Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Server / Hosting Pengertian Query dan Bagaimanakah Cara Kerjanya?

Pengertian Query dan Bagaimanakah Cara Kerjanya?

-

Dalam bahasa Inggris reguler, query adalah permintaan informasi. Apa itu query dalam pemrograman komputer? Sederhana, sama saja kecuali informasinya diambil dari basis data. Ini berguna untuk manipulasi data-menambah, menghapus, dan mengubah data.

Standar untuk manajemen basis data query adalah Structured Query LanguUsia (SQL). Ingat, SQL berbeda dari MySQL : yang pertama adalah bahasa query, yang terakhir adalah perangkat lunak yang menggunakan bahasa query.

Memang benar bahwa SQL adalah pilihan paling populer di antara perangkat lunak database, itu jelas bukan satu-satunya. Beberapa lainnya adalah AQL, Datalog, dan DMX.

Namun, Anda tidak hanya mengetik ‘permintaan’ acak. Anda menulis query Anda berdasarkan seperangkat kode yang telah ditentukan, sehingga basis data Anda memahami instruksi tersebut. Berikut ini akan dijelaskan lebih mendalam mengenai query dan bagaimana query bekerja.

Apa Itu Query?

Query adalah bahasa query pada database

Bahasa query adalah bahasa pemrograman komputer yang meminta dan mengambil data dari basis data dan sistem informasi dengan mengirimkan permintaan.

Query adalah bahasa yang bekerja pada pengguna yang memasukkan permintaan pemrograman berbasis perintah terstruktur dan formal untuk menemukan dan mengekstrak data dari database host.

Artikel Terkait  Pengertian Proxy Server dan List Proxy Server yang Populer Digunakan Saat Ini

Bagaimana Cara Query Bekerja?

Query-1

Query adalah perintah yang bekerja dengan cara yang sama. Ini memberi makna pada kode yang digunakan dalam bahasa permintaan apa pun. Baik itu SQL atau apa pun, baik pengguna dan database selalu dapat bertukar informasi selama mereka ‘berbicara’ dalam bahasa yang sama.

Sekarang Anda mungkin berpikir bahwa menempatkan query adalah satu-satunya cara untuk meminta data. Bahkan, beberapa opsi perangkat lunak database memungkinkan Anda menggunakan metode lain. Yang paling populer adalah:

Menggunakan Parameter Yang Tersedia

Perangkat lunak, secara default, memiliki daftar parameter pada menu mereka. Pengguna dapat memilih satu, dan sistem kemudian akan memandu Anda untuk menghasilkan output yang diinginkan. Mudah, tetapi tidak fleksibel dan menawarkan operasi terbatas.

Query By Example

Sistem akan menunjukkan kepada Anda satu set kode dengan beberapa area kosong, di mana Anda dapat menulis dan menentukan bidang dan nilai data Anda.

Bahasa Query

Inilah yang kami bicarakan. Anda harus menulis query dari awal kapan pun Anda ingin memanipulasi data. Metode ini membutuhkan pemahaman bahasa query yang digunakan oleh perangkat lunak database Anda. Meskipun kompleks, ini memberi Anda kendali penuh atas data Anda.

Artikel Terkait  Server Adalah ? Apa itu Server ?

Contoh Permintaan

Sekarang kita sudah tahu sedikit tentang pertanyaan, mengapa tidak mencoba menulis beberapa? Latihan ini menggunakan SQL

Sumber data : Peserta (Nama Tabel)

Katakanlah Anda mengumpulkan beberapa data dari survei. Di bawah ini adalah potongan data Anda.

No Nama Jenis Kelamin Usia Pekerjaan
1 Dewa Pria 17 Siswa
2 Vino Pria 26 Tidak Bekerja
3 Sri Perempuan 34 Guru
4 Sinta Perempuan 34 Tidak Bekerja
         

Operasi

Dengan SQL, Anda bisa menulis query SQL SELECT atau SQL ACTION. Seperti namanya, SQL SELECT memungkinkan Anda memilih bagian dari data Anda, dan SQL ACTION memungkinkan Anda untuk melakukan operasi berorientasi aksi seperti menghapus dan memasukkan data, memperbarui nilai, dan membuat tabel baru. Nah, contoh berbicara lebih keras daripada kata-kata, mari kita lihat:

  • Memilih hanya kolom “Nama” dan “Pekerjaan” dari tabel “Peserta”.
    Pernyataan SQL : Nama
    SELECT , Pekerjaan DARI
    Output Peserta :
Nama Pekerjaan
Dewa Siswa
Vino Tidak Bekerja
Sri Guru
Sinta Tidak Bekerja
  • Menghapus data dari responden yang Tidak Bekerja.
    Pernyataan SQL :
    HAPUS DARI Peserta DI MANA Pekerjaan =
    Output ‘Tidak Bekerja’ :
No Nama Jenis Kelamin Usia Pekerjaan
1 Dewa Pria 17 Siswa
3 Sri Perempuan 34 Guru
  • Memasukkan baris baru yang berisi peserta bernama Mario.
    Pernyataan SQL :
    INSERT INTO Participant (NO, Nama, Jenis Kelamin, Usia, Pekerjaan) VALUES (‘5’, ‘Mario’, ‘Pria’, ’67’, ‘Pensiunan’)
    Output :
No Nama Jenis Kelamin Usia Pekerjaan
1 Dewa Pria 17 Siswa
2 Vino Pria 26 Tidak Bekerja
3 Sri Perempuan 34 Guru
4 Sinta Perempuan 34 Tidak Bekerja
5 Mario Pria 67 Pensiunan
  • Mengubah pekerjaan Sri menjadi “Kepala Sekolah”.
    Pernyataan SQL :
    UPDATE PART SET SET Pekerjaan = ‘Headmaster’ WHERE NO = ‘3’
    Output :
No Nama Jenis Kelamin Usia Pekerjaan
1 Dewa Pria 17 Siswa
2 Vino Pria 26 Tidak Bekerja
3 Sri Perempuan 34 Kepala sekolah
4 Sinta Perempuan 34 Tidak Bekerja
         

Memilih Antara Database Management System atau Query Engine

query-2

Database Management System dan Query Engine mungkin cocok untuk analisis. Namun, penting untuk memahami persyaratan teknis dan bisnis untuk solusi sebelum memilih. Apa itu Database Management System (DBMS) ? DBMS adalah tempat Anda dapat memuat dan menyimpan data dengan cara yang paling optimal untuk query.

Anda memindahkan data ke dalam basis data yang dibangun dengan DBMS untuk mengambil keuntungan dari kemampuan pengoptimalannya, dan karena seseorang memegang tim Anda ke perjanjian tingkat layanan pada jumlah data yang disimpan, seberapa cepat pertanyaan dijawab dan berapa banyak pengguna secara bersamaan bertanya kepada mereka pertanyaan tentang data.

Dalam database, Anda mungkin memerlukan ACID (atomicity, konsistensi, isolasi, daya tahan) ; jika Anda meminta perubahan, Anda ingin yakin perubahan itu terjadi bahkan jika kesalahan perangkat keras atau kesalahan acak lainnya terjadi. Contoh-contoh DBMS termasuk MySQL, Oracle, Vertica, Microsoft SQL dan banyak lainnya.

Di sisi lain, mesin query adalah perangkat lunak yang dapat Anda bawa ke data untuk meminta. Dalam hal ini, Anda tidak benar-benar ingin memindahkan data. Mungkin datanya terlalu besar dan akan terlalu lama untuk dipindahkan. Alih-alih, Anda ingin membawa mesin query langsung ke node atau cloud yang menahannya dan menggunakan sumber daya di tempat.

Dalam meng-query data dengan mesin query, Anda kurang khawatir tentang optimasi dan lebih tertarik melihat apa yang mungkin terjadi dengan kemampuan engine terhadap data. Anda mungkin ingin menjelajahi data yang berada di luar batasan perjanjian tingkat layanan. Karena beberapa proses lain mungkin menulis data, hal-hal seperti ACID menjadi kurang penting. Contoh mesin query adalah termasuk Apache Drill, Cloudera Impala, Vertica’s SQL on Hadoop, dan bahkan Apache Spark.

Artikel Terkait  Perbedaan IMAP dan POP3 yang Harus Anda Ketahui

Kesimpulan

Beberapa pernyataan SQL, seperti yang di atas, adalah bukti kuat tentang apa yang bisa dilakukan oleh bahasa query. Ini memungkinkan Anda menangani data Anda dengan lebih efektif. Bayangkan jika Anda memiliki ribuan baris data. Memanipulasi mereka tidak harus sulit. Selain itu, sebagian besar bahasa permintaan bersifat intuitif, artinya bahasa tersebut mudah dipelajari setelah Anda memahami beberapa aturan dasar.

Meskipun mesin query tidak akan menjadi pengganti gudang data, penting untuk mengetahui kapan dan bagaimana aman untuk membengkokkan atau melanggar aturan untuk memilih antara sistem manajemen basis data dan mesin query dalam situasi tertentu.

Mesin query dapat membantu dalam mengatasi kebutuhan untuk memaksakan struktur yang ketat pada data. Namun, mereka pada dasarnya menghapus penjaga keamanan dari manajemen data. Sangat penting untuk membuat penilaian yang cermat tentang yang mana yang Anda butuhkan sebelum Anda mengambil jalan menuju infrastruktur untuk analitik data besar.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya