Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Server / Hosting Cara Kerja Dedicated Server, Manfaat dan Harganya

Cara Kerja Dedicated Server, Manfaat dan Harganya

-

Bagi Anda yang bergelut dibidang bisnis, tentu memiliki blog atau website adalah hal yang lumrah terjadi. Seiring berjalannya waktu, bisnis atau usaha, atau situs milik Anda akan berkembang dengan baik.

Traffic pengunjung yang banyak menuntut adanya kekuatan yang lebih dari server milik Anda untuk melayaninya. Berbeda sekali dengan ketika Anda meluncurkan situs web Anda untuk pertama kalinya, seperti pemilik situs baru lain, shared hosting adalah pilihan yang tepat, sebab itu adalah opsi termurah.

Apabila Anda ingin mengelola blog atau website dengan cara yang lebih profesional, maka dedicated server adalah hal yang tepat. Selain itu, juga dapat dipilih ketika Anda merasa kurang puas dengan segala batasan yang ada pada hosting yang bersifat gratis, atau ketika Anda sebagai seorang blogger ingin memindahkan blog dari blogspot ke wordpress yang bersifat self-hosted.

Lalu, apakah sebenarnya dedicated server yang sangat berguna tersebut? Berikut ini akan dibahas pengertian, cara kerja, manfaat sekaligus harga server tersebut.

Pengertian Dedicated Server

Dedicated-Server-pengertian

Dalam dunia hosting, terkenal beberapa layanan utama, yaitu shared hosting, VPS hosting atau VPS server, dan yang terakhir adalah dedicated server hosting, dimana setiap layanan tersebut memiliki keunggulan masing-masing.

Dedicated server adalah salah satu tipe hosting dimana memberikan penyewaan satu server secara utuh, tanpa dibagi dengan user lain, atau dengan kata lain dengan skala penuh, kepada hanya satu buah akun penyewa.

Sehingga hanya user tersebut yang dapat menempati sekaligus menggunakan server tersebut. Artinya adalah, saat Anda memutuskan untuk membeli atau menyewa layanan hosting dedicated server, Anda dapat memperoleh akses penuh terhadap sebuah server.

Anda berkuasa sepenuhnya terhadap pengelolaan server ini, termasuk dalam hal pemilihan sekaligus instalasi sistem operasi, jenis hardware, termasuk menginstall software aplikasi yang dapat dipergunakan untuk menunjang kegiatan server sendiri, dan lainnya.

Anda pun tidak perlu direpotkan dengan instalasi sekaligus penyediaan hardware, dikarenakan sudah terdapat support untuk instalasi software tersebut sehingga sudah siap untuk digunakan.

Kelebihan server ini adalah, selain memberikan seratus persen hak akses terhadap suatu server, dan juga sangat aman. Apabila terjadi kerusakan pada server, Anda tidak perlu bertanggung jawab pada kerusakan tersebut.

Selain itu, Anda juga akan disediakan remote, untuk mengontrol server milik Anda. Jadi, tidak perlu melakukan pengawasan pada fisik server secara langsung, yang sama sekali tidak membebani Anda.

Contoh nyata dari server ini adalah layanan IDcloudhost. Layanan ini bersifat unmanaged alias dukungan teknis diberikan sampai pada tatanan jaringan sekaligus hardware. Providernya melakukan instalasi sekaligus konfigurasi awal sesuai dengan permintaan Anda sebagai client.

Khusus untuk dedicated server Indonesia, server akan diletakkan pada data center Indonesia, yang terkoneksi langsung dengan jaringan 1GBps shared IIX atau open IXP connection unmetered, sekaligus link internasional melalui nusanet internet service provider, dengan besar 5mbps shared international connection.

Selain itu, pilihan untuk bandwidth dedicated juga dapat dimiliki jika Anda menginginkannya. Saat ini, layanan IDcloudhost sudah dipergunakan oleh beberapa perusahaan besar Indonesia, seperti Telkom Group, Telkom Indonesia, hingga Astragraphia.

Selain itu, juga terdapat jogjahost, yang memberikan layanan kelola dedicated server menggunakan cPanel. Bagaimana? Menarik kan? Lalu, bagaimana cara kerja dari server ini? Berikut ini akan dibahas liputannya.

Artikel Terkait  AWS Adalah? Layanan Cloud Computing Amazon

Cara Kerja

manfaat dedicated server

Dedicated server dan colocation server memiliki keterhubungan, dimana komponen hardwarenya menyewa milik data center. Sedangkan colocation center, seluruh server fisik dan komponen miliknya dibeli sendiri, seperti hardware, software, firewall hingga komponen lainnya, kemudian diletakkan pada data center untuk dikelola sekaligus dirawat.

User memiliki pengetahuan mengenai server, memiliki root access server sekaligus memiliki wewenang penuh untuk mengatur servernya. Analogi dari dedicated server dan colocation server adalah ibarat sebuah gedung, gedung ini terletak disebuah kompleks yang disebut data center atau colocation server.

Gedung yang Anda tempat sendiri, Anda bebas menggunakan sekaligus mengatur seluruh fasilitas yang ada didalamnya. Sekalipun bebas, jika terjadi sesuatu dengan data center, maka gedung atau server yang Anda miliki dapat terkena imbasnya, misalnya mati listrik, atau bencana alam.

Tipe hosting jenis ini cocok sekali untuk perusahaan besar yang membutuhkan resource yang besar, serta memiliki traffic website yang tinggi. Memiliki modul tertentu yang tidak dimiliki dalam layanan shared hosting, serta mengutamakan tingkat keamanan data yang tinggi.

Manfaat Dedicated Server

Manfaat dari server ini adalah sebagai berikut:

1. Alamat IP Dedicated

Anda dapat memilih alamat IP dedicated untuk server milik Anda. Tentu hal ini memberi Anda sebuah kontrol administratif pada server milik Anda sekaligus identitas yang unik.

2. Manfaat Untuk SEO

Keutamaan dari hosting jenis ini adalah website milik Anda akan lebih cepat diakses. Hal ini akan mengurangi tingkat bouncing, sekaligus meningkatkan pelayanan pada pelanggan. Anda pun tidak akan terjebak dalam suatu lingkungan yang buruk.

Apabila situs lain pada server milik Anda di­ black-list, dikarenakan berbahaya oleh google, pengaruh negatif akan dirasakan oleh website milik perusahaan Anda. Belum lagi adanya potensi penurunan relevansi untuk pengguna Anda.

3. Keandalan

Dikarenakan hanya ada satu jenis bisnis atau organisasi yang beroperasi dalam suatu server, Anda dapat mencapai maksimum uptime sekaligus waktu loading yang cepat yang mengurangi kemungkinan downtime ataupun kinerja website yang buruk.

Bisnis atau organisasi tidak harus berbagi bandwidth dengan situs lain, yang berarti sumber daya yang Anda butuhkan selalu tersedia dan dapat diakses dengan mudah.

4. Keamanan

Hosting jenis ini memberikan pelayanan yang optimal terkait tingkat keamanan pada sistem. Pada pilihan awal, yaitu shared hosting, memberikan perusahaan sekaligus webmaster akses keseluruh sumber daya yang dimiliki oleh server, yang tentunya dapat menimbulkan ancaman keamanan yang signifikan untuk jenis bisnis yang menyimpan data yang sensitif.

Demi memerangi masalah ini, dedicated server beroperasi dalam hubungannya dengan patch keamanan, sekaligus memberikan update reguler untuk melindungi file. Hal ini tentu akan meminimalkan kemungkinan pelanggaran pada sistem keamanan.

Selain itu, persyaratan keamanan yang diminta oleh badan pemerintah terus bertumbuh. Bisnis Anda harus bisa menyediakan potensi pembaharuan yang dapat menyelesaikan kewajiban persyaratan untuk sever, untuk memiliki akses keamanan yang ketat.

Artikel Terkait  Cara Mengatur Filter Email di cPanel

5. Fleksibilitas Sekaligus Peningkatan Kontrol

Keuntungan terbesar dari dedicated server adalah peningkatan kontrol sekaligus tingkat fleksibilitas. Sesuai dengan konsepnya sendiri, hal ini pada gilirannya akan menciptakan lingkungan yang optimal untuk sebuah situs web.

Sehingga website milik Anda dapat menerima peningkatan jumlah pengunjung sekaligus sumber daya yang fleksibel disaat ada lonjakan pengunjung. Sebagai contoh, setelah adanya press release.

Harga Layanan Ini

harga layanan dedicated server

Dikarenakan salah satu kelemahan layanan ini adalah harganya yang mahal, tentu Anda membutuhkan dedicated server murah. Hal ini dikarenakan semakin tinggi tingkat spesifikasi server yang diiinginkan, akan semakin mahal pula harganya.

Berbeda sekali dengan shared hosting yang memungkinkan Anda untuk membayar sewa bersama dengan pengguna lainnya. Di Indonesia, Anda akan menemukan layanan ini dengan kisaran harga Rp.1.500.000,- perbulan.

Sementara kisaran harga yang ditawarkan, paling mahal, sampai dengan Rp.4.000.000,- perbulan. Adapun menurut sumber lain, idealnya berkisar Rp.5.000.000,- hingga Rp.10.000.000,- perbulan.

Dengan RAM yang diberikan berkisar 16GB dan kapasitas penyimpanan mencapai 200GB, dengan menggunakan solid state disk alias SSD. Apakah yang dimaksud dengan SSD tersebut?

SSD adalah penyimpanan yang memiliki kinerja sekaligus kehandalan khusus pada lingkungan virtual yang juga banyak digunakan pada data center modern yang menyediakan fasilitas colocation server. Bagaimana? Menarik, bukan?

Demikian informasi mengenai server ini, sekaligus informasi lain seputar harga yang kami harap bisa bermanfaat untuk Anda. Tentu provider layanan yang berbeda, akan memberikan keunggulan sekaligus harga yang berbeda pula!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya