Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
Apa itu Natural Language Processing (NLP) Pemrosesan Bahasa Alami
Natural Language Processing (NLP) adalah cabang ilmu komputer dan linguistik yang mengkaji antara komputer dengan bahasa alami manusia. NLP sendiri sering dianggap sebagai cabang dari kecerdasan buatan dan bidang kajiannya bersinggungan dengan linguistik komputasional, yang antara lain mencangkup segmentasi tuturan, segmentasi teks, penadaan kelas kata, serta pengawataksaan makna. Berikut kami sajikan!
22963
post-template-default,single,single-post,postid-22963,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
NLP-adalah

Apa itu Natural Language Processing (NLP) Pemrosesan Bahasa Alami

Saat ini, informasi teknologi berkembang dengan sangat cepat. Apa yang dulu tidak pernah terlintas dalam benak kita, kini terjadi berkat adanya perkembangan teknologi. Ambil contoh, pelayanan di restoran cepat saji yang sudah mulai dilakukan secara otomatis, asisten virtual hingga agrikultur pun sudah mulai memanfaatkan perkembangan teknologi artificial intelligence atau AI untuk memudahkan pekerjaan mereka.

Artificial intelligence

 

Artificial-intelligence
 

sendiri dapat kita kategorikan kedalam 4 kategori yang berbeda dengan tiap-tiap fungsinya. Berikut kategori tersebut:

• Artificial intelligence atau AI merupakan tugas yang dikerjakan oleh program atau mesin yang jika dikerjakan oleh manusia, memerlukan penerapan kecerdasan untuk menyelesaikannya.

• Natural language processing adalah cabang dari artificial intelligence yang terlibat dalam interaksi antara manusia dan komputer menggunakan bahasa natural.

Artikel Terkait  Cara Mengatasi Masalah Connection Refused di FileZilla

• Machine learning berfokus pada permasalah yang diberikan kepada AI yang dapat dideskripsikan secara ketentuan yang diskrit.

• Deep learning bagian dari machine learning yang melibatkan model matematis tertentu yang dapat diajarkan sebagai komposisi dari sebuah blok sederhana dimana beberapa dari blok tersebut dapat diatur untuk memprediksi hasil akhir lebih baik.

Dari beberapa penjelasan mengenai artificial intelligence dan beberapa kategorinya. Kita akan membahas salah satu bagian dari AI yang telah sering kita gunakan saat ini, tetapi kurang kita pahami secara definisi atau aplikasinya dan bagian dari AI tersebut yaitu natural language processing atau NLP. Seperti definisi diatas, natural language processing adalah cabang dari artificial intelligence yang terlibat dalam interaksi antara manusia dan komputer menggunakan bahasa natural.

Natural Language Processing Adalah

 

Belajar NLP
 

Belakangan ini, natural language processing adalah suatu trend atau merupakan suatu pilar yang penting dalam pengembangan AI berkat melesatnya penggunaan internet. Kapabilitas NLP berguna untuk memproses data secara akurat berkat pengumpulan data dalam jumlah masif yang lebih kita kenal dengan big data. Dalam aplikasinya secara umum, NLP telah diaplikasikan kedalam beberapa layanan seperti Google translate, aplikasi pengolah kata seperti MS Word dan Grammarly serta asisten pribadi dalam smartphone kita Google personal assistant, Siri, Cortana dan Alexa.

Kegunaan serta Use Case dalam Lingkup yang Lebih Luas:

 

• Perusahaan-perusahaan besar seperti Yahoo dan Google dapat menghentikan spam dengan cara memfilter dan mengklasifikasikan dengan analisa NLP yang melewati server mereka.

Artikel Terkait  Bandwidth Adalah? Apa yang Dimaksud dengan Bandwidth?

• Natural language processing adalah memungkinkan industri kesehatan untuk melakukan pengenalan dan prediksi suatu penyakit berdasarkan atas rekam medis elektronik seorang pasien dan perkataan pasien sendiri. Kemampuan ini sedang dijelajahi untuk membantu pendiagnosaan seperti penyakit pernafasan, depresi dan bahkan skizofrenia.

• Sebuah organisasi dapat menentukan apa yang pelanggan mereka katakan tentang layanan atau produk mereka dengan mengidentifikasi dan mengambil informasi dari sumber seperti media sosial.

• Natural language processing adalah dapat digunakan untuk melacak berita laporan dan komentar tentang sebuah penggabungan perusahaan, serta mendapatkan wawasan tentang apa yang orang-orang bicarakan merupakan suatu hal yang sangat berharga bagi seorang pedagang keuangan.

• Bahkan NLP juga dapat digunakan untuk pencarian dan fase pemilihan dari rekrutmen bakat dengan mengidentifikasi kemampuan dari calon karyawan atau bahkan melacak mereka sebelum mereka aktif dalam bursa kerja.

Belajar natural language processing yaitu cara kerjanya sendiri secara umum mencakup pembagian bahasa kedalam bagian elemen yang lebih singkat yang berusaha memahami hubungan antara tiap bagian dan menjelajahi bagaimana tiap bagian bekerjasama untuk menciptakan suatu makna.

Tugas Dasar Belajar NLP sering Digunakan dalam Kemampuan Tingkat Tinggi

 

analisa-sintaksis
 

1. Pengkategorian Konten
Rangkuman dokumen berbasis linguistik yang mencakup search dan indexing, peringatan konten dan duplikasi.

2. Penemuan topik dan pemodelan
Secara akurat mendapatkan sebuah tema dan tema dari kumpulan teks serta menerapkan analisa lanjutan ke dalam teks tersebut seperti optimisasi dan perkiraan.

3. Analisa sentimen
Mengidentifikasi mood atau sentimen atas pendapat subjektif dalam sebuah teks berukuran besar, yang mencakup sentimen rata-rata dan penambangan pendapat.

4. Konversi kalimat ke kata dan kata ke kalimat
Mengubah perintah suara ke dalam kalimat tertulis atau sebaliknya.

5. Terjemahan mesin
Terjemahan otomatis dari teks atau suara dari satu bahasa ke bahasa lainnya.

Natural language processing adalah salah satu bentuk dari AI yang berpusat pada analisa bahasa manusia untuk menggambar wawasan kedalam bahasa mesin. Setelah mengetahui belajar natural language processing dalam kehidupan sehari-hari, sekarang kita akan membahas bagaimana cara kerja NLP sehingga dapat menerjemahkan bahasa manusia.

Pada dasarnya belajar natural language processing teknik yang digunakan untuk melengkapi keseluruhan proses natural language processing adalah analisa sintaksis dan analisa semantis.

1. Sintaks

 

Sintaks merujuk pada pengaturan kata dalam suatu kalimat sehingga mereka membuat suatu pengertian tata bahasa. Dalam NLP analisa sintaksis digunakan untuk menilai bagaimana bahasa alami selaras dengan aturan tata bahasa.

Algoritma komputer digunakan untuk menerapkan aturan tata bahasa kepada kelompok kata dan memperoleh kesimpulan dari kelompok kata tersebut.

Artikel Terkait  Website Teknologi Terbaik yang Layak untuk Dikunjungi

Contoh dari beberapa teknik analisa sintaksis yang digunakan:

• Lemmatization
Perlunya pengurangan berbagai bentuk kalimat yang ditimbulkan dari sebuah kata ke bentuk tunggal untuk analisa yang lebih mudah.

• Segmentasi secara morfologis
Proses yang mencakup pembagian kata dalam unit individu yang disebut morphemes.

• Segmentasi kata
Proses yang mencakup pembagian sebagian besar teks berkelanjutan ke dalam unit yang berbeda.

• Penandaan bagian dari ucapan
Proses yang mencakup identifikasi bagian dari ucapan untuk setiap kata.

• Penguraian
Proses analisa yang mencakup analisa tata bahasa atas kalimat yang disediakan.

• Pemecahan kalimat
Melibatkan penempatan batas kalimat dalam satu teks besar.

• Menemukan asal
Proses yang mencakup penyederhanaan dari bahasa yang ditimbulkan kedalam bentuk dasarnya.

2. Semantik

 

Semantik merujuk pada arti dimana disampaikan oleh kata atau teks. Analisa semantik merupakan salah satu aspek yang dapat dikatakan sulit dari natural language processing dan belum ditemukan jalan keluarnya.

Analisa ini mencakup penerapan dari algoritma komputer untuk memahami arti dan interpretasi dari sebuah kata dan bagaimana sebuah kalimat tersusun.

Beberapa contoh analisa semantik:

• Named entity recognition (NER): yang mencakup penentuan dari sebuah teks yang dapat diidentifikasi dan dikenali serta dikategorikan kedalam grup preset. Contoh dari grup tersebut mencakup nama tiap orang dan nama tempat.
• Disambiguasi arti kata: yang mencakup pemberian arti kedalam sebuah kata berdasarkan konteksnya.
• Pembuatan bahasa alami: proses analisa yang mencakup database untuk menemukan asal dari maksud semantis dan mengubahnya kedalam bahasa manusia.

Meskipun terlihat sangat menjanjikan tetapi faktanya, NLP sendiri masih memiliki beberapa kesulitan dalam implementasinya. Hal ini dikarenakan penyampaian bahasa manusia bukan merupakan sesuatu yang mudah untuk dipahami oleh komputer, mengingat adanya informasi tingkat tinggi seperti komentar sarkastik serta informasi tingkat rendah seperti penentuan bentuk jamak dari suatu objek.

Secara komprehensif memahami bahasa manusia memerlukan kedua pengertian dari kata dan bagaimana konsep tersebut terhubung untuk penyampaian pesan yang dimaksud.

Kesimpulan

 

Natural language processing adalah abang dari artificial intelligence yang terlibat dalam interaksi antara manusia dan komputer menggunakan bahasa natural. Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat diiringi dengan penggunaan internet yang sudah semakin lumrah, NLP kini telah memiliki peran penting dalam mendukung interaksi antar manusia dan mesin dalam kehidupan sehari-hari.

Dimulai dari kegiatan sehari-hari hingga tugas-tugas dalam industri tertentu seperti kesehatan dan informasi teknologi, NLP dalam tugasnya mempelajari bahasa manusia dengan cara analisa sintaksis dan skematik.

 

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami