Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
11 Manfaat Web Bagi Perusahaan di Era Globalisasi
Apa saja manfaat website bagi perusahaan di era globalisasi ini? Informasi ini akan menjawab pertanyaan Anda.
20737
post-template-default,single,single-post,postid-20737,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive

11 Manfaat Web Bagi Perusahaan di Era Globalisasi

Di era media sosial, kadang-kadang pemilik bisnis mungkin berpikir bahwa memiliki situs web tidak perlu, tetapi itu tidak sepenuhnya benar. Memang relative mudah untuk membuat profil perusahaan di media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, atau LinkedIn. Namun, sangat penting untuk memiliki sebuah “basis rumah” dari semua akun sosial di mana para pengguna dapat menghubungi Anda kembali. Selain itu VeriSign dalam surveynya menemukan bahwa 84% pelanggan yang disurvei mengatakan mereka percaya bisnis dengan situs web lebih kredibel daripada bisnis yang hanya memiliki halaman media sosial.

Dalam survey itu, ditemukan juga bahwa lebih dari 40% bisnis di tahun 2016 tidak memiliki situs web.

Kesimpulannya, hanya dengan memiliki situs web itu berarti Anda sudah selangkah lebih maju dari pesaing Anda. Situs web adalah salah satu cara lagi untuk mengarahkan lebih banyak pelanggan, pendapatan, dan nilai keseluruhan ke bisnis Anda.

Manfaat Website Bagi Perusahaan


Artikel Terkait  7 Cara Menghilangkan Malware di Laptop dengan Mudah

Berikut adalah beberapa manfaat utama memiliki situs web untuk bisnis kecil Anda, bersama dengan beberapa ide tentang cara memanfaatkannya secara maksimal:

1. Manfaat Website: Membuat Perusahaan Anda Terlihat Profesional

Company-web001

Daripada hanya menjadi “toko offline” di ujung jalan, memiliki situs web (terutama yang dibuat dengan baik) akan memberi kesan bahwa Anda serius, dan siap untuk melakukan bisnis dengan semua jenis pelanggan. Ini juga memberikan kredibilitas yang disebutkan dalam hasil survei di atas.

2. Manfaat website: Sebagai Sumber Daya Informasi

Jika bisnis Anda berada dalam industri niche, memiliki situs web adalah peluang yang sangat baik untuk membangun reputasi Anda sebagai otoritas di bidang Anda. Buat bagian blog di situs Anda dengan artikel informatif yang memanfaatkan pengalaman Anda. Pelanggan potensial yang melakukan penelusuran web tentang masalah umum yang terkait dengan industri Anda akan lebih mungkin menemukan Anda – dan setelah mereka membaca artikel blog Anda, mereka akan melihat betapa bermanfaatnya Anda bagi mereka. Menurut sebuah survei, 61% konsumen melaporkan sebuah blog memengaruhi keputusan mereka untuk melakukan pembelian. Sekalipun mereka yang membaca posting blog ini tidak langsung menjadi pelanggan, Anda telah menyebarkan nama bisnis Anda tanpa mengeluarkan uang sepeser pun untuk iklan tradisional.

Kapan pun memungkinkan, sebutkan di blog Anda tentang layanan yang Anda sediakan dan deskripsinya. Misalnya, jika Anda seorang mekanik dan blog Anda menyertakan beberapa “service mobil yang terjangkau”, siapa pun yang mencari frasa itu memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk menemukan situs web Anda.

3. Manfaat Website: Miliki Nama Perusahaan Anda Sendiri

Membuat situs dan membeli nama domain (www.businessexample.com) membantu mempertaruhkan klaim Anda pada nama bisnis Anda, dan merupakan cara cepat dan mudah untuk meningkatkan identitas merek Anda.

Anda juga bisa mendapatkan email bisnis unik yang akan menambah rasa branding juga (yourname@businessexample.com). Dalam survei VeriSign 2015, 65% pelanggan mengatakan mereka menganggap email bermerek perusahaan lebih kredibel daripada bisnis yang menggunakan akun email umum. Banyak perusahaan pembuat situs web akan memasukkan alamat email khusus sebagai bagian dari promosi mereka.

4. Manfaat Website untuk Meningkatkan Peringkat SEO

seo-3

Ketika Anda mencari online melalui mesin-mesin pencari seperti Google, Bing, atau Yahoo, Anda akan melihat daftar situs web dengan jawaban atas permintaan Anda. Ada taktik SEO (Search Engine Optimization) yang dapat Anda terapkan ke situs web perusahaan Anda untuk meningkatkan peringkatnya di mesin pencari tersebut.

Tidak memiliki situs web membuat perusahaan Anda jauh lebih sulit untuk menentukan peringkat dan mendapatkan lalu lintas gratis dan penjualan dari mesin pencari.

5. Manfaat Website Untuk Menghemat Biaya Percetakan

Katalog kertas dan brosur masih dapat membantu dalam situasi titik penjualan, tetapi bagaimana jika informasi barang berubah? Jauh lebih mudah untuk memiliki semua info yang relevan di situs web Anda, di mana akan jauh lebih murah untuk mengedit dan merevisinya. Kombinasi materi pemasaran cetak dan web kemungkinan akan menjadi cara yang paling hemat biaya ke depan.

Penghematan ini dapat berlaku untuk biaya pemasaran juga. Iklan satu halaman penuh tradisional di surat kabar regional yang lebih kecil dapat berharga sekitar $ 1000 atau lebih. Menjalankan situs web hanya dapat menelan biaya beberapa ratus dolar setahun.

Artikel Terkait  Cara Mendapatkan Penghasilan dari Internet

6. Manfaat Website Untuk Mencapai Pelanggan di Manapun Mereka Berada

Penelitian itu tampaknya sangat meyakinkan. Data-datanya menunjukkan bahwa keberadaan situs web hampir di mana-mana di seluruh dunia.

  • Menurut sebuah studi tahun 2015: sekitar 43% dari populasi seluruh planet kita ini, lebih dari 3 miliar orang, memiliki akses internet.
  • Di AS: sebuah studi dari Maret 2018 menemukan bahwa hanya 11% orang Amerika tidak menggunakan internet. Itu berarti bahwa kebanyakan orang Amerika memiliki akses internet, di semua demografi (termasuk pendapatan).

Bahkan memiliki situs web dasar saja sudah sangat membantu. Bagi banyak orang, jika mereka tidak dapat menemukannya secara online, maka hal itu sama dengan tidak ada bagi mereka.

Berada di web berarti dapat menjangkau orang-orang di tempat mereka berada. Termasuk menjangkau perangkat seperti mobile atau PC yang mereka gunakan.

  • Studi lain dari 2015 menemukan bahwa 64% orang dewasa Amerika memiliki smartphone. Sedangkan di Indonesia sendiri, selain orang dewasa, anak-anak pun sudah memiliki smartphone di tangan mereka.
  • Dalam sebuah studi tahun 2013, sekitar setengah dari pemilik ponsel cerdas menggunakan perangkat mereka untuk berbelanja online.

Sebagian besar situs web hari ini dapat secara otomatis mengubah diri mereka agar sesuai dengan smartphone dan komputer desktop. Jika sebagian besar pelanggan Anda tampaknya selalu memiliki smartphone di tangan mereka, maka itu adalah ide yang baik untuk dapat menjangkau mereka secara langsung.

7. Manfaat Website Untuk Menyampaikan Cerita Anda

website-perusahaan

Memiliki halaman web di situs Anda yang didedikasikan untuk menyampaikan informasi seperti “Sejarah Perusahaan” adalah cara untuk memanusiakan bisnis Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa “keakuan/keunikan” tentang suatu merek atau bisnis berpotensi meningkatkan pembelian.

Di sinilah bisnis kecil bisa memiliki kekuatan langsung. Anda bisa menjalankan bisnis keluarga yang dimulai oleh ibu atau ayah? Atau bahkan bisnis yang sudah ada selama beberapa dekade? Biarkan orang tahu tentang itu, dan bangun kepercayaan mereka.

Menampilkan rasa kreativitas dan kepribadian dapat menjadi keuntungan yang tidak tersedia bagi perusahaan besar yang dikelola komite.

8. Manfaat Website Sebagai Showroom 24/7/365, Untuk Semua Hal

Jika Anda memiliki bisnis yang memiliki ruang terbatas untuk produk Anda, masalah Anda dapat diselesaikan dengan adanya sebuah situs web. Anda memiliki ruang yang hampir tak terbatas untuk mendaftarkan semua produk Anda sedetail yang Anda inginkan, dan pelanggan potensial dapat membacanya setiap saat. Bekerja dengan produsen dan distributor, Anda dapat memasukkan galeri foto berkualitas tinggi untuk produk.

Showroom virtual Anda juga tidak perlu ditutup. Sebuah studi tahun 2013 menemukan bahwa pemilik perangkat seluler, terutama yang menggunakan tablet (seperti iPad), cenderung melakukan pembelian pada larut malam (mulai jam 9 malam dan seterusnya).

9. Manfaat Website untuk Meninggalkan Kesan Ekstra: Branding Tradisional + Situs Web Anda

Tempatkan alamat situs web Anda di semua materi promosi yang ada (kartu nama, brosur, dll.). Anda bisa melihat peningkatan penjualan. Sebagai contoh: bahkan jika seseorang yang mengambil sepotong literatur produk tidak berencana untuk membeli segera, Anda telah menanam benih. Ketika mereka serius melakukan pembelian, materi Anda (dengan situs web Anda) ada di sana di bawah hidung mereka.

Artikel Terkait  Cloud Server Adalah? Pengertian dan Fungsinya

Situs Anda kemungkinan di mana mereka sekarang akan memulai penelitian produk mereka dengan sungguh-sungguh. Saat Anda menggabungkan bahan promosi tradisional dengan sumber daya tambahan di situs web Anda, bisnis Anda akan lebih cenderung “melekat” di benak pelanggan.

10. Manfaat Website Untuk Membantu Anda Melatih Staf

melatih-staff

Jika Anda telah meluangkan waktu untuk membangun situs web dengan info terperinci tentang produk dan layanan, Anda sekarang memiliki sumber informasi yang tersedia untuk Anda gunakan secara internal. Anda dapat mengarahkan karyawan baru ke halaman web tertentu dan memberi mereka “pekerjaan rumah” membaca produk yang akan mereka jual.

11. Manfaat Website Untuk Menciptakan Pengembalian Bisnis Dengan Selalu Menjadi “Dapat Ditemukan”

Kartu nama dan brosur kadang-kadang bisa hilang. Yang lebih menarik lagi? Pelanggan Anda dapat melakukan bookmark dengan menggunakan fitur yang ada di browser web pelanggan. “Bookmark” ini juga dapat membantu pengguna untuk menyebarkan ke calon pengguna lainnya, rujukan pelanggan ke pelanggan.

Itu hanyalah beberapa manfaat utama dari membuat situs web untuk bisnis kecil. Perlu bantuan untuk membuat bisnis Anda online? Kami di Appkey ada di sini untuk membantu membangun situs web bisnis Anda! Kami akan selalu dengan senang hati menerima telepon Anda dan menjawab berbagai permintaan Anda sehubungan dengan pembuatan website untuk usaha kecil Anda.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami