Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteServer / HostingCloud Security, Mengapa Jadi Hal Penting untuk Kita?

Cloud Security, Mengapa Jadi Hal Penting untuk Kita?

-

Last Updated on January 31, 2023 by

Sekarang ini mungkin sudah banyak yang pernah mendengar istilah cloud computing. Atau bahkan mungkin saat ini Anda sedang mendalami bidang yang satu ini karena kebutuhan bisnis yang sudah tidak bisa lagi diakomodasi oleh kemampuan komputasi tradisional. Jika belum kenal cloud computing, sistem yang satu ini menyerahkan seluruh tenaga komputasi perusahaan ke penyedia solusi cloud di luar perusahaan. Nah, sebelum beralih ke cloud computing pastinya ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, salah satunya adalah cloud security yang akan dibahas pada artikel kali ini.

Apa itu cloud security?

cloud security

Cloud security atau keamanan pada komputasi awan adalah upaya-upaya keamanan yang diterapkan pada sistem komputasi awan (cloud computing). Cloud security penting karena banyak proses bisnis saat ini yang memanfaatkan cloud computing untuk menjalankan infrastruktur serta menyimpan data-data penting atau bahkan data sensitif. Penerapan keamanan cloud yang baik akan menghindarkan perusahaan dari kebocoran dan pengaksesan data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, serta membawa dampak baik berupa kepercayaan dari banyak pihak dan menyelamatkan perusahaan dari kerugian akibat data yang tersebar.

Sebelum membahasnya lebih lanjut, perlu kita kenali dulu beberapa jenis lingkungan cloud computing yang ada agar teknis keamanan cloud yang diterapkan bisa tepat sasaran:

  • Public cloud environment: yaitu layanan cloudyang dijalankan oleh penyedia layanan. Server yang tersedia akan menampung beberapa pengguna sekaligus.
  • Private cloud environment: yaitu layanan cloud yang bisa dijalankan oleh pengguna atau bisa juga oleh penyedia layanan. Satu server hanya digunakan oleh satu pengguna atau organisasi.
  • Hybrid cloud environment: yaitu layanan cloud yang memadukan publicdan private cloud untuk pengguna yang ingin mengombinasikan keunggulan antara keduanya.

Untuk semua tipe lingkungan cloud, bidang keamanan komputasi awan akan mencakup perlindungan terhadap jaringan fisik seperti router dan sistem kelistrikan, data dan penyimpanannya, data server, aplikasi, perangkat lunak, sistem operasi, serta hardware.

Mengapa cloud security penting?

Seperti yang sudah kami sedikit bahas di poin sebelumnya, cloud security di zaman sekarang ini penting dipertimbangkan karena banyak proses bisnis yang dijalankan dengan bantuan cloud computing. Ada beberapa alasan di balik ini, seperti untuk menghemat biaya perusahaan karena tidak perlu membeli data center khusus, untuk mengakomodir pengguna yang semakin banyak, atau untuk membuat proses bisnis selalu aktif dan minim downtime. Memindahkan proses bisnis – termasuk data-data sensitif – ke cloud artinya mempercayai penyedia layanan cloud untuk menjaga seluruh proses bisnis tetap aman. Jangan sampai karena sifat internet yang dapat diakses di mana saja, ada celah keamanan yang bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang tidak bertanggung jawab.

Artikel Terkait  Arti Hosting : Kupas Tuntas Semua Hal Mengenai Hosting!

Sebelum berpindah ke cloud computing, penting untuk mengetahui detil kebijakan privasi dan perlindungan data yang dimiliki penyedia layanan cloud. Informasi tentang apa saja data yang dikumpulkan, di mana dan bagaimana data tersebut akan diproses, serta kesanggupan mereka untuk melindungi keseluruhan proses bisnis yang sensitif harus digali lebih lanjut. Ditambah lagi perlindungan data telah diatur secara hukum, contohnya penerapan General Data Protection Regulation (GDPR) di Uni Eropa, yang jika dilanggar pasti akan berdampak negatif kepada citra perusahaan secara keseluruhan.

Ancaman keamanan terhadap komputasi awan juga semakin canggih sejalan dengan berkembangnya teknologi, seperti upaya phising yaitu mengecoh pengguna untuk memberikan data sensitif atau celah keamanan yang tidak dibenahi dengan baik.

Bagaimana menerapkan cloud security?

cloud security

Para penyedia layanan cloud biasanya memiliki beberapa tool untuk mewujudkan cloud security itu sendiri. Tool yang wajib ada adalah:

  • Identity and access management

Layanan ini memungkinkan perusahaan untuk mengatur apa saja hal-hal yang bisa diakses oleh pengguna, sehingga tetap aman dan tetap dapat diakses oleh mereka yang berkepentingan di mana saja. Contoh penerapan ini adalah memberikan identitas ke setiap pengguna untuk memastikan mereka benar-benar punya hak akses, membatasi pengguna yang dapat membuka informasi sensitif, serta mewajibkan autentikasi multi-langkah.

  • Data loss prevention

Layanan ini menjamin data pengguna agar tetap aman. Upaya data loss prevention terdiri dari peringatan jika terjadi sesuatu, enkripsi data, pengingat bagi pengguna untuk senantiasa membantu perlindungan data, dan beberapa upaya lainnya.

  • Security information and event management

Layanan ini memberikan informasi, memantau serta mengeksekusi aksi jika ada ancaman yang dideteksi. Seluruh proses ini dijalankan secara otomatis sehingga developer dapat mengambil langkah cepat untuk mengamankan seluruh proses bisnis.

  • Business continuity and disaster recovery

Seluruh upaya pencegahan terhadap hal yang tidak diinginkan mungkin tidak dapat sepenuhnya menghindari pengguna dari celah keamanan. Maka dari itu, layanan ini memungkinkan bisnis untuk melakukan aksi cepat jika seandainya ditemukan hal yang membahayakan atau terjadi gangguan. Penting untuk dilakukan aksi pengamanan sesegera mungkin agar dampak dari gangguan tersebut tidak meluas, jadi keseluruhan proses dapat tetap berjalan seperti biasanya.

Artikel Terkait  Kenali Dedicated Hosting beserta Keuntungannya

Penggunaan alat-alat di atas saja tidak cukup untuk penerapan keamanan cloud yang maksimal. Tentu diperlukan kerjasama dari seluruh orang yang terlibat. Orang-orang dapat membantu memperketat keamanan cloud dengan cara-cara berikut ini:

  • Kenali seluruh upaya untuk merusak sistem. Pegawai perlu di-training agar tahu bagaimana kiat-kiat menjaga keamanan sistem agar tidak terbobol, misalnya dengan tidak membuka tautan ataufile yang tidak diketahui.
  • Beri tahu tim IT saat menerimaemail atau berkas yang mencurigakan.
  • Lakukan update pada software dan hardwaresecara rutin sehingga memiliki standar keamanan terkini.
  • Lakukan simulasi phising agar dapat diketahui seberapa efektif upaya pengamanan yang sudah diterapkan.
  • Lindungi data yang sensitif dengan enkripsi dan terapkan proses yang lebih aman untuk membuka akses. Saat ini ada teknologi multifactor authenticationdimana akses ke pengguna hanya diberikan setelah langkah verifikasi tambahan dan juga passwordless dimana pengguna dapat membuka kunci dengan identitas biometrik seperti sidik jari atau iris mata alih-alih menggunakan password.
  • Terapkan zero trust framework, yaitu tidak mudah mempercayai permintaan akses bahkan jika permintaan berasal dari dalam jaringan.

Tantangan untuk mengamankan cloud

Pengamanan infrastruktur awan pasti akan menemui kendala tersendiri. Oleh karena itu, tim pengamanan infrastruktur mungkin perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi beberapa hal berikut:

  • Kurangnya pengawasan terhadap data

Infrastruktur cloud computing membuat data dapat diakses dari banyak jaringan, baik di dalam perusahaan maupun di luar. Lalu lintas data perlu diawasi agar tidak berpindah ke tempat yang kurang aman, dan datanya juga harus diberikan privilege yang jelas sehingga dibatasi aksesnya untuk yang berkepentingan saja.

  • Lingkungan yang rumit

Infrastruktur cloud berusaha untuk memenuhi kebutuhan yang beragam. Untuk mengaplikasikan keamanan mungkin perlu perhatian dan cara khusus, apalagi jika perusahaan menggunakan solusi hybrid cloud dari beberapa penyedia sekaligus. Kesalahan pada konfigurasi lebih berpeluang terjadi, begitu pula dengan pemantauan terhadap ancaman berbahaya di antara lingkungan cloud tersebut.

  • Melewatkan pembenahan penting

Pesatnya perkembangan teknologi menghadirkan banyak solusi dan inovasi baru yang bermunculan. Jangan sampai karena sibuk mengaplikasikan inovasi-inovasi tersebut, aspek keamanan menjadi terlupakan. Selalu perbarui keamanan dengan menerapkan standar terbaru.

  • Kepatuhan terhadap perlindungan data

Biasanya penyedia layanan cloud telah memastikan bahwa mereka patuh terhadap ketentuan perlindungan data yang dibuktikan dengan akreditasi tertentu. Namun tetap menjadi kewajiban dari perusahaan untuk memastikan bahwa data dan kegiatan bisnis yang berjalan di cloud ini juga mematuhi ketentuan penggunaan dan perlindungan data.

  • Ancaman dari dalam

Ancaman keamanan ternyata bisa datang dari orang di dalam perusahaan itu sendiri. Jadi perusahaan perlu membuat panduan tertentu bagi pegawai untuk turut serta menjaga aset perusahaan.

Artikel Terkait  Remote Server adalah : Cara Praktis Akses Server Kekinian

Penutup

Banyaknya bisnis yang memindahkan kegiatan dan data mereka ke cloud membuka resiko dan tantangan baru bagi dunia keamanan siber. Oleh karena itu jika mempertimbangkan untuk beralih ke cloud computing, salah satu faktor penting yang harus dicari tahu adalah cloud security atau keamanan siber. Biasanya penyedia layanan cloud memiliki alat-alat tersendiri yang dapat dimanfaatkan penggunaannya untuk memperketat keamanan. Selain itu, SDM yang berkepentingan juga perlu berkerja sama untuk mengamankan proses bisnis sehingga penerapannya bisa lebih efektif.

Itu dia artikel kami kali ini, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi Anda. Untuk pembahasan lainnya seputar pengembangan web dan aplikasi, tetap ikuti kami di appkey.id ya!  


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Ini Cara Mudah Membuat Redirect PHP | Seri Belajar PHP

Fungsi redirect PHP sangat banyak digunakan dalam kehidupan berwebsite alias mengelola website. Script redirect PHP banyak dipergunakan oleh user...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya