Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan AplikasiAplikasi iOSPerbedaan iOS 13 dan iOS 14 : Berikut...

Perbedaan iOS 13 dan iOS 14 : Berikut Ulasan Fitur-Fitur iOS Terbaru?

-

Sejak September tahun lalu, Apple telah merilis sistem operasi baru iOS 14 untuk iPhone. Apple melaporkan dalam websitenya, hingga saat ini sudah ada sebanyak 86% perangkat yang rilis dalam empat tahun terakhir sudah mengadopsi sistem operasi terbaru iOS 14.

Disebutkan pula, ada 12% iPhone yang masih menjalankan iOS 13 secara aktif, dan 2 persen menjalankan iOS yang lebih lama.

Fitur Terbaru iOS 14

fitur-ios

Sejumlah fitur tebaru pun disematkan ke iOS 14, seperti Home Screen dan Widget di iPhone untuk pertama kalinya. Widget ini pun dapat disesuaikan dengan tiga ukuran lewat menu baru widget gallery.

Ada pula fitur App Library yang memungkinkan Anda untuk melihat semua aplikasi yang telah diinstal dalam satu tempat. Berikut penjelasan lebih lanjut tentang fitur terbaru iOS 14.

1. App Library

iOS 14 menambahkan tampilan App Library yang baru untuk mengatur semua aplikasi dalam ponsel Anda. Aplikasi ini pun akan dikelompokan berdasarkan kategorinya seperti Social, Health & Fitness, dan masih banyak lagi kategori lainnya.

Aplikasi diatur secara otomatis di App Library dan Anda tidak perlu menyimpan semua ikon di tampilan layar beranda Anda. Ada juga tampilan daftar baru serta fitur untuk mengurutkan aplikasi berdasarkan penggunaan dan lainnya.

2. Widgets

Pada iOS terbaru ini, Apple menambahkan widget ke layar beranda iPhone maupun iPad untuk pertama kalinya. Widget lebih kaya data dari sebelumnya dan hadir dalam berbagai ukuran. Aplikasi dapat menyingkir secara otomatis untuk memberi ruang bagi widget. Anda dapat mengakses widget ini melalui Widget Gallery, dengan beberapa opsi ukuran yang berbeda.

3. Interface Siri yang Baru

Banyak pengguna yang menyebut Siri di iOS 14 lebih cerdas dibanding iOS versi sebelumnya. Saat Anda memicu Siri di iOS 14, sistem operasi hanya akan menampilkan Siri “blob” di bagian bawah layar Anda, dan banyak hasil akan ditampilkan sebagai notifikasi di bagian atas layar.

4. Picture-in-Picture

Awalnya fitur ini hanya tersedia di iPad, namun saat ini fitur picture-in-picture sudah tersedia di iOS 14. Cara kerja fitur ini pun sangat mirip dengan fitur picture-in-picture yang ada di iPad. Sementara itu, Siri memiliki antarmuka baru yang tidak menyalip seluruh layar.

Saat menonton video atau berbicara di panggilan FaceTime, Anda dapat menggeser kembali ke layar beranda dan video akan terus diputar di kotak kecil, memungkinkan Anda untuk tetap menggunakan iPhone untuk hal lain. Anda dapat memindahkan kotak, atau menggeseknya ke samping untuk menjadi tab kecil, dengan audio terus diputar.

5. App Clips

Fitur ini adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk melihat bagian kecil dari aplikasi tanpa harus mengunduh, menginstal, dan masuk ke aplikasi besar untuk melakukan satu hal sederhana. Apple membuat App Clips saat mereka membuat aplikasinya, memastikan pengalaman berukuran di bawah 10MB sehingga dapat diunduh dan dibuka dengan cepat. Pengembangan yang dilakukan Apple didorong untuk dapat digunakan saat login dengan Apple dan Apple Pay sehingga Anda tidak perlu masuk atau membuat akun.

Sebagai pengguna, Anda akan memicu App Clip melalui web, Peta, Pesan, tag NFC, atau kode QR. Apple sedang membuat “App Clip Code” baru yang akan memberi tahu Anda bahwa ada yang tersedia. App Clips pun akan ditampilkan di Perpustakaan Aplikasi, dan menampilkan ikon aplikasi yang dikelilingi oleh garis putus-putus.

Anda dapat mengakses kembali App Clip dengan cara ini, atau mengunduh aplikasi lengkapnya dengan mudah.

Artikel Terkait  Mengenal Float dan Double Data pada Bahasa Pemrograman C++

6. Peningkatan Major Messagges

Message bisa dibilang adalah aplikasi seluler paling penting di gudang Apple. Apple menambahkan beberapa fitur besar ke Pesan di iOS, iPadOS, dan macOS. Dengan iOS 14 saat ini, Anda dapat menyematkan hingga sembilan percakapan, menyimpannya di bagian atas tumpukan pesan Anda.

Hal ini pun sangat membantu bagi siapa saja yang memiliki banyak percakapan berbeda, atau hanya mendapatkan banyak kode otentikasi dua faktor melalui SMS.

Group Conversation juga mengalami peningkatan sehingga jauh lebih baik. Anda akan melihat gambar semua orang yang ada di grup, dengan orang terbaru terlebih dahulu, dan juga dapat memberi nama dan gambar pada grup tersebut.

Anda dapat membalas pesan sebaris, jadi lebih mudah untuk membalas pesan anggota dalam grup tersebut. Anda juga dapat mengarahkan pesan ke satu orang ketika Anda menyebut mereka dengan nama, dan bahkan mengatur Pesan hanya untuk memberi tahu Anda ketika Anda disebutkan.

7. Peningkatan Memoji

Apple tidak membuat perubahan mendasar yang besar dengan Memoji di iOS 14, tetapi Apple menambahkan lebih banyak opsi untuk memudahkan Anda mengekspresikan diri. Ada tujuh gaya rambut baru, 16 hiasan kepala baru, tiga stiker memoji baru, penutup wajah, dan rentang usia yang diperluas.

Hal ini pun membantu memoji Anda semakin ekspresif. Memoji telah disempurnakan dengan struktur wajah dan otot baru agar lebih ekspresif.

8. Peningkatan pada Maps

Tahun lalu, data peta terbaru diluncurkan ke seluruh Amerika Serikat, dan mereka akan hadir di lebih banyak negara pada akhir tahun ini. Kali ini, Apple benar-benar membuat perbedaan besar dalam kegunaan aplikasi Maps.

Fitur baru Maps tahun ini adalah petunjuk arah bersepeda yang dapat memperhitungkan perubahan ketinggian, jalur sepeda, dan tangga.

Maps akan membantu Anda menunjukkan lokasi kamera kecepatan dan kamera lampu merah yang diketahui, mengarahkan Anda di sekitar zona kemacetan di kota-kota yang telah mengatur area lalu lintas, dan dapat menyediakan perutean kendaraan listrik khusus.

Fitur terakhir itu memungkinkan Anda menambahkan kendaraan listrik ke iPhone Anda dan membiarkan Anda melacak hal-hal seperti muatan Anda saat ini, dan menunjukkan pengisi daya yang kompatibel dalam perjalanan ke tujuan Anda.

Aplikasi Maps akan membantu Anda menemukan tempat untuk dikunjungi di kota-kota besar dengan fitur Panduan baru. Apple bekerja sama dengan perusahaan perjalanan pihak ketiga besar untuk memberikan panduan ke landmark, tamasya, restoran, hotel, berbelanja, dan aktivitas lainnya.

9. Peningkatan Kamera

Apple biasanya menyimpan peningkatan besar kamera untuk model iPhone baru, tetapi kali ini Apple membawa sejumlah peningkatan yang sangat disambut baik pada aplikasi Kamera di iOS 14. Untuk memulai, mode ‘Quick Take Video’ yang dinikmati oleh iPhone 11 (tekan dan tahan tombol rana dalam mode Foto untuk mengambil video) akan datang ke iPhone XR dan iPhone XS.

Dan semua iPhone akan mendapatkan kemampuan untuk mengubah resolusi video dan kecepatan bingkai di aplikasi Kamera, daripada menggali ke dalam pengaturan. Di iPhone 11 dan 11 Pro, ada indikator panduan kecil yang stabil saat mengambil bidikan Night Mode.

Selain exposure key dengan bidikan tunggal, saat ini ada penggeser kompensasi eksposur yang bertahan untuk seluruh sesi baik saat mengambil foto atau video. Hal yang paling diperhatikan semua orang adalah performa shot-to-shot yang jauh lebih cepat.

Di iPhone 11, fitur ini menjadi lebih cepat hingga 90 persen, waktu untuk jepretan pertama kecepatan hingga 25 persen lebih, dan potretan jepretan lebih cepat hingga 15 persen. Ada opsi di Pengaturan untuk memprioritaskan pemotretan yang lebih cepat, dengan mengorbankan hanya butuh sedikit lebih lama sebelum foto diproses.

Artikel Terkait  Pedoman Membuat Virtual Assistant Sederhana dengan Python

10 Peningkatan Face Time

ios-multi-user-2

Pada “supported device” panggilan FaceTime mengalami peningkatan kualitas hingga 1080p. Jika Anda berada dalam panggilan grup FaceTime dan seseorang menggunakan bahasa isyarat, iPhone Anda akan mendeteksinya dan membuat orang itu lebih menonjol.

11. Translate App

iOS 14 kini dilengkapi dengan berbagai aplikasi bawaan salah satunya adalah Translate App. Aplikasi ini membantu pengguna yang ingin menrjemahkan bahasa asing tanpa perlu membuka Google Translate atau megunduh aplikasi penerjemah lainnya.

Perbedaan iOS 14 dan iOS 13

Setiap tahunnya, Apple selalu mengeluarkan iOS terbaru. Sebelum iOS 14 sudah ada iOS 13. Pada artikel kali ini, kami akan memaparkan perbedaan yang mencolok dari kedua versi sistem operasi ini.

1. Homescreen

Pada iOS 14, Anda sudah bisa melakukan kustomisasi seperti meletakan widget pada home screen. Sementara pada versi sebelumnya, Home Screen berisi ikon aplikasi dan folder yang dibuat oleh iPhone. Jadinya akses pengguna terbatas karena hanya bisa memindahkan ikon aplikasi saja.

2. Picture-in-Picture

Pada iOS terbaru, pengguna sudah dapat melakukan berbagai aktivitas dalam satu layar, misalnya membuka pesan sembari melihat video. Pada iOS 13, pengguna tidak dapat melakukan hal tersebut.

3. Pesan Suara

Pada iOS terbaru dilengkapi Siri yang lebih baik dan sudah dibekali kemampuan untuk mengirimkan pesan suara. Sementara di iOS 13, pengguna harus memasukan suara mereka untuk mengirim pesan suara.

4. Translate App

Pada iOS 14 membawa aplikasi translate bawaan sehingga hal tersebut menjadi perbedaan paling mencolok antara iOS 13 dan iOS 14. Para pengguna iOS 13 terlebih dahulu harus meminta bantuan Google Translate atau mengunduh aplikasi penerjemah.

Perangkat yang Kompatibel dengan iOS 14

Tidak semua perangkat iPhone didukung dengan iOS 14. Penggunaan iOS 14 hanya terbatas pada perangkat-perangkat berikut:

  • iPhone 12
  • iPhone 12 Pro
  • iPhone 12 Pro Max
  • iPhone 11
  • iPhone 11 Pro
  • iPhone 11 Pro Max
  • iPhone XS
  • iPhone XS Max
  • iPhone XR
  • iPhone X
  • iPhone 8
  • iPhone 8 Plus
  • iPhone 7
  • iPhone 7 Plus
  • iPhone 6s
  • iPhone 6s Plus
  • iPhone SE (1st generation)
  • iPhone SE (2nd generation)
  • iPod touch (7th generation)

Artikel Terkait  Bagaimanakah Tips Mencari Jasa iOS Developer Terbaik Bagi Proyek Aplikasi Anda?

Apple Hadirkan iOS 14.5?

Di tahun 2021 ini, Apple akan kembali merilis versi terbaru iOS yang merupakan peningkatan dari iOS 14, yakni iOS 14.5. Versi beta dari iOS 14.5 telah dirilis pada 26 Januari 2021. Diperkirakan iOS 14.5 akan dirilis pada akhir Maret mendatang.

Pada dasarnya fitur-fitur iOS 14 dan iOS 14.5 tidaklah jauh berbeda, hanya saja pada iOS 14.5 terdapat beberapa fitur tambahan seperti fitur buka kunci ponsel saat mengenakan masker serta aplikasi yang berfungsi meminta izin pengguna sebelum melacak data dan aktivitas.

Demikianlah ulasan lengkap tentang iOS terbaru, yaitu iOS 14 dan sedikit informasi tentang iOS yang akan dirilis mendatang yaitu iOS 14.5. Jangan lupa untuk melakukan update iOS Anda, karena sebaiknya gunakan iOS versi paling baru yang kompatibel dengan perangkat iPhone yang Anda miliki saat ini untuk menjaga kinerja perangkat Anda.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya