Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteTeknologi WebApa Itu Latency: Pengertian, Pengaruh dan Perannya

Apa Itu Latency: Pengertian, Pengaruh dan Perannya

-

Last Updated on July 28, 2023 by

Latency di dalam dunia teknologi menjadi salah satu hal yang sering dibicarakan terutama dalam konteks koneksi jaringan dan kinerja sistem.

Latency memainkan peran penting dalam menentukan seberapa cepat data atau sinyal dapat melakukan perjalanan dari satu titik ke titik lainnya melalui jaringan atau sistem komunikasi. Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian latency, pengaruhnya, dan perannya dalam berbagai aspek kehidupan digital. Yuk simak!

latency

Pengertian Latency

Latency dalam bahasa sederhana dapat diartikan sebagai jeda waktu yang terjadi ketika data atau sinyal melakukan perjalanan dari satu titik ke titik lainnya melalui jaringan atau sistem komunikasi.

Konsep ini sangat relevan dalam lingkup digital terutama saat kalian melakukan transfer data, mengakses situs web, bermain permainan online atau bahkan melakukan panggilan suara dan video.

Latency merupakan waktu yang dibutuhkan untuk data atau sinyal untuk melakukan perjalanan dari sumber ke tujuan dalam sebuah jaringan atau sistem komunikasi. Biasanya diukur dalam milidetik (ms) atau mikrodetik (μs) latency terjadi karena adanya keterlambatan dalam proses pemrosesan dan transmisi data melalui infrastruktur jaringan.

Keterlambatan ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti jarak fisik antara perangkat, kepadatan lalu lintas jaringan, serta performa perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan.

Pengaruh Latency

Latency sebagai jeda waktu yang terjadi dalam pengiriman data atau sinyal melalui jaringan atau sistem komunikasi memiliki pengaruh yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan digital kita.

Artikel Terkait  Artificial Inteligence : Implementasinya pada Website

Dalam era di mana kecepatan dan responsivitas menjadi kunci dan pemahaman tentang pengaruh latency menjadi krusial bagi para profesional teknologi dan pengguna teknologi itu sendiri. Mari kita telaah lebih lanjut mengenai pengaruh latency dalam berbagai aspek teknologi modern.

latency

Pengaruh dalam Pengalaman Pengguna

Salah satu area di mana latency sangat berpengaruh adalah dalam pengalaman pengguna. Penggunaan aplikasi, situs web, atau layanan online secara menyenangkan dan efisien sangat bergantung pada responsivitas dan kecepatan.

Dalam kasus latency yang tinggi, pengguna mungkin mengalami keterlambatan saat mengakses situs web, memuat konten atau berinteraksi dengan aplikasi. Dalam jangka waktu yang lebih lama, hal ini dapat menyebabkan pengguna menjadi frustrasi dan mungkin memutuskan untuk tidak lagi menggunakan layanan tersebut. Oleh karena itu latency yang rendah menjadi kunci untuk memberikan pengalaman pengguna yang optimal.

Dampak dalam Permainan Online

Dalam industri permainan latency menjadi isu yang sangat penting. Dalam permainan online, setiap milidetik keterlambatan dapat berarti perbedaan antara menang atau kalah. Latency yang tinggi dapat menyebabkan “lag” atau keterlambatan dalam respons permainan.

Dalam permainan yang membutuhkan reaksi cepat dan tindakan real-time seperti permainan tembak-menembak atau pertarungan online, latency yang rendah menjadi krusial. Bagi pengembang permainan, mengoptimalkan latency adalah langkah penting untuk menciptakan pengalaman bermain yang lancar dan menyenangkan bagi para pemain.

Kualitas Panggilan Suara dan Video

Dalam panggilan suara dan video, latency memiliki pengaruh langsung terhadap kualitas komunikasi. Latency yang tinggi dapat menyebabkan jeda atau “buffering” dalam percakapan, mengganggu aliran suara dan gambar.

Dalam panggilan bisnis atau konferensi online, latency yang rendah sangat penting untuk memastikan percakapan berjalan lancar tanpa gangguan. Latency yang tinggi dapat mempengaruhi pengalaman pengguna dalam hal komunikasi yang efektif dan menyebabkan kesulitan dalam mengartikulasikan ide atau pesan dengan jelas.

Efisiensi Layanan Cloud Computing

Latency juga berperan dalam layanan cloud computing. Layanan cloud memungkinkan pengguna untuk mengakses data dan aplikasi melalui internet tanpa perlu mengandalkan perangkat keras lokal.

Artikel Terkait  Apa Itu Mailing List? Fungsi dari Mailing List dan Penggunaannya

Dalam lingkungan bisnis atau organisasi, efisiensi layanan cloud computing menjadi penting untuk produktivitas dan kinerja operasional. Latency yang rendah dalam mengakses data dari server cloud akan meningkatkan kecepatan akses, mempercepat waktu respons dan meningkatkan performa aplikasi yang berjalan di lingkungan cloud.

Pengaruh dalam Sistem Kritis

Dalam sistem kritis seperti sistem perbankan, kesehatan, atau transportasi, latency dapat memiliki dampak besar dalam keamanan dan integritas data. Dalam kasus transfer data medis atau keuangan yang sensitif, latency yang tinggi dapat menyebabkan keterlambatan dalam pengiriman data atau informasi yang berpotensi mengancam keselamatan dan kesehatan pengguna.

Dalam sistem transportasi atau kontrol lalu lintas, latency yang rendah menjadi penting untuk mengoptimalkan waktu respons dan mencegah kecelakaan atau insiden yang tidak diinginkan.

Pengaruh dalam Industri IoT (Internet of Things)

Dalam industri Internet of Things (IoT) di mana perangkat terhubung dan saling berkomunikasi melalui jaringan, latency menjadi faktor kritis dalam memastikan keberhasilan dan keamanan teknologi.

Misalnya dalam kendaraan otonom atau sistem rumah pintar, latency yang rendah menjadi kunci untuk mengoptimalkan respons perangkat dalam situasi nyata. Keterlambatan dalam respons sistem IoT dapat menyebabkan kegagalan dalam tindakan otomatis yang berpotensi berbahaya.

Peran Latency

Berikut adalah peran Latency.

Peran pada Responsivitas

Salah satu peran utama latency adalah mempengaruhi responsivitas sistem atau aplikasi. Dalam lingkungan digital yang serba cepat, waktu respons menjadi faktor kunci dalam memberikan pengalaman pengguna yang memuaskan.

Latency yang rendah memastikan bahwa data atau informasi yang diminta oleh pengguna dapat diakses dan ditampilkan dengan cepat, mengurangi jeda waktu antara permintaan dan respons. Dalam konteks penggunaan internet sehari-hari, latency yang rendah akan membuat situs web atau aplikasi terasa lebih responsif, memberikan pengalaman yang lebih lancar dan menyenangkan.

Artikel Terkait  Situs Penyedia Gambar Gratis, Jadikan Kontenmu Menarik

Peran dalam Keamanan Sistem

Latency juga memainkan peran dalam keamanan sistem dan jaringan. Dalam situasi keamanan siber, latency yang rendah diperlukan untuk mendeteksi ancaman dan serangan dengan cepat. Keterlambatan dalam mendeteksi atau merespons ancaman dapat menyebabkan celah keamanan yang berpotensi memungkinkan serangan berhasil. Di sisi lain, latency yang rendah juga diperlukan untuk melaksanakan kebijakan keamanan dan mengatur akses ke sistem dan data yang kritis.

Peran dalam Sistem Kendali dan Automasi

Dalam sistem kendali dan automasi, latency mempengaruhi respons sistem terhadap perintah atau input. Dalam industri manufaktur, otomasi industri, atau robotika, latency yang rendah sangat penting untuk mencapai kontrol yang presisi dan tepat waktu. Keterlambatan yang kecil dapat membuat perbedaan dalam kinerja robot, proses produksi, dan keselamatan operasional.

Peran dalam Penelitian Ilmiah dan Teknologi Canggih

Dalam penelitian ilmiah dan teknologi canggih, latency mempengaruhi kinerja komputasi tingkat lanjut, analisis data besar dan aplikasi kecerdasan buatan (AI). Latency yang rendah memungkinkan peneliti untuk melakukan analisis data dengan cepat, mengurangi waktu komputasi, dan mempercepat inovasi teknologi.

Kesimpulan

Dalam dunia teknologi, latency memegang peranan penting dalam menentukan kecepatan dan responsivitas data atau sinyal dalam perjalanan melalui jaringan atau sistem komunikasi. Latency memberikan beberapa pengaruh diantaranya pengaruh dalam pengalaman pengguna, dalam permainan online, kualitas panggilan suara atau video, efisiensi layanan cloud computing, pengaruh dalam sistem kritis dan dalam industry IoT. Latency juga memili beberapa peran yaitu peran pada responsivitas, peran dalam keamanan sistem, dalam sistem kendali dan automasi dan peran dalam penelitian ilmiah dan teknologi canggih.

Bagaimana dengan informasi diatas? Menarik bukan? Ikuti WEBAPP untuk terus dapatkan update artikel menarik mengenai pengembangan aplikasi dan juga web! Klik https://appkey.id/ agar tak ketinggalan seluruh artikel terbaru dan menarik mengenai teknologi serta pengembangan aplikasi setiap hari! Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Ini Cara Mudah Membuat Redirect PHP | Seri Belajar PHP

Fungsi redirect PHP sangat banyak digunakan dalam kehidupan berwebsite alias mengelola website. Script redirect PHP banyak dipergunakan oleh user...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya