Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteMaintenanceCara Terbaik Anti Ribet Mengatasi Adware pada PC

Cara Terbaik Anti Ribet Mengatasi Adware pada PC

-

Adware adalah salah satu ancaman serius pada PC yang bisa mengacaukan seluruh sistem OS yang Anda gunakan. Jika tidak ditangani dengan segera, adware malware bisa memberi dampak fatal pada pekerjaan dan data-data penting Anda.

Adware adalah salah satu jenis malware yang hadir dalam bentuk iklan online. Sebagai pengguna internet aktif, tentunya Anda pernah berjumpa dengan aneka iklan online di website, bukan?

Kira-kira, seperti apa cara kerja adware malware dan cara menghapus adware jika PC kita terkontaminasi secara tidak sengaja?

Anda beruntung karena menemukan artikel yang tepat. Berikut ini kami sajikan cara-cara terbaik dan anti ribet untuk mengatasi adware pada PC. Selamat membaca!

Memahami Pengertian Adware

adware-2

Sebelum melompat ke cara mengatasi adware, lebih baik kita memahami terlebih dahulu pengertian adware beserta cara kerjanya. Dengan mengerti bagaimana sebuah adware bisa sampai menginjeksi PC, maka kita bisa lebih berhati-hati lagi dalam menggunakan internet.

Pengertian adware adalah sebuah software berbahaya yang datang dari iklan online. Nama adware adalah singkatan dari ad yang berarti iklan, dan ware yang berarti perangkat. Sesungguhnya, adware diciptakan murni sebagai iklan online biasa untuk keuntungan pengiklan, agensi dan warganet yang sedang mencari produk online.

Namun belakangan ini, mulai banyak oknum jahat yang menyalahgunakan adware dengan menyisipkan virus berbahaya untuk menghack komputer korban.

Tingkat kerusakan yang ditimbulkan adware beraneka ragam. Namun biasanya, adware adalah bentuk serangan yang mengganggu user dengan menampilkan banyak sekali iklan pada laman browser. Selain itu ada pula adware yang ‘memaksa’ user melihat iklan dan menggunakan iklan tersebut. Caranya?

Ketika sebuah aplikasi yang terinstal di gadget PC atau smartphone Anda terinjeksi adware, maka sistem tersebut bisa mengirimkan iklan yang memenuhi separuh layar gadget kapanpun perangkat Anda dalam mode pemakaian (tidak terkunci). Dengan cara inilah adware bisa memaksa Anda untuk menonton atau mengklik iklan.

Adware adalah software yang bisa mencatat semua riwayat penelusuran Anda, mengumpulkannya, dan meneruskan informasi tersebut ke agen pemasang adware. Salah satu perusahaan antivirus ternama, Kaspersky, pernah mengatakan bahwa adware adalah program berbahaya yang bisa secara diam-diam mengumpulkan dan memonitor data-data sensitif Anda di luar riwayat penelusuran sekaligus mengonsumsi daya baterai PC secara berlebihan.

Cara kerja adware berbahaya ini mirip dengan Trojan spyware, sehingga masyarakat diminta untuk lebih waspada terhadap kehadiran adware.

Artikel Terkait  Redirect adalah? Jenis-jenis dan Manfaatnya

Bagaimana Cara Adware Masuk ke PC Anda?

adware-3

Kabar buruknya, sering kali user tidak sadar bahwa PC mereka sudah terinjeksi oleh adware. Sebuah adware bisa masuk ke PC Anda dengan beberapa cara yakni:

Mengklik Iklan Sembarangan

Banyak agensi iklan online hanya sekadar memasang iklan dan tidak memerhatikan betul-betul substansi dari iklan yang mereka sebar. Banyak sekali agensi iklan online yang tidak mengecek material iklan, sehingga mereka tidak tahu dan tidak bertanggung jawab jika konten iklan mengandung virus.

Tidak Hati-Hati saat Mendownload File

Pernahkah Anda bertemu dengan aneka laman pop-up dan iklan aneh-aneh ketika hendak mendownload sebuah file? Jika Anda tidak teliti dan berhati-hati saat mengklik tombol download, maka bisa saja Anda tidak sengaja mengklik adware berbahaya.

Beberapa adware memang sengaja dibuat semirip mungkin dengan konten. Tujuannya tak lain untuk mengecoh user yang tidak teliti.

Melakukan Instalasi Software dari Situs Tak Resmi

Beberapa user tertarik memasang software dari situs tak resmi karena gratis. Namun sebaiknya installah software dari situs resmi saja, sebab bukan tidak mungkin software premium dari web tak resmi itu palsu. Alih-alih software, bisa saja yang sesungguhnya Anda klik adalah adware.

Cara Mudah Mengatasi Adware: Siapa Saja Bisa!

Anda bisa tenang karena menghapus dan mengatasi adware adalah hal yang gampang. Pun Anda tidak perlu menghubungi teknisi IT untuk membersihkan adware. Cara ampuh mengatasi adware dengan mudah adalah:

Memakai Adware Cleaner

Solusi pertama untuk membersihkan adware adalah dengan memakai adware cleaner. Adware cleaner adalah cara paling praktis untuk menghapus semua adware yang menginjeksi PC. Bahkan, 90% kasus adware dapat terselesaikan dalam hitungan detik dengan 1 software adware cleaner saja!

Adware cleaner terbaik yang bisa Anda coba adalah AdwCleaner yang bisa didownload dari https://www.malwarebytes.com/adwcleaner/ secara gratis. Cukup download AdwCleaner, kemudian jalankan aplikasi saja.

Nantinya, tool ini akan secara otomatis menghapus adware yang menginfeksi PC Anda mulai dari menghapus browser palsu, add-on palsu dan toolbar yang terinjeksi dengan adware. Praktis, bukan?

Menguninstal Adware yang Masih Tersisa

Kemungkinan adware masih tersisa pada PC tentu saja ada. Oleh sebab itu, kami sarankan untuk Anda agar tidak lupa mengecek bagian remove programs pada PC. Amati dan cari tahu apakah masih ada software yang mencurigakan di sana.

Sisa-sisa adware pada remove programs ini bisa terjadi ketika Anda menginstal software dari situs-situs tidak resmi tanpa betul-betul teliti membaca keterangan saat proses instalasi berlangsung. Jika menemukan adware tersisa pada bagian tersebut, Anda cukup melakukan uninstal manual melalui Remove Programs Windows.

Menghapus Adware di PC Mac

Untuk Anda yang menggunakan PC berbasis Mac, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk menghapus adware:

  1. Blokir jendela popup browser terlebih dahulu agar Anda tidak mengalami gangguan serangan adware ketika hendak membersihkan adware.
  2. Cek pengaturan browser untuk melihat jika ada ekstensi, plugin atau add-on yang berbahaya dan mencurigakan.
  • Jika Anda memakai Safari, ikuti rute: preferences > extensions > jika menemukan program tak dikenal > klik uninstall > klik tab general > pilih search engine default untuk Anda gunakan.
  • Jika Anda memakai Chrome, ikuti rute: settings > extensions > klik ikon tempat sampah untuk menghapus plugin mencurigakan > klik setting kembali > scroll hingga Anda menemukan advanced setting > klik on startup > klik open the new tab page > scroll menuju search > klik manage search engine > mulailah menghapus semua URL asing dengan mengklik tanda “X” di samping URL.
  1. Lanjutkan dengan mengunduh artikel PDF Apple Support HT203987 dari https://support.apple.com/en-us/HT203987. Letakkan file di desktop agar dapat lebih mudah diakses.
  2. File tersebut akan digunakan untuk mencari adware yang mungkin masih tersisa di PC dengan metode go to folder. Caranya:
  3. Buka file PDF > scroll menuju daftar berkas di /System/Library/Frameworks/v.framework.
  4. Pilih baris pertama dalam daftar berkas > klik edit > klik copy.
  5. Jalankan finder > pilih view > klik as columns.
  6. Klik go > klik go to folder.
  7. Klik edit > paste. Informasi yang telah dipilih sebelumnya akan tertempel ke dalam box. Lanjutkan dengan mengklik enter atau return untuk memulai pencarian.
  8. Setelah berkas adware ditemukan, seret berkas ke trash. Jika Anda tidak berhasil menemukan berkas adware pada salinan kode pertama, ulangi langkah ini dengan menggunakan salinan kode kedua, ketiga, dan seterusnya.
  9. Begitu selesai, kosongkan isi trash saja.
  10. Terakhir, restart PC. Untuk proteksi, pasang Malwarebytes Anti Maware for Mac. Tool ini akan memudahkan Anda untuk melakukan scan dan pembersihan adware.

Artikel Terkait  Cara Mencegah Serangan Denial of Service (DDOS) dan Tips Cara Menanggulanginya

Menghapus Adware di PC Windows

Terakhir adalah cara menghapus adware untuk Anda sang pengguna Windows. Langsung saja, cara-caranya adalah sebagai berikut:

  1. Cabut semua media removable yang terpasang pada PC, semisa USB flashdisk, eksternal HDD, maupun CD.
  2. Restart PC ke dalam safe mode. Caranya:
  3. Di Windows 8 dan 10:
  • Gunakan kombinasi Win+X > klik ‘shut down or sign out’ > klik ‘restart’
  • Tekan dan tahan lama Shift ketika komputer melakukan but ke layar login. PC akan restart lagi.
  • Ketika layar but ditampilkan > klik troubleshoot > advanced options > startup settings > restart
  • Tekan tombol di sebelah ‘safe mode with networking’, bisa F5 atau 5.
  1. Di Windows 7 dan versi lebih lawas:
  • Klik start > klik panah di samping shut down > klik restart.
  • Begitu komputer restart > tekan tombol F8.
  • Menu but akan terbuka.
  • Klik opsi safe mode with networking.
  • Klik enter.
  1. Buka browser untuk mengecek jika ada ekstensi, add-on atau plugin berbahaya.
  • Untuk pengguna Chrome, ikuti alur: klik menu > setting > extensions > cari ekstensi yang tak dikenal > klik ikon tempat sampah untuk menghapus.
  • Untuk pengguna Firefox, ikuti alur: klik open > klik add-on > extensions > cari ekstensi tak dikenal > nonaktifkan dengan mengklik 1x > klik opsi disable.
  • Untuk pengguna Internet Eksplorer, ikuti alur: klik tools > manage add on > klik all add ons > cari ekstensi yang tak dikenal > klik disable > klik close.
  1. Selanjutnya, periksa laman browser default Anda. Bisa saja adware bersembunyi di sini. Caranya:
  • Pengguna Chrome: klik settings > klik set pages > jika terdapat laman situs yang bukan default atau kosong, hapus laman dengan menekan tombol “X”.
  • Pengguna Firefox: klik menu open > options > klik restore to default > klik ok.
  • Pengguna Internet Explorer: klik tools > manage add ons > search providers > jika muncul laman situs yang tak dikenal, klik ‘remove’.
  1. Pastikan semua perubahan sudah tersimpan, kemudian restart PC kembali. Untuk proteksi, download MalwareFox Anti Malware. Tools ini akan berguna untuk melakukan scanning adware otomatis dan menghapusnya seperti AdwCleaner.

Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini tentang Adware malware. Semoga pembahasan kali ini mampu menambah pengetahuan Anda, ya!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya