Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Server / Hosting Pengertian Proxy Server dan List Proxy Server yang Populer...

Pengertian Proxy Server dan List Proxy Server yang Populer Digunakan Saat Ini

-

Anda yang sering berselancar di dunia maya mungkin sudah pernah mendengar kata server proxy. Software yang satu ini memiliki peranan penting terkait keamanan berjejaring di internet. Sudahkah Anda mengetahui peranan proxy dalam internet? Selain itu, bagaimana cara kerja server proxy saat kita berinternet? Daripada bertanya-tanya, yuk langsung cari tahu jawabannya di artikel berikut ini!

Mengenal Proxy Server Online

 

jenis-proxy-server

Di zaman teknologi modern saat ini, hampir semua orang memiliki akses internet untuk memenuhi tugas harian atau hanya sekadar mencari hiburan. Dimana ada seseorang sedang mengakses internet, di sana ada sistem proxy yang turut bekerja.

Apa itu proxy? Proxy merupakan “gerbang” yang memungkinkan Anda untuk terhubung ke internet. Sedangkan proxy server adalah hardware yang menyediakan layanan proxy. Berkat kedua komponen ini, Anda bisa bebas berinternet dengan bebas dan aman. Hal ini dikarenakan fungsi utama proxy server adalah menjaga keamanan data-data setiap user saat berinternet.

Lalu bagaimana proxy bekerja? Secara keseluruhan, sistem kerja internet sesungguhnya mirip seperti cara Anda bepergian ke suatu tempat dengan menyusuri jalan raya. Untuk lebih jelasnya, simaklah 2 poin berikut:

  • Pertama, internet akan mengenali alamat IP dari perangkat Anda untuk bisa mengirimkan data-data yang dibutuhkan saat proses pengaksesan internet. Setiap hardware (komputer, laptop, smartphone) pasti memiliki alamat IP yang berbeda. Alamat IP ini berfungsi sebagai “nama jalan” ke perangkat yang Anda gunakan untuk menjelajahi internet.
  • Kedua, setiap permintaan yang Anda kirim ke internet akan masuk ke dalam “gerbang” server proxy. Selanjutnya, server akan menjalankan beberapa proses untuk menghasilkan output seperti:

1) Membuat permintaan menggunakan nama Anda selaku user;

2) Mengumpulkan respon server website;

3) Meneruskan data-data halaman web dan memunculkannya di browser.

Kesimpulannya, proxy server bekerja selayaknya gerbang ke dunia internet untuk menjaga keamanan dan privasi user. Dalam menjalankan tugas tersebut, server proxy bisa melakukan beragam hal seperti:

  1. Mengubah alamat IP Anda hingga server web tidak akan mengetahui lokasi asli Anda.
  2. Sistem enkripsi proxy mencegah data terbaca saat proses “perjalanan” menuju website.
  3. Memblokir akses ke website tertentu yang dinilai mencurigakan.

5 List Proxy Server Terpopuler Saat Ini

Mengingat peranannya yang penting, kini ada banyak tipe proxy server yang beredar dan siap pakai secara online. Meskipun memiliki kegunaan dasar yang sama, ternyata server proxy bisa dibedakan berdasarkan fitur dan karakteristiknya masing-masing. Sebelum mengetahui server proxy mana yang cocok untuk digunakan, mari pahami dulu jenis-jenis proxy server:

Anonymous Proxy

Anonymous proxy dapat melindungi alamat IP asli dengan cara menyamarkannya dari server website. Alih-alih alamat IP asli, yang akan terdeteksi justru alamat IP server proxy saja.

Distorting Proxy

Distorting proxy bekerja dengan merekayasa alamat IP. Sementara alamat IP asli dapat dilihat di bagian HTTP HEADER.

High Anonymity Proxy

High anonymity proxy terkenal memiliki kerahasiaan tinggi, sebab tidak menampilkan alamat IP. Alhasil, user tidak akan terbaca sama sekali oleh website.

Reverse Proxy

Reverse proxy bekerja melindungi alamat IP dengan mencegah user terkoneksi ke internet melalui akses yang tidak termonitor. Alhasil reverse proxy banyak digunakan oleh jaringan lokal serta perusahaan untuk membatasi user membuka situs tertentu.

Keempat tipe server proxy di atas telah dikembangkan menjadi beragam brand server. Bahkan, sekarang ada banyak list server proxy yang dapat digunakan secara gratis. Sejumlah rekomendasi server proxy telah sukses kami rangkum. Lebih lanjut, 5 list proxy server yang populer saat ini adalah sebagai berikut:

Artikel Terkait  Fungsi Kode Captcha | Kenapa Harus dan Apakah Manfaatnya?

1) CroxyProxy

Proxy server yang populer saat ini adalah CroxyProxy. CroxyProxy menyediakan layanan proxy yang canggih, gratis, dan disupport oleh banyak jenis situs, mesin pencari, sosial media, e-mail dan lain-lain. Selain itu, Anda juga bisa mengamankan data-data dengan menggunakan koneksi terenkripsi.

2. Proxysite.com

Rekomendasi kedua dalam list proxy server yang populer saat ini adalah Proxysite.com. Proxysite tak hanya mampu melindungi privasi Anda saat berinternet, tetapi juga mencegah hacker untuk memantau aktivitas internet Anda. Proxysite telah difasilitasi dengan enkripsi SSL dan menggunakan jaringan gigabyte. Dengan demikian, Anda bisa tetap berinternet secara cepat dan aman.

3) Kproxy

Anda sedang mencari server proxy gratis dan sederhana penggunaannya? Jika iya, maka Kproxy adalah jawaban yang paling tepat! Kproxy memiliki antarmuka situs sederhana dan mudah digunakan baik untuk website ataupun ekstensi browser seperti Chrome dan Firefox. Kproxy menawarkan penggunaan yang praktis, aman dan akses internet berkecepatan tinggi.

4) Hide.me

Hide.me adalah server proxy lainnya yang bisa Anda gunakan. Berbeda dengan server proxy lain, Hide.me memberikan server dengan standar keamanan dan perlindungan privasi tinggi. Server ini juga tidak menyimpan data-data log ataupun alamat IP Anda.

5) Megaproxy

Rekomendasi server proxy terakhir adalah Megaproxy. Megaproxy adalah server berkualitas baik, bebas iklan, dan mudah dipakai. Namun sebelum bisa menggunakan fitur-fitur Megaproxy, Anda harus membuat akun pengguna terlebih dahulu.

Keuntungan dan Resiko Proxy Server Online

Seperti yang telah Anda ketahui, proxy server online memang membawa sejumlah keuntungan dan manfaat bagi penggunanya. Ada banyak keuntungan dari penggunaan proxy server, baik untuk keperluan pribadi atau perusahaan seperti:

Artikel Terkait  Perbedaan HTTP dan HTTPS: Lengkap dengan Masing-Masing Fungsinya

1. Memaksimalkan Kecepatan Jaringan sekaligus Mengehemat Bandwidth

Proxy server mampu memaksimalkan kecepatan jaringan Anda secara keseluruhan sekaligus menghemat bandwidth. Keuntungan ini umumnya dirasakan oleh perusahaan yang memiliki banyak user atau karyawan yang mengakses sebuah website di waktu yang sama.

Dengan server proxy, permintaan setiap user untuk mengakses website tersebut akan “diringkas”, sehingga proxy hanya perlu mengirimkan satu permintaan ke server website. Sistem ini otomatis menghemat bandwidth sekaligus mengoptimalkan kecepatan jaringan.

2. Mengotrol Penggunaan Internet

Keunggulan kedua adalah kemampuan mengontrol penggunaan internet. Perusahaan biasanya memantau aktivitas penggunaan internet karyawannya. Sementara pemantauan internet di rumah umumnya dilakukan oleh orang tua terhadap anak-anaknya. Proses ini akan menjadi lebih mudah jika Anda memanfaatkan penggunaan server proxy.

Anda bisa menyiapkan firewall sekaligus mengonfigurasi server proxy untuk “menolak” membuka situs-situs tertentu. Nantinya, user tidak akan dapat mengakses situs-situs terlarang dengan menggunakan jaringan internet kantor atau Wi-Fi rumah.

3. Menjaga Privasi dan Keamanan Data

 

fungsi-proxy-server

Manfaat paling umum dari penggunaan server proxy adalah menjaga privasi dan keamanan data user saat menggunakan internet. Server proxy memberikan Anda ruang privasi saat menjelajah dunia maya dengan tidak menampilkan alamat IP Anda ke server website.

Selain itu, keamanan data Anda juga akan lebih terjamin sebab server proxy sudah dilengkapi dengan data enkripsi. Data enkripsi akan mencegah server website membaca aktivitas Anda. Selain itu, kini sudah ada banyak server proxy yang dilengkapi dengan perlindungan dari situs malware dan VPN.

Di samping semua keuntungan tersebut, sayangnya, penggunaan server proxy online juga memiliki resiko tersendiri yang bisa merugikan user. Oleh sebab itu, Anda tetap harus berhati-hati saat memilih server proxy untuk digunakan. Lantas apa saja resiko dari server proxy?

1. Server Tanpa Proxy

Anda harus benar-benar cermat saat memilih server proxy untuk digunakan. Jangan sampai karena tergiur oleh fasilitas gratis, ternyata server pilihan Anda tidak dilengkapi dengan fitur enkripsi data. Menggunakan proxy tanpa enkripsi sama saja seperti berinternet tanpa proxy. Alhasil semua orang bisa melihat bahkan mencuri identitas Anda saat berinternet mulai dari nama user, password, dan informasi penting lain. Untuk menghindari masalah ini, kuncinya cuma ada satu: Anda harus betul-betul memahami semua fitur, fasilitas, dan fungsi-fungsi yang ditawarkan oleh sebuah server proxy.

2. Gratis Belum Tentu Aman

Kebanyakan orang lebih memilih menggunakan server proxy gratis yang banyak ditawarkan di internet. Anda pun boleh saja menggunakan layanan proxy gratis, namun tetaplah ingat bahwa proxy gratis umumnya beresiko.

Ada cukup banyak resiko yang bisa muncul dalam layanan proxy gratis, seperti masalah keamanan data, masalah enkripsi, hingga masalah kinerja. Bahkan ada juga beberapa tools proxy gratis yang sesungguhnya palsu. Tujuan asli mereka sesungguhnya adalah mencuri data-data Anda, bukan melindunginya.

3. Mencatat Log History Penelusuran

Resiko proxy yang terakhir adalah diam-diam mencatat log history penelusuran serta aktivitas internet Anda. Sebuah server proxy bisa memiliki alamat IP asli Anda beserta permintaan akses web yang tidak dienkripsi, lalu data-data ini disimpan secara lokal. Jadi Anda harus selalu waspada! Pastikan bahwa server proxy pilihan Anda tidak diam-diam mencatat log aktivitas Anda, begitu pula syarat dan ketentuan aturan-aturan hukum yang mereka terapkan.

Menarik dan lengkap sekali bukan pembahasan kali ini terkait server proxy? Jangan lupa untuk membagikan ilmu bermanfaat di artikel ini kepada rekan-rekanmu ya! Terima kasih sudah membaca, sampai bertemu di artikel lainnya dari kami!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya