Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
Apa Itu Mailing List? Fungsi dari Mailing List dan Penggunaannya
Mailing List merupakan alamat email yang digunakan oleh para pengguna internet, yang berfungsi melakukan kegiatan saling berbagi dan tukar menukar berbagai macam informasi. Salah satu jenis Mailing List yaitu announcement-type list yaitu proses komunikasi yang dilakukan dengan satu arah, para anggota yang terdapat didalamnya tidak memiliki wewenang untuk membalas hanya dapat menerima pesan saja. Berikut penggunaan Mailing List kami sajikan!
22892
post-template-default,single,single-post,postid-22892,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
mailing-list-adalah

Apa Itu Mailing List? Fungsi dari Mailing List dan Penggunaannya

Pernahkan anda mendengar Mailing list? Bagi Anda yang berkecimpung di bidang digital marketing, tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini. Kegiatan pemasaran dengan menggunakan email ini bahkan sudah ada sejak internet marak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Itu artinya, prosesnya sudah dilakukan selama lebih dari satu dekade.

Lalu, pengertiannya yang lebih spesifik seperti apa sih? Berdasarkan definisinya, mailing list adalah kompilasi dari alamat email yang digunakan untuk mengirimkan pesan kebanyak pengguna secara bersamaan. Pengertian mailing list sendiri dalam dunia informasi teknologi adalah kumpulan daftar email dari pelanggan sebuah website, jasa atau bisnis yang dikumpulkan secara offline atau manual.

Jenis Mailing List

 

jenis-mailing-list 

Artikel Terkait  MySQL Adalah ? | Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

Secara umum, mailing list dapat dibedakan menjadi dua jenis; announcement list atau daftar pengumuman dan discussion list  atau daftar diskusi. Perbedaan dari kedua list tersebut adalah:

Announcement list: merupakan daftar yang digunakan oleh satu orang atau satu organisasi yang dapat mengirimkan pesan (pengumuman) kepada sekelompok orang.

Discussion list: merupakan daftar yang memungkinkan sekelompok orang untuk berdiskusi mengenai satu topik tertentu dengan kemampuan tiap orang untuk mengirimkan email kedalam daftar dan mengirimkannya ke tiap orang yang ada dalam daftar dalam kelompok tersebut.

Sejauh ini, pengertian mailing list kita masih dibatasi oleh perbedaan jenis-jenis mailing list yaitu, announcement  dan discussion list. Sedangkan, dalam memahami mailing list, terdapat beberapa hal penting yang perlu kita ketahui untuk pemahaman mailing list yang lebih baik. Mailing list adalah kompilasi dari alamat email yang digunakan untuk mengirimkan pesan kebanyak pengguna secara bersamaan

Karakteristik Mailing List

 

karakteristik-mailing-list 

Mailing list adalah cara pengirimina email ke banyak penerima yang bertujuan khusus untuk pemasaran melalui email. Mailing list biasanya memiliki karakteristik sebagai berikut:

1. Rules yang dapat dikonfigurasi

 
Kebanyakan rules mailing list dikonfigurasi dengan List Type melalui kombinasi dari opsi yang tersedia dalam file manajemen daftar rules dan string argumen dari manajemen mailing list.

2. Mailboxes berganda

 
Mailing list menggunakan beragam mailboxes sehingga tiap pesan dapat disaring kedalam mailboxes yang berbeda dan disimpan atau diolah ketimbang diteruskan secara langsung.

3. Daftar berlangganan berganda

 
Tidak seperti alias, sebuah mailing list dan dapat memiliki berbagai macam Subscribers list dan menerapkan rules yang berbeda ketika menerima sebuah pesan email tergantung pada alamat envelope sender’s yang muncul pada Subscriber Lists. Contoh; Regular Subscriber, Digest Subscriber, Moderator, Allow dan Deny.

4. Pemrosesan pesan masuk

 
Dikarenakan  tugas utama mailing list adalah untuk menerima pesan email dan meneruskannya ke subscribers, banyak dari rules yang dapat dikonfigurasi mengendalikan proses pemostingan. Ketika mailing list menerima sebuah pesan pada alamat tertentu, mailing list akan melakukan tindakan yang sesuai berdasar pada rules posting yang telah dikonfigurasi

5. Penerusan dan pembuatan dari pesan keluar

 
Selain meneruskan pesan yang diposting ke subscribers, mailing list juga dapat mengirimkan pesan dalam respon perintah email, mengirimkan pesan moderasi kepada moderator dan menjadi bagian dari proses penanganan bounce.

Fungsi Mailing List Adalah

 

fungsi-mailing-list 

Setelah mengetahui karakteristik, untuk melengkapi pengetahuan kita, kita akan membahas fungsi dari mailing list yang kebanyakan telah dialih fungsikan sebagai alat marketing. Dengan menggunakan mailing list untuk kegiatan pemasaran mereka sebuah brand mendapatkan beberapa keuntungan sebagai berikut:

Artikel Terkait  Server Dedicated Murah dan Terbaik di Indonesia

1. Berkomunikasi dengan audience dengan langsung

 
Dengan sebuah mailing list yang baik memungkinkan anda untuk secara langsung berinteraksi dengan kustomer anda. Faktanya, orang-orang yang telah mendaftarkan diri ke dalam mailing list anda merupakan orang-orang yang memang ingin menerima informasi dari anda, sehingga memudahkan anda untuk menyampaikan pesan anda.

Hal ini yang memungkinkan mailing list untuk memiliki conversion rate tinggi yang sering kali dipilih oleh perusahaan-perusahaan e-commerce ketika mereka ingin menawarkan sesuatu kepada anda.

2. Hemat biaya

 
Tidak seperti brosur, selebaran atau email marketing tradisional, email marketing melalui mailing list memerlukan sedikit uang untuk menjadi efektif.

3. Lingkup audience yang lebih luas dari media sosial

 

Kita mengetahui fakta bahwa media sosial merupakan salah satu alat terbesar untuk online marketing. Tetapi, untuk mendapatkan perhatian pengguna anda secara langsung dengan  jangkauan luas, email marketing tetap menjadi juaranya. Mengingat tidak semua orang memiliki media sosial, tetapi hampir 2.6 miliar orang memiliki alamat email.

4. Penyebaran dari mulut ke mulut yang lebih cepat

 

Mengingat bahwa mailing list adalah kompilasi dari alamat email yang digunakan untuk mengirimkan pesan kebanyak pengguna secara bersamaan ditambah dengan fakta nomor 1 dimana email marketing memungkinkan anda untuk menjangkau audience anda lebih luas, maka merupakan suatu hal yang sangat mungkin bahwa email marketing dapat menjangkau banyak orang yang merupakan demografis yang ditentukan.

Cara Menggunakan Mailing List

 
Hal terakhir yang perlu anda ketahui mengenai mailing list dan fungsi mailing list adalah cara menggunakan mailing list tersebut. Berikut kita akan membahas cara penggunaan mailing list Google yang dapat anda gunakan secara pribadi. Cara menggunakan mailing list Google antara lain:

Langkah 1: Log in ke contacts.google.com pada mesin pencarian anda.

Langkah 2: Pada bagian sebelah kiri, dibawah opsi  Label, pilih “Buat label” untuk menambahkan label baru dengan kontak yang anda inginkan.

Langkah 3: Setelah anda memilih pilihan “Buat label” anda akan diminta untuk memberikan nama untuk label baru anda.

Langkah 4: Setelah anda memberikan nama serta menambahkan kontak sesuai yang anda inginkan kedalam label baru anda, label baru anda akan muncul pada sisi kiri layar dibawah menu “Label” .

Sedangkan, untuk mailing list dengan tujuan untuk penggunaan organisasi dengan tujuan spesifik, disarankan untuk menggunakan perangkat lunak mailing list seperti GNU Mailman, GroupServer, dan Majordomo.

Kesimpulan

 
Mailing list adalah kompilasi dari alamat email yang digunakan untuk mengirimkan pesan kebanyak pengguna secara bersamaan. Mailing list sendiri awalnya diciptakan dengan satu fungsi, yaitu untuk mengirimkan pesan ke banyak pengguna yang terdapat dalam subscriber list kita. Terlepas dari fungsi mailing list tersebut, mailing list dibagi menjadi dua; Announcement list dan Discussion list.

Dalam penggunaan kesehariannya, discussion list lebih sering digunakan sebagai media untuk komunikasi internal yang memungkinkan satu pengguna, atau sekelompok pengguna untuk mengirimkan pesan atas orang-orang yang berada di dalam daftar. Sedangkan penerapan announcement list sendiri cenderung digunakan dalam pengiriman informasi yang bersifat satu arah – atau yang biasanya kita lihat sebagai newsletter.

Artikel Terkait  Web Developer Adalah: Memahami tentang Web Development

Seiring berjalannya waktu. fungsi mailing list pun disesuaikan dengan kebutuhan saat ini. Bukan hanya sebagai alat komunikasi semata, fungsi mailing list juga sudah mulai diadaptasikan kedalam dunia pemasaran yang memungkinkan penggunanya untuk berkomunikasi dengan konsumen secara langsung, menghemat biaya, menjangkau audience yang lebih luas serta penyebaran informasi yang lebih akurat.

Pengembangan fungsi-fungsi tersebut juga memberikan beberapa dampak positif terhadap bisnis berskala kecil dengan cara menempatkan bisnis secara langsung kepada demografis yang tepat serta kemampuan dalam menghemat biaya ketika terdapat produk atau layanan baru yang memerlukan awareness dari pelanggan anda.

Mailing list memiliki karakteristik yang membantu mereka dalam pengoperasiannya. Karakteristik tersebut adalah adanya rules yang dapat dikonfigurasi, mailboxes berganda, daftar berlangganan ganda, pemrosesan pesan masuk, penerusan serta pembuatan dari pesan keluar.

Terlepas dari tujuan anda menggunakan mailing list. anda dapat membuat mailing list  sendiri dengan menggunakan layanan dari Google, yaitu Google contacts. 

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami