Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Teknologi Web 10 Payment Gateway Indonesia Terbaik di Tahun 2021

10 Payment Gateway Indonesia Terbaik di Tahun 2021

-

Saat ini payment gateway Indonesia semakin populer dimana-mana, terutama kalangan para pebisnis online. Jika, kita flashback sekitar 10 tahun yang lalu, payment gateway belum terlalu dikenal luas oleh masyarakat Indonesia saat itu.

Pasalnya, awal mula layanan payment gateway dari luar negeri. Hanya masyarakat yang tinggal didaerah perkotaan saja, yang mungkin sudah menggunakan layanan pembayaran online ini.

Payment gateway kian berkembang pesat, seiring dengan maraknya tren berbelanja online melalui situs e-commerce dan online store. Hal ini karena, belanja secara online dirasakan lebih praktis dan mudah dilakukan dimanapun dan kapanpun kita berada.

Apalagi, ditengah pandemi covid-19 seperti ini, layanan payment gateway sangat cocok diterapkan sebagai alat pembayaran untuk berbelanja online.

Hanya dari rumah, dengan menggunakan smartphone, aplikasi payment gateway dan saldo yang cukup. Kita dapat berbelanja dan melakukan pembayaran secara online melalui situs online store atau marketplace yang tersedia dengan praktis, mudah, dan aman.

Sekarang, ada beberapa macam payment gateway Indonesia. Mulai dari payment gateway terbaik sampai dengan payment gateway termurah sudah tersedia saat ini. Walaupun, setiap payment gateway masing-masing memiliki fitur yang berbeda.

Tetapi, setiap layanan payment gateway, tentunya mempunyai banyak persamaan. Persamaannya adalah memudahkan para pengguna untuk melakukan pembayaran online secara praktis, cepat, dan aman.

Pada artikel ini, topik utama yang akan dibahas adalah 10 payment gateway Indonesia terbaik. Sebelum itu, mari kita bahas dulu apa pengertian dari payment gateway dan bagaimana perkembangannya di Indonesia.

Pengertian Payment Gateway

Berikut ini adalah beberapa pengertian dari payment gateway Indonesia.

Pertama payment gateway adalah gerbang pembayaran digital yang berbasis internet dan berbasis teknologi keamanan transaksi online. Payment gateway diciptakan untuk mengatasi persoalan keamanan dan rumitnya proses pembayaran, pembelian, dan pengiriman uang non tunai.

Kedua payment gateway adalah gerbang transaksi keuangan digital yang dapat memproses pembayaran, pembelian, pengiriman uang non tunai yang disediakan oleh penyedia layanan payment gateway untuk memudahkan pebisnis dan pengguna layanan dalam bertransaksi secara online atau offline.

Ketiga payment gateway Indonesia adalah forum yang disediakan oleh sebuah layanan aplikasi e-commerce yang dapat memberi otorisasi proses kartu kredit maupun pembayaran langsung bagi kliennya dalam aktivitas bisnis elektronik/online.

Terakhir payment gateway merupakan pihak ketiga yang dapat melakukan otorisasi semua proses pembayaran, pembelian, dan transfer uang elektronik non tunai dari rekening bank pembeli keportal pembayaran merchant. Portal pembayaran merchant bisa berupa smartphone atau website.

Jauh sebelum hadirnya payment gateway, pada tahun 1980 sudah ada alat pembayaran digital dalam bentuk kartu kredit atau yang disebut payment card. Kehadiran payment card saat itu sebagai alternatif pembayaran tunai di Indonesia.

Kemudian pada tahun 2001, muncul sistem pembayaran transfer uang dengan m-banking atau e-banking yang diluncurkan oleh BCA. Pada tahun 2007, muncul lagi alat pembayaran digital baru berbasis online yang lebih baik dari m-banking, yaitu payment gateway.

Sistemnya dapat mengintegrasikan segala metode pembayaran, sehingga proses pembayaran yang dilakukan lebih mudah, cepat, dan aman. Layanan payment gateway ini, masih eksis hingga sekarang. Penyedia layanan payment gateway itu bernama DOKU.

Pada tahun-tahun selanjutnya, perusahaan penyedia payment gateway Indonesia semakin banyak jumlahnya, hal ini seiring dengan semakin berkembangnya bisnis online. Pada tahun 2009, BI sebagai bank sentral Indonesia, untuk pertama kalinya mulai tertarik membahas mengenai payment gateway Indonesia.

Karena, BI melihat transaksi pembayaran non tunai menggunakan payment gateway, semakin tinggi peminatnya. Hal ini yang membuat BI ingin mengintegrasikan seluruh bank yang ada di Indonesia dengan membentuk sistem jaringan antar bank untuk menangani payment gateway.

Selain itu, BI ingin mengurangi pembayaran uang secara tunai, melokalisasi sistem payment gateway, dan mengurangi penggunaan mastercard dan visa sebagai alat pembayaran online di Indonesia. Maka, dicetuslah gerbang pembayaran national (GPN). Sekitar tahun 2013 sampai 2014, GPN mulai diterapkan. Namun, baru diinisiasi pada 2017. GPN ini didukung oleh bank-bank pemerintah dan swasta ternama, diantaranya adalah bank BRI, BNI, Mandiri, dan BCA.

Daftar 10 Payment Gateway Terbaik dan Termurah di Indonesia

payment-gateway-1

Payment gateway adalah sistem aplikasi yang paling penting bagi situs e-commerce dan toko online di Indonesia. Saat ini, sudah banyak tersedia pilihan daftar payment gateway Indonesia dengan berbagai macam fitur yang ditawarkan. Berikut penjelasannya.

1. DOKU

Didirikan pada tahun 2007, DOKU adalah salah satu daftar payment gateway Indonesia pertama yang melayani kebutuhan penjualan, pembayaran, pembelian, dan transfer merchant online. Sampai saat ini, DOKU telah mempunyai 17.000 merchant.

DOKU berpengalaman lebih dari 13 tahun dibidang pembayaran dan transaksi online di Indonesia. DOKU juga telah bersertifikat internasional dan telah memiliki lisensi resmi dari BI untuk menyelenggarakan payment pateway Indonesia. Meskipun, pengguna tidak mempunyai rekening di bank, DOKU dapat melayani pembelian barang dan pembayaran tagihan dari pengguna tersebut.

Produk yang telah diluncurkan di antaranya payment links, e-invoice, web, dan aplikasi.

Saat ini, DOKU telah terkoneksi dengan 20 bank besar dan lembaga keuangan yang ada di Indonesia, sehingga DOKU dapat menyediakan berbagai macam metode pembayaran yang bisa diproses melalui kartu kredit, transfer bank, e-wallet, dan juga pembayaran offline ditoko ritel modern tertentu, seperti Alfagroup.

Layanan pembayaran ini didukung oleh mesin risiko berbasis pembelajaran mesin yang dapat mengantisipasi semua bentuk ancaman cyber crime atau frauds online.

Di tahun 2021 ini, tercatat Doku telah memiliki 150 ribu lebih mitra usaha, serta lebih dari 3 juta pengguna. Kelebihan yang dimiliki Doku sebagai salah satu e-wallet di Indonesia:

  1. Transaksi cepat, aman, dan mudah yang mana transaksi dapat dilakukan secara online maupun offline dan dilindungi PIN serta Password yang menjamin transaksi Anda aman.
  2. Selalu ada promo. Setiap bulannya, Doku akan meberikann promo-promo menarik untuk para pengguna seperti promo diskon maupun cashback.
  3. Pembayaran yang fleksibel, dapat dilakukan kapan dan di mana saja selama perangkat Anda terhubung dengan koneksi internet.
  4. Doku memiliki banyak layanan pembayaran, yang mana ini akan memudahkan Anda untuk melakukan berbagai jenis pembayaran seperti pembayaran barang dan saja, tagihan, permintaan maupun penerimaan uang dari sesama pengguna. Pada Doku juga menyediakan dua jenis akun yaitu akun Doku Biasa dan Doku Premium.

Aplikasinya dapat diunduh di Android dan iOS, tanpa perlu membayar biaya bulanan. Pembayaran hanya biaya untuk setiap transaksi.

2. TrueMoney

TrueMoney merupakan payment gateway yang didirikan di Thailand pada 2007 dan mulai hadir di Indonesia pada tahun 2015 dibawah naungan Ascend Group. Hampir sama seperti Payment gateway lainnya.

Namun dari segi layanan, terlihat lebih inovatif. Pembayaran melalui truemoney dapat diproses pada aplikasi smartphone android, website, dan mesin EDC agen truemoney.

TrueMoney telah mendapatkan ijin untuk menyelenggarakan payment gateway Indonesia berupa lisensi resmi dari Bank Indonesia.

TrueMoney menargetkan jaringan bisnisnya kepada pengguna yang belum mempunyai rekening dibank. Pengguna yang tidak punya rekening bank, dapat menggunakan layanan truemoney untuk melakukan pengiriman uang melalui mesin EDC yang ada diagen truemoney yang tersebar Indonesia.

Selain itu, pengguna juga dapat melakukan pengiriman uang dan penarikan tunai lewat toko ritel modern alfamart yang sudah menjadi mitra truemoney. Langkah inovatif truemoney dalam melakukan pengiriman uang ini diharapkan dapat menjadi solusi jitu dalam pengiriman uang domestik ke depannya.

Pada tahun 2021 ini, TrueMoney juga bekerjasama dengan MCAS (PT M Cash Integrasi Tbk) dalam rangka perluasan layanan pengisian saldo (Top Up) TrueMoney melalui lebih dari 1.700 jaringan kios digital MCAS yang tersebar di seluruh Indonesia. Anda dapat menemukan kios digital MCAS di beberapa ritel seperti ACE Hardware, Informa, Chatime, Hero & Giant, Hypermart, dan jaringan ritel lainnya.

Pengiriman atau transfer uang elektronik yang dilakukan oleh pengguna aplikasi pembayaran truemoney, biasanya untuk pembelian pulsa, token listrik, tiket KRL, kuota internet dan pembayaran tagihan BPJS, PDAM, cicilan kredit, TV Digital, dan lain-lain.

Artikel Terkait  Cloud Server Adalah? Pengertian dan Fungsinya

3. Firstpay

Firstpay adalah layanan payment gateway yang dibuat oleh PT. Indobest Artha Kreasi. Firstpay menyediakan layanan pembayaran elektronik dengan otorisasi secara cepat dan real time.

Layanannya dapat membantu merchant dan pembeli agar proses pembayaran menjadi mudah, cepat, dan aman. Firstpay adalah sebuah perusahaan penyedia layanan payment gateway yang mempunyai konsep one-stop payment. Artinya, firstpay ini telah mempunyai metode pembayaran yang lengkap, karena sudah berafiliasi dengan sejumlah bank yang ada di Indonesia untuk metode pembayarannya.

Tetapi, metode pembayaran firstpay, tidak hanya terkait dengan bank. Firstpay sudah menyediakan berbagai macam metode pembayaran dengan lengkap. Pembayaran firstpay bisa dengan kartu kredit, virtual account, internet banking, gerai ritel modern, payment code, dan e-money.

Menjadi merchant firstpay tidak dikenakan biaya tambahan, seperti biaya pemasangan ataupun biaya maintenance.

4. Winpay

Winpay adalah bagian dari PT. Bimasakti Multi Sinergi. Payment gateway ini diluncurkan pada tahun 2015. Meskipun terbilang baru dibidang penyedia layanan pembayaran online, fitur yang ditawarkan sudah lengkap, sehingga tak heran winpay sudah mengantongi lisensi resmi dari BI pada tahun 2018 untuk menyelenggarakan payment gateway di Indonesia.

Winpay telah terintegrasi dengan 147 Bank dan metode pembayaran yang sudah lengkap. Metode pembayaran winpay bisa dengan berbagai macam bisa lewat kartu kredit, visa, mastercard, e-money, internet banking, payment code, virtual account, gerai ritel modern indomaret/alfamart, dan toko modern fastpay.

5. Finpay

payment-gateway-2

Finpay adalah layanan pembayaran yang sangat cocok untuk pebisnis online dan start up. Menurut penuturan langsung dari Walden R Bakara, “Layanan finpay akan mengubah praktik bisnis online menjadi semakin aman, nyaman, mudah, dan terpercaya. Finpay ini semacam kasir bagi penjual dan pembeli dibisnis online “.

Finpay merupakan layanan pembayaran online asli dari Indonesia yang dibentuk oleh PT. Finnet Indonesia, anak perusahaan PT. Telkom Indonesia. Finpay dihadirkan untuk mendukung bisnis online atau e-commerce di Indonesia.

Pengguna layanan dapat melakukan pembayaran dari barang yang dibeli disitus e-commerce atau toko online yang sudah terintegrasi dengan finpay. Selain itu, dengan menggunakan aplikasi pembayaran ini, pengguna dapat melakukan pembayaran beberapa tagihan seperti tagihan listrik, air, internet, TV berbayar, dan lainnya.

Dengan finpay, pengguna bisa membeli tiket KRL, tiket trans Jakarta, e-toll, dan parkir online.

Produk finpay berupa finpay link dan finpay invoice. Untuk mendapatkan produk itu, merchant tidak akan dikenakan biaya integrasi dan biaya bulanan. Finpay link adalah layanan berupa link produk yang dishare dimedia sosial.

Layanan link ini, kebanyakan dimanfaatkan oleh para penjual online yang tidak mempunyai toko online. Jika ada orang yang mengklik finpay link dan tertarik dengan produk yang diiklankan, lalu memesannya.

Maka link invoice akan dishare keemail orang itu. Selanjutnya, orang tersebut dapat melakukan pembayaran dengan berbagai metode pembayaran yang disediakan, seperti pembayaran lewat kartu kredit/debit dan pembayaran dengan payment code di alfagroup, indomaret, pegadaian, kantor pos, dan 80 bank yang telah terintegrasi dengan finpay.

Saat ini Finpay telah meningkatkan layanan pembayaran dengan memperluas layanan sebagai platform pembayaran dengan QRIS untuk memudahkan seseorang melakukan transaksi, mengingat saat ini pembayaran dengan metode digital banyak digemri oleh masyarakat.

6. iPaymu

Hampir sama seperti layanan payment gateway yang lain. iPaymu memberikan solusi untuk memudahkan pengguna dalam berbagai transaksi online. Tidak hanya berbelanja, dengan iPaymu pengguna dapat melakukan transfer, penarikan uang, dan pemberian donasi secara online.

Berdiri sejak tahun 2012, iPaymu termasuk salah satu start up dalam industri pembayaran digital. Namun, iPaymu terus-menerus melakukan inovasi untuk peningkatan kualitas produknya.

Pada tahun 2013, telah meluncurkan fitur mobile payment yang berbasis QR Code (Quick Response Code) yang menjamin keamanan selama proses pembayaran online berlangsung.

Layanan ini diluncurkan untuk mengurangi stigma transaksi belanja online tidak aman. Maka, dengan kehadiran layanan ini, pengguna dapat melakukan transaksi pembayaran, perintah cash out dan cek saldo dengan mudah, aman, dan nyaman hanya melalui smartphone.

Untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada pengguna dalam bertransaksi online, iPaymu sudah mengkoneksikan jaringannya dengan beberapa bank nasional maupun internasional.

Saat ini, iPaymu juga sudah bekerja sama dengan ATM, mastercard, visa, link prima, dan pos Indonesia. Untuk top up iPaymu bisa melalui ATM manapun dari 137 Bank yang di Indonesia. Tidak hanya itu, bisa menggunakan m-banking, internet banking, atau melakukan setoran tunai.

Di tahun 2021 ini iPay juga menyediakan transaksi melalui convenience stores, seperti Indomaret dan Alfamart. Ada juga opsi pembayaran cicilan tanpa kartu kredit kepada customer, layanan split payment atau membagi hasil transaksi dengan affiliate atau distributor reseller Anda secara otomatis, serta mobile bot yang memungkinkan Anda melakukan akses informasi transaksi melalui Chatbot WhatsApp Messenger dan Telegram.

7. KasPay

KasPay adalah layanan pembayaran digital dari PT. Darta Media Indonesia. KasPay merupakan layanan pembayaran transaksi online resmi yang digunakan untuk para kaskuser (anggota kaskus) yang berbelanja atau berbisnis diforum jual-beli (FJB) kaskus.

KasPay ini diciptakan untuk memudahkan transaksi online para kaskuser. Walaupun, kehadiran layanan payment gateway ini, diutamakan untuk anggota komunitas kaskus. Namun, transaksi online yang dilakukan sangat besar.

Karena, mengingat anggota kaskus sangat banyak jumlahnya. Bukan hanya di Indonesia. Tetapi, anggota kaskus yang ada diluar negeri. Selain diforum kaskus, layanan KasPay juga digunakan disitus e-commerce yang telah berafiliasi dengan KasPay. Transaksi online dengan KasPay sangat cepat, mudah, aman, dan terpercaya.

  • Cepat

Proses transaksi cukup dengan beberapa klik melalui smartphone.

  • Mudah

Untuk melakukan transaksi, tidak perlu ke ATM.

  • Aman

Transaksi di KasPay terjamin keamanannya, karena KasPay menggunakan teknologi terbaru.

  • Terpercaya

Saat ini, pengguna layanan KasPay ada lebih 100.000 pengguna.

  • Murah

Membuat akun KasPay tidak dipungut biaya apapun. Anda hanya registrasi, setelah itu top up saldo kevirtual account. Baru KasPay bisa digunakan untuk keperluan transaksi. Transaksi di forum kaskus atau situs milik merchant yang sudah ada kerjasama dengan KasPay. Pilih produk yang ingin dibeli dan bayar produk itu lewat KasPay.

Jika, kita melakukan transfer uang kesesama akun KasPay, tidak dikenakan biaya juga. Transfer, pembayaran, dan pencairan uang bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun.

8. Xendit

Xendit adalah payment gateway terbaik di Indonesia dan Asia Tenggara. Xendit telah mengintegrasikan semua metode pembayaran dengan bank dan lembaga keuangan yang ada di Indonesia dan Asia Tenggara, sehingga merchant dapat menerima semua pembayaran dari pembeli melalui berbagai macam metode pembayaran, mulai dari kartu kredit/debit, e-wallet, transfer bank, dan metode pembayaran lainnya. Sejak beroperasi di tahun 2017, Xendit sudah memproses transaksi setara dengan 20 triliun rupiah setiap tahunnya.

Ada beberapa fitur layanan xendit, mulai dari layanan untuk pembayaran (xenpayment, xeninvoice, xenshield) dan layanan untuk transfer uang (xendisburse, xenbatch, xenpayout, xenplatform). Di tahun 2021 ini Xendit juga telah meningkatkan beberapa layanan terbaru Xendit yaitu:

  1. XenTax yang dibuat untuk menyederhanakan proses klien dalam mengelola pajak.
  2. XenCaptial yang bekerja secara eksklusif dengan mitra yang berlisensi OJK untuk menyediakan modal bagi produk pinjamannya. Limit produk untuk setiap merchant yang mengajukan produk ini akan berbeda tergantung pada review penilaian kredit dari tim evaluasi.

Tidak hanya itu, Xendit telah mengoptimalkan layanannya dengan direct debit. Direct debit adalah cara sederhana serta nyaman untuk pembayaran berulang. Fitur direct debit ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki pembayaran berjadwal seperti membayar listrik, PDAM, atau BPJS.

Artikel Terkait  Jasa Pembuatan Website Marketplace Murah | Fitur Lengkap

9.  Faspay

Faspay adalah layanan payment gateway yang paling inovatif. Faspay selalu berinovasi dan berkreasi dalam meningkatkan kualitas layanan pembayaran dan transaksi onlinenya kepada pengguna.

Faspay didirikan pada tahun 2003. Pada mulanya, faspay adalah PT. Media Indonusa, sebuah perusahaan dibawah payung Astel Group. Faspay memiliki tiga jenis layanan produk yang meliputi faspay business, faspay billing, dan faspay sendme.

Kini, dengan tiga jenis layanan produk, faspay sudah mengajak 1.600 merchant, melayani 23 kemitraan, dan 40 pilihan untuk proses pembayaran dari 120 bank nasional seperti kartu kredit/debit, virtual account, internet bank, e-money, e-wallet, payment code, dan lain-lain. Dengan banyak pilihan metode pembayaran ini, maka dapat membantu dan mempermudah pengguna faspay dalam memproses pembayaran dimanapun dan kapanpun.

Faspay adalah daftar payment gateway Indonesia yang sudah mempunyai lisensi resmi dari BI untuk menjalankan bisnis payment gateway.

Baru-baru ini, faspay menerima penghargaan 2019 Indonesia best payment gateway dari frost & sullivan. Berkat prestasi faspay pada tahun 2018 yang mampu meningkatkan jumlah total transaksi online menjadi empat kali lipat lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya.

Pada awal tahun 2019, OVO dan Akulaku sudah digandeng Faspay sebagai rekanan channel untuk pembayaran transaksi online terbaru. Faspay pun mengekspansi layanannya dengan bekerja sama dengan berbagai platform pembayaran digital serta e-commerce. Beberapa platform pembayaran digital yang bekerjasama dengan Faspay selain OVO yaitu ShopeePay, Dana, Link Aja, Akulaku, dan Kredivo.

10. Midtrans

payment-gateway

Salah satu daftar payment gateway Indonesia terbaik yang didirikan oleh seorang bernama Ryu Suliawan pada tahun 2012. Awalnya, bernama veritrans, lalu berganti nama menjadi midtrans. Layanan pembayaran online ini memiliki teknologi sistem keamanan transaksi keuangan yang sangat canggih, yaitu bernama aegis, pattern detection system.

Teknologi aegis ini dapat mengkombinasikan manusia dengan mesin pintar yang dapat menganalisa pola pembayaran dan mendeteksi kecurangan dionline. Dengan teknologi transaksi pembayaran yang canggih ini, maka sangat wajar midtrans adalah layanan pembayaran online yang paling aman dan terpercaya di Indonesia.

Kini, Midtrans telah memiliki 3.000 merchant online, memproses 20 metode pembayaran, bekerja sama dengan beberapa bank ternama yang ada di Indonesia, perusahaan fintech, bisnis ritel e-commerce, perusahaan penerbangan, dan banyak yang lainnya.

Midtrans menyasar pasarnya kepada para pebisnis online yang ada di Indonesia untuk mengasilitasi pebisnis online dalam hal pembayaran online. Kedepannya midtrans juga akan fokus membantu usaha pebisnis ritel atau ukm online.

Produk yang ditawarkan midtrans kepada para pebisnis online berupa sistem analisa data untuk mengelola risiko dan sistem chat untuk menambah jumlah transaksi.

Midtrans menetapkan biaya murah per transaksi, yaitu charge sebesar 4% + Rp 2.200 ke merchant. Semua itu sudah termasuk biaya pajak dan fitur yang ditawarkan kemerchant. Kini, Midtrans sudah diakuisisi oleh perusahaannya nadiem makarim, gojek group.

Midtrans berkomitmen untuk mendorong UMKM untuk terus menumbuhkan bisnisnya, hingga di tahun 2021 ini Midtrans telah melayani 8000 merchant baik online maupun online. Midtrans telah memfasilitasi pembayaran terlengkap dan terbaru beberapa diantaranya BCA VA aggregator, BRIVA, dan ShopeePay.

Kesimpulan

Jika, sekarang ini Anda sedang berpikir ingin menggunakan payment gateway Indonesia untuk sistem pembayaran online. Maka, saran kami adalah sebagai berikut:

  • Pilih yang sesuai dengan kebutuhan atau bisnis online Anda.
  • Pilih yang telah memiliki lisensi resmi dari Bank Indonesia.
  • Pilih yang paling mudah dan lengkap metode pembayarannya.
  • Pilih yang mempunyai teknologi keamanan tranksasi keuangan yang canggih.
  • Pilih dengan biaya yang termurah. Tanpa ada biaya tambahan untuk pemasangan dan maintenance.

Setiap layanan payment gateway, masing-masing memiliki fitur yang berbeda. Tetapi, setiap layanan payment gateway, tentunya mempunyai persamaan. Persamaannya, yaitu dapat membantu para pengguna untuk memproses pembayaran online secara mudah, praktis.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya