Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteTeknologi WebKenali Google Bard: Fitur, Cara Menggunakan, Kelebihan dan Kekurangan

Kenali Google Bard: Fitur, Cara Menggunakan, Kelebihan dan Kekurangan

-

Last Updated on August 7, 2023 by

Berbicara tentang AI atau kecerdasan buatan memang tidak ada habisnya. Mungkin kalian tidak asing dengan ChatGPT dimana kalian dapat dengan mudah memperoleh informasi dengan mengajukan beberapa pertanyaan atau perintah sebagaimana kalian melakukan obrolan chat dengan teman kalian sehingga dapat mempermudah pekerjaan. Hal serupa juga dikeluarkan oleh google yaitu google bard atau bard. Penasaran apa itu bard? Yuk simak!

google bard

Pengertian

Google bard adalah salah satu program artificial intelligence (AI) dengan model bahasa bernama LaMDA (Language Model for Dialogue Applications) yang dibuat oleh google. Bard dapat menyuguhkan berbagai prediksi kata dari analisis teks sebuah data. Bard sebenarnya sudah dikembangkan dua tahun lalu oleh google untuk membuat penerus percakapan AI dan layanan bahasa.

Karena masih dalam tahap eksperimen, bard pada mulanya hanya terdiri dari beberapa bahasa saja yaitu Inggris, Jepang dan Korea, namun sekarang bard sudah menyediakan lebih dari empat puluh bahasa. Bard dirilis secara terbatas pada bulan maret 2023 dan secara umum pada 10 Mei 2023. Secara sekilas, bard sangat mirip dengan ChatGPT.

Tampilan bard sama dengan layaknya kalian mengobrol dengan teman melalui chat, terdapat kolom untuk mengetik perintah atau pertanyaan pada sisi bawah layar. Setelah memasukkan pertanyaan atau perintah kemudian bard akan menanggapi dengan cepat dan rinci.

Bard yang masih dalam tahap pengembangan saat ini, kemampuan untuk memahami dan menanggapi masih dasar dan memiliki beberapa keterbatasan terutama pada aspek bahasa. Meski begitu, bard sangat menarik untuk dijelajahi.

google bard

Fitur Google Bard

Sebelum masuk ke cara menggunakan google bard, yuk kenali terlebih dahulu fitur- fiturnya!

  1. Respons dengan Suara

Google Bard dapat membacakan respons atau hasil jawaban kalian dengan suara. Ikon speaker terdapat pada jendela respons dan ketika di klik, google bard akan melafalkan jawabannya. Fitur ini sangat berguna terutama jika kita ingin mengetahui pelafalan suatu kata tertentu dan fitur ini juga sudah mendukung bahasa Indonesia.

Artikel Terkait  Apa Itu Deepfake dan Bagaimanakah Ciri-Cirinya?

Kalian dapat mempelajari bahasa baru, meningkatkan skill reading dan listening juga dapat mengerti informasi dengan lebih mudah.

  1. Berbagi Hasil Percakapan Secara Langsung

Google Bard memungkinkan kalian untuk berbagi hasil percakapan dengan Bard secara langsung. Kalian dapat mengklik ikon bagi dibawah jendela. Tautan ini dapat dibagikan dengan teman, keluarga atau siapapun, termasuk di media sosial atau email.

  1. Mode Respons yang Beragam

Di Google Bard kalian dapat mengubah nada dan gaya bahasa dari respons yang diberikan oleh google bard. Terdapat lima opsi yang dapat dipilih yaitu sederhana, panjang, pendek, profesional, atau kasual.

Berikut adalah penjelasan singkat dari masing-masing opsi:

Sederhana: Respons nantinya akan ditulis dengan bahasa sederhana serta mudah dipahami.

Panjang: Respons lebih detail dan informatif.

Pendek: Ditulis dengan bahasa yang singkat dan ringkas.

Profesional: Menggunakan bahasa yang formal dan sopan.

Kasual: Menggunakan bahasa yang tidak formal dan akrab.

  1. Menyimpan Hasil Percakapan

Google Bard kini dilengkapi dengan tampilan baru yang memungkinkan kalian menyimpan hasil percakapan, mengedit, melanjutkan dan menyematkannya. Fitur ini sangat berguna untuk tugas-tugas berkepanjangan seperti merencanakan perjalanan atau yang lainnya.

Fitur ini juga berguna bagi kalian yang ingin menyimpan percakapan dengan Bard untuk referensi di masa depan. Hal ini memudahkan kalian dalam menyelesaikan tugas-tugas berkepanjangan dan memungkinkan untuk menyimpan percakapan dengan Bard untuk referensi di masa depan.

Cara Menggunakan Google Bard

Bagi kalian yang masih ragu sebelum mencoba google bard, berikut kami akan beritahu cara menggunakan google bard.

  • Kalian dapat mengunjungi situs https://bard.google.com/ atau kalian dapat search google bard dan akan muncul pada bagian paling atas.
  • Jangan lupa untuk memastikan apakah kalian sudah login pada akun google kalian atau belum.
  • Bard akan memperlihatkan ketentuan menyangkut dengan privasi data yang kalian perlu untuk membacanya, setelah selesai klik next.
  • Kalian akan melihat tampilan beberapa petunjuk atau contoh perintah yang disediakan langsung oleh Bard.
  • Klik mulai mencoba dan kalian akan langsung ke halaman pertanyaan dengan desain dominan warna biru dengan tulisan Bard Eksperimen pada sisi kiri atas dan terdapat kolom chat pada bagian bawah.
  • Coba berikan pertanyaan dan perintah yang kalian inginkan.
Artikel Terkait  Mengenal Apache Solr, Search Engine Sekaligus Database yang Layak Anda Coba

Pada intinya tidak terlalu sulit untuk mencoba google bard ini. Cobalah untuk menanyakan atau memberikan perintah yang sederhana dan tidak mencoba untuk menggunakannya dengan salah atau yang berakibat untuk merugikan orang lain. Selamat mencoba!

Kelebihan Google Bard

Google bard memiliki beberapa kelebihan dari ChatGPT, berikut adalah beberapa kelebihannya.

Informasi yang disediakan

Google bard dapat lebih banyak akses sumber informasi dibandingan dengan ChatGPT. Informasi yang terdapat dalam google bard dapat berdasarkan hasil akses dari buku, artikel dari berbagai website dan jurnal yang dapat memberikan jawaban yang lebih akurat yang terperinci.

Berhubungan dengan Google Assistant

Karena bard berhubungan langsung dengan google assistant, bard tidak hanya dapat mengajukan pertanyaan dari teks saja, namun juga dapat mengajukan pertanyaan secara langsung melalui suara.

Topik yang Spesifik

Google bard dapat difokuskan pada topik tertentu seperti teknologi, sastra ataupun sejarah yang membuat google bard dapat memberikan jawaban yang lebih spesifik dan mendalam sedangkan ChatGPT lebih kepada informasi yang umum saja.

Keamanan Data

Google bard menjamin keamanan data para penggunanya, google bard hanya mengambil data pengguna seperti lokasi namun menurut ketentuan mereka hal itu hanya digunakan semata-mata hanya untuk meningkatkan kualitas dari bard. ChatGPT juga menjamin keamanan data pengguna namun tidak seterkenal google.

Kekurangan Google Bard

Selain beberapa kelebihan diatas, google bard juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut adalah beberapa kekurangan yang dimiliki google bard.

Artikel Terkait  Cara Mengecek Plagiarisme Mudah Untuk Konten Berkualitas

Masalah Bahasa

Seperti yang sudah sempat dikatakan diatas, google bard masih dalam tahap eksperimen sehingga terkadang google bard masih belum bisa terlalu memahami apa yang kita tanyakan. Bahasa yang digunakan juga masih belum luwes.

Belum Bisa Membedakan Fakta dan Opini

Google bard masih kesulitan dalam memahami konteks yang kita tanyakan sehingga menjadi kesulitan menjawab dan membedakan mana yang fakta dan opini.

Kustomisasi Masih Terbatas

Google Bard mempunyai pilihan kustomisasi yang terbatas dikarena google bard lebih fokus pada fungsinya dalam pencarian daripada percakapan interaktif.

Kesimpulan

Google Bard adalah program kecerdasan buatan (AI) yang menggunakan model bahasa LaMDA untuk memberikan prediksi kata dari analisis teks sebuah data. Bard memungkinkan pengguna untuk mengubah respons menjadi berbagai opsi gaya bahasa, menyimpan hasil percakapan dan berbagi percakapan secara langsung.

Meskipun masih dalam tahap eksperimen, Bard menawarkan fitur yang menarik untuk digunakan. Pengguna dapat menggunakannya untuk tugas-tugas yang memakan waktu dan menyimpan percakapan sebagai referensi di masa mendatang. Fitur-fitur tersebut membantu meningkatkan kualitas interaksi dan akses informasi bagi pengguna.

Meski demikian, Bard juga memiliki beberapa kekurangan, seperti keterbatasan dalam memahami bahasa dan kesulitan membedakan fakta dan opini. Penggunaan Bard saat ini masih lebih difokuskan pada fungsi pencarian daripada percakapan interaktif.

Bagaimana dengan informasi diatas? Menarik bukan? Ikuti WEBAPP untuk terus dapatkan update artikel menarik mengenai pengembangan aplikasi dan juga web! Klik https://appkey.id/ agar tak ketinggalan seluruh artikel terbaru dan menarik mengenai teknologi serta pengembangan aplikasi setiap hari! Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Ini Cara Mudah Membuat Redirect PHP | Seri Belajar PHP

Fungsi redirect PHP sangat banyak digunakan dalam kehidupan berwebsite alias mengelola website. Script redirect PHP banyak dipergunakan oleh user...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya