Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
Workstations Adalah? Pengertian, Fungsi & Contohnya
Workstations adalah sebuah komputer yang memanfaatkan jaringan sebagai media penghubung komputer satu dengan komputer lain dalam melakukan sharing data, penggunaan printer dll.
21696
post-template-default,single,single-post,postid-21696,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive

Workstations Adalah? Pengertian, Fungsi & Contohnya

COMPUTER1

Workstations Adalah? Pengertian, Fungsi & Contohnya

Ketika pertama kalinya mulai mempelajari tentang ilmu teknologi, tentu Anda sudah mengenal tentang komputer. Yang mana, ada banyak sekali jenis-jenis komputer yang sudah berkembang hingga saat ini.

Pada umumnya, setiap jenis komputer dibedakan berdasarkan definisi dan fungsi serta kegunaannya masing-masing. Selain itu, terdapat beberapa jenis komputer yang dibedakan berdasarkan perannya dalam sebuah komputer.

Setidaknya, terdapat 4 jenis komputer secara umum. Yang mana salah satunya adalah workstation. Workstation adalah sebuah komputer yang memanfaatkan jaringan sebagai media penghubung komputer satu dengan komputer lain dalam melakukan sharing data, penggunaan printer dll.

Untuk informasi lebih detail mengenai workstation, mulai dari pengertian, fungsi dan contohnya. Semuanya akan kami kupas secara tuntas dalam sajian informasi tayangan artikel kali ini, agar Anda tidak merasa asing lagi dengan jenis komputer yang satu ini.

Workstation Adalah | Pengertian Workstation

 
COMPUTER

Nama ‘Workstation’ berasal dari Bahasa Inggris. Apabila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, maka artinya adalah ‘stasiun kerja’.

Yang mana, stasiun kerja tersebut mengacu pada jenis komputer khusus, yakni komputer yang memiliki kapasitas tinggi dan berharga mahal. Biasanya, komputer jenis ini digunakan untuk melakukan proses perhitungan ilmiah.

Sementara definisi dari Workstation adalah perangkat komputer yang memanfaatkan jaringan untuk menghubungkannya dengan komputer server. Workstation tidak dapat mengerjakan tugas pemrosesan, apabila tugas tersebut telah dilakukan oleh server, sehingga beban dan lalu lintas network terpusat pada server. Jadi dalam kondisi ini, peran dari workstation lebih sering disebut sebagai komputer client.

Sebuah perangkat komputer Workstation minimal harus memiliki kabel untuk menghubungkannya ke jaringan, aplikasi jaringan (Software jaringan) dan kartu jaringan (NIC). Sebab, sebuah Workstation biasanya tidak begitu memerlukan pemakaian hardisk, karena data-data dan informasi yang ada akan disimpan ke dalam server.

Pemanfaatan jaringan tersebut bisa berupa beberapa hal, seperti sharing printer, sharing data dan lain sebagainya. Jika terjadi kerusakan pada komputer Workstation, maka komputer tersebut tidak dapat berkomunikasi dengan komputer server maupun komputer lain dalam jaringan tersebut.

Pada umumnya, tugas-tugas Workstation memang diperuntukan dalam kebutuhan spesifik, seperti berikut ini.

Artikel Terkait  jQuery Adalah? Pengertian, Fungsi dan Contohnya
    Membuat desain grafis

 

    Melakukan pengelolaan grafis

 

    Melakukan proses manajemen data

 
Hingga dapat digunakan untuk kepentingan militer, seperti : pendeteksi objek pada radar dan pelacakan gps.

Dari sini, tentu Anda sudah bisa memahami tentang komputer Workstation. Namun selanjutnya, kami pun akan mengajak Anda untuk mengetahui informasi lebih detail tentang komputer Workstation, dari segi fungsi dan juga penggunaannya.

Apa Itu Workstation?

 
images212

Penggunaan komputer bukan hanya terpaku pada sebuah tugas spesifik besar saja, seperti penggunaan satelit dan militer. Namun, penggunaan Workstation bisa dilakukan untuk melakukan tugas-tugas spesifik secara sederhana.

Tugas sederhana Workstation contohnya seperti, pekerjaan seorang desainer 3D yang sedang membuat sebuah film kartun 3D. Dalam menjalankan pekerjaan tersebut, dia menggunakan komputer yang memiliki spesifikasi tinggi yang sudah didukung oleh kemampuan 3D dan memiliki software – software pendukung untuk membuat animasi 3D.

Nah, contoh tersebut merupakan gambaran bahwa penggunaan Workstation tak selalu difungsikan dalam hal-hal spesifik yang bersifat penting saja, karena Workstation juga digunakan dalam fungsi spesifik secara sederhana.

Penggunaan Workstation memiliki fungsi-fungsi yang dapat mempermudah dan mempercepat pekerjaan. Adapun fungsi Workstation adalah, sebagai berikut :

  Mempercepat Pekerjaaan Penggunanya

 
Workstation dapat membuat pekerjaan user (pengguna) menjadi lebih cepat selesai, dibandingkan jika tidak menggunakannya. Hal ini disebabkan karena komputer Workstation, mempunyai spesifikasi yang lebih unggul dibandingkan dengan jenis komputer lainnya, mulai dari performa hingga kualitas yang jauh lebih baik.

  Mempermudah Pekerjaan Penggunanya

 
Selain dapat mempercepat pekerjaan, komputer Workstation juga bisa membantu memudahkan segala pekerjaan yang dilakukan oleh user. Semisal, jika Anda menggunakan komputer Workstation untuk membuat desain 3D, maka pekerjaan tersebut menjadi lebih mudah diselesaikan dengan hasil yang maksimal.

Melihat dari kedua fungsi tersebut, yakni dapat mempermudah dan mempercepat pekerjaan. Maka itulah merupakan alasan, mengapa penggunaan komputer Workstation ini banyak diterapkan pada instansi militer, instansi pemerintah hingga perusahaan-perusahaan besar di dunia, tak terkecuali Indonesia.

Artikel Terkait  Blogspot adalah Platform Blogging yang lebih baik dihindari untuk digunakan, kenapa? Ini Alasannya!

Apa Yang Dimaksud Dengan Workstation?

 
IMAGES000

Perlu diketahui bahwa komputer Workstation berbeda dengan komputer desktop yang biasa digunakan sehari-hari. Lantas, apa perbedaannya?

Workstation adalah jenis komputer yang memiliki spesifikasi hardware dan tujuan penggunaan yang berbeda. Pasalnya, sebuah komputer Workstation dioptimalkan dengan tujuan visualisasi dan manipulasi data secara kompleks, seperti engineering simulation, animasi, 3D mechanical design, mathematical plots, rendering video dna lain sebagainya.

Yang mana, sebuah Workstation berkualitas terbaik harus memiliki syarat-syarat berikut ini.

    Harus memiliki / menggunakan RAM dengan fitur ECC

 

    Harus dilengkapi dengan Processor multicore khusus workstation ( intel Xeon / AMD Opteron )

 

    Harus dibekali dengan Kartu VGA / Grafis professional ( nVidia Quadro / Ati Firepro )

 

    Harus ditunjang dengan Sistem Operasi berbasis 64 bit

 

Artikel Terkait  Apa itu SSH? Cara Kerja SSH (Secure Shell)

Apakah jenis komputer Workstation dijual di pasaran? Tentu saja, namun harga jualnya cenderung lebih mahal dibandingkan dengan jenis komputer desktop yang umum digunakan oleh kebanyakan orang.

Sebab, sebuah komputer Workstation adalah memiliki spesifikasi dan kemampuan yang lebih unggul dibandingkan dengan jenis komputer desktop.

Salah satu contoh sebuah komputer workstation adalah Lenovo ThinkStation S20. Biasanya komputer jenis ini digunakan oleh instansi pemerintah, instansi militer hingga perusahaan-perusahaan besar di Indonesia, termasuk perusahaan ternama di dunia.

Namun, jika berkenan Anda pun bisa menggunakannya, namun Anda harus rela untuk mengeluarkan budget lebih untuk memilikinya. Pasalnya, harga jualnya masih berkisar antara puluhan hingga ratusan juta rupiah, tergantung dengan brand dan tipe yang dipilih.

Walaupun berharga mahal, namun penggunaan komputer Workstation adalah perangkat yang direkomendasikan untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan Anda, terutama orang yang memiliki proyek pekerjaan dalam jumlah banyak serta dibatasi dengan deadline singkat.

Apakah pengoperasian komputer Workstation berbeda dengan pengoperasian pada komputer desktop? Dikarenakan berasal dari jenis yang berbeda, tentu keduanya memiliki perbedaan. Kendati demikian, bagi Anda yang memang sudah terbiasa dalam mengoperasikan komputer berbasis desktop, maka Anda memerlukan sedikit adaptasi agar mahir mengoperasikan komputer berbasis Workstation.

Dari setiap penjabaran informasi yang disampaikan di sini, tentunya Anda sudah mengerti dan bisa memahami tentang hal-hal yang berkaitan dengan komputer Workstation, mulai dari pengertian, fungsi beserta contohnya.

Dengan mengetahui hal-hal yang berkaitan tentang komputer Workstation ini, kita semua menjadi semakin menyadari, bahwasanya di zaman sekarang ini, kita begitu dimudahkan dan dimanjakan oleh keberadaan teknologi-teknologi canggih.

Oleh karena itu, sudah semestinya bagi kita untuk selalu bijak dalam menggunakan dan memanfaatkan berbagai jenis teknologi yang ada saat ini. Sebab, secanggih apapun teknologi yang ada saat ini, pasti diantaranya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: