Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteTeknologi WebMemahami Ukuran File dan Perkiraannya Dalam Keseharian

Memahami Ukuran File dan Perkiraannya Dalam Keseharian

-

Last Updated on October 2, 2023 by

Hai guys, bagaimana hari minggu kalian? Sangat menyenangkan? Atau pusing karena belum gajian? Semoga semuanya baik-baik saja ya. Kali ini kami akan membahas mengenai ukuran file. Tentu kalian pasti sering melihat ukuran file seperti GB, MB, TB dan lainnya bukan? Tapi pernahkah kalian berpikir mengenai seberapa sih kira-kira ukuran 1GB itu? atau bagaimana sejarahnya? Yuk simak selengkapnya dibawah ini!

ukuran file

Photo by Sigmud on Unsplash

Sejarah Ukuran File

Untuk sejarah awal, akan kami jelaskan secara singkat agar memudahkan pemahaman kalian, berikut adalah sejarahnya.

Sejarah ukuran file mencerminkan perkembangan pesat teknologi komputasi dari masa ke masa. Dari bit yang sederhana hingga yottabyte yang luar biasa besar inilah perjalanan ukuran file dalam dunia komputasi.

Pada tahun 1940-an adalah munculnya satuan unit data terkecil yaitu Bit atau Binary Digit yang hanya dapat bernilai 0 atau 1. Lalu pada tahun ini juga muncul ukuran Byte yang ukurannya setara dengan 8 Bit. 1byte dapat mewakili 1 karakter ASCII.

Lompat ke tahun 1956, ukuran KB (Kilobyte) muncul. Kilobyte pertama kali digunakan untuk mengukur kapasitas penyimpanan komputer. 1 KB setara dengan sekitar 1024 byte. Lalu pada tahun 1960, muncul ukuran MB (Megabyte). 1 MB setara dengan sekitar 1024 KB. Megabyte menjadi standar ukuran untuk disket dan awal-awal hard drive.

Pada tahun 1980-an, muncul ukuran Gigabyte (GB). 1 GB setara dengan sekitar 1024 MB. Pada periode ini, hard drive pertama yang memiliki kapasitas GB mulai muncul. Lalu pada tahun 1990, ukuran TB (Terabyte) muncul. 1 TB setara dengan sekitar 1024 GB. Media penyimpanan besar seperti hard drive eksternal dan server mulai menggunakan kapasitas TB.

Pada tahun 2000, muncul ukuran PB (Petabyte). Mungkin beberapa diantara kalian sangat jarang mendengar atau melihat ukuran ini. 1 PB setara dengan sekitar 1024 TB. Ini mencerminkan perkembangan besar dalam penyimpanan data, terutama di pusat data dan cloud.

Exabyte atau EB pada tahun 2010. 1 EB setara dengan sekitar 1024 PB. Kapasitas penyimpanan pada skala exabyte menjadi lebih umum, terutama dalam lingkungan penyimpanan data besar. Enam tahun kemudian yaitu pada tahun 2016, muncul ukuran baru yaitu Zettabyte (ZB). 1 ZB setara dengan sekitar 1024 EB. Pertumbuhan besar dalam jumlah data yang dihasilkan dan disimpan oleh perangkat dan sistem di seluruh dunia.

Artikel Terkait  Kode Biner: Bagaimana Cara Konversi ke Bahasa Inggris

Terakhir ada ukuran yang bernama Yottabyte atau YB yang muncul sekitar tahun 2020-an. 1 YB setara dengan sekitar 1024 ZB. Meskipun ukuran ini masih sangat besar, perkembangan teknologi dan jumlah data yang terus meningkat berarti ukuran ini mungkin menjadi lebih relevan di masa depan.

Seiring dengan peningkatan kebutuhan akan penyimpanan, teknologi penyimpanan seperti solid-state drive (SSD) dan teknologi cloud terus berkembang untuk menyediakan kapasitas penyimpanan yang lebih besar dan efisien.

ukuran file

Photo by Nathaniel Sison on Unsplash

Cara Memperkirakan Ukuran File

Cara memperkirakan ukuran file yang dimaksudkan disini adalah berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menghabiskan data sesuai dengan ukurannya. Yuk kita simak!

Byte

Ukuran ini adalah ukuran terkecil dan sangat kecil dan dapat habis dalam waktu yang sangat singkat.

Kilobyte

Sama dengan byte, meskipun ukuran kb lebih besar dari byte, untuk mengabiskan data sebesar 1kb dapat terbilang sangat cepat.

Megabyte

Waktu yang dibutuhkan untuk menggunakan 1 megabyte (MB) data tergantung pada aktivitas atau aplikasi tertentu yang mengonsumsi data. Berbagai kegiatan memiliki tingkat konsumsi data yang berbeda. Berikut adalah perkiraan kira-kiranya.

  • Penjelajahan Web

Penjelajahan web umum: Beberapa menit.

Penggunaan media sosial: Beberapa menit.

  • Email

Mengirim dan menerima email tanpa lampiran: Beberapa menit.

  • Aplikasi Pesan

Mengirim pesan teks di aplikasi pesan: Beberapa detik.

  • Peta Online

Menggunakan peta online untuk navigasi: Beberapa menit.

  • Streaming Musik

Streaming musik dengan kualitas standar: Sekitar 5 menit.

  • Foto

Menampilkan atau berbagi foto: Beberapa menit.

Gigabyte

Waktu yang dibutuhkan untuk menggunakan 1 gigabyte (GB) data tergantung pada aktivitas atau aplikasi tertentu yang mengonsumsi data. Berbagai kegiatan memiliki tingkat konsumsi data yang berbeda. Berikut adalah perkiraan kira-kiranya.

  • Penjelajahan Web

Penjelajahan web umum: Sekitar 4 jam.

Penggunaan media sosial: Kurang lebih 5 jam.

  • Streaming

Streaming video definisi standar (SD): Sekitar 2 jam.

Streaming video definisi tinggi (HD): Kurang lebih 40 menit.

Streaming video 4K: Sekitar 12 menit.

  • Gaming Online

Penggunaan data gaming online bisa bervariasi, tetapi beberapa jam gaming sedang bisa menggunakan sekitar 1 GB.

  • Video Call
Artikel Terkait  Kenali Apa Itu Quantum Computing dan Penerapannya

Panggilan video di platform seperti Zoom atau Skype: Kurang lebih 2 jam.

  • Streaming Musik

Streaming musik kualitas standar: Sekitar 24 jam.

Streaming musik kualitas tinggi: Kurang lebih 10 jam.

Terabyte

Berikut adalah perkiraan kira-kiranya.

  • Penjelajahan Web

Penjelajahan web umum: Sekitar 400 jam.

Penggunaan media sosial: Sekitar 500 jam.

  • Streaming

Streaming video Definisi Standar (SD): Sekitar 200 jam.

Streaming video Definisi Tinggi (HD): Sekitar 40-50 jam.

Streaming video 4K: Sekitar 12-15 jam.

  • Gaming Online

Gaming online dapat bervariasi, tetapi beberapa hari gaming moderat bisa menggunakan sekitar 1 TB.

  • Panggilan Video

Panggilan video di platform seperti Zoom atau Skype: Sekitar 200 jam.

  • Streaming Musik

Streaming musik kualitas standar: Sekitar 2.400 jam.

Streaming musik kualitas tinggi: Sekitar 1.000 jam.

Petabyte

Menggunakan 1 petabyte (PB) data akan membutuhkan waktu yang sangat lama dan mungkin sulit diukur dengan aktivitas sehari-hari karena skala ukurannya yang sangat besar. Berikut adalah perkiraan yang sangat kasar dan tentu saja, bisa sangat bervariasi.

  • Penjelajahan Web

Ratusan ribu jam penjelajahan web.

  • Streaming Video

Puluhan ribu jam streaming video dalam kualitas tinggi.

  • Panggilan Video

Jutaan jam panggilan video.

  • Gaming Online

Puluhan ribu jam gaming online.

  • Streaming Musik

Jutaan jam streaming musik.

Exabyte

Saat ini penggunaan 1 exabyte (EB) data pada tingkat pengguna pribadi atau aktivitas sehari-hari mungkin sulit untuk diukur. Satu exabyte setara dengan 1.024 petabyte atau 1.048.576 terabyte atau 1.073.741.824 gigabyte. Ini adalah skala data yang sangat besar dan biasanya terkait dengan infrastruktur skala besar seperti pusat data atau penyedia layanan cloud.

Berikut adalah perkiraan yang sangat kasar karena skala ini jauh melampaui kebutuhan rata-rata individu.

  • Penjelajahan Web

Miliaran jam penjelajahan web.

  • Streaming Video

Puluhan juta jam streaming video dalam kualitas tinggi.

  • Panggilan Video

Miliaran jam panggilan video.

  • Gaming Online

Puluhan juta jam gaming online.

  • Streaming Musik

Miliaran jam streaming musik.

Zettabyte

Saat ini penggunaan 1 zettabyte (ZB) data pada tingkat pengguna pribadi atau aktivitas sehari-hari tidak dapat diukur secara praktis. Satu zettabyte setara dengan 1.024 exabyte atau 1.048.576 petabyte atau 1.073.741.824 terabyte atau 1.099.511.627.776 gigabyte. Ini adalah skala data yang sangat besar dan jauh melampaui kebutuhan rata-rata individu atau bisnis kecil.

Zettabyte data umumnya terkait dengan infrastruktur skala besar seperti penyedia layanan internet, penyedia cloud atau perusahaan dengan kebutuhan penyimpanan data yang sangat besar. Penggunaan sejumlah besar data pada skala zettabyte lebih sering terjadi pada tingkat infrastruktur daripada pada tingkat pengguna individu atau bisnis kecil.

Artikel Terkait  Mari Kenali Apa Itu Spyware Pegasus dan Cirinya!

Yottabyte

Ukuran ini adalah ukuran yang sangat besar sehingga sulit memperkirakan jika digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sama dengan Zettabyte, Yottabyte digunakan umumnya terkait dengan infrastruktur skala besar seperti penyedia layanan internet, penyedia cloud atau perusahaan dengan kebutuhan penyimpanan data yang sangat besar.

Kesimpulan

Dalam perjalanan teknologi komputasi dari era Bit hingga Yottabyte, ukuran file mencerminkan perkembangan luar biasa di dunia komputasi. Sejarahnya dimulai dengan Bit pada tahun 1940-an diikuti oleh Byte, Kilobyte, Megabyte, Gigabyte, Terabyte dan seterusnya.

Perkembangan ini mencerminkan evolusi kebutuhan penyimpanan dan pertumbuhan data di seluruh dunia. Pada awalnya, KB digunakan untuk disket, GB untuk hard drive dan TB untuk server dan hard drive eksternal. Dengan munculnya teknologi penyimpanan seperti SSD dan cloud, kapasitas penyimpanan terus berkembang.

Dalam memperkirakan waktu penggunaan berdasarkan ukuran file, aktivitas seperti penjelajahan web, streaming, gaming dan panggilan video memiliki tingkat konsumsi data yang berbeda. Seiring dengan peningkatan ukuran file waktu penggunaan data meningkat secara eksponensial seperti halnya dalam perbandingan antara GB dan TB.

Namun, saat mencapai skala Exabyte, Zettabyte dan Yottabyte, penggunaan data mencapai tingkat yang sulit dibayangkan dalam aktivitas sehari-hari. Ukuran ini lebih terkait dengan infrastruktur skala besar seperti pusat data atau penyedia cloud dan kurang relevan untuk pengguna individu atau bisnis kecil.

Dengan demikian sejarah dan perkiraan ukuran file tidak hanya mencerminkan kemajuan teknologi tetapi juga menyoroti tantangan dan peluang yang muncul seiring dengan ledakan data di era digital ini.

Bagaimana dengan informasi diatas? Menarik bukan? Ikuti WEBAPP untuk terus dapatkan update artikel menarik mengenai pengembangan aplikasi dan juga web! Klik https://appkey.id/ agar tak ketinggalan seluruh artikel terbaru dan menarik mengenai teknologi serta pengembangan aplikasi setiap hari! Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Ini Cara Mudah Membuat Redirect PHP | Seri Belajar PHP

Fungsi redirect PHP sangat banyak digunakan dalam kehidupan berwebsite alias mengelola website. Script redirect PHP banyak dipergunakan oleh user...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya