Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Aplikasi Mobile Programming Java vs Python: Pilihan Terbaik Untuk Membangun Aplikasi Web...

Java vs Python: Pilihan Terbaik Untuk Membangun Aplikasi Web Dinamis?

-

Pilihan antara Java vs Python sebenarnya bukanlah jenis persaingan. Kedua bahasa tersebut biasanya memiliki kasus penggunaan dan basis penggemar yang berbeda. Keduanya adalah bahasa pemrograman yang kuat dan memiliki banyak pustaka yang didukung oleh banyak pengembang.

Beberapa perpustakaan lebih populer daripada yang lain, dan beberapa muncul di hampir setiap aplikasi dengan konsekuensi apa pun di beberapa titik. Namun, Java vs Python juga sangat berbeda dari beberapa perspektif. Beberapa dari perbedaan ini bersifat objektif dan tidak terbuka untuk diperdebatkan, sementara yang lainnya adalah masalah opini, preferensi penggunaan, atau lingkungan pemrograman.

Namun demikian, sebagai dua bahasa pemrograman paling populer, ada baiknya melihat pengenalannya terlebih dahulu.

Java vs Python | Pengertian

Java

java

Java pertama kali muncul pada tahun 1995 oleh Sun Microsystem. Ini adalah bahasa pemrograman serta platform komputasi. Biasanya jika Anda tidak menginstal Java, banyak situs maupun aplikasi yang tidak bisa dibuka. Java cepat, aman, dan andal. Selain itu, Java ada dimana-mana, mulai dari laptop hingga pusat data, konsel game hingga superkomputer ilmiah, dan ponsel hingga internet.

Core Java memiliki dukungan kuat untuk pengembangan web. Meskipun Java di desktop, dengan pengecualian penting dari aplikasi berbasis Eclipse RCP, tidak pernah sukses besar, Java sering digunakan di sisi server.

Aplikasi web Java biasanya tidak berjalan langsung di server. Aplikasi web Java berjalan di dalam wadah web di server. Kontainer menyediakan lingkungan runtime untuk aplikasi web Java. Kontainernya adalah untuk aplikasi web Java seperti JVM (Java Virtual Machine) untuk aplikasi Java yang berjalan secara lokal.

Python

Dibuat pada 1990-an. Django adalah kerangka aplikasi web gratis dan sumber terbuka, ditulis dengan Python. Rilis awalnya pada tahun 2005. Berbagai bahasa menginspirasi python, termasuk C/C++, Java, Perl, Lisp, dan ICON.

Python adalah salah satu bahasa langka, yang diklaim sederhana dan kuat. Python, di sisi lain, mudah dipelajari dan lebih kuat. Ini memiliki struktur data tingkat tinggi yang efisien dan pendekatan yang sederhana namun efektif untuk pemrograman berorientasi objek. Juga ditafsirkan, berorientasi objek, dengan semantik dinamis. Ini merupakan bahasa yang sederhana. Memiliki sintaks yang relatif gampang untuk dipelajari dan menekankan keterbacaan.

Python didasarkan pada prinsip bahwa hanya ada satu cara terbaik untuk melakukan suatu pekerjaan. Ini membuat Python menjadi bahasa yang sangat ketat dan disiplin serta membuatnya lebih mudah dipelajari.

Java vs Python | Perbedaan

Perbedaan yang signifikan dari Java vs Python adalah dari metode pengetikannya. Python adalah bahasa yang diketik secara dinamis sedangkan Java adalah bahasa yang diketik secara statis. Python menggunakan pengetikan dinamis yang memungkinkan pengguna untuk mengubah jenis variabel. Ini membuat bahasa Python mudah untuk ditulis, dibaca tetapi lebih kompleks untuk dianalisis.

Inilah sebabnya mengapa pemula menemukan Python sangat mudah dipelajari dibandingkan bahasa pemrograman lainnya. Karena kemampuan pengetikan dinamis, pemula dapat dengan mudah membuat variabel, sesuai keinginan mereka.

Di sisi lain, Java adalah bahasa dengan tipe statis. Ini berarti bahwa pengguna dipaksa untuk memilih variabel, yang tidak dapat diubah dalam pemrograman selanjutnya. Namun, pengetikan statis meminimalkan kemungkinan kesalahan selama pemrograman. Jika Anda tidak harus mendeklarasikan variabel sebelum menggunakannya, ada risiko Anda mungkin salah mengeja nama variabel tanpa mengetahuinya.

Java vs Python | Akseptabilitas

Python

python-3

Python mudah dipelajari. Jika suatu bahasa sulit untuk dipelajari dan diintegrasikan, kecil kemungkinannya untuk diadopsi secara luas. Hampir semua sintaksnya sangat mirip dengan kata-kata “kehidupan nyata”. Kata kunci sangat familiar bagi non-programmer, sehingga para pemula dapat mempelajari bahasa tersebut tanpa terlalu banyak kesulitan.

Ini adalah bahasa yang sangat efisien. Teknologi baru yang kurang efisiensi tidak akan pernah berhasil. Dengan metode dan kelas bawaan, tugas umum dijalankan dengan sangat mudah dan sistematis tanpa membuat kesulitan untuk aplikasi.

Aplikasi ini tetap terbuka untuk dihubungkan ke modul baru lainnya dengan pendekatan sistematis tanpa mengganggu modul yang sudah ada. Ini memungkinkan aplikasi untuk tetap berada dalam mode pelengkapan otomatis sehingga dapat ditingkatkan lebih lanjut di periode selanjutnya tanpa men-debug intinya.

Java

Java terus menjadi salah satu bahasa pemrograman paling populer di dunia. Ada banyak cara untuk menggunakan Java. Laporan terbaru mengkonfirmasi programmer Java adalah salah satu programmer dengan bayaran tertinggi di industri. Keterampilan pemrograman Java tetap diminati oleh perusahaan. Ini adalah bahasa yang banyak digunakan dengan basis terpasang yang besar.

Java memungkinkan Anda membuat program yang bekerja hampir di mana saja, termasuk smartphone, server, ATM, terminal titik penjualan (POS), pemutar Blu-ray, televisi, set top box, gateway Internet of Things, perangkat medis, Kindle E-reader, mobil dan lainnya. Java memiliki komunitas yang dinamis dan aktif yang bekerja sama untuk membina dan mengembangkan bahasa pemrograman yang hebat ini.

Artikel Terkait  Bagaimanakah Cara Bekerja Dengan Panda Pada Bahasa Phyton? Yuk Simak!

Pengguna

programming

Java tersebar luas dan salah satu bahasa pemrograman paling kuat, yang memberi kekuatan pada banyak proyek dan situs web terkenal. Contohnya: Facebook menggunakan HBase (DB No-SQL berbasis Java) sebagai platform pengiriman pesan dan juga menggunakan Java di wilayah lain.

Amazon juga menggunakan java selain bahasa lain. eBay, memfasilitasi penjualan C2C dan B2C melalui situs webnya, yang arsitekturnya didasarkan pada java. Google menggunakan Java secara ekstensif di Google Plus dan juga GTalk. Tak ketinggalan juga LinkedIn, layanan bisnis dan pekerjaan yang beroperasi melalui situs web dan aplikasi seluler.

Python adalah bahasa pemrograman komputer yang sangat kuat dan berguna yang diandalkan oleh banyak situs web terbesar di dunia sebagai fondasinya. YouTube adalah salah satu situs paling populer di Internet yang menggunakan Python. Python membantu YouTube mengintegrasikan video streaming ke halaman mereka, serta kemampuan untuk menyukai video dan menyematkan informasi tertentu. DropBox juga menggunakan Python.

Program ini memungkinkan Anda menyimpan file ke layanan berbasis cloud, yang kemudian dapat Anda akses dari mana saja di dunia. Selain menggunakan Java, Google juga menggunakan Python sebagai fondasi mainframe untuk mesin pencarinya. Quora memutuskan untuk menggunakan Python untuk membantu mereka berkreasi. Dan Spotify juga dibuat menggunakan Python.

Performa

Java lebih cepat daripada Python karena yang terakhir diinterpretasikan, yang membuatnya berjalan lebih lambat dari pada yang lainnya. Dalam hal portabilitas, Java vs Python sangat portabel. Namun, popularitas Java membuatnya menjadi pemenang yang jelas, karena dapat digunakan untuk program desktop dan aplikasi web. Java Virtual Machine tersedia hampir di mana saja, sehingga Anda dapat yakin bahwa program Anda akan digunakan oleh hampir semua pengguna.

Kesimpulan

Kebanyakan orang percaya bahwa Python lebih mudah dipelajari dibandingkan dengan Java. Selain itu, kode Python lebih mudah dipahami dan dibaca daripada Java. Namun, popularitas Java berarti Anda harus mempelajarinya agar Anda dapat membuat aplikasi, yang dapat berjalan di berbagai platform seperti Android.

Java Virtual Machine yang kuat menjelaskan mengapa Java masih digunakan untuk membangun aplikasi besar yang digunakan oleh sebagian besar bisnis saat ini. Java juga lebih baik daripada Python berkat akses database-nya. Konektivitas Basis Data Java lebih kuat daripada lapisan akses data Python, itulah alasan mengapa Java lebih disukai di perusahaan dengan basis data penting.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya