Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteFront endWebsite Kamu Lemot? Ini Dia Trik Membuat Website dengan...

Website Kamu Lemot? Ini Dia Trik Membuat Website dengan Page Speed Tinggi

-

Website yang cepat dan anti lemot adalah salah satu hal penting agar dapat mendatangkan traffic yang tinggi. Loading time yang lama terkadang membuat para pengguna lebih memilih untuk berpindah website lain daripada menunggu website tersebut tampil sepenuhnya.

Ada banyak faktor yang membuat website Anda memiliki loading yang sangat lama, salah satunya adalah desain web yang berat. Di sini WebApp akan membahas tentang trik membuat website agar mempunyai page speed yang tinggi.

Cara Membuat Website dengan Page Speed yang Tinggi

membuat-website

Tahukah Anda bahwa loading time atau waktu buka halaman telah lama menjadi salah satu faktor untuk memenangkan peringkat Google. Selain itu kecepatan halaman saat digunakan dalam perangkat seluler juga menjadi faktor yang mempengaruhi peringkat pada tahun 2018. Ini dia cara membuat website Anda punya page speed yang tinggi.

1. Konfigurasikan infrastruktur cepat atau gunakan host yang cepat

Optimalisasi kecepatan halaman dimulai dengan memiliki infrastruktur yang tepat. Pastikan web stack Anda dibuat untuk berfokus pada kecepatan. Host situs Anda harus berada di server khusus yang berkinerja tinggi.

Sekalipun situs web Anda punya desain yang bersih (clean) serta kode yang sudah dioptimalkan, server bersama seperti ini dapat memperlambat Anda. Pastikan Anda menggunakan server dengan versi teknologi terbaru yang digunakan. Selain itu, pastikan caching telah dioptimalkan.

2. Gunakan CDN

Cara bikin website agar punya kecepatan yang baik dan tinggi adalah dengan mempersingkat informasi jarak yang harus ditempuh antara server Anda dan pengguna akhir. Ibaratnya lalu lintas, jika ingin cepat sampai kita harus mencari jalan dengan jarak tempuh paling sedikit.

Cara mudah untuk membuat website menjadi cepat adalah dengan menggunakan CDN atau Content Delivery Network. CDN adalah server group yang terdistribusi secara geografis.

CDN juga dikenal sebagai POP. Mereka dapat mengirimkan konten web Anda lebih cepat dengan bekerja bersama-sama. Baik situs Anda menggunakan HTML, JavaScript, stylesheet, gambar, atau video, CDN adalah cara terbaik untuk meningkatkan kecepatan situs web.

3. Gunakan Gzip untuk kompresi file

GZip merupakan bentuk kompresi data pada server side (sisi server) yang berguna untuk membantu dalam mengurangi loading time pada halaman Anda. Dalam arti lain, untuk membuatnya lebih kecil untuk pengiriman yang lebih efisien dan efisien ke komputer pengguna dibutuhkan satu set data tertentu. Kompresi Gzip mengurangi ukuran file HTML, stylesheet, dan JavaScript Anda.

Perlu diingat bahwa ini tidak akan berfungsi pada gambar atau video, karena ia sudah dikompresi secara terpisah. Namun, kompresi GZip yang diaktifkan secara default ada di dalam CDN utama. Oleh karena itu selama Anda memakai CDN, situs web Anda kemungkinan besar sudah tercakup.

Artikel Terkait  Cara Membuat Animasi Website Dengan React

4. Kurangi jumlah permintaan HTTP

Dengan mengurangi jumlah permintaan HTTP yang dibuat halaman Anda bisa meningkatkan kecepatan website Anda. Metode ini sangat efektif untuk mengurangi waktu buka halaman.

Saat pengguna melakukan kunjungan pada web page, browser  akan melakukan ping ke server web. Di sini ia akan meminta file yang membentuk konten halaman tersebut. Browser akan merender konten di halaman saat server merespons dengan file yang diminta,

Untuk setiap file yang terdiri dari konten halaman, browser akan membuat permintaan HTTP terpisah. Semakin banyak permintaan HTTP, semakin banyak file di halaman, maka akan berakibat pada semakin lama halaman web Anda dimuat.

5. Perkecil CSS dan JavaScript

Trik membuat website yang cepat dan efektif dari segi loading time adalah dengan mengecilkan file JavaScript dan CSS. Proses ini dikenal dengan istilah minifikasi. Ini merupakan proses yang akan menghapus semua komentar, spasi, dan karakter yang tidak diperlukan dalam kode, dan menggunakan nama variabel dan fungsi yang lebih pendek, sehingga menyederhanakan kode. Semakin mudah dan efisien proses pemuatan halaman hal ini berarti semakin sedikit byte data dalam kode Anda.

6. Sederhanakan HTML Anda

Sederhanakan kode HTML Anda untuk mempercepat kecepatan situs. Bloated HTML dapat meningkatkan volume data yang ditransfer ke pengguna. Hal ini juga dapat memengaruhi kinerja JavaScript saat Anda memanipulasi DOM.

Jika Anda menemukan bahwa halaman HTML Anda berisi 5.000 atau 6.000 baris kode sebelum konten apa pun di halaman (ya, ini benar-benar terjadi, bahkan di antara perusahaan Fortune 500), Anda sedang melihat HTML yang membengkak.

7. Optimalisasi gambar pada website Anda untuk dapatkan loading time yang lebih cepat

Apa penyebab situs web yang lambat? Jawaban paling umum dari penyebab website yang lambat Gambar-gambar! Terutama gambar yang sangat besar. Seringkali developer maupun penyedia konten website senang menggunakan gambar-gambar yang besar.

Ada banyak sekali situs web yang memasang gambar lebih dari 1MB, dan bahkan ada yang lebih dari 5MB. Salah satu cara bikin website Anda menjadi lebih cepat adalah mengurangi file-file besar termasuk gambar. Mengurangi ukuran gambar yang Anda unggah ke website bisa mengurangi loading time secara drastis!

File gambar besar tentunya bisa memperlambat kecepatan halaman website Anda. Website yang lambat juga membuat pengunjung situs menunggu atau bahkan membuat mereka berpindah situs karena malas menunggu loading time di website Anda.

Oleh karena itu, optimalkan gambar Anda tanpa merusak kualitas gambar. Kualitas gambar yang buruk sangat dihindari karena dapat membuat website tampak seperti website amatir. Sekarang sudah ada banyak sekali plugin pengoptimalan gambar untuk WordPress yang dapat Anda gunakan. Anda juga bisa gunakan tools lain seperti TinyPNG.

8. Bersihkan perpustakaan media Anda

Seiring berjalannya waktu, kemungkinan besar perpustakaan media Anda telah penuh dengan gambar yang sudah tidak dipakai atau gambar-gambar lama. Hal ini juga berpengaruh pada kecepatan situs web Anda. Lakukan pembersihan pada media library (perpustakaan) media Anda. Hal ini bisa dilakukan dengan menghapus gambar yang tidak perlu dan file media lainnya untuk loading time yang lebih cepat.

9. Bersihkan Database Anda

Mirip dengan perpustakaan media Anda, database juga dapat membengkak seiring waktu dengan informasi yang tidak digunakan seperti foto, file, cache, dan masih banyak lagi. Segala sesuatu yang Anda lakukan dan miliki di situs disimpan di sana. Seperti yang dapat Anda bayangkan, tema dan plugin tidak selalu bersih.

Jadi, meskipun Anda menghapus plugin tertentu, itu akan meninggalkan beberapa data di database Anda. Seiring berjalannya waktu, database akan menjadi berantakan dan tidak efisien yang akan menghasilkan situs web yang lambat. Oleh karena itu, Anda harus rajin membersihkan database situs Anda.

Artikel Terkait  Cara Membuat Profil Perusahaan Agar terlihat Profesional

10. Gunakan Hosting yang Cepat dan Reliable

Situs web yang cepat dimulai dengan hosting yang bagus. Tidak peduli seberapa keras Anda mencoba memberikan pengalaman pengguna terbaik, jika hosting Anda buruk, kecepatan situs web Anda akan terganggu.

Perusahaan hosting terbaik akan mengurus semua permasalahan yang ada di situs Anda yang berkaitan dengan hosting. Mulai dari kualitas dan perangkat keras yang terpelihara dengan baik hingga komponen perangkat lunak yang diperbarui secara berkala, ada banyak hal yang dapat dilakukan oleh layanan hosting untuk meningkatkan kecepatan situs Anda.

Anda bisa mencoba hosting dengan Bluehost, salah satu perusahaan hosting langka yang secara resmi direkomendasikan oleh WordPress.org. Pengalaman bertahun-tahun dan jutaan situs web yang dihosting menjadikan perusahaan hosting ini salah satu yang terbaik di bidangnya. Ini adalah sesuatu yang akan dengan mudah diterjemahkan menjadi memiliki situs web yang kuat.

Itulah trik-trik atau cara membuat website Anda menjadi lebih cepat dari segi loading time atau kecepatan saat buka halaman. Kecepatan website ini menjadi salah satu faktor penting untuk meningkatkan traffic website Anda, oleh karena itu membuat website yang cepat adalah suatu keharusan bagi para pemilik website.

Jangan lupa untuk nyalakan notifikasi dari situs WebApp di https://appkey.id/ atau download aplikasinya di Google Play Store agar Anda tidak ketinggalan informasi terbaru seputar coding, programming, ataupun designing website dan aplikasi.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya