Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
Halaman Website Adalah? Pengertian, Jenis dan Manfaatnya
Halaman website adalah sebuah halaman yang berisi dokumen atau informasi yang dapat diakses melalui peramban web.
21779
post-template-default,single,single-post,postid-21779,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
website-1

Halaman Website Adalah? Pengertian, Jenis dan Manfaatnya

Banyak orang membuka website dalam mencari suatu informasi atau konten. Kebanyakan dari kita mungkin hanya mengenal website dan tidak mengenal istilah halaman website ketika membuka suatu website.  Bahkan, mereka menganggap website dan halaman website itu sama saja dan tidak ada perbedaan sama sekali. Padahal, keduanya tidak bisa dikatakan sama saja. Untuk lebih memahami tentang halaman website dan membedakannya dengan website, kita dapat membaca tulisan berikut.

Pengertian Halaman Website

 
website-2

Halaman website adalah halaman yang berisi dokumen atau informasi yang dapat diakses melalui peramban web. Halaman tersebut dapat dimunculkan di layar monitor atau telepon pintar. Dokumen-dokumen di halaman suatu website ditulis dalam HTML (bahasa marka hypertext) atau XHTML dan diterjemahkan oleh browser website kita. Halaman suatu website diakses dengan memasukkan alamat URL dan dapat berisi teks, grafik, dan hyperlink ke halaman dan file web lainnya. Informasi di halaman suatu website juga dapat mengarahkan ke halaman lainnya melalui tautan hiperteks.

Halaman suatu website bisa statis ataupun dinamis. Halaman statis menampilkan konten yang sama setiap kali dilihat. Halaman dinamis memiliki konten yang dapat berubah setiap kali diakses. Halaman-halaman ini biasanya ditulis dalam bahasa scripting, seperti PHP, Perl, ASP, atau JSP. Skrip di halaman menjalankan fungsi di server yang mengembalikan hal-hal seperti tanggal dan waktu serta informasi basis data. Semua informasi dikembalikan sebagai kode HTML, jadi ketika halaman sampai ke browser kita, yang harus dilakukan browser adalah menerjemahkan HTML.

Artikel Terkait  Web Perusahaan | Jualan Online Melalui Website

Apa Perbedaan antara Website dan Halaman Website?

 
website

Harap dicatat bahwa halaman website tidak sama dengan website. Website adalah kumpulan halaman. Halaman website adalah dokumen HTML individual. Ini adalah perbedaan yang perlu untuk diketahui karena sebagian besar teknisi memiliki sedikit toleransi untuk orang yang mencampuradukkan kedua istilah tersebut.

Cara Membuka

 
Cara membuka halaman di website mungkin sudah banyak orang yang tahu, tetapi tidak ada salahnya jika kita mengulasnya. Untuk melihatnya, kita membutuhkan browser, seperti Internet Explorer, Edge, Safari, Firefox, atau Chrome. Misalnya, kita membaca halaman suatu website menggunakan browser firefox. Setelah berada di browser, kita dapat membuka halaman tersebut dengan memasukkan URL di bilah alamat. Jika kita tidak tahu URL website yang ingin kita kunjungi dalam mencari sesuatu, kita dapat menggunakan mesin pencari untuk menemukannya.

Elemen di Halaman Suatu Website

 
Ketika kita tidak mengetahui website apa yang akan dikunjungi, pencarian memungkinkan pengunjung mencari website untuk informasi terkait dan harus tersedia di setiap halaman.

Ada sejumlah elemen di halaman suatu website yang mungkin kita temui ketika mengunjunginya, yang mana tergantung kepada websitenya juga, di antaranya sebagai berikut.

  • Nama website, nama blog, logo, atau nama perusahaan sering di sudut kiri atas setiap halaman suatu website. Hal tersebut merupakan ide bagus untuk memasukkan slogan atau pernyataan singkat tentang halaman sehingga dapat memberi pemahaman kepada pengunjung baru tentang website yang sedang mereka kunjungi. Bagian halaman ini biasanya merupakan tautan yang dapat menghubungkan kita kembali ke beranda.
  • Bilah navigasi atau menu untuk halaman suatu website sering ditemukan di sisi atas atau kiri setiap halaman suatu website. Ini harus mencakup tautan ke setiap bagian utama website.
  • Spanduk iklan dapat ditampilkan di berbagai tempat di halaman suatu website dan digunakan untuk membantu membayar biaya menjalankan website dan perusahaan. Spanduk iklan sering ditemukan di bagian atas, kiri, kanan, atau bawah halaman dan mungkin juga dimasukkan dalam konten.
  • Tautan berbagi sosial memungkinkan pengunjung untuk membagikan website kepada rekan kerja, teman, dan keluarga lainnya di website jejaring sosial.
  • Judul yang dimasukkan di bagian atas setiap halaman suatu website dan dibuat menggunakan tag HTML <h1>.
  • Paragraf pembuka adalah salah satu paragraf paling penting di halaman suatu website dan membantu menarik pengunjung untuk membaca halaman tersebut.
  • Setiap halaman suatu website dipecah menjadi judul lain yang memungkinkan pengunjung untuk dengan mudah membaca sekilas dan menemukan apa yang paling menarik di halaman tersebut. Saat membuat halaman tersebut, kita dapat melakukannya dengan menggunakan tag HTML <h2> ke <h6>.
  • Memiliki metode yang memungkinkan pengunjung memberikan umpan balik juga merupakan persyaratan untuk sebagian besar halaman suatu website. Memberi tautan atau tombol kepada pengunjung untuk mengeklik umpan balik adalah langkah yang baik untuk memberi tahu kita jika halaman tersebut bermanfaat atau tidak.
  • Informasi tambahan dan alat-alat seperti tombol untuk mencetak halaman juga dapat bermanfaat bagi pengguna di sebagian besar halaman suatu website.
  • Footer harus menyertakan informasi lain yang penting bagi perusahaan atau website dan harus disertakan di semua halaman suatu website untuk membantu pengunjung melanjutkan ke halaman yang lain.
  • Hak Cipta dan pemberitahuan hukum atau privasi juga harus ada di semua halaman suatu website. Tidak hanya tautan ini ke informasi hukum yang relevan, tetapi juga merupakan indikasi bagi sebagian besar pengunjung bahwa mereka telah mencapai akhir halaman tersebut.
  • Terakhir, tombol atau tautan “kembali ke atas” di bagian bawah halaman juga membantu pengunjung untuk kembali ke tautan menu atau alat lain.
Artikel Terkait  Pengertian Control Panel Hosting dan Fungsinya

 

Jenis-Jenis Halaman Website

 
desain

Ada berbagai jenis halaman website, di antaranya sebagai berikut.

Halaman Komersial atau Bisnis

 
Yang dimaksud dengan halaman website komersial adalah segala jenis halaman suatu website yang mewakili bisnis ataupun yang secara langsung menjual produk atau layanan. Bahkan bisnis lokal kecil memerlukan kehadiran online yang sederhana (lihat ‘Brosur’ di bawah) untuk dianggap serius di dunia yang berpikiran digital saat ini. Kehadiran website dapat mempermudah dalam mempromosikan suatu bisnis dan menemukan pelanggan baru.

Halaman Website Berita

 
Yang dimaksud dengan halaman website berita adalah laman yang bertujuan untuk menyediakan informasi tepat waktu tentang peristiwa dan masalah terkini. Halaman ini memberikan berita terbaru dalam hiburan, cuaca, dan olahraga. Mereka menawarkan berita terbaru, berita terbaru tentang negara / dunia dan berita global secara keseluruhan.

Halaman Website Organisasi

 
Halaman suatu website organisasi adalah halaman yang menyediakan informasi tentang suatu organisasi, misalnya struktur, aktivitas, dan berita organisasi.

Halaman Website Pribadi

 
Kita mungkin pernah mendengar ungkapan brand merek pribadi “berseliweran” dan memiliki website dapat menjadi bagian penting dari ini. Kita tidak perlu menjadi kreatif atau menjadi blogger untuk mendapat manfaat dari memiliki website pribadi, bahkan tidak perlu mengeluarkan uang untuk menghasilkan uang.

Halaman Website Hiburan

 
Halaman suatu website hiburan adalah halaman yang berorientasi kepada hiburan, seperti film, video, dan lagu.

Halaman Website Blog

 
Blog adalah website yang diperbarui secara berkala, dijalankan oleh satu orang atau grup kecil, dan biasanya ditulis dengan gaya santai. Blog pun dapat berguna jika kita memiliki website pribadi, yang mana dapat menjadi fitur tambahan yang berguna untuk menambah minat dan otoritas ke website pribadi kita.

Artikel Terkait  Captcha Artinya? Pengertian dan Fungsinya untuk Website

Apa Manfaat Halaman Website? Apa yang dapat Kita Lakukan Melalui Halaman Tersebut?

 

  • Pada sebagian besar website, kita membaca informasi yang terkandung di halaman, dan jika ada hyperlink yang menarik, kita mengikuti tautan itu untuk menemukan informasi lebih lanjut atau melakukan tugas. Kita juga dapat mendengarkan musik, menonton video, berbelanja, berkomunikasi, dan banyak lagi di banyak website. Hal tersebut tergantung kepada konten yang tersedia di website masing-masing.

Berbagai Kriteria dalam Menarik Pengunjung di Halaman Website Milik Kita Sendiri

 
Jika kita ingin merancang halaman di website milik kita sendiri, pengetahuan tentang hal ini mungkin dibutuhkan, seperti berbagai kriteria dalam menarik pengunjung di halaman suatu website, di antaranya:

  • Menangkap perhatian pengunjung.
  • Mengatasi kebutuhan, keinginan, dan persyaratan mereka.
  • Menjawab pertanyaan penting/relevan.
  • Membujuk mereka untuk menginginkan solusi yang diberikan
  • Mengarahkan mereka untuk mengambil tindakan tertentu.

Akan tetapi, perlu diingat, tidak semua halaman dibuat sama. Setiap halaman di website akan:

  • Punya tujuan unik.
  • Menarik audiens yang berbeda,
  • Arahkan pengunjung ke berbagai sasaran.

Adalah tugas profesional SEO untuk menentukan halaman mana yang menampilkan nilai terbanyak (peluang terbesar) pada waktu tertentu dalam kampanye pemasaran digital.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: