Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteMaintenanceTMP File : Pengertian, Fungsi dan Cara Membersihkan

TMP File : Pengertian, Fungsi dan Cara Membersihkan

-

Last Updated on July 15, 2023 by

Ketika kalian akan membersihkan laptop atau komputer pasti kalian akan menemui tmp file atau file dengan format .tmp bukan? Saat kalian merasa komputer atau laptop kalian melambat, secara otomatis kalian akan merasa jika komputer atau laptop kalian perlu “dibersihkan” sebagai alternatif jika kalian tidak ingin membeli komputer atau laptop baru atau belum memiliki modal yang cukup untuk membeli barang tersebut untuk sekarang.

Agar kalian tidak ragu atau takut untuk membersihkan laptop atau komputer jika menemui TMP file tersebut, yuk simak penjelasan lengkapnya dibawah ini!

Apa itu TMP File?

tmp file

TMP File atau temporary file, dilihat dari namanya temporary yang berarti hanya sementara dan file adalah kumpulan data, dapat disimpulkan temporary file adalah data yang disimpan hanya untuk sementara waktu. File ini dibuat otomatis oleh aplikasi yang kita gunakan atau oleh windows itu sendiri.

Temporary file juga akan menghilang atau terhapus secara otomatis juga jika kalian keluar dari suatu program atau saat data telah selesai untuk dikerjakan. Tapi ada juga yang tetap “menempel” sehingga menghabiskan ruangan pada memori kalian. Hal ini juga dapat menyebabkan lambatnya kerja windows.

Misalnya ketika kalian membuka aplikasi CorelDraw, program akan langsung menyimpan atau memback-up data untuk sementara waktu. Jika kalian keluar, akan langsung otomatis temporary file tersebut akan terhapus.

Untuk lokasi penyimpanannya biasanya akan tersimpan pada C:\Windows\Temp jika file tersebut dibuat oleh windows system dan C:\Users\USERNAME\AppData\Local\Temp jika file tersebut dibuat oleh pengguna windows. Untuk letaknya biasanya tersembunyi, kalian dapat melihatnya dengan cara buka menu Organize -> Folders and Search Options -> pilih tab View -> pilih Show hidden files, folders, and drives.

Artikel Terkait  Mari Kenali Apa Itu Spyware Pegasus dan Cirinya!

Fungsi TMP File

Untuk kalian yang masih belum terlalu tahu tentang temporary file dan apa fungsinya, berikut adalah fungsi dasar dari TMP File.

1. Penyimpanan Sementara Data 

Temporary file digunakan untuk menyimpan data sementara yang diperlukan oleh aplikasi selama proses eksekusi. Misalnya, saat mengunduh file dari server, tmp file digunakan untuk menyimpan file yang diunduh sebelum dipindahkan ke lokasi yang tepat dalam sistem.

2. Optimisasi Kinerja

Temporary file dapat digunakan untuk mengoptimalkan kinerja aplikasi dengan menyimpan data yang sering diakses atau diolah secara sementara. Misalnya, ketika aplikasi memproses gambar yang besar, temporary file dapat digunakan untuk menyimpan gambar yang sudah diolah sebelum ditampilkan kepada pengguna. Dengan cara ini, proses pengolahan tidak perlu dilakukan secara berulang-ulang, sehingga meningkatkan responsivitas aplikasi.

3. Penanganan Kesalahan

Temporary file juga dapat digunakan sebagai mekanisme penanganan kesalahan dalam aplikasi. Ketika terjadi kesalahan dalam proses eksekusi atau pemrosesan data, temporary file dapat digunakan untuk menyimpan informasi terperinci tentang kesalahan tersebut. Hal ini memudahkan kalian untuk menganalisis dan memperbaiki masalah yang terjadi.

4. Keamanan Data

Temporary file dapat digunakan untuk menyimpan data sensitif secara sementara, seperti kunci enkripsi atau token autentikasi, yang dibutuhkan dalam proses tertentu. Dengan menggunakan tmp file, data sensitif tersebut tidak perlu disimpan dalam memori aplikasi yang rentan terhadap ancaman keamanan.

5. Pengujian dan Debugging

Temporary file dapat berguna dalam pengujian dan debugging aplikasi. Data yang dihasilkan atau diproses selama pengujian dapat disimpan dalam temporary file untuk kemudian dianalisis atau dibandingkan dengan hasil yang diharapkan. Hal ini mempermudah proses pengujian dan mempercepat penemuan bug atau masalah dalam aplikasi.

6. Pengelolaan Sumber Daya

Temporary file juga membantu dalam pengelolaan sumber daya sistem. Ketika aplikasi menghasilkan banyak data sementara, temporary file dapat digunakan untuk mengelola penggunaan ruang penyimpanan. Temporary file yang sudah tidak diperlukan dapat dihapus secara otomatis atau secara manual untuk membebaskan ruang penyimpanan yang berlebihan.

Pentingnya Penghapusan TMP File

Penghapusan temporary file merupakan langkah penting untuk menjaga keamanan dan kebersihan sistem. Temporary file yang tidak dihapus secara tepat waktu dapat memakan ruang penyimpanan yang berlebihan dan dapat membahayakan privasi pengguna jika mengandung data sensitif. Oleh karena itu, kalian perlu memastikan bahwa temporary file dihapus dengan benar setelah pemakaian selesai atau ketika aplikasi ditutup.

Artikel Terkait  Cara Terpraktis Mengatasi “Serve Scaled Images” di Web

Cara membersihkan TMP File

tmp file

Berikut adalah beberapa cara untuk membersihkan temporary file di berbagai platform:

Windows

  • Gunakan kombinasi dari tombol “Windows” dan “R” untuk membuka jendela “Run”.
  • Ketikkan “%temp%” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter. Ini akan membuka folder temporary file.
  • Pilih semua file dan folder di dalamnya (tekan “Ctrl + A” untuk memilih semua) dan hapus mereka dengan menekan tombol “Delete”. Jika ada file yang tidak bisa dihapus, lewati saja.
  • Buka jendela “Run” lagi dan ketik “temp” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter. Ini akan membuka folder temporary file lainnya.
  • Ulangi langkah sebelumnya dengan memilih dan menghapus semua file dan folder di dalamnya.

macOS

  • Buka Finder dan pilih “Go” pada menu bar atas.
  • Pilih “Go to Folder” dan ketik “/tmp” (tanpa tanda kutip) di dalam kotak dialog.
  • Tekan Enter untuk membuka folder temporary file.
  • Pilih semua file dan folder di dalamnya (tekan “Command + A” untuk memilih semua) dan hapus mereka dengan menekan tombol “Command + Delete”. Jika ada file yang tidak bisa dihapus, lewati saja.

Linux

  • Buka Terminal.
  • Ketikkan perintah “sudo rm -rf /tmp/*” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter. Ini akan menghapus semua file dan folder di folder temporary file.
  • Masukkan kata sandi root (administrator) jika diminta.
  • Perintah di atas hanya akan membersihkan temporary file di /tmp. Jika ada folder temporary file lainnya, seperti /var/tmp, gunakan perintah yang sesuai untuk membersihkannya.

Penting untuk diingat bahwa membersihkan temporary file akan menghapus semua data yang ada di dalamnya secara permanen. Pastikan untuk memeriksa kembali bahwa tidak ada file penting atau yang masih diperlukan sebelum melakukan proses penghapusan.

Artikel Terkait  Tips Merawat Baterai Handphone Agar Dapat Bertahan Lama

Selain itu, beberapa aplikasi pihak ketiga juga menyediakan fitur pembersihan temporary file secara otomatis. Kalian dapat memanfaatkan fitur ini untuk membersihkan temporary file secara teratur dan menjaga sistem tetap bersih.

Kesimpulan

Membersihkan temporary file merupakan langkah penting dalam menjaga kebersihan dan keamanan sistem. Temporary file, juga dikenal sebagai TMP file, adalah file yang disimpan hanya untuk sementara waktu dan dibuat otomatis oleh aplikasi atau sistem operasi. Mereka memiliki beberapa fungsi, termasuk penyimpanan sementara data, optimisasi kinerja, penanganan kesalahan, keamanan data, pengujian dan debugging, serta pengelolaan sumber daya.

Penting untuk menghapus temporary file secara teratur karena mereka dapat memakan ruang penyimpanan yang berlebihan dan mengancam privasi pengguna jika mengandung data sensitif. Cara membersihkan temporary file bervariasi tergantung pada platform yang digunakan:

Pada Windows, kalian dapat membersihkan temporary file dengan membuka folder temporary file dan menghapus semua file dan folder di dalamnya.

Pada macOS, kalian dapat membersihkan temporary file dengan membuka folder temporary file dan menghapus semua file dan folder di dalamnya.

Pada Linux, kalian dapat membersihkan temporary file menggunakan perintah di Terminal.

Pastikan untuk memeriksa kembali bahwa tidak ada file penting atau yang masih diperlukan sebelum menghapus temporary file, karena penghapusan akan dilakukan secara permanen.

Selain itu, beberapa aplikasi pihak ketiga juga menyediakan fitur pembersihan temporary file secara otomatis, yang dapat membantu menjaga kebersihan sistem secara berkala.

Dengan membersihkan temporary file secara teratur, kalian dapat menjaga kinerja sistem tetap optimal, menghemat ruang penyimpanan, dan menjaga keamanan data. Jadi, jangan ragu untuk membersihkan temporary file pada laptop atau komputer kalian guna menjaga performa dan keamanannya.

Bagaimana dengan informasi diatas? Menarik bukan? Ikuti WEBAPP untuk terus dapatkan update artikel menarik mengenai pengembangan aplikasi dan juga web! Klik https://appkey.id/ agar tak ketinggalan seluruh artikel terbaru dan menarik mengenai teknologi serta pengembangan aplikasi setiap hari! Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya