Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Teknologi Web Enkripsi Adalah | Ketahui Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya!

Enkripsi Adalah | Ketahui Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya!

-

Anda pasti sudah sering melihat frasa “enkripsi end to end”di WhatsApp. Sebenarnya apa itu enkripsi? Enkripsi adalah proses pengamanan suatu informasi dengan metode pengacakan data sehingga informasi tersebut tidak dapat dibaca dengan mudah.

Kali ini, Web App akan membahas tentang apa itu enkripsi data beserta contoh enkripsi dan cara kerjanya. Enkripsi data bukanlah hal yang bisa diremehkan, karena hal ini menyangkut dengan privasi Anda. Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang enkripsi.

Enkripsi Adalah : Pengertian Enkripsi

enkripsi-adalah

Enkripsi adalah metode mengacak data agar hanya pihak berwenang yang dapat memahami informasi tersebut. Secara teknis, enkripsi adalah proses mengubah plaintext yang dapat dibaca manusia menjadi teks yang tidak dapat dipahami atau juga dikenal sebagai ciphertext.

Enkripsi secara sederhana dapat dikatakan adalah suatu sistem mengambil data yang dapat dibaca dan mengubahnya sehingga tampak acak. Hal ini dilakukan untuk menjaga privasi pengguna suatu aplikasi. Enkripsi memerlukan penggunaan kunci kriptografi. Apa itu kunci kriptografi?

Kunci kriptorafi adalah seperangkat nilai matematika yang disepakati oleh pengirim dan penerima pesan terenkripsi. Kunci kriptografi berupa string karakter digunakan dalam algoritma enkripsi untuk mengubah data sehingga tampak acak. Seperti kunci fisik, kunci ini mengunci (mengenkripsi) data sehingga hanya seseorang dengan kunci yang tepat yang dapat membuka (mendekripsi) data tersebut.

Meskipun data terenkripsi tampak acak, namun sebenarnya enkripsi berlangsung dengan cara yang logis dan dapat diprediksi, lho! Tapi hanya pihak tertentu yang bisa dan mungkin untuk menerima data terenkripsi dan memiliki kunci yang tepat untuk mendekripsi data, mengubahnya kembali menjadi teks biasa.

Enkripsi adalah teknologi yang benar-benar mampu mengamankan data menggunakan kunci yang cukup kompleks sehingga pihak ketiga sangat tidak mungkin untuk mendekripsi atau memecahkan ciphertext. Anda bisa mengunjungi artikel kami yang membahas tentang enkripsi lebih lanjut pada bahasan ini 

Fungsi Enkripsi : Apa saja Kegunaan Enkripsi

enkripsi-adalah

Enkripsi data memiliki banyak sekali kegunaan di bidang teknologi. Kegunaan dari Enkripsi bisa dilihat dari berbagai aspek yaitu:

  • Privasi
  • Keamanan
  • Integrasi Data
  • Otentikasi
  • Regulasi

Masing-masing dari fungsi ini dijabarkan sebagai berikut:

  • Enkripsi data untuk Menjaga Privasi

Enkripsi berfungsi untuk memastikan bahwa tidak ada yang dapat membaca komunikasi atau data saat istirahat kecuali penerima yang dituju atau pemilik data yang sah. Enkripsi mampu mencegah penyerang di dunia maya, jaringan iklan, penyedia layanan Internet, dan juga pemerintah untuk membaca data sensitif dari perangkat Anda.

  • Enkripsi untuk Keamanan

Enkripsi adalah membantu memberikan keamanan kepada Anda saat berselancar di Internet.  Enkripsi membantu mencegah pelanggaran data, baik data sedang transit atau diam. Sebagai contoh, Jika perangkat perusahaan hilang atau dicuri dan hard drive-nya dienkripsi dengan benar, data pada perangkat tersebut akan tetap aman.

Demikian pula, komunikasi via chat di WhatsApp, misalnya. Chat ini sudah terenkripsi sehingga memungkinkan pihak yang berkomunikasi untuk bertukar data sensitif tanpa membocorkan data.

  • Integritas Data

Enkripsi juga membantu mencegah perilaku jahat seperti serangan di dalam jalur. Ketika data ditransmisikan melalui Internet, enkripsi (bersama dengan perlindungan integritas lainnya) memastikan bahwa apa yang diterima penerima tidak dirusak dalam perjalanan.

  • Enkripsi berguna untuk Otentikasi

Enkripsi adalah pemegang peranan kunci keamanan ruang digital publik, antara lain, dapat digunakan untuk menetapkan bahwa pemilik situs web memiliki kunci pribadi yang tercantum dalam sertifikat TLS situs web. Hal ini pun memungkinkan pengguna situs web untuk memastikan bahwa mereka terhubung ke situs web yang sebenarnya.

  • Enkripsi memastikan Peraturan Digital Dijalankan

Enkripsi juga berperan dalam dijalankannya peraturan dan kode etik digital.  Ada banyak peraturan industri dan pemerintah mengharuskan perusahaan yang menangani data pengguna untuk menjaga agar data tersebut tetap terenkripsi.

Contoh enkripsi yang memastikan peraturan digital adalah dengan adanya standar peraturan dan kepatuhan yang memerlukan enkripsi termasuk HIPAA, PCI-DSS, dan GDPR.

Cara Kerja Enkripsi Data

Anda pasti bertanya-tanya, bagaimana cara kerja enkripsi? Cara kerja enkripsi adalah dengan menggunakan menggunakan algoritma untuk mengacak informasi Anda. Kemudian pesan yang sudah dienkripsi ini ditransmisikan ke pihak penerima, yang mampu memecahkan kode pesan dengan kunci.

Ketika penerima yang dituju mengakses pesan, informasi tersebut diterjemahkan kembali ke bentuk aslinya. Proses ini disebut dengan deskripsi. Untuk membuka kunci pesan, baik pengirim maupun penerima harus menggunakan kunci enkripsi rahasia dengan kumpulan algoritme yang mengacak dan mengacak data kembali ke format yang dapat dibaca.

Artikel Terkait  Mengetahui Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakan Github (Lengkap)

Contoh Enkripsi dan Penggunaan Algoritma Enkripsi yang Umum

Di atas ini adalah contoh enkripsi sederhana. Enkripsi sejatinya punya dua jenis yaitu enkripsi simetris dan enkripsi asimetris. Apa bedanya?

Enkripsi asimetris, juga dikenal sebagai enkripsi kunci publik (public key), menggunakan pasangan public-key dan private-key (kunci publik dan kunci privat). Data yang dienkripsi dengan kunci privat hanya dapat didekripsi dengan kunci publik, dan sebaliknya.

TLS (atau SSL), protokol yang memungkinkan HTTPS, bergantung pada enkripsi asimetris. Klien akan mendapatkan kunci publik situs web dari sertifikat TLS (atau sertifikat SSL) situs web tersebut dan menggunakannya untuk memulai komunikasi yang aman. Situs web menyimpan rahasia kunci pribadi.

Contoh enkripsi asimetris adalah, AES, 3-DES, dan SNOW.

Sementara, dalam enkripsi simetris, hanya ada satu kunci, dan semua pihak yang berkomunikasi menggunakan kunci (rahasia) yang sama untuk enkripsi dan dekripsi. Dalam enkripsi asimetris, atau kunci publik, ada dua kunci: satu kunci digunakan untuk enkripsi, dan kunci yang berbeda digunakan untuk dekripsi.

Kunci dekripsi disimpan secara pribadi (maka nama “private key”), sedangkan kunci enkripsi dibagikan secara publik, untuk digunakan siapa saja (maka nama “public key”). Enkripsi asimetris adalah teknologi dasar untuk TLS (sering disebut SSL).

Contoh enkripsi simetris adalah, RSA dan Elliptic Curve Cryptography.

Enkripsi Menjaga Kegiatan Berinternet Tetap Aman

Enkripsi adalah dasar untuk berbagai teknologi, tetapi sangat penting untuk menjaga permintaan dan tanggapan HTTP tetap aman, dan untuk mengautentikasi server asal situs web. Protokol yang bertanggung jawab untuk ini disebut HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure). Situs web yang disajikan melalui HTTPS, bukan HTTP, akan memiliki URL yang dimulai dengan https://, bukan http://, biasanya diwakili oleh kunci aman di bilah alamat.

HTTPS menggunakan protokol enkripsi yang disebut Transport Layer Security (TLS). Di masa lalu, protokol enkripsi sebelumnya yang disebut Secure Sockets Layer (SSL) adalah standar, tetapi TLS telah menggantikan SSL. Situs web yang mengimplementasikan HTTPS akan memiliki sertifikat TLS yang terpasang di server asalnya.

Itulah penjelasan tentang apa itu enkripsi, cara kerja, dan fungsinya yang harus kita ketahui bersama untuk menciptakan rasa aman dalam menggunakan internet. Ingin tahu lebih banyak tentang teknologi terkini dalam dunia teknologi pengembangan website dan aplikasi? Simak terus artikel terbaru dari Web App di https://appkey.id/.

Anda juga bisa download aplikasi Web App di Google Play Store dan dapatkan update artikel terkini dari Web App. Jangan lupa nyalakan notification dari aplikasi maupun website kami agar Anda tidak ketinggalan informasi terbaru.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya