Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Desain Design UI Cara Mendesain Splash Screen Terbaik untuk Aplikasi Anda

Cara Mendesain Splash Screen Terbaik untuk Aplikasi Anda

-

Saat Anda memutuskan membuat aplikasi smartphone untuk mendukung bisnis, maka ada banyak aspek dalam aplikasi yang harus Anda pikirkan secara matang. Aspek-aspek ini penting guna menyukseskan tujuan pembuatan aplikasi itu sendiri, yaitu memberikan kesan baik pada masyarakat khususnya pengguna aplikasi, serta mendorong bisnis Anda semakin maju.

Persis seperti perkataan yang sering kita dengar di masyarakat, “Kesan pertama adalah hal yang penting.” Jadi, kesan pertama yang diciptakan oleh aplikasi Anda kepada pengguna harus berhasil menarik minat sekaligus perhatian mereka. Jika hal ini sukses tercapai, alhasil pengguna akan tertarik untuk menggunakan aplikasi Anda. Mereka juga tidak akan merasa bosan ataupun beralih ke aplikasi lain.

Saat berbicara soal kesan pertama penggunaan aplikasi, maka pembahasannya tidak akan jauh-jauh dari splash screen atau boot screen dari aplikasi. Splash screen merupakan tampilan pertama dari program yang biasa muncul untuk beberapa saat, sebelum akhirnya pengguna memasuki fitur menu utama. Memiliki splash screen aplikasi yang menarik menjadi kesempatan bagi Anda untuk menggaet konsumen potensial dengan menanamkan kesan pertama yang baik dalam benak mereka. Sehingga nantinya, mereka akan semakin penasaran untuk menggunakan aplikasi Anda serta tertarik mencari tahu lebih banyak terkait produk dan penawaran yang menanti di dalam aplikasi.

Itulah inti utama mengapa penting bagi aplikasi menumbuhkan kesan pertama yang baik di benak konsumen. Nah, apakah Anda sekarang ingin tahu lebih lanjut cara membuat splash screen terbaik agar aplikasi Anda sukses? Berikut ulasan khususnya untuk Anda.

Artikel Terkait  UI Adalah? Apa Perbedaannya Dengan User Experience (UX)?

Sederhana tapi Kreatif

app-3

Pertama-tama, buatlah splash screen yang sederhana tapi tetap kreatif dan unik. Kenapa harus secara sederhana? Jawabannya kembali lagi pada hakikat kegunaan splash screen yang hanya menjadi perantara pengguna pada menu utama aplikasi.

Splash screen yang biasa muncul secara sekejap berguna untuk membangun rasa penasaran dari pengguna tentang fitur dan penawaran yang terdapat di dalam menu utama aplikasi. Oleh sebab itu, pengguna aplikasi tidak bisa berlama-lama melihat splash screen Anda atau mereka akan cepat merasa bosan karena terlalu lama menunggu. Jadi, manfaatkan splash screen untuk memberikan konsumen sesuatu yang menarik dilihat dalam sekejap mata. Setelah mereka merasa tertarik dan penasaran, barulah aplikasi mengarahkan mereka untuk melihat-lihat lebih lanjut di bagian menu utama.

Jika Anda tidak ingin splash screen aplikasi Anda terlihat terlalu sederhana, kuncinya adalah dengan membuat desain sekreatif mungkin. Jangan takut untuk berkreasi dengan warna-warna, background, dan logo aplikasi. Di antara ketiganya, logo aplikasi Anda lah yang harus menjadi fokus utama dalam splash screen. Sebab, logo yang akan “berbicara” memberitahukan para pengguna tentang identitas atau brand aplikasi yang mereka gunakan.

Proses kerja splash screen mirip seperti proses perkenalan Anda dengan orang baru untuk pertama kali. Saat berkenalan, tentunya Anda akan mengenal nama orang tersebut, bukan? Begitu pula dengan splash screen. Pengguna bisa mengenal identitas aplikasi Anda melalui splash screen. Meski begitu, bukan berarti Anda harus bertele-tele menambahkan keterangan lebih lanjut soal sejarah ataupun keunggulan perusahaan di layar pembuka. Jangan! Cukup biarkan logo Anda saja yang berbicara kepada pengguna di awal terkait “Siapa kami?”

Selain logo, Anda juga bisa berkreasi dengan gambar-gambar menarik di desain splash screen, sebagaimana halnya Anda mendesain tampilan website Anda agar terlihat lebih menarik. Intinya, buatlah splash screen yang sederhana namun menarik, eye-catching dan nyaman untuk dipandang setiap pengguna aplikasi.

Artikel Terkait  Flat Desain Dan 10 Tips Untuk Membuat Desain Yang Menarik

Perhatikan Ukurannya

Ada berapa banyak jenis smartphone yang beredar di pasaran? Bisa saja ratusan hingga ribuan, bukan? Setiap merek dan tipe smarphone memiliki resolusi serta ukuran layar yang berbeda-beda. Jadi, penting untuk Anda memastikan bahwa splash screen aplikasi bisa bekerja dan “menyesuaikan diri” di semua ukuran layar.

Ambil contoh smartphone merek iPhone. Bayangkan jika Anda membuat aplikasi dengan splash screen menurut iPhone versi terbaru. Lantas bagaimana dengan para pengguna iPhone versi sebelumnya (alias yang lebih lama)? Tentunya setiap tipe iPhone memiliki ukuran layar yang berbeda-beda, bukan? Aplikasi Anda jelas tidak akan memberi  kesan pertama yang baik kalau splash screen-nya saja tidak mampu menyesuaikan dengan ukuran layar iPhone versi lama.

Oleh sebab itu, memerhatikan ukuran splash screen juga menjadi hal wajib. Pastikan bahwa splash screen Anda bisa secara efektif berubah ukuran menyesuaikan dengan besar layar milik perangkat yang digunakan oleh pengguna aplikasi. Kemampuan ini pun akan turut menghemat waktu dan tenaga kerja Anda untuk membuat satu desain splash screen yang bisa diaplikasikan ke semua jenis gadget. Sekaligus memungkinkan aplikasi Anda bisa dipakai setiap orang terlepas dari jenis, tipe, dan merek smartphone yang mereka pakai.

Bereksperimen dengan Desain

Pada kenyataanya, selalu ada kemungkinan Anda harus melakukan percobaan berulang kali sebelum akhirnya menciptakan splash screen aplikasi terbaik. Jadi jangan khawatir apalagi langsung putus asa jika desain splash screen pertama Anda ternyata tidak bekerja dengan cukup baik.

Alih-alih, coba tanamkan dalam pikiran Anda bahwa tidak ada salahya bereksperimen dengan beragam desain. Beranikan diri untuk membuat beragam komposisi warna background, posisi logo, serta gambar-gambar pendukung. Nantinya, Anda pasti akan menemukan susunan desain terbaik dari eksperimen-eksperimen ini.

Untuk uji coba desain splash screen, Anda bisa menggunakan aplikasi editing yang mudah dan gratis seperti Canva. Canva merupakan aplikasi editing gambar secara online yang memungkinkan Anda untuk mengatur ukuran secara custom. Alhasil, desain Anda pun tidak akan terbatas pada ukuran template tertentu. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan variasi background dan logo ciptaan sendiri, atau memilih gambar background dan logo dari katalog milik Canva jika Anda tidak memiliki desain sendiri sebelumnya.

Desain Sesuai Image Perusahaan? Boleh Banget!

mockup-1

Membuat splash screen yang sesuai dengan karakter atau image brand perusahaan Anda juga patut dicoba, lho! Anda bisa menambahkan hal-hal yang menjadi ciri khas dari perusahaan dan aplikasi Anda jika karakteristik tersebut bisa menjadi hal yang unik dan menarik untuk ditampilkan ke pengguna. Namun tetap ingat untuk membuat desain yang sederhana, ya! Jangan sampai pengguna aplikasi justru menjadi pusing karena melihat desain splash screen yang terlalu “padat” atau “ramai”.

Menunjukkan Keunggulan Brand Anda

Cara tradisional untuk menunjukkan brand perusahaan ke pengguna aplikasi adalah melalui logo serta motto di dalam splash screen. Meski cara ini umum digunakan, nyatanya tidak ada aturan khusus kalau Anda hanya boleh meletakkan logo dan motto ke dalam splash screen Anda. Anda pun bisa menunjukkan keunggulan menarik brand perusahaan dalam bentuk visual di splash screen.

Jika Anda ingin mengaplikasikan cara ini, ingatlah hanya untuk mencatutkan hal-hal yang sekiranya merepresentasikan budaya, jiwa, serta semangat dari brand Anda. Poin-poin ini dapat turut membangun kesan baik di mata pengguna dengan memberitahukan kepada mereka bahwa perusahaan Anda memiliki kinerja yang optimal serta berdedikasi. Tetaplah buat desain splash screen Anda “sederhana” seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Mendesain splash screen terbaik bisa menjadi suatu perjalanan panjang dan melibatkan pengalaman penggunaan aplikasi secara keseluruhan. Namun perjalanan panjang ini tentunya menjadi hal vital bagi semua aplikasi. Bahkan dua perusahaan ternama Apple dan Google pun merekomendasikan penggunaan splash screen untuk meningkatkan pengalaman penggunaan aplikasi di masyarakat! Nah, apakah Anda masih ragu-ragu soal betapa pentingnya splash screen ini?

Artikel Terkait  Prototype adalah: Sebuah Panduan untuk UX yang Fungsional

Contoh-Contoh Splash Screen Terbaik

Setelah memahami teori dan tata cara membuat splash screen terbaik, kini kami akan mengulas beberapa contoh splash screen terbaik milik sejumlah aplikasi ternama. Dari contoh-contoh berikut ini, Anda bisa melihat betapa sederhana sekaligus efektifnya desain splash screen.

Splash Screen Nike+ Running

Splash screen pertama adalah milik aplikasi Nike+ Running. Kesan pertama yang muncul dari splash screen ini adalah berani, cemerlang, dan eye-catching. Splash screen Nike+ Running menggunakan background polos berwarna merah gelap, kemudian ditambahkan logo ikonik tanda centang ala Nike di atasnya. Lalu terdapat garis samar dari trek lari di bagian bawah layar yang menampilkan secara langsung dan tegas soal tujuan dan kepada siapa aplikasi ini diciptakan: yakni untuk para pelari.

Splash Screen Facebook

Sebagai salah satu brand terkenal di dunia, Facebook memiliki desain splash screen yang sangat sederhana: background biru khas serta logo “F” yang ikonik milik perusahaan Facebook sendiri. Splash screen yang sangat sederhana, jelas, dan ringkas memperkenalkan jati diri Facebook ke para penggunanya.

Splash Screen Skype

Contoh splash screen terbaik terakhir datang dari Skype. Skype berhasil merangkum semua fitur dan pengalaman penggunanya dalam splash screen-nya, yang mana menjadikan layar pembuka ini sangat baik dan menarik. Warna background yang digunakan splash screen Skype menggambarkan rasa senang dan kegembiraan dari setiap penggunanya ketika bisa berkomunikasi dengan keluarga dan teman-teman yang terpisah jauh melalui aplikasi ini. Desain splash screen aplikasi komunikasi ini juga menggunakan logo Skype versi kartun yang menambahkan kesan ceria.

Sekali lagi, ingatlah bahwa splash screen Anda memegang peranan penting untuk menghubungkan pengguna dengan menu aplikasi utama. Oleh karena itu, splash screen Anda harus dapat memberikan kesan yang baik dan bekerja secara maksimal guna meningkatkan pengalaman penggunaan aplikasi oleh konsumen. Akhir kata, jangan ragu-ragu menggali lebih banyak opsi yang ada untuk menciptakan desain splash screen terbaik aplikasi Anda, ya!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya