Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
Mengenal SMTP dan Cara Konfigurasinya
SMTP adalah protokol yang hanya mengatur email keluar dari mail client ke email server yang menerima Lalu bagaimana cara mensettingnya? Simak selengkapnya!
22690
post-template-default,single,single-post,postid-22690,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
smtp-adalah

Mengenal SMTP dan Cara Konfigurasinya

Email telah menjadi bagian penting dalam komunikasi masyarakat saat ini. Hampir semua elemen masyarakat kini telah menggunakan dan merasakan manfaat dari teknologi komunikasi ini. Email mempersingkat komunikasi jarak jauh dan memungkinkan adanya pertukaran informasi dengan cepat. Selain itu, email juga merupakan sarana komunikasi yang bebas biaya dan dapat diakses dimana saja selama Anda terhubung dengan internet.

Dimulai pada proyek ARPANET pada tahun 1971, fungsi email telah berubah dari alat komunikasi jarak jauh, hingga menjadi kunci untuk akses ke berbagai aplikasi smartphone Anda.

Secara umum, cara kerja email mencakup dikirimnya email ke server email keluar (SMTP), pengecekan alamat email oleh DNS dan jika alamat ditemukan, email akan dikirimkan ke penerima setelah MTA menentukan apakah penerima menggunakan client yang bekerja menggunakan POP atau IMAP.

Artikel Terkait  Jasa Pembuatan Website Investasi Profesional & Berkualitas

Berikut pengertian untuk POP dan IMAP :

  • POP: Singkatan dari Post Office Protocol. Dengan protokol ini, email server akan berusaha untuk menyimpan email di local device seperti komputer dan laptop. Contoh: Microsoft Outlook.
  • IMAP: Singkatan dari Internet Message Access Protocol. Dengan IMAP, pesan tidak tersimpan di local device melainkan tersimpan di server.

 

SMTP, IMAP dan POP3 untuk Komunikasi Email

 

smtp-untuk-komunikasi 

Mengingat bahwa SMTP adalah protokol yang hanya mengatur email keluar dari mail client ke email server yang menerima. Sedangkan, jika Anda ingin melakukan proses pengiriman email dengan benar, diperlukan protokol email lain yang bertugas untuk mengatur dan pesan dari server penerima.Disinilah peranan IMAP dan POP3, yaitu untuk protokol yang berperan untuk menerima pesan.

Jika digambarkan secara umum, proses pengiriman dan penerimaan akan terdeskripsikan seperti berikut:

  1. Setelah membuat email dan menekan tombol ‘kirim’, klien email Anda (Gmail Outlook atau Thunderbird) akan menggunakan protokol SMTP untuk mengirim pesan dari email client ke email server.
  2. Kemudian, email server akan menggunakan SMTP untuk mengirim pesan ke email server penerima.
  3. Setelah tanda terima berhasil dari pengiriman SMTP (diindikasi oleh kode 250) client email penerima akan mengambil pesan yang diterima menggunakan IMAP/POP3 dan menaruhnya di kotak masuk dari penerima untuk di akses.

Keseluruhan proses pengiriman email, selalu dimulai oleh protokol SMTP. SMTP adalah kepanjangan dari Simple Mail Transfer Protocol atau yang jika ingin diingat dengan mudah merupakan tukang pos dalam komputer kita. Pengertian teknis dari SMTP adalah bagian dari protokol TCP/IP yang menggunakan proses ‘store and forward’ SMTP memindahkan email Anda lintas jaringan. Fungsi dari SMTP sendiri adalah untuk merinci dan mengarahkan bagaimana email Anda berpindah dari MTA komputer ke MTA yang berada di komputer lain atau bahkan MTA pada beberapa komputer.

Simple Mail Transfer Protocol atau SMTP adalah bagian dari protokol TCP dimana, tiap aplikasi network masing-masing memiliki port number yang telah ditetapkan. Port sendiri merupakan sejenis titik docking elektronik, software atau programming dimana informasi bergerak dari komputer Anda atau menuju komputer Anda dari Internet atau komputer lain yang masih dalam satu jaringan dengan Anda.

Port yang Digunakan dalam SMTP

 

port-smtp 

Dalam operasinya, SMTP juga menggunakan port untuk mengirimkan email atau informasi ke komputer lain. Terdapat beberapa opsi untuk port SMTP, port SMTP tersebut adalah port 25, 587 dan 2525 dengan detail yang akan kita bahas di bawah.

Artikel Terkait  Propagasi DNS | Pengertian & Cara Mempercepat Prosesnya

Port 25

 
Port 25 merupakan port tertua yang ada. Didirikan pada tahun 1982 hingga kini, Port 25 digunakan sebagai port standar untuk mengkomunikasikan email di internet menggunakan SMTP. Seiring dengan banyaknya ISP dan penyedia hosting yang memblok penggunaan port 25 untuk memotong banyaknya email yang tidak diinginkan yang dikirim dari network ini membuat port 25 mulai ditinggalkan.

Port 587

 
Port 587 adalah port SMTP yang dibuat berdasar konsep untuk membag pengumpulani pesan tradisional dan penyampaian pesan. Port 587 ditugaskan untuk pengiriman pesan untuk memastikan keamanan dan aturan baru tidak mengganggu traffic penyampaian tradisional disamping port penyampaian 25.

Anda harus menggunakan port 587 sebagai port standar SMTP Anda dikarenakan hampir semua server mendukung penggunaan port ini. Faktanya, port 587 direkomendasikan untuk pengumpulan email ketimbang port 25. Tetapi, mesti direkomendasikan Anda perlu memeriksa dengan administrator atau jasa penyedia hosting Anda jika port 587.

Port 2525

 
Hampir semua ESP mendukung penggunaan port 2525 meskipun port ini bukan merupakan port SMTP resmi dan tidak disahkan oleh IETF atau IANA. Anda dapat menggunakan port 2525 ini sebagai alternatif jika semua port yang disebutkan diatas terblokir. Dikarenakan port 2525 bukan merupakan non-tradisional port dengan nomor tinggi, port ini didukung oleh ISP konsumen, dan penyedia jasa hosting berbasis cloud serta didukungnya fitur enkripsi TLS.

Setelah memahami pengertian SMTP, berikutnya, kita akan membahas cara men setting gmail SMTP Anda. Apa itu SMTP gmail? SMTP gmail merupakan layanan SMTP gratis bagi pengguna yang telah memiliki akun Gmail. Setelah Anda memiliki website Anda sendiri, idealnya Anda ingin dapat mengirim email dengan nama domain Anda sendiri dalam rangka menjaga kesadaran merek terhadap brand Anda. Layanan ini dapat digunakan untuk mengirim email personal, atau bahkan dengan website Anda jika Anda mengirim email seperti form kontak, newsletter blast atau notifikasi. Karena merupakan layanan gratis dari Google, jumlah email yang dapat dikirim pun dibatasi menjadi 100 email dalam 24 jam atau 3000 email dalam sebulan. Tergantung dari kebutuhan bisnis dan skala bisnis Anda, angka diatas dapat menjadi pilihan yang tepat.

Cara Mensetting SMTP Gmail

 
Outgoing Mail (SMTP) Server: smtp.gmail.com.

Use Authentication: Yes.

User Secure Connection: Yes (TTL atau SSL tergantung dari client email Anda/plugin SMTP).

Username: akun Gmail yang Anda gunakan (emailanda@gmail.com).

Password: password akun Gmail yang Anda gunakan.

Port (TLS): 587 atau Port (SSL): 465.

Pengaturan SMTP hanya diperlukan jika Anda menggunakan email client seperti Microsoft Outlook atau Mail di OS.

Artikel Terkait  Cache Adalah ? | Cara Menghapus Chace Memory

Kesimpulan

 
Simple Mail Transfer Protocol atau SMTP adalah protokol yang merinci dan mengarahkan bagaimana email Anda berpindah dari MTA komputer Anda ke MTA komputer lain. Fungsi SMTP sendiri terbatas hanya untuk mengirim email dari client email ke email server dan perlu adanya protokol untuk menerima email seperti IMAp dan POP3. Dalam operasinya, SMTP memiliki beberapa port yang merupakan titik docking elektronik untuk mengirimkan email atau informasi ke komputer lain. Port tersebut adalah port 25, port 587 dan port 2525 dengan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki tiap port. Jika Anda mempunyai website sendiri dan ingin mengirimkan email dengan tipe tertentu dan jumlah yang terbatas kepada pengguna website Anda, Anda dapat menggunakan SMTP gmail – sebuah layanan gratis dari Google yang memungkinkan pengguna untuk melakukan fitur-fitur yang disebutkan diatas. Cara men setting SMTP gmail dapat dilakukan dalam 1 langkah mudah. Berkat kemajuan teknologi, komunikasi jarak jauh dapat kita lakukan dengan efisien dan yang terpenting, hanya dengan beberapa langkah mudah.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: