Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya
Looping adalah pengulangan sesuatu atau serangkaian yang biasanya digunakan untuk mengulang kode yang sama berkali - kali, dalam jumlah yang beragam sesuai dengan jumlah yang diinginkan. Looping sendiri memiliki beberapa jenis alogritma. Berikut kami sampaikan!
22847
post-template-default,single,single-post,postid-22847,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
looping-adalah

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur program anda. Pernahkah anda membayangkan jika anda harus mengulang sebuah statement ‘Hello World’ sebanyak seribu kali secara manual? Untungnya, jika anda menggunakan bahasa pemrograman C, anda dapat mempermudah proses ini dengan menggunakan looping

Dalam dunia programming, Looping adalah sebuah urutan perintah yang secara menerus diulang hingga suatu kondisi tercapai. Kondisi yang dimaksud disini dapat dalam bentuk yang berbeda-beda seperti; mendapatkan data dan merubah data, dan apakah sebuah nilai sudah mencapai jumlah yang ditentukan.

Artikel Terkait  Google AMP Adalah : Solusi untuk Meningkatkan SEO Situs

Jenis-Jenis Looping Adalah Sebagai Berikut

 

jenis-looping 

Terdapat dua jenis loop yang dibedakan menurut kendali pernyataan dari sebuah program:

  1. Entry controlled loop
  2. Exit controlled loop

Dalam sebuah entry controlled loop, sebuah kondisi dieksekusi sebelum sebuah badan dari loop. Hal ini juga disebut sebagai  pre-checking loop. Sedangkan dalam exit controlled loop, sebuah kondisi diperiksa setelah mengeksekusi badan dari loop – atau yang biasanya disebut post-checking loop.

Setelah mengetahui pengertian looping, ada baiknya anda untuk mengetahui jenis-jenis looping dan apa perbedaan dari tiap-tiap looping tersebut yang akan kita bahas pada bagian berikut:

While Loop

 
While loop adalah loop yang paling mudah untuk digunakan. Contoh dari loop ini adalah

while (condition) {

statements;

}

merupakan loop jenis entry-controlled dimana loop ini dievaluasi atau diperiksa sebelum diproses dari badan dari sebuah loop. Loop ini hanya akan dieksekusi jika kondisi benar dari loop tersebut dan hanya badan dari sebuah loop yang dieksekusi. Loop ini akan memberikan kendali kembali setelah badan dari loop dieksekusi yang akan memeriksa jika kondisi benar. Proses ini akan dieksekusi hingga kondisinya menjadi salah dan kendali akan keluar dari loop.

Algoritma while loop

 

algoritma-while-loop 

Dalam while loop, jika kondisi tidak benar, makan badan dari loop tidak akan dieksekusi sama sekali.

Do While Loop

 

Artikel Terkait  Workstations Adalah? Pengertian, Fungsi & Contohnya

Merupakan algoritma looping yang menyerupai while loop yang memiliki perbedaan pada cara eksekusinya – yaitu kondisinya yang selalu dieksekusi setelah badan dari loop, atau yang dikenal dengan exit-controlled app.

Contoh format dari loop ini:

 

do {

statements

} while (expression);

Dalam beberapa situasi, kita harus mengeksekusi badan dari loop paling tidak sekali bahkan ketika kondisinya salah. Tetapi pada do while loop, badan dari loop hanya akan dieksekusi jika situasi benar. Operasi seperti ini hanya dapat dicapai dengan menggunakan loop ini.

Do while loop memungkinkan untuk badan dari sebuah loop dieksekusi paling tidak sekali dan setelah body dieksekusi maka loop akan memeriksa kondisinya. Jika kondisi benar maka loop akan mengeksekusi badan dari loop. Jika tidak, makan kendali akan dikembalikan keluar dari loop.

Perbedaan yang paling signifikan antara while dan do while loop adalah pada cara penulisan while. Pada while  loop, while dituliskan di awal dari badan loop. Sedangkan dalam do while loop, kondisi while dituliskan di akhir dan berakhiran titik koma (;)

Algoritma Do While Loop

 

do-while-loop 

For loop

 
For loop merupakan struktur loop yang lebih efisien dalam bahasa pemrograman C. Struktur umum untuk loop ini:

for (initial value; condition; incrementation or decrementation )

{

statements;

}

Berbeda dari pernyataan loop yang lain, for loop memiliki counter loop yang tegas atau variabel loop yang memungkinkan badan dari sebuah loop untuk mengetahui iterasi pasti dari tiap sequence.

Artikel Terkait  Apa Itu Node.js? Memahami Penggunaan dan Keunggulan Node.js

Algoritma for loop

 

for-loop 

Untuk pemilihan loop mana yang digunakan, pilihan tersebut jatuh pada preferensi tiap programmer dan dapat berdasarkan tiap masalah yang ingin diselesaikan. Berikut beberapa situasi penggunaan dari masing-masing loop.

  • While loop: normalnya digunakan untuk mengulang kode tertentu sebanyak waktu yang tidak diketahui, hingga suatu kondisi terpenuhi. Contoh: jika kita ingin menanyakan pada pengguna untuk angka antara 1 dan 10. Kita tidak mengetahui seberapa banyak pengguna akan memasukkan angka yang lebih besar dari 10, sehingga kita akan tetap menanyakan ‘Selagi angkanya tidak di antara 1 dan 10’
  • Do while loop: merupakan control flow statement yang mengeksekusi kode paling tidak sekali dan kemudian secara berulang menjalankan kodenya atau tergantung pada kondisi Boolean nya untuk menjalankan kodenya diakhir
  • For loop: merupakan statement control flow untuk iterasi khusus, yang memungkinkan kode untuk dijalankan berulang. Loop ini baik digunakan jika kita mengetahui seberapa banyak kita akan menjalankan bagian dari kode tersebut.

Sejauh ini kita telah mengetahui bahwa looping adalah sebuah urutan perintah yang secara menerus diulang hingga suatu kondisi tercapai. Pengertian dari loop sendiri adalah suatu kondisi yang dapat membantu developer mengerjakan program yang dapat membantu mengambil suatu data, menggantinya dan memeriksa apakah suatu kondisi sudah tercapai atau belum. Namun dalam penerapannya, loop dalam pemrograman memiliki beberapa kelemahan-kelemahan tertentu. Kelemahan-kelemahan tersebut berwujud risk & error yang dibagi menjadi dua kategori umum; masalah dengan kendali loop dan masalah dengan tindakan loop.

For loop

 
Masalah yang paling sering ditemukan adalah masalah peletakan titik koma (;) di akhir dari statement loop dari kode sumber. Dikarenakan kurung kurawal dapat digunakan untuk mengelompokkan statement, kode hanya akan dijalankan sekali. Ketimbang menjalankan tiap angka dari 0 hingga 9, kode yang dijalankan hanya akan mencetak angka 10.

  • int i;
  • for ( i = 0; i < 10; i++ ); {
  •  printf(‘%d\n’, i);
  • }

Salah satu masalah yang sering ditemukan dalam penggunaan for loop adalah penggunaan conditional expression yang salah, dimana for loop akan terus berjalan dikarenakan kondisinya ditanyakan benar.

While loop

 
Atau yang juga dikenal dengan loop pre-test. Badan dari while loop hanya akan berfungsi jika nilai kondisi yang ditetapkan benar. Dalam struktur tertentu,hal ini dapat menjadi sesuatu yang menguntungkan. Untuk mencapai hal ini kode dalam loop harus dijalankan pertama.

  • Penaruhan titik koma yang salah dapat membuat masalah dalam while loop. Meskipun terlihat benar, kode dibawah merupakan loop yang tidak terbatas / infinite loop
  • int i;

while (i < 10); {

printf(‘%d\n’, i);

i++;

 

  • Jika anda lupa meng inisialisasi conditional value anda, maka loop tidak akan jalan dikarenakan tidak ada jaminan bahwa nilai awal dari variabel tidak ditetapkan.
  • int i;

while (i <= 10) {

printf(‘%d\n’, i);

i++;

}

Kesimpulan

 

Artikel Terkait  Jasa Pembuatan Website Pribadi | Murah dan Profesional

Dalam dunia pemrograman looping adalah  sebuah urutan perintah yang secara menerus diulang hingga suatu kondisi tercapai. Looping sendiri secara langsung membantu developer dalam mengembangkan suatu kondisi dimana suatu proses diinisiasi dengan diperlukannya pengukuran dari suatu kondisi.

Terdapat 3 kondisi loop yang biasanya digunakan dan umum diketahui oleh developer yaitu: while loop, do while loop, dan for loop dengan fungsi, kelebihan dan kekurangan dari tiap-tiap loop. Penggunaan dari masing-masing loop sendiri dapat disesuaikan dengan tiap masalah yang ingin developer pecahkan.

looping adalah sebuah kondisi yang diciptakan dan memiliki fungsi yang harapannya dapat membantu developer dalam memecahkan kondisi validasi tindakan dari sebuah algoritma.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: