Kami siap menjawab pertanyaan Anda. Mohon sebutkan nama dan pertanyaan Anda! Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA
APPKEY | Server Adalah ? Apa itu Server ?
Server adalah sebuah tempat penyimpanan yang berisi data atau informasi, berfungsi untuk memberikan layanan (service) kepada client yang terhubung dengannya.
20398
post-template-default,single,single-post,postid-20398,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.1,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-5.5.5,vc_responsive

Server Adalah ? Apa itu Server ?

Sudah terbiasa dalam menggunakan perangkat komputer beserta jaringannya? Lantas, apakah Anda sudah paham mengenai informasi detail mengenai server? Walaupun banyak orang yang sering berkegiatan dan bekerja menggunakan komputer, namun beberapa dari mereka bahkan tidak mengerti mengenai apa itu server?
Sekedar penjelasan singkat, server adalah media atau sebuah tempat penyimpan yang berisi tentang data maupun informasi. Yang mana, fungsinya adalah untuk memberikan layanan atau service kepada client yang terhubung terhadapnya.
Dari penjelasan singkat tersebut, apakah Anda sudah memahami tentang server? Jika belum, maka perkenankan kami untuk menjabarkan definisi atau pengertian server dengan lebih detail dan lengkap, sehingga nantinya Anda bisa mengenal server dengan lebih baik lagi.
Nah, untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti sajian informasi ini hingga tuntas. Sebab, dari hadirnya informasi ini, Anda bisa menyimpulkan makna dan arti dari server yang sebenarnya, sehingga pengetahuan Anda pun bisa semakin terupdate serta dapat semakin bertambah.

Server Adalah ? Apa itu Server ?

Artikel Terkait  Cache Adalah ? | Cara Menghapus Chace Memory

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pengertian server secara umum adalah, suatu tempat atau media yang digunakan untuk menyimpan data maupun informasi. Selain itu server juga memiliki peran sebagai pemberi layanan atau service kepada client yang terhubung dengannya.
Pendapat lain juga mengungkapkan bahwa pengertian server merupakan sebuah sistem komputer yang difungsikan untuk memberikan layanan dan juga untuk mengontrol setiap akses yang terhubung terhadap sebuah jaringan komputer.
Pada dasarnya, suatu server mendapat dukungan dari processor, RAM dan sistem operasi khusus yang biasa disebut dengan sistem operasi jaringan ((network operating system). Bukan hanya itu saja, sebuah server juga mampu menyimpan berbagai jenis informasi, dokumen dan data-data yang mampu diakses oleh klien. Dalam hal ini, klien membutuhkan sebuah server agar tetap dapat terhubung dengan jaringan, guna sebagai akses untuk meminta data, file maupun informasi yang ada pada server tersebut.

Fungsi Server Secara Umum

Setelah memahami pengertian server, selanjutnya yang perlu kita ketahui adalah fungsi server. Pada dasarnya, fungsi server adalah untuk melayani setiap permintaan dari komputer client, baik permintaan aplikasi, file, data maupun yang lainnya. Adapun fungsi server secara umum adalah sebagai berikut :

· Berfungsi untuk melayani permintaan data dari komputer klien.
· Berfungsi untuk mengatur lalu lintas data dalam suatu jaringan.
· Berfungsi sebagai penyimpanan data, informasi, file, aplikasi dan lainnya, agar dapat diakses bersama-sama oleh protokol FTP.
· Berfungsi sebagai penyedia sumber daya, yakni berupa hardware dan software yang bisa digunakan oleh banyak komputer klien dalam suatu jaringan
· Berfungsi untuk mengatur hak akses atau permission pada suatu jaringan dalam membatasi klien yang dapat mengakses data-data pada komputer server.
· Berfungsi sebagai penyedia basis dan aplikasi yang dapat dioperasikan dalam semua komputer client

Manfaat Komputer Server

Di atas kita sudah membahas tentang apa yang dimaksud dengan server dan fungsinya. Kemudian, Pemakaian komputer server juga dapat memberikan berbagai manfaat bagi sebuah perusahaan, seperti efisiensi waktu dan juga penghematan biaya.
Contoh Pertama : Semisal, ada komputer server pada suatu perusahaan yang terhubung ke banyak komputer lain sebagai klien. Dengan demikian, proses pengiriman dokumen, data maupun informasi ke sesama klien dalam satu jaringan server akan dilakukan dengan lebih dapat dan lebih mudah.
Contoh Kedua : Adanya komputer server memungkinkan penggunaan sebuah printer atau mesin cetak yang bisa dioperasikan oleh beberapa komputer sekaligus dalam suatu jaringan dalam mencetak dokumen. Dengan demikian, perusahaan dapat lebih berhemat, karena hanya perlu menyediakan beberapa mesin printer saja.
Kedua contoh tersebut, merupakan penggunaan dan pemanfaatan jaringan server secara sederhana. Dimana, kami menjelaskannya secara teknis agar Anda memahami tentang manfaat dan kegunaannya.
Dalam membangun sebuah komputer server dibutuhkan adanya beberapa sumber daya, diantaranya meliputi :

  • RAM : Server adalah layanan service yang bisa dijalankan secara maksimal apabila memiliki kapasitas RAM berukuran besar, agar setiap prosesnya dapat berjalan lancar dan cepat.
  • Processor : Supaya dapat menangani setiap permintaan dari pihak komputer klien, komputer server memerlukan akses processor yang bisa dioperasikan dengan cepat.
  • Hard Drive : Bagian ini difungsikan sebagai media penyimpanan berbagai data komputer klien yang berpusat di dalam komputer server.
Artikel Terkait  15 Rekomendasi Anti Virus Terbaik (Gratis) 2020

Jenis-jenis Server

Bagi sebuah perusahaan yang memiliki sebuah situs web, arti dari server sangatlah penting. Selain sifatnya yang begitu penting itu, sebenarnya ada berapa jenis server sih yang banyak digunakan oleh pengembang sistem perangkat lunak? Menurut fungsinya, server dibedakan menjadi beberapa jenis. Yang mana, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Proxy Server
    Jenis server ini difungsikan untuk membatasi permintaan data, membatasi permintaan koneksi hingga membatasi permintaan untuk berbagai file antar server dan klien di luar jaringan. Selain itu, Proxy Server juga berperan sebagai gerbang antara jaringan lokal dengan jaringan global internet.
  • Virtual Server
    Virtual server adalah bagian yang bertugas dalam membuat sejumlah server fisik, sehingga akan tampak seperti adanya beberapa server.
  • Telnet Server
    Server yang satu ini difungsikan untuk mengatur suatu komponen dengan cara melakukan proses login dan logout pada komputer host.
  • FTP Server
    FTP Server berperan untuk mengatur proses transfer data hingga informasi pada suatu jaringan.
  • Aplikasi Server
    Server ini memiliki fungsi yang lebih khusus, yakni berperan dalam mengelola perintah yang dilakukan oleh komputer klien dan berperan untuk menghubungkan komputer klien dengan database.
  • Audio & Video Server
    Audio dan Video Server merupakan jenis server yang berfungsi untuk menyimpan fitur-fitur multimedia dalam sebuah website tertentu.
  • News Server
    Sebagaimana dengan namanya, news server berfungsi untuk menyalurkan dan membagikan berbagai jenis berita melalui jaringan berita.
  • Mail Server
    Mail Server digunakan sebagai tempat penyimpanan berbagai jenis email dan difungsikan untuk menangani setiap permintaan dari klien.

Cara Kerja Server adalah?

Penasaran, seperti apa cara kerja server? Pada dasarnya cara kerja komputer server dan komputer klien terbilang sederhana, yakni server sebagai penyedia data, sedangkan klien adalah pihak yang meminta data.
Agar lebih mudah memahami cara kerja server, maka kami akan memberikan penjelasan dengan lebih sederhana.
Cara kerja server bisa dicontohkan, pada saat Anda membuka sebuah situs web “A” pada browser, maka perangkat komputer yang Anda gunakan saat itu, bertindak sebagai klien. Sementara, website “A” tersebut bertindak sebagai server.

Artikel Terkait  Lupa Pass Gmail (Google Mail)? Ini Solusinya!

Yang mana, server website “A” akan menerima dan memproses permintaan klien (komputer Anda). Berikutnya, pihak server (website “A) akan mengirimkan data sesuai dengan permintaan Anda.
Singkatnya seperti ini, ketika Anda ingin mencari situs website “A” di dalam browser, maka hal tersebut dianggap sebagai permintaan klien. Yang mana, pihak server akan memunculkan permintaan website tersebut di mesin pencarian agar Anda bisa mengaksesnya dengan mudah.
Nah, dari sini pasti Anda sudah memahami banyak hal tentang server. Walaupun terbilang sederhana, namun terdapat sistem yang cukup rumit, terlebih lagi apabila layanan jaringan server akan diterapkan di perusahaan atau kantor Anda.
Kendati begitu, server adalah suatu bagian terpenting bagi perusahaan Anda, karena dengan server Anda dapat melakukan banyak hal dengan lebih, cepat, mudah dan praktis. Terlebih lagi, setiap data-data perusahaan juga akan selalu tersimpan dengan aman dari jangkauan pihak luar.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.
Tentang Kami Kontak Kami
Pengenalan Perusahaan Pengenalan Layanan