Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteMaintenanceOverheat Pada Perangkat: Lakukan Hal Ini Untuk Pencegahan

Overheat Pada Perangkat: Lakukan Hal Ini Untuk Pencegahan

-

Last Updated on October 20, 2023 by

Overheat kalau diartikan yaitu ‘terlalu panas’, istilah ini sudah pasti tidak asing terdengar ditelinga kalian ‘bukan? Apalagi sekarang cuaca sedang panas-panasnya dan saking panasnya kalian akan mengalami rasa haus secara terus menerus, sakit kepala, mual bahkan panas tubuh meningkat secara singnifikan. Hal ini tentu saja menganggu aktivitas bahkan berpengaruh kepada pola pikir kalian.

Sama dengan perangkat, jika komputer atau laptop mengalami masalah overheat tentu akan berpengaruh juga pada sistem kerja perangkat tersebut. Banyak hal yang kita tidak sadari menjadi penyebab munculnya overheat. Penasaran dengan overheat, penyebab dan cara mencegahnya? Yuk simak selengkapnya dibawah ini!

overheat

 

Apa Itu Overheat?

Overheat pada komputer atau laptop terjadi ketika salah satu atau lebih komponen di dalam sistem mencapai suhu yang lebih tinggi dari yang direkomendasikan untuk operasi normal. Keadaan ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti penggunaan berlebihan, ventilasi yang buruk dan kurangnya perawatan rutin seperti pembersihan debu dan kotoran dari sistem pendingin.

Ketika komputer atau laptop overheating, komponen-komponen kritis seperti prosesor, kartu grafis dan hard drive dapat mulai beroperasi tidak stabil dan dalam beberapa kasus dapat mengalami kerusakan permanen. Sistem biasanya memiliki mekanisme proteksi termal untuk mencegah kerusakan akibat overheating seperti menurunkan kecepatan operasi (throttling) atau bahkan mematikan sistem secara otomatis untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

Overheat juga bisa mengurangi umur panjang komponen dan mengakibatkan penurunan kinerja sistem. Selain itu overheating bisa menyebabkan casing komputer atau laptop menjadi sangat panas yang bisa menjadi tidak nyaman atau bahkan berbahaya bagi pengguna.

Penyebab

Overheat pada PC atau laptop dapat disebabkan oleh berbagai faktor, dibawah ini akan dijelaskan beberapa diantaranya.

Yang pertama adalah karena ventilasi yang tidak memadai. Ruangan dengan sirkulasi udara buruk atau ventilasi sistem yang tersumbat dapat menyebabkan pemanasan berlebih. Sirkulasi udara yang buruk dapat menyebabkan ruangan menjadi panas, sehingga dapat berpengaruh pada perangkat.

Artikel Terkait  Cara Mempercepat Website : Memaksimalkan Loading Web

Kedua adalah karena debu dan kotoran. Debu dan kotoran yang menumpuk dapat menghalangi aliran udara sehingga udara panas menumpuk disatu tempat dan tidak mendapat pendinginan.

Ketiga adalah karena kerusakan pada sistem pendinginan. Kerusakan pada kipas atau sistem pendinginan cair dapat menyebabkan overheat.

Keempat adalah karena penggunaan yang berlebihan. Penggunaan berat seperti gaming atau rendering video untuk jangka waktu lama tanpa istirahat bisa meningkatkan suhu sistem.

Kelima disebabkan karena perangkat lunak atau firmware yang tidak efisien. Kadang-kadang, bug pada perangkat lunak atau firmware dapat menyebabkan penggunaan CPU atau GPU yang tidak normal dan bisa mengakibatkan overheat.

Keenam, pasta termal yang kering atau tidak memadai. Pasta termal yang kering atau tidak teraplikasi dengan benar dapat mengurangi konduktivitas termal antara komponen dan heatsink.

Pasta termal adalah zat berbahan dasar silikon atau logam yang digunakan untuk meningkatkan konduktivitas termal antara dua atau lebih permukaan. Pasta termal biasanya digunakan pada komputer atau perangkat elektronik lainnya untuk membantu mendinginkan komponen yang menghasilkan panas tinggi seperti CPU dan GPU.

Ketuju yaitu Overclocking. Meningkatkan kecepatan operasi CPU atau GPU di atas spesifikasi pabrik (overclocking) dapat meningkatkan produksi panas dan risiko overheat.

Selanjutnya yaitu komponen berkualitas rendah atau rusak. Komponen elektronik yang berkualitas rendah atau rusak juga bisa menjadi penyebab overheat.

Terakhir adalah desain produk yang buruk. Desain produk yang tidak memadai seperti penempatan komponen dan pengelolaan aliran udara yang buruk dapat menyebabkan pemanasan berlebih.

Cara Mencegah 

Mencegah overheat pada PC atau laptop adalah langkah penting untuk memastikan kinerja dan umur panjang perangkat. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil untuk mencegah overheat.

  • Pemeliharaan Biasa.

Pemeliharaan biasa seperti membersihkan debu dan kotoran dari dalam sistem terutama dari kipas dan heatsinks merupakan hal yang sangat penting karena debu dan kotoran tentunya bisa datang dari mana saja meskipun rumah atau ruangan kalian terlihat sangat bersih.

  • Kesadaran Pentingnya Ventilasi.
Artikel Terkait  Ini Tips 10 Cara Mencari Bug Website dan Aplikasi

Pastikan PC atau laptop diletakkan pada ruangan yang memiliki ventilasi yang baik dan tidak diletakkan di area yang sempit atau berdebu. Hal ini akan membantu untuk mengurangi resiko penumpukan debu pada perangkat.

Hindari meletakkan laptop di atas bantal atau selimut yang mana area tersebut biasanya sangat rawan debu dan bahan bantal juga selimut biasanya membuat panas terperangkap disekitar laptop.

  • Gunakan Cooling Pad

Untuk laptop, pertimbangkan penggunaan cooling pad yang memiliki kipas tambahan untuk membantu mendinginkan sistem. Harga cooling pad biasanya tidak terlalu mahal sehingga kalian tidak perlu ragu untuk membelinya demi menyayangi laptop kalian.

  • Perbarui Sistem Pendinginan

Pertimbangkan untuk meningkatkan sistem pendinginan seperti dengan menambah atau mengganti kipas atau bahkan beralih ke sistem pendinginan cair.

  • Gunakan Pasta Termal Berkualitas

Aplikasikan ulang atau ganti pasta termal secara reguler untuk memastikan konduktivitas termal yang baik antara CPU/GPU dan heatsink.

  • Hindari Overclocking

Overclocking bisa meningkatkan panas yang dihasilkan oleh CPU dan GPU. Jika overheat menjadi masalah, pertimbangkan untuk menghindari overclocking.

  • Periksa dan Perbarui Perangkat Lunak

Perbarui driver dan firmware untuk memastikan bahwa perangkat lunak tidak mengakibatkan beban berlebih pada hardware.

  • Pantau Suhu Sistem

Gunakan perangkat lunak pemantauan suhu untuk menjaga agar suhu komponen berada dalam kisaran yang aman.

  • Gunakan Komputer atau Laptop di Lingkungan yang Sejuk

Hindari penggunaan perangkat di lingkungan yang terlalu panas atau di bawah sinar matahari langsung. Sinar matahari langsung atau udara yang panas dapat mendukung overheat sehingga menyebabkan laptop atau komputer menjadi terasa sangat panas.

  • Pilih Komponen dengan Efisiensi Energi

Pertimbangkan untuk memilih komponen yang dirancang untuk efisiensi energi dan menghasilkan lebih sedikit panas.

Artikel Terkait  Regression Testing Adalah? Yuk, Cari Tahu Cara Kerjanya!

overheat

 

Kesimpulan

Overheat adalah kondisi ketika komputer atau laptop dalam keadaan yang sangat panas sehingga menyebabkan kinerja dan sistem menjadi terganggu. Overheat dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti ventilasi yang buruk, debu dan kotoran, kerusakan pada sistem pendinginan, penggunaan berlebihan, perangkat lunak atau firmware yang tidak efisien, pasta termal yang kering atau tidak memadai, overclocking, komponen berkualitas rendah atau rusak, dan desain produk yang buruk.

Komponen kritis seperti prosesor, kartu grafis dan hard drive bisa beroperasi tidak stabil atau bahkan mengalami kerusakan permanen akibat overheat. Untuk mencegah overheat ada beberapa saran yang dapat kalian lakukan untuk mencegahnya.

Beberapa saran yang telah dijelaskan seperti pemeliharaan reguler dengan membersihkan debu atau kotoran, meningkatkan ventilasi, menggunakan cooling pad, memperbarui sistem pendinginan, mengaplikasikan ulang atau mengganti pasta termal, menghindari overclocking, memperbarui perangkat lunak, memantau suhu sistem, menggunakan perangkat di lingkungan yang sejuk dan memilih komponen dengan efisiensi energi.

Tips-tips ini bertujuan untuk menjaga kinerja dan umur panjang perangkat karena overheat dapat merusak komponen yang terdapat pada komputer ataupun laptop. Semakin kita dapat menjaga komputer atau laptop kita, tentunya kita dapat menghemat pengeluaran bukan? Semoga pengertian, penyebab dan pencegahan overheat diatas dapat membantu kalian untuk mengatasi masalah overheat pada komputer atau laptop.

Bagaimana dengan informasi diatas? Menarik bukan? Ikuti WEBAPP untuk terus dapatkan update artikel menarik mengenai pengembangan aplikasi dan juga web! Klik https://appkey.id/ agar tak ketinggalan seluruh artikel terbaru dan menarik mengenai teknologi serta pengembangan aplikasi setiap hari! Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya