Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteLaravelLaravel 9 Akan Rilis, Apa saja Fitur Terbarunya?

Laravel 9 Akan Rilis, Apa saja Fitur Terbarunya?

-

Laravel adalah framework PHP terbaik saat ini khususnya dalam membangun aplikasi web selevel enterprise. Laravel selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi para developer, khususnya dalam hal pengembangan web yang cepat dan smooth. Oleh karena itu,  Laravel terus berinovasi untuk memberikan fungsionalitas dan fitur terbaru untuk framework mereka. Baru-baru ini pun Laravel mengumumkan akan merilis versi terbaru yaitu Laravel 9 di awal tahun 2022.

Sebagai bentuk komitmen mereka untuk memberikan layanan terbaik kepada developer. Hal ini pun telah disampaikan oleh Laravel sendiri di website resmi mereka. Mereka juga menyebutkan, bahwa versi terbaru ini akan menjadi versi selanjutnya dari Long-Term Support atau dukungan jangka panjang dari Laravel.

Fitur-Fitur Utama Laravel

laravel-9..

Tidak dipungkiri, Laravel adalah framework terbaik yang ada saat ini. Ia pun sering dibanding-bandingkan dengan framework-framework lain yang sama terkenalnya seperti Django untuk Python, maupun Angular untuk JavaScript.

Laravel sering dipakai untuk aplikasi web yang terkenal dengan syntax-nya yang elegan. Laravel mengedepankan arsitektur MVC (Model View Controller) untuk membangun aplikasi web yang sederhana maupun yang rumit sekalipun. Tidak heran, Laravel 9 pun sangat dinanti-nantikan kehadirannya oleh developer, khususnya oleh para web app developer.

Laravel memiliki fitur-fitur utama yang membuat framework ini sangat disukai. Fitur-fitur ini pun akan masih tetap ada di Laravel 9 ataupun Laravel selanjutnya karena inilah yang mendasari kehadiran Laravel itu sendiri. Adapun fitur-fitur tersebut adalah:

1. Eloquent ORM

Object-relational mapper (ORM) untuk Laravel disebut Eloquent, dan ini adalah salah satu fitur terbaik Laravel karena memungkinkan interaksi tanpa batas dengan model data dan database pilihan. Dengan Eloquent, Laravel mengabstraksi setiap rintangan yang melibatkan interaksi dengan dan menulis kueri SQL yang kompleks untuk mengakses data dari database Anda.

2. Artisan CLI

Artisan CLI, atau baris perintah, adalah aspek penting lain dari Laravel. Dengannya, Anda dapat membuat atau memodifikasi bagian Laravel mana pun dari baris perintah tanpa harus menavigasi folder dan file. Dengan Artisan, Anda bahkan dapat berinteraksi dengan database Anda langsung dari baris perintah Anda menggunakan Laravel Tinker semuanya tanpa menginstal klien database.

3. Arsitektur MVC

Sifat arsitektur MVC Laravel membuat bahasa ini relatable dan mudah beradaptasi karena mengikuti pola pengembangan web yang lazim dengan peningkatan yang signifikan dan berkelanjutan. Laravel akan memaksa Anda untuk mempelajari dan memahami pola arsitektur MVC, populer dan digunakan di hampir semua framework, seperti AdonisJS dari JavaScript dan ASP.NET MVC dari C#.

4. Paginasi Otomatis

Jika Anda pernah berjuang dengan pagination di aplikasi Anda, Anda akan memahami nilai pagination Anda diurutkan berdasarkan kerangka kerja bawaan. Laravel memecahkan kerumitan pagination dengan membangun pagination otomatis yang langsung keluar dari kotak. Fitur ini adalah salah satu yang paling dikenal, dan menghilangkan pekerjaan yang terlibat dalam memecahkan misteri pagination sendiri.

Artikel Terkait  Jago Membuat Laravel Auth : Tutorial Terlengkap

5. Keamanan

Sangat penting untuk memeriksa langkah-langkah keamanan aplikasi web apa pun yang Anda pertimbangkan untuk digunakan, karena kurangnya uji tuntas dapat mengakibatkan hilangnya dana atau bahkan pembajakan situs atau produk Anda.

Laravel hadir dengan banyak langkah keamanan karena kepatuhannya pada prinsip keamanan OWASP. Dari pemalsuan permintaan lintas situs (CSRF) hingga injeksi SQL, Laravel memiliki solusi bawaan untuk semuanya.

Apa Saja yang Baru dari Laravel 9?

1. Minimal menggunakan PHP 8

Untuk menjalankan Laravel 9 di perangkat Anda, minimal Anda harus menggunakan PHP versi 8. Hal ini dikarenakan Laravel 9 akan membutuhkan Symfony 6.0 sehingga persyaratan minimumnya adalah PHP 8.

2. Anonymous Stub Migrations

Awal tahun ini, Laravel 8.37 keluar dengan fitur baru bernama Anonymous Stub Migrations yang berguna untuk mencegah nama kelas migrasi.  Fitur ini hadir untuk mengatasi permasalahan, ketika mencoba untuk buat ulang database dari awal, banyak migrasi dengan nama kelas yang sama dapat menyebabkan masalah.

use Illuminate\Database\Migrations\Migration;
 2use Illuminate\Database\Schema\Blueprint;
 3use Illuminate\Support\Facades\Schema;
 4 
 5return new class extends Migration {
 6 
 7    /**
 8     * Run the migrations.
 9     *
10     * @return void
11     */
12    public function up()
13    {
14        Schema::table('orang)', function (Blueprint $table) {
15            $table->string('nama depan')->nullable();
16        });
17    }
18};

Saat Laravel 9 diluncurkan, ini akan menjadi default saat Anda menjalankan php artisan make:migration.

3. Tersedia Query Builder Interface yang Baru

Laravel 9 akan menyertakan Query Builder Interface baru. Di Laravel ke- 9 jenis petunjuk adalah sangat andal untuk refactoring, analisis statis, dan penyelesaian kode dalam IDE mereka.

Kurangnya interface bersama atau inheritance antara Query\Builder, Eloquent\Builder, dan Eloquent\Relation adalah alasan di balik ini. Developer dapat memanfaatkan Query Builder Interface untuk petunjuk jenis, pemfaktoran ulang, dan analisis statis dengan Laravel versi terbaru ini.

4. Fungsi String PHP 8

Karena PHP 8 akan menjadi minimum di Laravel 9, Tom Schlick mengajukan PR untuk pindah menggunakan fungsi str_contains(), str_starts_with() dan str_ends_with() secara internal di kelas \Illuminate\Support\Str.

5. Dari Swift Mailer ke Symfony Mailer

Swift Mailer yang tidak digunakan lagi pada Laravel terbaru kali ini.  Laravel 9 membuat perubahan untuk menggunakan Symfony Mailer untuk pengiriman surat. Ada beberapa perubahan di Laravel versi selanjutnya ini.

Laravel 9 akan dirilis satu bulan lagi, dan ada harapan untuk lebih banyak fitur baru. Jadi, bersiaplah untuk rilis utama Laravel 9 berikutnya dan tingkatkan aplikasi.

Skynet Technologies secara ekslusif hadir dalam layanan pengembangan Laravel termasuk pengembangan kustom, pengembangan API, pengembangan ekstensi, migrasi dan peningkatan Laravel.

Selain itu, mereka juga melakukan peningkatan patch, layanan integrasi pihak ketiga, pengembangan CRM (Customer Relational Management), pengembangan e-niaga & CMS (Content Management System), desain template layanan, dan masih banyak lagi.

Artikel Terkait  Tips dan Trik Laravel Eloquent untuk Programing lebih Mudah

Laravel Download : Cara Instal Laravel

Secara umum Anda bisa instal Laravel seperti Laravel versi versi sebelumnya. Namun, jika Anda ingin mulai bermain dengan Laravel 9 untuk tujuan pengembangan dan pengujian, Anda dapat dengan mudah menginstal dan menjalankannya di mesin lokal Anda.

Laravel 9 mendukung PHP versi 8, jadi jika Anda berencana untuk mengujinya, pastikan untuk memeriksa versi PHP Anda atau memulai instalasi baru. Anda dapat menemukan detail lebih lanjut tentang rilis melalui Packagist.

Lakukan Laravel Download dengan mengunjungi https://laravel.com/ atau bisa juga mengunjungi https://github.com/ untuk mendapatkan informasi lebih banyak seputar Laravel Download.

Laravel adalah framework PHP yang menarik yang mendapatkan lebih banyak perhatian di kalangan pengembang. Rilisan utamanya yang akan datang (Laravel 9) adalah yang pertama setelah siklus rilis 12 bulan, dan kita sudah dapat melihatnya akan memperkenalkan fitur-fitur baru yang menarik. Apakah ini seluruh daftar fitur baru? Mungkin tidak, karena tim Laravel kemungkinan akan mengumumkan fitur baru sebelum tanggal rilis.

Jangan lupa untuk kunjungi selalu, Web App di https://appkey.id/ atau download aplikasinya di Google Play Store agar Anda tidak ketinggalan informasi terbaru.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya