Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
15 Contoh Desain Website Terbaik dan Paling Menginspirasi
Temukan 15 contoh desain website terbaik yang bisa Anda jadikan sebagai sumber inspirasi desain web Anda. Simak informasi berikut!
22667
post-template-default,single,single-post,postid-22667,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
contoh-desain-website

15 Contoh Desain Website Terbaik dan Paling Menginspirasi

Desain website sangat diperlukan untuk menunjang kualitas tampilan website, sehingga akan menarik dilihat oleh para pengunjung website tersebut. Pada posting kali ini, kami akan memberikan review mengenai 15 contoh desain website terbaik yang mungkin bisa Anda gunakan sebagai sumber inspirasi untuk membuat website yang keren. Tetapi sebelumnya, kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai definisi desain website. Berikut penjelasannya.

Web Desain Adalah ?

 

web-desain-adalah 

Web desain adalah bentuk grafis maupun animasi digital yang digunakan dalam merancang sebuah website. Untuk mengembangkan desain website agar terlihat menarik secara visual dan memiliki user interface dan user experience yang baik, tentu membutuhkan banyak inspirasi di dalam kepala kita. Seorang web designer menghabiskan waktunya sampai berbulan-bulan, hanya untuk menemukan inspirasi. Karena, sifat inspirasi itu bisa mudah mengalir atau terkadang bisa juga buntu seperti terhambat. Inspirasi sulit ditebak kapan datangnya. Tetapi, bagi seorang web designer profesional, pastinya sudah terbiasa mencari inspirasi yang bisa mendorong jiwa kreativitasnya untuk membuat desain website yang baik.

Artikel Terkait  UI UX Adalah Wajah Situs | Bagaimana Membuatnya Menarik?

15 Contoh Desain Website Terbaik

 

contoh-web-desain 

Inspirasi untuk mendesain website bisa berasal dari mana pun. Jika kita sering melihat berbagai jenis desain website terbaik. Maka, inspirasi akan muncul dengan sendirinya. Berikut adalah 15 contoh desain website terbaik dan menginspirasi :

AirBNB

 
Rekomendasi pertama untuk contoh desain website terbaik adalah website milik AirBNB. Walaupun, tampilan visualnya yang terlihat simple dan minimalis. Tetapi, AirBNB memiliki desain website terbaik.

Pada halaman depan website terdapat video latar yang sarat emosi yang menceritakan perjalanan bisnis dari AirBNB. Selain itu, AirBNB juga memiliki user interface dan user experience yang bisa memberikan pengalaman interaksi yang mudah dimengerti dan difungsikan dengan baik oleh para penggunanya. Pengunjung akan merasakan kenyamanan selama berada di dalam website Airbnb. Karena, bisa melihat angle foto dari berbagai apartemen, villa, dan penginapan yang ditampilkan dengan kualitas grafis seni fotografi yang mengesankan.

AirBNB adalah sebuah perusahaan penyedia layanan penginapan untuk disewakan. Hampir sama seperti Traveloka dan sejenisnya. Namun, bedanya AirBNB tidak menawarkan penginapan di Hotel. AirBNB lebih memilih menawarkan penginapan di rumah, vila, atau apatemen sebagai tempat menginap. Penginapan yang ditawarkan di website AirBNB, sebelumnya sudah dirancang oleh tim desain kreatif AirBNB agar dibuat lebih nyaman dan semenarik mungkin.

The History Climate Change

 
The History Climate Change. Website ini mendapatkan penghargaan internasional : Site of the Day dari Awwwards pada tahun 2015. The History Climate Change menyajikan cerita sejarah dan animasi yang unik. Tampilan animasi unik di dalam website ini menceritakan perjalanan edukasi dari seorang Luc Jacquet tentang sejarah perubahan iklim global yang dibuat secara animasi.

JOHO’S Bean

 
Website ini didesain sangat responsif, membuat pengunjung merasa nyaman dengan kualitas grafis dan sound video yang ditampilkannya. Saat masuk ke website, kecepatan loading page sangat baik. Kemudian, setelah di home page, pengunjung bisa memutar video yang tersedia, pilihan sound on or off bisa diatur sendiri.

Menurut para web designer, desain dari website ini cukup berhasil. Karena, minimalist, simple, dan mempunyai UI yang baik, sehingga bisa dengan mudah dimengerti dan digunakan oleh semua pengguna perangkat jenis apapun. Dari sekian banyak kelebihan dari desain website JOHO’s Bean. Maka dapat dikatakan bahwa website ini mempunyai UX yang baik, karena dapat membuat pengunjung berlama-lama dan merasa nyaman selama berada di dalam website.

Website JOHO’s Beans didesain seperti cerita online yang menceritakan kisah perjalanan yang edukatif dan menarik tentang penjelajahan biji kopi. Cerita perjalanan menjelajahi kopi itu menggunakan video dengan kualitas grafis dan sound engineering yang menakjubkan. Saat menyaksikan rekaman video yang ditampilkan itu, kita seperti menyaksikan sebuah film dokumenter dengan format HD.

Story telling, grafis video, sound yang dirancang itu membuat website menjadi lebih menarik. Website Joho’s Bean ini menceritakan kisah perjalanan J.Hornig yang menjelajahi kopi pilihan di Fazendas sebuah wilayah perkebunan kopi terbesar di pedalaman Brazil.

Mikiya Kobayashi

 
Website terbaik dari seorang designer furniture dengan desain simpel dan elegan yang mengangkat branding dari hasil karyanya sendiri. Desain website Mikiya memiliki user interface. Artinya, orang awam sekalipun, jika mengakses websitenya dapat langsung mengerti produk seperti apa yang ditawarkan oleh Mikiya.

Mikiya adalah Desainer Produk dengan portofolio minimalis yang sering memamerkan hasil karyanya melalui fotografi yang kuat dan animasi yang halus. Awalnya, konten website Mikiya dibuat dalam bahasa Jepang. Kemudian sekarang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.

World of Swiss

 
World of Swiss adalah salah satu website bisnis terbaik yang mendapatkan penghargaan dari berbagai kontes desain website internasional. Pada ajang desain web yang diadakan oleh Awwwards, World of Swiss terpilih sebagai Site of the Day 2014. Sementara, pada ajang desain web Webby, website ini mendapatkan award Best User Interface tahun 2015.

SWISS Airline mendesain websitenya secara serius dan rapi. World of Swiss menceritakan kisah Swiss Airline yang mengajak orang-orang untuk terbang bersama mereka. Kisah cerita branding Swiss Airline ini diperjelas dengan foto dan animasi digital.

Seain memiliki foto dan animasi digital yang keren, website ini juga memiliki user interface yang baik. Sehingga, membuat pengguna mudah mengerti saat masuk ke website ini dan tentunya memudahkan pengguna untuk menemukan informasi yang tepat mereka butuhkan.

ETQ

 
ETQ adalah sebuah website bisnis e-commerce yang menggunakan desain yang minimalis modern. Pada halaman depan website ini dipasang visual yang jelas dan menarik dari produk-produk yang ditawarkan. Website ETQ mempunyai UX, karena menggunakan background yang simple dan warna dasar hitam-putih yang jelas dan futuristic yang dapat membuat pengunjung website tetap fokus dan nyaman melihat produk sepatu yang ditawarkan di dalam website. Website ini juga mempunyai user interface atau user friendly terhadap segala jenis device, seperti PC, tablet, dan smartphone.

Simply Chocolate

 
Simply Chocolate adalah website yang mendapatkan penghargaan desain website terbaik Site of The Year pada tahun 2017 dari kontes website internasional yang diadakan oleh Awwwards.

Setelah melihat website ini, anda pasti langsung ingin makan cokekat. Hal ini mungkin memang sengaja didesain oleh web designernya agar gambar-gambar produk cokelat yang ditampilkan, bisa menggugah selera setiap pengunjung website yang melihatnya.

Tampilan grafis atau visualnya sangat baik menggunakan teknologi 3D, sehingga anda merasa batang-batang cokelat itu seperti ada di dekat anda dan anda sangat ingin sekali merengutnya dari layar gadget anda. Hal ini berarti pemilik website dan web designer telah berhasil mendesain website supaya memiliki UX yang baik.

Selain itu, website Simply Chocolate juga telah menyediakan Call to Actions (CTA) yang jelas seperti Add to Cart.

Artikel Terkait  Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Southwest – Heart of Travel

 
Southwest Airlines membuat sebuah website yang desain visualnya sangat hebat. Mulai dari video dan foto dibuat sangat jelas dan elegan. Salah satu desain visualnya itu berupa karya seni ilustrasi yang dirancang menggunakan record dari rute jalur penerbangan para penumpangnya selama satu tahun. Websitenya itu dinamai Heart of Travel.

Selain menggunakan jasa web designer, maskapai ini juga menggaet penulis dan seniman untuk membantu dalam mendesain website Heart of Travel. Bahkan, di website Heart of Travel para pelanggannya diperbolehkan untuk menuangkan karya seninya sendiri dari perjalanan yang akan mereka ambil rutenya. Maka, dapat dikatakan kalau website Heart of Travel mempunyai UX yang sangat baik yang didesain secara inovatif oleh Southwest Airlines

Hal ini juga merupakan tanda komitmen dari maskapai Southwest bahwa mereka membuat website bukan hanya untuk kepentingan bisnis atau track record perjalanan perusahaan saja. Tetapi, ini adalah sebuah apresiasi dari Southwest Airlines kepada para penumpang setianya.

Guillaume Tomasi

 
Guillaume Tomasi adalah sebuah website fotografi milik seorang fotografer ternama dari Montreal Canada yang bernama Guillaume Tomasi.

Sebagai seorang fotografer, Guillaume Tomasi telah berhasil mendesain websitenya dengan baik. Websitenya menceritakan portfolio karya seni fotografinya yang unik dan menarik. Fotografinya yang surealis disandingkan dengan desain webnya yang minimalis elegan, dapat membuat pengunjung nyaman dan tetap fokus melihat galeri fotografi karya Guillaume Tomasi.

Website Guillaume Tomasi ini didesain dengan navigasi yang baik yang bisa membawa pengunjung dengan mudah mengakses ke setiap bagian halaman website yang tersedia. Selain itu, navigasinya juga unik yang membuat pengunjung merasa benar-benar nyaman ketika berada di dalam websitenya. Pengunjung seperti sedang berada di dalam galeri seni yang sebenarnya.

George Nakashima

 
Alih-alih hanya fokus pada bisnis furniture kayu, website ini ternyata didesain untuk membangun rasa kepedulian kita terhadap lingkungan alam, seperti pohon dan hutan. Desain visual yang diperagakan pada website ini berupa slide foto tentang keadaan hutan dan pertanian yang indah. Saat gambar atau foto muncul di layar, terdapat juga kutipan kalimat bijak mengenai kayu dan pohon. Tentunya, hal ini memberikan pengalaman yang menenangkan pikiran bagi pengunjung selama berada di dalam website George Nakashima. Dan, hal ini menunjukkan bahwa George Nakashima memahami hakikat keindahan lingkungan alam. Website ini mendapatkan penghargaan desain website terbaik dari Webbie pada tahun 2019.

Film 1917 : into The Trenches

 
Website yang dibuat untuk mempromosikan film 1917 : into The Trenches.

Saat akses ke website ini, anda akan disuguhkan trailer dari film 1917. Tetapi, yang ditampilkan itu bukan seperi film, lebih seperti Game dengan grafis 3D yang memungkinkan Anda seperti berjalan di dalam parit dan melakukan sebuah misi khusus yang menegangkan, sama seperti yang dilakukan oleh para karakter di dalam filmnya. Anda juga dapat melihat peta atau mengakses sejumlah peralatan.

Website ini adalah contoh website yang memiliki desain interaktif yang hebat dengan menggunakan 3D movie immersive navigation. Memanfaatkan film untuk dijadikan konten website, sehingga bisa membuat pengunjung nyaman berlama-lama di dalam website, karena websitenya dibuat sangat unik dan menarik. Selain itu, resensi film yang ditulis di dalam website, bisa juga digunakan untuk promo filmnya. Website ini memenangkan penghargaan Site of the Day dari Awwwards, hasil vote dari seluruh web designer internasional.

Inside Abbey Road

 
Inside Abbey Road merupakan website yang didesain oleh Google dan Abbey Road Studios. Saat akan masuk ke website ini, pengunjung akan diberikan sebuah pengalaman visual interaktif yang sangat mengagumkan dan berkesan.

Seolah-olah, pengunjung website seperti sedang berada di taman kota di luar studio, lalu diajak atau dipandu untuk masuk ke dalam studio Abbey Road. Pengunjung seperti sedang berjalan melewati zebra cross Abbey Road Street yang legendaris yang pernah dilewati oleh John Lennon, Paul McCartney, Ringgo Star, dan George Horisson. Pengunjung seperti berpapasan langsung dengan Lennon dkk. Kemudian, sebelum memasuki pintu Abbey Road Studio’s, pengunjung seperti disambut oleh Liam Gallagher dari Oasis.

Setelah masuk ke dalam studio, suasananya kita seperti benar-benar sedang berada di dalam Abbey Road Studio’s yang penuh dengan sound musik dari lagu-lagu yang pernah direkam di sini. Pengunjung terlihat seolah-olah seperti berjalan menjelajahi setiap sudut ruangan studio Abbey Road yang dipandu oleh produser dan engineernya. Karena, desain visual yang digunakan itu menggunakan 150 gambar foto 360 derajat yang berbeda-beda. Pengunjung juga dapat mencoba memainkan alat yang ada di sana, seperti J374-track recorder yang pernah digunakan untuk merekam lagu Sgt.Pepper’s Lonely Hearts Club Band.

Frans Hals Museum

 
Frans Hals Museum adalah sebuah museum karya seni yang namanya diambil dari nama karya seninya sendiri, yaitu Frans Hals Painting. Museum ini sudah berdiri sejak tahun 1862 di Haarlem, Belanda. Frans Hals Museum menyimpan berbagai koleksi lukisan tradisional yang hebat yang berasal dari pengunjung abad ke-18.

Website museum Frans Hals dinobatkan sebagai Site of The Year (2018) dari Awwwards. Penghargaan yang diperolehnya ini, karena museum Frans Hals berhasil mendesain website menjadi lebih menarik yang membuat pengunjung betah dan nyaman di “museum’. Desain websitenya itu adalah kolaborasi sempurna antara desain digital dengan galeri seni lukisan tradisional dan kontemporer yang masterpiece. Pengaruh sentuhan digital yang modern pada galeri lukisan dapat memudahkan pengunjung dalam memahami setiap lukisan yang dilihatnya di Frans Hals museum.

Frans Hals Museum telah mempromosikan akun resmi Instagram-nya di beranda website-nya. Maka, hal ini adalah sebuah langkah yang brilliant bagi sebuah museum yang ingin menambah jumlah pengunjungnya di era digital saat ini.

Koox

 
KOOX adalah salah satu website yang mempunyai desain web terbaik dan mendapatkan nominasi sebagai Site of the Year dari Awwwards pada tahun 2018. Website ini didesain sangat excelent, memiliki desain visual food & drink yang menarik, dan user interface yang baik. Selain itu, website KOOX juga dilengkapi dengan sistem navigasi yang hebat, sehingga pengunjung mudah menemukan menu yang dicari dan bisa langsung memesannya. Pada beranda website, terdapat foto-foto suasana kafe KOOX yang dihiasi oleh berbagai furniture art alami yang memiliki tampilan indah karya seniman yang dapat membuat pengunjung nyaman selama berada di dalam website. Hal ini berarti website memiliki good UX.

KOOX ini adalah sebuah website resmi milik sebuah kafe yang bernama KOOX. Lokasinya terletak di pusat kota London. Website ini memang didesain untuk bisnis kuliner KOOX. KOOX merupakan jenis kafe yang menyediakan menu makanan dan minuman rumahan yang cepat saji dan tentunya sangat fresh. Karena, langsung dibuat jika order atau pesanan sudah datang.

KOOX ini juga merupakan jenis kafe yang memakai sistem take away. Artinya, pesanan Anda bisa dibungkus untuk dibawa pulang ke rumah atau di makan di tempat lain. Penggunaan sistem takeaway yang diterapkan oleh Koox ini, mungkin pemilik Koox terinspirasi setelah melihat kondisi lingkungan sekitar di pusat London yang sebagian besar warganya itu super sibuk. Mereka lebih memilih untuk makan di kantor atau di rumah saja daripada makan berlama-lama di kafe.  Kafe KOOX adalah kafe yang dirintis bersama oleh Chef, Barista kopi, dan Pengrajin seni yang ada di London.

Rainforest Guardians

 
Rainforest Guardians menjadi salah satu website nonprofit terbaik di tahun 2016. Website ini didesain untuk membangun kesadaran seputar masalah deforestasi yang sering terjadi di hutan hujan tropis Amazon. Website ini menggunakan desain visual animasi yang membuat pengunjung website senang, karena seperti sedang “mengunjungi” berbagai desa, penduduk asli setempat, dan sungai di pedalaman Hutan Hujan Tropis Amazon. Website ini dirancang untuk mengajak orang-orang kembali ke alam dan bersedia menjadi seorang volunteer untuk melindungi hutan.

Artikel Terkait  Jasa Pembuatan Website Company Profile

Kesimpulan

 
Sekarang Anda telah menyimak 15 contoh desain website terbaik dan paling menginspirasi. Pastinya Anda sudah menemukan inspirasi yang pas untuk desain website Anda sendiri. Nah, di bawah ini adalah beberapa poin penting yang harus diperhatikan yang bisa jadi panduan untuk membuat desain website sendiri.

  1. Buatlah website dengan desain yang interaktif, seperti desain website Film 1917.
  2. Buatlah website yang fokus pada good UX dan UI. Maksudnya, website anda bisa diakses dengan baik untuk segala jenis perangkat users :
  • (Good UX) Tampilan dan desain website harus bisa adaptif, interaktif, kecepatan loading yang stabil, serta sistem navigasi yang baik. Karena, sekarang ini lebih banyak pengguna internet yang berselancar secara mobile menggunakan layar gadget, seperti Tablet dan Hp Smartphone.
  • (Good UI) Menyediakan Call to Actions yang jelas, seperti Try Free Demo, Buy Now, dan Sign Up Now.
  1. Buatlah desain website yang menceritakan tentang brand atau perusahaan anda sendiri dengan menggunakan kualitas foto, text, atau video yang baik dan menarik.
  2. Jika, anda belum bisa mendesain website yang interaktif. Maka, anda bisa menampilkan gambar, ilustrasi seni, atau foto yang memiliki kualitas grafis yang baik.

Demikianlah, pembahasan pada artikel ini. Semoga bisa bermanfaat.

Tags: