

Artikel Terkait  14 Aturan Wajib tentang Cara Membuat Aplikasi Web yang Intuitif

  1. Menyematkan konten dinamis di aplikasi seluler Flutter

Cara pasti untuk menyediakan pembaruan konten dinamis di aplikasi seluler yang ada adalah penggunaan kontrol tampilan web, yang dapat memuat dan menampilkan informasi secara dinamis. Dukungan yang kini ditawarkan flutter untuk lingkungan terpadu untuk konten web dan seluler membantu Anda menyebarkan konten secara online atau disematkan dalam aplikasi tanpa harus menulis ulang.

Mengembangkan web Flutter memberi tim tantangan yang menarik untuk mengganti mesin Flutter yang ada karena tidak kompatibel dengan kompilasi ke web. Oleh karena itu, sebuah versi modifikasi dari mesin yang disebut “flutter web” lahir. Saat proyek menjadi stabil, proyek akan digabungkan kembali ke repo Flutter utama.

Karena hanya mesin dan lapisan di bawah kerangka kerja yang perlu diubah dan diimplementasikan kembali, API Flutter inti hampir tidak berubah sehingga sangat mungkin untuk mem-port UI dari aplikasi flutter Android/iOS Anda ke web.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, web flutter masih dalam pengembangan sehingga ada banyak hal yang hilang. Namun, tampaknya sangat mudah untuk memulai dan bekerja dengan web flutter. Pekerjakan pengembang Flutter untuk memulai proyek pengembangan web Anda di Flutter. Jelas bahwa tim Google mencoba yang terbaik untuk menjadikan Flutter sebagai cara terbaik untuk mengembangkan semua jenis aplikasi langsung dari Android dan iOS hingga web dan IoT.

Itulah penjelasan tentang Flutter Web Hummingbird yang harus Anda pahami. Jika Anda ingin tahu lebih banyak informasi seputar teknologi pembangunan website maupun aplikasi, jangan lupa kunjungi Web App di https://appkey.id atau download aplikasinya di Google Play Store agar Anda tidak ketinggalan informasi terbaru.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya