Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Desain Design App Kumpulan Library Animasi Terbaik untuk Android

Kumpulan Library Animasi Terbaik untuk Android

-

Kita semua tentunya tahu bahwa aplikasi dan website adalah dua hal yang berbeda, meskipun sama-sama merupakan produk software yang dibuat dengan bahasa pemrograman, kita dapat dengan mudah membedakan sebuah aplikasi dengan website dengan sekali pandang saja. Perbedaan antara aplikasi dan web memang mudah sekali dikenali karena aplikasi sering memakai animasi dalam tampilan antarmukanya (user interface / UI).

Animasi adalah sebuah fitur dari aplikasi Android yang khas. Animasi bukan hanya sekadar gambar. Gambar di animasi bisa bergerak dalam pola-pola yang sederhana serta pergerakannya berlangsung dalam durasi detik. Sebuah animasi pun sering digunakan dalam pemrograman aplikasi dengan tujuan menciptakan produk software yang lebih menarik, interaktif dan dinamis.

Jadi dengan aplikasi, aplikasi Android Anda akan otomatis menghadirkan pengalaman pengguna (User Experience / UE) yang jauh lebih baik. Namun bagaimana caranya agar kita bisa menambahkan animasi-animasi dinamis ke aplikasi milik sendiri?

Jawabannya adalah dengan menggunakan library animasi terbaik Android. Library animasi terbaik Android ini memuat kumpulan animasi siap pakai yang bisa Anda gunakan saat memprogram aplikasi. Library pula akan mempercepat kita dalam proses pengerjaan aplikasi Android. Lebih bagus lagi, seringkali library animasi terbaik Android ini diberikan secara gratis!

Anda beruntung karena pada artikel kali ini, kami akan memberikan banyak referensi library animasi terbaik android yang bisa Anda coba pakai untuk mempercantik tampilan aplikasi yang tengah Anda buat. Apa sajakah rekomendasi library animasi terbaik Android itu? Daripada penasaran, yuk langsung meluncur ke pembahasannya berikut ini!

11 Library Animasi Terbaik Android Gratis Download

animation-app

Memang tidak ada aturan khusus bahwa sebuah aplikasi harus memakai animasi di dalamnya. Namun, menurut hasil penelitian dan perbandingan di masyarakat, aplikasi dengan tampilan animasi jauh lebih disukai oleh pengguna. Hal ini disebabkan efek-efek pada animasi membuat pengguna merasa lebih betah dan tertarik memakai aplikasi Android tersebut.

Jadi, kami pun menyarankan kepada Anda yang sedang mengembangkan sebuah aplikasi untuk turut menggunakan animasi. Dengan kehadiran animasi, aplikasi versi final yang Anda kerjakan akan lebih mampu memberikan User Experience yang optimal.

Lantas animasi-animasi apa saja yang bisa Anda gunakan ke aplikasi? Dimana juga Anda bisa mendownload library animasi terbaik Android? Berikut ini kami menghadirkan 11 rekomendasi library animasi terbaik Android dari GitHub yang bisa Anda coba download.

1.      FragmentRigger

Library animasi terbaik android pertama adalah FragmentRigger yang dirilis di bawah naungan lisensi MIT. Library animasi terbaik android ini mampu mengelola desain animasi yang berbentuk ‘fragment’ dengan cara terbaik. Dengan menggunakan FragmentRigger, aneka desain animasi yang berbentuk fragment dapat bergerak dengan sangat mulus. Mulai dari berputar 360 derajat, bergeser ke samping, terbuka dan menutup bolak-balik, dan seterusnya.

FragmentRigger pun sudah dilengkapi dengan dokumentasi yang baik. Untuk menggunakan library ini, Anda bisa mengklik: https://github.com/JingYeoh/FragmentRigger

Artikel Terkait  Apa Perbedaan Antara Aplikasi Web dan Aplikasi Native?

2.      Transitioner

Selanjutnya adalah library animasi Android Transitioner. Library ini ditulis memakai bahasa pemrograman Kotlin, dilengkapi oleh dokumentasi yang baik, dan sudah berada di bawah lisensi dari MIT. Library Transitioner menyediakan animasi transisi dan pergerakan yang super dinamis, mulus dan mudah digunakan oleh user.

Library Transitioner mendukung API 19 dan ke atas. Oleh sebab itu, saat ini pun sudah ada banyak aplikasi android yang menggunakan library animasi ini untuk mengoptimalkan penampilannya ke user. Untuk Anda yang ingin mencoba, langsung akses library ini di: https://github.com/dev-labs-bg/transitioner

3.      Lottie for Android (Lottie)

Nama Lottie for Android atau Lottie pastilah sudah sangat dikenal oleh banyak programmer aplikasi Android seluruh dunia. Library animasi Lottie for Android ini memang sangat terkenal sebab memiliki tampilan visual yang paling bagus, lucu dan menarik untuk menghias aplikasi Anda.

Lottie for Android merupakan library animasi yang dikembangkan oleh AirBnb. Tujuan dari pembuatan library ini tak lain adalah untuk mem-parsing animasi-animasi yang dibuat dengan Adobe After Effect. Mengingat Adobe After Effect bisa mengekspor animasi ke dalam bentuk JSON, maka Lottie pun dirancang untuk bisa membaca isi file JSON tersebut. Hasil akhirnya, Anda bisa melakukan render animasi dengan Lottie untuk dijalankan di aplikasi mobile.

Ada banyak bentuk animasi yang bisa dibuat menggunakan Lottie, mulai dari animasi icon melompat, transisi icon, tulisan yang bergerak, dan masih banyak lagi. Coba gunakan Lottie sekarang dengan klik link: https://github.com/airbnb/lottie-android

4.      Android View Animations

animation-library-2

Selanjutnya adalah library Android View Animations. Library ini menyediakan banyak koleksi efek animasi Android yang bisa dipanggil kapan saja sesuai kebutuhan. Beberapa jenis animasi yang tersedia di library ini antara lain:

  • Animasi Special (contoh efek: DropOut, RollIn, RollOut, Hinge, TakingOff, Landing)
  • Animasi Attention (contoh efek: Wave, Pulse, Flash, StandUp, Bounce, Swing, Shake, RubberBand, Tada, Wobble)
  • Animasi Fade (efek: FadeIn, FadeOut, FadeInDown, FadeOutDown, FadeInUp, FadeOutUp, FadeInLeft, FadeOutLeft, FadeInRight, FadeOutRight)
  • Animasi Bounce (efek: BounceIn, BounceInUp, BounceInDown, BounceInRight, BounceInLeft)
  • Animasi Slide (efek: SlideInLeft, SlideOutDown, SlideInRight, SlideOutUp, SlideInUp, SlideOutRight, SlideInDown, SlideOutLeft)
  • Animasi Flip (efek: FlipOutY, FlipInY, FlipOutX, FlipInX)
  • Animasi Zoom (efek: ZoomIn, ZoomOut, ZoomInDown, ZoomOutDown, ZoomInLeft, ZoomOutLeft, ZoomInRight, ZoomOutRight, ZoomInUp, ZoomOutUp)
  • Animasi Rotate (efek: Rotate In, Rotate Out, Rotate In Down Left, Rotate Out Down Left, RotateInDownRight, RotateOutDownRight, RotateInUpLeft, RotateOutUpLeft, RotateInUpRight, RotateOutUpRight)

Banyak sekali bukan efek-efek animasi yang tersedia? Akses Android View Animations library sekarang di: https://github.com/daimajia/AndroidViewAnimations

5.      AnimatedPieView

Aplikasi Anda memiliki kegunaan riset dan survey? Atau, aplikasi yang Anda buat bertema self-improvement sebagai aplikasi menabung dan pelacak kebiasaan user? Jika iya, maka Anda akan membutuhkan library AnimatedPieView.

Library ini sesuai dengan namanya memiliki efek khusus untuk menunjukkan grafik cincin dan pie pada aplikasi Android. Jadi, tampilan grafik atau chart cincin serta pie di aplikasi Anda dapat menjadi lebih menarik dan tidak monoton (statis).

Sama seperti library lain, library ini mempunyai dokumentasi terbaik dan ada contoh-contoh aplikasi yang menggunakan library efek ini di dalam folder-foldernya. Kualitas AnimatedPieView sudah resmi dan terjamin, mengingat library ini sendiri berada di bawah naungan lisensi Apache-2.0.

Untuk menggunakan library ini, Anda bisa mengklik: https://github.com/razerdp/AnimatedPieView

Artikel Terkait  Docker Adalah : Pengertian, Sistem Kerja dan Keunggulannya

6.      MyLittleCanvas

Tidak sedikit orang membuat desain aplikasi mereka menggunakan software pengedit desain Canva. Oleh sebab itu, library ini hadir untuk memfasilitasi pekerjaan desain aplikasi Anda yang menggunakan Canva. Library MyLittleCanvas hadir di bawah naungan lisensi Apache-2.0, sama seperti AnimatedPieView.

Library ini dapat dipakai dengan sangat mudah sebab sudah terdapat penjelasan rinci beserta contoh di file README dalam library. Alhasil, programmer pemula pun bisa dengan cepat menguasai penggunaan library ini. Plus, dokumentasi dari MyLittleCanvas sudah sangat lengkap dan baik.

Untuk menggunakan library ini, Anda bisa mengklik: https://github.com/florent37/MyLittleCanvas

7.      WindowImageView

Library efek animasi WindowImageView memberikan efek tampilan yang bekerja selayaknya kita sedang melihat ke sebuah jendela sungguhan. Oleh sebab itulah, library Android satu ini turut banyak dipergunakan oleh para developer aplikasi. Cara kerja WindowImageView pun simpel, hanya dengan menampilkan ImageView di RyclerView saja.

Di bawah lisensi MIT, Library Window Image View ini, sudah dilengkapi dokumentasi lengkap dan juga contoh pengaplikasian yang bisa Anda pelajari. Coba gunakan WindowImageView sekarang dengan klik link: https://github.com/Bleoo/WindowImageView

8.      Material Animations

Selanjutnya adalah library Material Animations. Dengan library ini, kita bisa menampilkan animasi tambahan saat melakukan transisi antar aktivitas atau halaman di aplikasi. Alhasil, perubahan tampilan halaman aplikasi Anda pun dapat berjalan dengan lebih mulus.

Fitur-fitur dalam library ini pun sangat lengkap. Anda juga bisa mengatur sendiri tipe transisi yang hendak digunakan melalui Java atau XML. Mari coba Material Animations library di: https://github.com/lgvalle/Material-Animations

9.      Float Window

Ingin memberikan efek animasi “mengambang” pada aplikasi? Efek animasi ini selalu hadir pada setiap aplikasi, khususnya untuk fitur pop-up notification. Anda bisa mencoba library animasi Android FloatWindow milik lisensi Apache 2.0. Efek animasi Float Window akan ditampilkan pada bagian atas semua activity aplikasi Anda.

Dokumentasi pada Float Window pun sudah sangat lengkap. Sayangnya, dokumentasi Float Window ditulis dalam bahasa China dan Inggris saja. Jika Anda ingin mencoba Float Window, silahkan langsung akses library ini di: https://github.com/yhaolpz/FloatWindow

10.  ChartView

Selain ada animasi untuk grafik berupa pie / cincin, rupanya ada juga animasi untuk menampilkan chart grafik biasa! Sambutlah ChartView, library animasi Android yang bisa memberikan efek pertumbuhan ke gambar grafik kustom di aplikasi Anda sendiri. ChartView mampu merepresentasikan cara membuat sebuah grafik memakai ValueAnimator dan Canvas. Tertarik untuk memakai library animasi ini? Akses sekarang di: https://github.com/romandanylyk/ChartView

11.  CalendarPicker

Rekomendasi library animasi Android terakhir adalah CalendarPicker yang juga berada di bawah lisensi MIT. Hanya saja, dokumentasi pada CalendarPicker ini masih berupa dokumentasi dasar.

Sesuai dengan namanya, CalendarPicker ini digunakan untuk memberikan efek animasi mulus pada kalender dan penanda tanggal lain. Di library ini pun Anda bisa mengatur sendiri tampilan animasi dari segi warna tulisan dan latar belakang, font tulisan, ukuran tulisan dan seterusnya. Yuk coba memakai animasi Android ini dengan mengklik link: https://github.com/maxyou/CalendarPicker

Bagaimana, apakah sekarang Anda sudah menemukan animasi terbaik yang hendak dicoba? Demikianlah pembahasan kali ini tentang library animasi terbaik Android yang bisa dipakai untuk mempercantik tampilan aplikasi Anda.

Semoga artikel kali ini berguna untuk menambah wawasan Anda, ya! Sampai jumpa lagi di artikel menarik dan informatif terkait dunia IT lainnya hanya dari website kami.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya