Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Maintenance Spam Email Adalah? Pengertian, Akibat dan cara mencegahnya

Spam Email Adalah? Pengertian, Akibat dan cara mencegahnya

-

Apa yang terlintas dalam pikiran Anda ketika berbicara tentang SPAM? Apakah itu tentang promosi pil ajaib dari dokter digital dan apotek internet yang menjamin rambut Anda tumbuh dan hal lainnya? Mungkin juga email berantai yang menjanjikan Anda sebagian kekayaan Bill Gates jika Anda meneruskan email ke teman-teman Anda? Bagaimana dengan iklan situs XXX, yang mengarahkan Anda pada video dewasa hardcore? Atau apakah Anda berfikir tentang makan suatu menu makan siang ketika mendengar istilah spam?

Artikel kami kali ini akan membahas tentang spam. Bukan makanan, ini adalah spam yang ditulis dengan huruf “s” kecil dan itu tidak ada hubungannya dengan daging polena untuk menu makan siang. Karena banyak orang di seluruh dunia suka makanan bernama Spam (terutama Guam), tetapi semua orang membenci email spam.

Meskipun langkah besar dunia telah dibuat dalam memerangi spam, namun ternyata pada tahun 2018, Cisco Talos telah melaporkan bahwa spam ternyata memenuhi hampir 85% dari semua email harian pengguna internet, dengan sebagian besar berasal dari Amerika Serikat, diikuti oleh Brasil, dan Cina. Menurut Forbes, spam tersebut berisi iklan tentang produk dan layanan mencakup 98 persen dari semua sampah atau spam yang dikirim itu.

Sedangkan dua persen spam email adalah yang membuat para peneliti cybersecurity terjaga di malam hari karena memerlukan penanganan khusus. Persentase yang sangat kecil itu ternyata cukup berbahaya pagi pemilik email karena mengandung hal-hal seperti email phishing yang mencuri informasi login pengguna. Misalnya email-email yang berisi promosi-promosi yang menjanjikan kita kekayaan besar namun akhirnya mencuri uang kita. Dan malspam yang menipu kita agar mengunduh lampiran yang diselipkan dengan malware yang merusak.

Sering kali kejahatan dunia maya adalah sesuatu yang terjadi pada orang – orang yang tidak berhati-hati dengan aktivitas online mereka. Bukti bahwa kita semua terus-menerus diserang oleh penjahat cyber ada di kotak masuk email Anda.

Jadi pastikan agar Anda rajin membaca dan mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan spam, apa yang dapat Anda lakukan untuk menghentikannya, apa yang harus dan tidak boleh dilakukan dalam mengelola kotak masuk email Anda.

Pengertian spam Email adalah?

 

spam-email-2

Artikel Terkait  Laman Google Tidak Nyaman Dilihat? Ini Cara Menghapus CSE Tanpa Ganti Browser

Spam adalah segala bentuk komunikasi digital yang tidak diinginkan, sering kali berupa email dan spam email adalah spam yang sering kali dikirimkan dalam jumlah besar kepada banyak orang. Spam adalah pemborosan waktu dan sumber daya yang besar. Penyedia layanan Internet (ISP) membawa dan menyimpan data. Ketika peretas tidak dapat mencuri bandwidth data dari ISP, mereka mencurinya dari pengguna individu, meretas komputer, dan memperbudak mereka dengan menggunakan botnet zombie. Penyedia perangkat lunak menginvestasikan sumber daya untuk membuat aplikasi email yang mencoba menyaring sebagian besar spam keluar. Konsumen membuang waktu untuk menyaring apa pun yang membuatnya melewati filter spam. Menurut Oracle Dyn, total biaya spam, dalam hal produktivitas, energi, dan teknologi, meningkat hingga $ 130 miliar. Ini adalah siklus yang menjengkelkan dan tak berujung.

Jika ada kotak masuk, spammer akan menemukan cara untuk menyumbatnya. Spam juga dapat ditemukan di forum internet, pesan teks, komentar blog, dan media sosial. Email spam, bagaimanapun, sejauh ini adalah yang paling umum, dan sering kali paling mengancam konsumen.

Apa yang mungkin terjadi jika terserang spam

 

Kebanyakan spam sangat menjengkelkan karena akan sangat menyita waktu kita untuk membersihkannya dari inbox email. Ditambah lagi beberapa spam sangat berbahaya untuk ditangani. Contoh spam yang berbahaya misalnya, penipuan email yang berusaha membuat Anda menyerahkan detail informasi rekening bank sehingga si penipu bisa mengambil uang Anda, atau juga yang bertujuan untuk mencuri identitas Anda.

Email yang mengandung pesan semacam itu termasuk penipuan pishing dan sebagian besar mengincar uang Anda. Jadi berhati-hatilah misalnya kepada beberapa hal berikut:

  • Segala sesuatu yang menawarkan layanan tanpa biaya
  • Semua pesan yang meminta Anda untuk menyerahkan detail keuangan
  • Semua email atau pesan yang berisi tautan tentang akun Anda yang mana meminta Anda untuk mengikuti perintah yang ada pada tautan tersebut
  • Pesan yang menyatakan bahwa isi pesan itu adalah pesan yang rahasia.

Beberapa perusahaan yang bergerak di bidang keamanan cyber juga telah mengumumkan tentang cara untuk menangani kejahatan pishing atau spam ini.

Cara untuk Menghidari Pishing spam Email adalah

 

Namun sebelum kita mulai membahas tentang cara menghindarinya, mari kita pahami terlebih dahulu tentang pishing scams.

Phishing Scams

 
Serangan phishing adalah upaya mencuri informasi sensitif seperti detail identitas pribadi, detail rekening bank, nomor kartu kredit, dan kata sandi. Idenya adalah untuk mengarahkan korban ke situs web yang terlihat sah tetapi sebenarnya palsu dan membujuk mereka untuk memasukkan informasi mereka ke dalamnya, membuatnya tersedia bagi para penyerang.

Sifat Penipuan Phishing

 
Penipuan ini biasanya dimulai dengan pesan email yang berpura-pura sebagai sebuah organisasi yang mungkin menggunakan informasi yang sah yang coba didapatkan oleh pelakunya seperti:

  • Bank atau lembaga keuangan lainnya;
  • Situs online yang mungkin memiliki akun payment seperti Gopay, paypal dan lain-lain
  • Situs belanja online atau pesanan lewat pos.

Pesan itu tentu saja merupakan pemalsuan, tetapi pemalsuan seperti itu bisa sulit dideteksi tanpa pengawasan terperinci dari header surat, yang bisa jadi tidak jelas bagi kebanyakan orang dan yang oleh perangkat lunak surat biasa bisa membuatnya sulit terdeteksi.

Pesan itu akan mencoba meyakinkan Anda bahwa ada alasan yang sangat bagus mengapa Anda harus mengunjungi situs web organisasi tersebut, misalnya:

  • Ada masalah dengan akun Anda dan Anda harus memverifikasi detail Anda atau akun itu akan kedaluwarsa
  • Akun Anda telah dibekukan karena aktivitas mencurigakan telah terdeteksi
  • Mereka menawarkan layanan baru yang mengharuskan Anda untuk mendaftar
  • Ada masalah dengan pengiriman Anda dan Anda harus login untuk memeriksa detailnya
  • beberapa transaksi pada akun Anda telah ditolak karena memerlukan verifikasi, dan sebagainya.

Pesan itu kemudian berisi tautan ke suatu situs web untuk Anda klik. Tautan ini, tentu saja, tidak mengarah ke situs web organisasi yang sah, tetapi mengarah ke situs palsu yang dijalankan oleh para scammer. Kadang-kadang sulit untuk melihat URL yang akan mengarahkan Anda ke tautan seperti itu, dan beberapa pemilik email memiliki bug di mana pesan yang dibuat dengan cerdik dapat sepenuhnya mengaburkan informasi ini, sehingga Anda mengarah ke satu situs sementara klien Anda melaporkan Anda di tempat lain. Beberapa situs web palsu ini bisa sangat meyakinkan juga.

Atau, pesannya mungkin meminta Anda untuk mengirim kembali nama pengguna dan kata sandi Anda. Balasan yang berisi perincian Anda akan masuk ke beberapa akun surat eksternal, tempat ia dapat diambil oleh pencuri.

Bagaiman cara untuk  mengatasi spam email?

 

Sekarang setelah Anda mendapat informasi tentang spam, berikut adalah beberapa kiat tentang cara mengidentifikasi email dan malspam phishing dan mencegah diri Anda menjadi korban.

Jangan Menanggapi spam

 
Kiat pertama kami untuk menghentikan spam email adalah: berhenti merespons spam. Pernahkah Anda membaca email spam yang benar-benar buruk dan bertanya-tanya, “Siapa yang benar-benar mengklik atau merespons hal-hal ini?” Sebuah survei tentang spam e-mail yang dilakukan oleh Kelompok Kerja Anti Penyalahgunaan Perpesanan, Malware dan Ponsel, sebanyak 46% respondennya atau hampir sebagian dari mereka mengatakan mereka mengklik atau membalas email tersebut karena merasa penasaran, untuk unreg, atau untuk mempelajari lebih lanjut tentang produk / layanan yang ditawarkan. Tapi saya sarankan, jangan menjadi salah satu dari orang-orang ini. Karena dengan menanggapi spam tersebut Anda menunjukkan kepada spammer bahwa email Anda valid dan mereka akan mengirimi Anda lebih banyak spam.

Artikel Terkait  Begini Cara Melindungi Website Anda dengan WHOIS Protection

Saran yang sama berlaku untuk spam ponsel. Tutup telepon dan tambahkan pemanggil ke daftar nomor yang diblokir di ponsel cerdas Anda. Jika ini adalah pesan teks, Anda dapat menyalin dan meneruskannya ke nomor 7726 (SPAM), hal itu akan meningkatkan kemampuan operator telepon Anda untuk menyaring pesan spam.

Dengan merespon pesan tersebut dan terlibat dengan scammer dengan cara apa pun, Anda menunjukkan bahwa nomor telepon Anda valid dan Anda akan merespons. Selain itu, dengan berbicara, scammers dapat merekam suara Anda dan menggunakan sampel audio dari Anda yang mengatakan “ya” untuk mengesahkan biaya untuk hal-hal dan layanan yang tidak Anda inginkan.

Aktifkan filter spam Anda

 
Penyedia email melakukan kerja keras dalam menghentikan spam. Sebagian besar email massal bahkan tidak pernah melewati filter email kita dan masuk ke kotak masuk. Memang, email yang sah terkadang salah masuk ke dalam folder spam, tetapi Anda dapat mencegah hal ini terjadi di masa depan dengan menandai email ini sebagai “bukan spam,” dan menambahkan pengirim yang sah ke daftar kontak Anda.

Matikan makro

 
Pastikan agar Anda tidak mengaktifkan makro secara default. Dan jika seseorang mengirimi Anda lampiran melalui email dan dokumen itu meminta Anda untuk “mengaktifkan makro,” klik “tidak”, terutama jika Anda tidak mengenal pengirimnya. Jika Anda menduga itu adalah lampiran yang sah, periksa ulang dengan memastikannya kepada pengirim, dan konfirmasikan bahwa mereka memang mengirimi Anda file tersebut.

Pelajari cara menemukan email phishing

 
Berikut adalah lima tanda merah untuk melihat email phishing. Jika Anda melihat salah satu dari ini, maka Anda mungkin melihat email phishing.

  1. Alamat pengirim tidak benar. Jika ini adalah email yang sah, alamat pengirim harus cocok dengan domain untuk perusahaan yang mereka klaim wakili. Dengan kata lain, email dari PayPal selalu berasal dari example@paypal.com dan email dari Microsoft selalu berasal dari example@microsoft.com.
  2. Pengirim tampaknya tidak benar-benar tahu siapa Anda. Email yang sah dari perusahaan dan orang yang Anda kenal akan dialamatkan kepada Anda dengan nama. Surel phishing sering menggunakan salam umum seperti “Pelanggan yang terhormat” atau salam umum lainnya. Tautan tertanam memiliki URL yang tidak biasa. Periksa URL sebelum mengklik dengan mengarahkan kursor dengan kursor Anda. Jika tautannya tampak mencurigakan, navigasikan ke situs web secara langsung melalui peramban Anda. Sama halnya untuk tombol ajakan bertindak apa pun. Arahkan kursor dengan mouse Anda sebelum mengklik. Jika Anda menggunakan perangkat seluler, navigasikan ke situs secara langsung atau melalui aplikasi khusus. Spam pesan teks sering kali menyertakan tautan ke situs palsu yang dirancang untuk menangkap login Anda.
  3. Kesalahan ketik, tata bahasa yang buruk, dan sintaksis yang tidak biasa. Apakah email itu terlihat bolak-balik diterjemahkan melalui Google Translate beberapa kali? Mungkin itu adalah phishing.
  4. Isi email itu terlalu bagus untuk menjadi kenyataan. Penipuan uang muka bekerja karena mereka menawarkan agar Anda melakukan sedikit pekerjaan dengan imbalan yang besar. Tetapi jika Anda meluangkan waktu untuk benar-benar memikirkan email tersebut, isinya tidak masuk akal.
  5. Ada lampiran. Dalam dunia komunikasi dan pemasaran email, lampiran adalah hal yang tidak boleh, dan bisnis umumnya tidak mengirim email dengan lampiran.

Gunakan otentikasi multi-faktor

 
Dengan otentikasi dua faktor atau multi-faktor, bahkan jika nama pengguna dan kata sandi Anda dikompromikan melalui serangan phishing, penjahat dunia maya tidak akan dapat menyiasati persyaratan otentikasi tambahan yang terkait dengan akun Anda. Faktor otentikasi tambahan mencakup pertanyaan rahasia atau kode verifikasi yang dikirim ke ponsel Anda melalui pesan teks.

Artikel Terkait  Bahasa Pemrograman yang Harus Kamu Pelajari di Tahun 2020

Instal software keamanan siber

 
Jika Anda mengklik tautan buruk atau mengunduh malware yang dikirim kepada Anda melalui spam, perangkat lunak cybersecurity yang baik akan mengenali malware tersebut dan mematikannya sebelum dapat merusak sistem atau jaringan Anda. Gunakan software security yang memberi Anda perlindungan kapan pun teknologi membawa Anda. Perlindungan ancaman saat bepergian dan juga yang dapat memblokir semua panggilan dan pesan teks yang tidak diinginkan. Dan jika Anda mengklik tautan jahat dalam teks spam, software tersebut akan menghentikan pemuatan situs yang buruk.

Itulah tadi ulasan dari kami yang membahas bahwa spam email adalah salah satu bentuk kejahatan siber di dunia yang sudah serba online ini. Meski Anda adalah pengguna internet yang masih awam, Anda dapat menjaga diri Anda dari ancaman tindak kejahatan seperti di atas. Semoga tulisan ini bermanfaat.
[jasa-pembuatan-website]


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya