Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteMaintenancePerangkat Peripheral: Pengertian, Fungsi dan Contoh

Perangkat Peripheral: Pengertian, Fungsi dan Contoh

-

Last Updated on July 25, 2023 by

Perangkat peripheral adalah komponen atau perangkat tambahan yang terhubung ke komputer atau perangkat lainnya untuk melengkapi fungsionalitas utama dan memungkinkan interaksi lebih lanjut dengan sistem.

Perangkat ini berfungsi sebagai input dan output yang membantu dalam mengirimkan dan menerima data dari dan ke komputer. Perangkat peripheral berperan penting dalam meningkatkan kemampuan dan efisiensi komputer serta meningkatkan pengalaman pengguna. Terdapat dua jenis perangkat peripheral yaitu internal dan eksternal. Tanpa berlama-lama lagi yuk simak!

perangkat peripheral

design by freepik

Perangkat Peripheral Internal

Perangkat peripheral internal adalah perangkat tambahan yang dipasang secara langsung di dalam komputer atau perangkat lainnya, terhubung langsung dengan motherboard atau bagian internal lainnya. Perangkat peripheral internal bekerja bersama dengan komponen inti komputer untuk meningkatkan fungsionalitas dan performa sistem.

Contoh perangkat peripheral internal antara lain:

  1. Kartu Grafis (GPU)

Digunakan untuk mengolah dan menghasilkan tampilan grafis atau visual pada layar monitor. GPU mengoptimalkan kinerja komputer dalam permainan, pemrosesan video, dan desain grafis.

  1. Kartu Suara (Sound Card)

Bertanggung jawab untuk menghasilkan suara dan audio dalam komputer. Kartu suara meningkatkan kualitas suara untuk mendengarkan musik, menonton film, dan berkomunikasi dalam panggilan suara.

  1. Kartu Jaringan (Network Interface Card/NIC)

Digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan, baik melalui kabel (Ethernet) maupun nirkabel (Wi-Fi), sehingga memungkinkan akses internet dan berbagi data dengan perangkat lain.

perangkat peripheral

design by freepik

  1. Kartu Ekspansi (Expansion Card)

Menyediakan fitur tambahan seperti port USB tambahan, port SATA tambahan, atau fitur khusus lainnya untuk memperluas kemampuan dan konektivitas komputer.

  1. Kartu Pengganti (Replacement Card)

Digunakan untuk menggantikan atau meningkatkan komponen bawaan pada motherboard yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik, seperti kartu pengganti ethernet atau kartu pengganti sound card.

Perangkat peripheral internal ini menjadi bagian penting dalam meningkatkan performa dan kemampuan komputer. Mereka dapat di-upgrade atau diganti sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan teknologi untuk memastikan komputer tetap berfungsi optimal dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Artikel Terkait  Apa Itu Data Loss Prevention dan Manfaatnya

Perangkat Peripheral Eksternal

Perangkat peripheral eksternal adalah perangkat tambahan yang terhubung ke komputer atau perangkat lainnya dari luar, melalui koneksi seperti port USB, Bluetooth, Wi-Fi, atau kabel lainnya. Perangkat peripheral eksternal tidak dipasang di dalam komputer, tetapi dihubungkan ke port eksternal untuk memberikan fungsionalitas tambahan atau interaksi dengan sistem.

Contoh perangkat peripheral eksternal antara lain

  1. Keyboard

Keyboard eksternal adalah perangkat melalui kabel USB dapat terhubung ke komputer atau dapat juga nirkabel (bluetooth). Keyboard eksternal memungkinkan pengguna untuk memasukkan teks dan perintah dengan lebih nyaman daripada menggunakan keyboard bawaan pada laptop atau perangkat lainnya.

  1. Mouse

Mouse eksternal adalah perangkat input yang terhubung ke komputer melalui kabel USB atau nirkabel. Mouse eksternal memungkinkan pengguna untuk menggerakkan kursor dan melakukan tindakan seperti mengklik dan menggeser dengan lebih presisi daripada menggunakan touchpad pada laptop.

  1. Printer

Printer eksternal adalah perangkat output yang terhubung ke komputer melalui kabel USB atau melalui jaringan nirkabel (Wi-Fi). Printer eksternal digunakan untuk mencetak dokumen atau gambar dari komputer ke kertas.

  1. Speaker

Speaker eksternal adalah perangkat audio yang terhubung ke komputer melalui kabel audio atau nirkabel (Bluetooth). Speaker eksternal digunakan untuk meningkatkan kualitas suara dan menghasilkan suara yang lebih jelas dan berkualitas daripada speaker bawaan pada laptop atau perangkat lainnya.

  1. Hard Drive Eksternal

Hard drive eksternal adalah perangkat penyimpanan yang terhubung ke komputer melalui kabel USB. Hard drive eksternal digunakan untuk menyimpan data tambahan, mencadangkan data, atau memindahkan data antar komputer.

  1. Webcam

Webcam eksternal adalah perangkat input video yang terhubung ke komputer melalui kabel USB. Webcam eksternal digunakan untuk melakukan panggilan video, mengambil gambar, atau merekam video.

  1. Joystick/Gamepad: Joystick atau gamepad eksternal adalah perangkat input yang terhubung ke komputer melalui kabel USB atau nirkabel. Perangkat ini digunakan untuk bermain game dengan kendali yang lebih nyaman dan presisi.
Artikel Terkait  17 Antivirus Gratis Terbaik, Amankan Perangkat Tanpa Biaya!

Perangkat peripheral eksternal memberikan fleksibilitas bagi pengguna untuk menambahkan fungsionalitas dan meningkatkan pengalaman dengan komputer atau perangkat lainnya. Mereka dapat dengan mudah dihubungkan atau dipindahkan antar perangkat, memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam penggunaan sehari-hari.

Fungsi Perangkat Peripheral

Perangkat peripheral memiliki berbagai fungsi penting yang mendukung fungsionalitas dan interaksi antara pengguna dengan komputer atau perangkat lainnya. Berikut adalah beberapa fungsi utama perangkat peripheral:

  1. Input Data

Perangkat peripheral berfungsi sebagai sarana untuk memasukkan data atau informasi ke dalam komputer. Contohnya, keyboard digunakan untuk memasukkan teks dan perintah, mouse digunakan untuk menggerakkan kursor dan melakukan tindakan seperti mengklik, dan webcam digunakan untuk mengambil gambar atau merekam video.

  1. Output Data

Perangkat peripheral juga berfungsi sebagai sarana untuk menampilkan atau mengeluarkan data dari komputer. Contohnya, monitor atau layar menampilkan informasi, gambar, dan video, sedangkan speaker menghasilkan suara atau audio.

  1. Penyimpanan Data

Beberapa perangkat peripheral, seperti hard drive eksternal dan flash drive, berfungsi sebagai media penyimpanan data tambahan. Pengguna dapat menyimpan dan mengakses data di perangkat tersebut, baik sebagai cadangan (backup) data atau untuk memindahkan data antar perangkat.

  1. Konektivitas dan Jaringan

Perangkat peripheral seperti kartu jaringan (NIC) dan modem memungkinkan komputer terhubung ke jaringan, baik melalui kabel (Ethernet) maupun nirkabel (Wi-Fi), sehingga memungkinkan akses internet dan berkomunikasi dengan perangkat lain dalam jaringan.

  1. Pencetakan

Printer berfungsi untuk mencetak dokumen atau gambar dari komputer ke kertas atau media cetak lainnya.

  1. Pengolahan Audio

Perangkat peripheral seperti sound card dan speaker mengelola dan menghasilkan suara dan audio pada komputer, meningkatkan pengalaman mendengarkan musik, menonton film, atau berkomunikasi dalam panggilan suara.

  1. Pengolahan Grafis
Artikel Terkait  Keamanan Sistem : Tahapan dalam Mengamankan Sistem

Kartu grafis (GPU) meningkatkan kinerja komputer dalam mengolah tampilan grafis atau visual, meningkatkan kemampuan permainan, pemrosesan video, dan desain grafis.

  1. Interaksi dengan Perangkat Lunak

Perangkat peripheral memungkinkan pengguna berinteraksi dengan perangkat lunak dan sistem operasi melalui input dan output yang lebih intuitif, seperti menggunakan keyboard dan mouse untuk mengoperasikan program atau aplikasi.

  1. Pengontrol Game: Joystick, gamepad, atau perangkat lain yang digunakan untuk bermain game memberikan kontrol dan pengalaman bermain yang lebih nyaman dan presisi.

Dengan fungsi-fungsi yang beragam ini, perangkat peripheral membantu meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan pengalaman pengguna dalam menggunakan komputer atau perangkat elektronik lainnya.

Kesimpulan

Perangkat peripheral adalah komponen tambahan yang sangat penting untuk melengkapi fungsionalitas utama komputer atau perangkat lainnya. Ada dua jenis perangkat peripheral, yaitu internal (terpasang di dalam komputer) dan eksternal (terhubung dari luar). Perangkat peripheral internal seperti kartu grafis, kartu suara, dan kartu jaringan berfungsi untuk meningkatkan performa dan kemampuan sistem.

Sementara itu, perangkat peripheral eksternal seperti keyboard, mouse, printer, dan webcam memberikan fleksibilitas dan kenyamanan dalam interaksi dan penggunaan sehari-hari. Fungsi perangkat peripheral mencakup input dan output data, penyimpanan data, konektivitas jaringan, pencetakan, pengolahan audio dan grafis, serta memungkinkan interaksi yang lebih intuitif dengan perangkat lunak. Perangkat peripheral menjadi kunci dalam meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan pengalaman pengguna dalam berbagai aktivitas komputasi.

Bagaimana dengan informasi diatas? Menarik bukan? Ikuti WEBAPP untuk terus dapatkan update artikel menarik mengenai pengembangan aplikasi dan juga web! Klik https://appkey.id/ agar tak ketinggalan seluruh artikel terbaru dan menarik mengenai teknologi serta pengembangan aplikasi setiap hari! Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Ini Cara Mudah Membuat Redirect PHP | Seri Belajar PHP

Fungsi redirect PHP sangat banyak digunakan dalam kehidupan berwebsite alias mengelola website. Script redirect PHP banyak dipergunakan oleh user...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya