Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Web Programming Bagaimana Cara Melakukan Lokal Testing dengan Selenium WebDriver?

Bagaimana Cara Melakukan Lokal Testing dengan Selenium WebDriver?

-

Pengujian otomasi sangat penting untuk keseluruhan proses pengiriman produk web yang sukses. Tantangan yang terkait dengan pengujian situs web atau aplikasi web bertambah banyak jika dibuat untuk pemirsa global.

Tes otomatisasi harus dilakukan untuk memastikan bahwa fitur produk (termasuk konten) melayani lokal tertentu. Itulah mengapa pengujian lokal menggunakan Selenium WebDriver menjadi semakin relevan saat sejumlah besar produk perangkat lunak sedang dibuat.

Kami yakin Anda pasti pernah menemukan skenario di mana beberapa konten atau bagian situs web tidak ditampilkan dengan benar di lokasi tertentu. Ini adalah dilema umum yang sering ditemukan oleh sebagian besar teknisi otomatisasi pengujian Selenium. Dan sangat mungkin bahwa string yang diformat dengan tidak benar adalah bagian dari file resource.

Sebagai bagian dari pengujian pelokalan menggunakan Selenium WebDriver, kita perlu memverifikasi apakah situs web (atau aplikasi) terlihat dan berfungsi sama setelah pengujian otomatisasi lokasi diterapkan.

Anda akan merasa nyaman melakukan pengujian lokal menggunakan Selenium WebDriver karena kami menyentuh aspek penting pelokalan. Termasuk cara melakukan pengujian otomatisasi lokasi.

Apa Itu Tes Pengujian Otomasi Lokal?

test-selenium

Pengujian lokal adalah suatu bentuk pengujian non-fungsional di mana versi produk yang dilokalkan diperiksa silang untuk budaya tertentu atau pengaturan lokal tertentu. Dalam kebanyakan kasus, fungsi dalam produk yang tidak dilokalkan sama dengan produk yang dilokalkan; karenanya UI dan konten adalah area utama yang terpengaruh oleh pengujian lokalisasi.

Banyak penguji menggunakan pengujian lokalisasi dan pengujian globalisasi secara bergantian. Tetapi ada perbedaan besar di antara keduanya. Seperti namanya, Globalisasi terutama berfokus pada kemampuan produk secara global (atau di seluruh dunia). Sedangkan Lokalisasi terutama berfokus pada sekumpulan pengguna tertentu yang termasuk dalam budaya atau lokal tertentu.

Artikel Terkait  Fungsi Kode Captcha | Kenapa Harus dan Apakah Manfaatnya?

Kemudian, ada pengujian Internasionalisasi, yang membantu mempersiapkan produk sehingga dapat digunakan dalam berbagai bahasa, wilayah, dan lokal secara global. Area yang dilokalkan ditandai untuk kejelasan dan terutama menyertakan ‘string terjemahan’ yang tersedia di beranda. Pengujian lokal juga disebut ‘l10n’.

Fitur Penting Pengujian Lokal dengan Selenium WebDriver

Pengujian pelokalan adalah bentuk pengujian non-fungsional. Itulah mengapa ini digunakan untuk menguji antarmuka pengguna, urutan tampilan alamat, string (atau kosakata bahasa), tanggal dan waktu, kalender, format mata uang, dan elemen lain yang spesifik wilayah atau lokal. Beberapa fitur utama pengujian lokal (atau mengapa Anda harus melakukan pengujian otomatisasi pelokalan) tercantum di bawah ini:

Lokalisasi Antarmuka Pengguna

Antarmuka pengguna harus dibuat khusus agar dapat digunakan oleh kategori orang (atau pengguna) yang ditargetkan.

Lokasi Isi

Perbedaan kritis antara kedua daerah adalah kontennya, karena perlu disesuaikan dengan budaya setempat. Pengujian lokal menggunakan Selenium WebDriver harus dilakukan untuk memeriksa apakah cocok untuk kategori lokal yang ditargetkan. Konten tersebut juga memuat bahasa lokal yang harus sejalan dengan bahasa daerah sasaran. Misalnya, ‘zh-SG’ dan ‘zh-HK’, dari bahasa China, harus digunakan masing-masing untuk lokal China-Singapura dan China Hong Kong SAR China.

Kompatibilitas Perangkat Keras

Tugas ini dapat dicapai dengan otomatisasi pengujian Selenium WebDriver dengan menjalankan pengujian lokal di berbagai kombinasi browser, platform (sistem operasi), dan perangkat (atau emulator). Daripada menggunakan Selenium Grid lokal, yang bukan merupakan opsi yang dapat diskalakan, Anda bisa memanfaatkan cloud Selenium Grid seperti LambdaTest untuk melakukan pengujian lokal menggunakan Selenium WebDriver.

Uji ‘kompatibilitas perangkat keras’ akan memeriksa apakah ada kompatibilitas perangkat keras dan perangkat lunak terhadap lokal (atau wilayah) yang ditargetkan.

Bagaimana Cara Melakukan Lokal Tes dengan Selenium WebDriver?

pengujian-selenium

Perbedaan utama antara otomatisasi pengujian Selenium WebDriver untuk skenario non-lokal dan skenario terlokalisasi adalah lokasi dan budaya yang ditargetkan untuk melakukan pengujian. Terlepas dari perbedaan ini, sebagian besar langkah tetap tidak berubah antara kasus lokal dan non-lokal (atau normal). Anda perlu mengikuti langkah-langkah ini untuk melakukan pengujian otomatisasi pelokalan:

Prioritas Fitur Untuk Pengujian Lokal

Situs web (atau aplikasi web) dapat terdiri dari sejumlah ‘N’ laman yang berfokus pada UI dan konten. Pengujian lokal untuk halaman harus diprioritaskan dengan melibatkan pemangku kepentingan yang tepat sehingga masalah dapat digali untuk halaman yang paling penting bagi audiens yang dilokalkan.

Artikel Terkait  Apa itu Scrum? Mengenal Metode Scrum yang Digunakan Oleh Para Developer dalam Sebuah Project Manajemen

Menyiapkan Lingkungan Tes

Otomatisasi pengujian selenium pada Selenium Grid lokal dapat menemui hambatan jika Anda ingin mempercepat proses pengujian pelokalan dan bermaksud untuk melakukan pengujian pada berbagai kombinasi browser dan platform. Memindahkan pengujian lokalisasi ke Selenium Grid berbasis cloud seperti LambdaTest membantu mempercepat proses pengujian.

Karena ini memanfaatkan eksekusi pengujian paralel. Menjadikannya pendekatan yang lebih skalabel daripada melakukan pengujian pada Selenium Grid lokal. Memiliki lingkungan pengujian yang kuat berguna dalam mempercepat strategi GTM (Go-to-market) dan merupakan cara terbaik untuk memanfaatkan alat pengujian Lokalisasi.

Pembuatan Skrip Otomatisasi Tes Selenium WebDriver

Ini adalah langkah paling penting dalam pengujian lokal menggunakan Selenium WebDriver. Di sini, skrip otomatisasi uji yang khusus untuk lokal dan wilayah target dibuat. Saat mendesain skrip, skalabilitas dan kegunaan (di berbagai lokal) harus dipertimbangkan. Misalnya, lokal dalam skrip harus disetel ke ‘he-IL’ jika wilayah targetnya adalah Israel. Prinsip yang sama harus diterapkan untuk pengujian otomatisasi dengan lokal yang berbeda.

Eksekusi & Generasi Hasil

Mirip dengan pengujian yang tidak dilokalkan, atribut produk web yang dilokalkan harus dibandingkan dengan atribut yang diharapkan. Misalnya, UI dan konten pada halaman pengujian harus dibandingkan dengan hasil yang diharapkan. Dan hal yang sama harus diperiksa dengan ahli bahasa yang memiliki keahlian dalam bahasa target.

Alat pengujian pelokalan atau plugin untuk pembuatan laporan harus digunakan untuk membuat laporan pengujian sehingga semua anggota tim berada di halaman yang sama. Bug yang muncul harus diperbaiki oleh pengembang, dan langkah di atas harus diulangi hingga produk mencapai tahap ‘Rilis Produk yang Dilokalkan’.

Daftar List Pengujian Lokal

Saat mengembangkan skrip otomatisasi yang melakukan pengujian lokal, skrip perlu dirancang sedemikian rupa sehingga skrip tersebut dapat diskalakan dan dapat diperluas ke berbagai lokal dengan sedikit (atau tanpa) perubahan. Kurasi dengan cermat beberapa praktik terbaik yang harus diikuti untuk pengujian pelokalan:

Artikel Terkait  11 Manfaat Internet Bagi Pendidikan

  • Ahli bahasa yang menguasai bahasa lokal atau firma lokalisasi dengan keahlian yang telah terbukti dalam teknik ‘l10n’ harus dilibatkan dalam proses pengujian & tinjauan.
  • Implementasi yang ada harus diinternasionalkan untuk DBCS (Double-Byte Character Set) sebelum teks dikirim untuk diterjemahkan.
  • Saat mendesain skrip otomatisasi Selenium WebDriver, Anda memiliki opsi untuk memilih dari pencari lokasi web di Selenium WebDriver, seperti Nama, ID, Teks Tautan, Nama Kelas, XPath, dan banyak lagi. Pencari web yang paling sesuai yang seragam (atau tetap tidak berubah) di berbagai lokal harus dipilih. Ini memastikan bahwa perubahan kode minimal saat kode yang sama digunakan untuk melakukan pengujian pelokalan menggunakan bahasa lokal lain.
  • Upaya duplikasi saat membuat skrip skenario pengujian yang berbeda harus dihindari.
  • Direkomendasikan untuk memisahkan lokal dari implementasi (yaitu tidak ada hard-coding informasi terkait lokal) sehingga menambahkan (atau menghapus) lokal atau wilayah menjadi mudah. Pendekatan ini akan menghasilkan minimal (atau tidak ada) perubahan dalam implementasi, sehingga mengurangi upaya pemeliharaan.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya