Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Wordpress 10 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Membangun Blog WordPress

10 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Membangun Blog WordPress

-

Untuk pemilik bisnis biasa, nama seperti WordPress, Joomla, Shopify, Magento, Wix, dan Weebly mungkin terdengar seperti nama asing. Proses membangun situs web menghadirkan nama-nama ini ke dalam kehidupan Anda, karena semua itu adalah platform yang digunakan untuk membangun situs web.

Masing-masing memiliki manfaatnya sendiri, sementara banyak yang digunakan lebih sering untuk situs web khusus dengan tujuan tertentu. Misalnya, Shopify hanya masuk akal jika Anda menjalankan toko online. Ini bukan platform tempat Anda memulai blog kemudian berubah menjadi toko eCommerce. Magento ada di tempat yang sama. Pembuat situs web dan platform lain memiliki lebih banyak fleksibilitas, dan biasanya itulah yang paling populer.

WordPress adalah cara paling sederhana dan paling populer untuk membuat situs web atau blog Anda sendiri. Faktanya, WordPress menguasai lebih dari 38,8% dari semua situs web di Internet.

Siapa saja bisa melakukan modifikasi perangkat lunak WordPress dengan gratis. Sistem manajemen konten pada dasarnya adalah alat yang memudahkan pengelolaan aspek penting situs web Anda seperti konten, tanpa perlu mengetahui apa pun tentang pemrograman. Itulah sebabnya, membangun blog WordPress itu penting.

Munculnya WordPress telah merevolusi cara orang membangun situs web. Baik Anda seorang blogger amatir atau pemilik bisnis, Anda dapat membangun situs web yang tampak mengagumkan dan berkinerja tinggi menggunakan WordPress. Ini memungkinkan Anda membuat situs web dan blog yang menakjubkan hanya dengan beberapa klik.

Meskipun Anda seorang pemula, tidak perlu waktu lama untuk memahami platform ini. Anda mendapatkan akses plugin untuk menambahkan fitur berguna dan meningkatkan fungsi situs web Anda. Anda juga dapat memilih dari beragam tema yang menarik untuk membuat situs web Anda menarik secara visual.

Apakah Anda sudah siap untuk membangun blog WordPress Anda? Berikut beberapa hal yang bisa dipertimbangkan saat membangun blog WordPress.

Membangun Blog WordPress

wordpress-1

1. Nama Domain

Anda tidak dapat mengembangkan situs web atau blog profesional tanpa terlebih dahulu mendaftarkan nama domain yang unik. Anggap saja sebagai identitas situs web Anda. Audiens target Anda akan menggunakannya untuk mengakses situs web Anda. Langkah pertama untuk membangun blog wordpress adalah mengidentifikasi nama domain yang tajam, menarik, dan mudah diingat. Selanjutnya, Anda perlu memverifikasi apakah itu tersedia dan mendaftarkannya.

Pendaftar nama domain populer termasuk GoDaddy, Namecheap, Google Domains, dan lain sebagainya. Sebagian besar penyedia hosting web juga menawarkan layanan pendaftaran domain.

2. Web Hosting

Memilih penyedia hosting web Anda adalah salah satu keputusan paling penting yang akan Anda buat saat membuat dan membangun blog WordPress. Sangat penting untuk memilih penyedia hosting yang cepat, andal, aman, dan terjangkau. Kabar baiknya adalah Anda akan menemukan spektrum yang luas dari layanan hosting web terkenal untuk membangun blog WordPress. Namun, pastikan Anda melihat berbagai ulasan online dan memilih layanan terpercaya.

Selain itu, penting untuk memilih paket hosting yang tepat berdasarkan lingkup pasar, audiens target, dan tujuan akhir Anda. Untuk memulainya, membeli paket hosting bersama mungkin lebih ekonomis. Namun, Anda harus beralih ke hosting khusus saat blog berkembang dan menarik lebih banyak lalu lintas.

3. Tema Situs Web

WordPress menawarkan banyak sekali tema bintang untuk semua jenis situs web. Baik Anda ingin memamerkan portofolio fotografi atau menyelenggarakan webinar di masa mendatang, Anda akan menemukan berbagai macam tema WordPress. Ini juga merupakan cara yang tepat untuk membangun blog WordPress.

Pastikan Anda memilih tema WordPress yang tepat berdasarkan lingkup dan konten blog Anda. Selain itu, Anda harus memeriksa betapa mudahnya menyesuaikan berbagai elemen tema.

Artikel Terkait  Perbedaan Google Adsense dan Adword (Ads)

4. SEO

Jika Anda membangun blog WordPress tanpa mengoptimalkannya untuk mesin telusur, Anda mungkin juga tidak meluncurkannya. Sangat penting untuk memanfaatkan SEO dan mengoptimalkan berbagai elemen halaman web individual termasuk judul meta, deskripsi, konten, teks alternatif gambar, juga yang lainnya. Menggunakan kata kunci yang relevan. Apalagi? Selain alat penelitian kata kunci, Anda dapat menggunakan plugin seperti Yoast SEO untuk menguji kesesuaian dan keterbacaan setiap entri blog Anda.

5. Keamanan

Terlepas dari lingkup dan fitur blog Anda, Anda harus menjaganya dari serangan cyber. Sebagian besar paket hosting menyertakan fitur keamanan standar seperti perlindungan malware, pencegahan DDOS, dll. Selain itu, Anda harus memasang sertifikat SSL untuk memperkuat reputasi dan kredibilitas situs web Anda. Selain memenangkan kepercayaan pengunjung situs web Anda, ini membantu meningkatkan peringkat mesin telusur blog Anda.

6. Plugin

wordpress-plugin

Bagian terbaik tentang membangun blog WordPress untuk Anda adalah Anda dapat menggunakan berbagai macam plugin. Dari mengoptimalkan file gambar besar hingga menambahkan pemutar audio di halaman beranda Anda – plugin ini memungkinkan Anda menambahkan berbagai fitur berguna. Anda bahkan dapat menggunakan plugin untuk menjual produk digital dan fisik di situs web Anda. Pastikan Anda mengidentifikasi plugin WordPress yang tepat berdasarkan lingkup dan target audiens Anda.

7. E-commerce

WordPress tidak hanya memungkinkan Anda membuat blog yang luar biasa. Anda juga dapat menggunakannya untuk membuat toko online di situs web Anda tanpa pengalaman coding sebelumnya. Yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengkonfigurasi WooCommerce di situs Anda. Ini sangat berguna jika Anda berniat memulai bisnis dropshipping atau meluncurkan barang dagangan resmi Anda ketika blog Anda berkembang.

8. Monetisasi

Jika Anda ingin menjadi blogger penuh waktu, Anda harus menggunakan berbagai teknik monetisasi untuk mendapatkan uang dari situs web Anda. Dari meluncurkan situs keanggotaan hingga menyelenggarakan webinar dan kursus, Anda dapat menggunakan berbagai teknik. Anda bahkan dapat menjual ruang iklan di blog Anda menggunakan program periklanan seperti Google AdSense.

9. Integrasi Media Sosial

Tidakkah Anda ingin blog Anda menjangkau khalayak yang luas? Cara mudah untuk memperkuat kesadaran dan lalu lintas atau traffic blog adalah dengan mendorong pembaca Anda untuk membagikan posting blog Anda di media sosial. Anda dapat dengan mudah menerapkan ini dengan menambahkan tombol berbagi sosial di blog Anda menggunakan plugin seperti WP Socializer. Selain itu, sebagian besar tema juga menawarkan widget yang memungkinkan Anda menambahkan tombol ikuti sosial pada halaman web utama.

10. Analisis

Jika Anda ingin blog Anda mendapatkan daya tarik, Anda harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang pengunjung situs Anda. Selain itu, Anda perlu menganalisis kinerja situs web Anda menggunakan parameter seperti rasio pentalan, waktu di situs, dll. Meskipun WordPress tidak menyediakan analitik bawaan, Anda dapat memasang Google Analytics di blog Anda.

Kesimpulan

Membangun blog yang luar biasa bukan lagi kenyataan yang jauh. Anda dapat membuatnya dalam sekejap menggunakan WordPress. Namun, penting untuk memilih paket dan tema hosting yang tepat. Selain itu, Anda harus dengan bijaksana memasang berbagai plugin untuk meningkatkan fungsionalitas blog Anda.

WordPress memiliki pengikut yang kuat di seluruh dunia. Beberapa pengembang lebih suka menggunakan platform lain, tetapi itu sering kali berkaitan dengan mempelajari bahasa pengkodean tertentu dan menempatkan diri mereka di lingkungan yang kurang ramah pengguna. Sedangkan untuk blogger, pemilik bisnis, developer dengan klien, dan profesional ecommerce, WordPress adalah pilihan yang tepat.

Anda tidak hanya mempertahankan kendali penuh atas situs Anda, tetapi Anda menerima keuntungan besar seperti plugin, tema, alat gratis, dan dukungan media penuh.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya