Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Desain Design Web Hati-Hati Merugi! Inilah Kesalahan Desain Olshop yang Sering Anda...

Hati-Hati Merugi! Inilah Kesalahan Desain Olshop yang Sering Anda Tidak Sadari

-

Desain olshop Anda mungkin sudah menarik menurut diri Anda sendiri. Namun bagaimana menurut konsumen? Rupanya ada banyak kesalahan pada desain olshop keren yang jarang disadari, lho!

Tampilan online shop (olshop) jelas merupakan hal penting dan tak boleh dilewatkan. Apalagi jika toko online Anda berupa website bisnis. Anda harus cermat membuat desain website keren sekaligus fungsional supaya konsumen tertarik berbelanja dan tetap gampang saat memakai website.

Sayangnya kebanyakan pebisnis online masih berfokus pada aspek estetika dari olshopnya saja. Mereka tidak sadar bahwa ada banyak kesalahan pada desain website keren yang bisa merugikan karena membuat konsumen tidak nyaman saat berbelanja.

Kesalahan juga sering terjadi karena kebiasaan pebisnis yang asal “comot” template desain website keren tanpa benar-benar yakin kalau template tersebut cocok menggambarkan bisnisnya.

Jadi, inilah waktu yang tepat bagi Anda untuk meninjau ulang tampilan desain olshop Anda dan memperbaikinya. Anda beruntung karena artikel kali ini akan mengupas semua kesalahan desain olshop keren lengkap dengan solusi terbaik yang bisa dicoba. Yuk langsung kita simak pembahasannya bersama-sama!

6 Kesalahan Desain Website Olshop yang Menyulitkan Konsumen Berbelanja

design-web-4

Semua orang pasti ingin agar bisnisnya tampil memukau menggunakan beragam desain olshop keren. Namun tak boleh hanya sekadar keren saja, desain website olshop Anda wajib memudahkan konsumen ketika berbelanja.

Masih belum terlambat untuk memperbaiki kesalahan yang mungkin ada di desain website keren milik bisnis Anda saat ini. Berikut beberapa di antaranya:

1. Desain Website Sering Tidak Merespon

Pernahkah Anda bertemu dengan sebuah website yang sering tidak merespon perintah? Semisal Anda membuka sebuah website dan mengklik sebuah tombol di dalamnya. Namun website tetap tidak bekerja memunculkan hasil apa-apa walaupun Anda sudah mengklik tombol berkali-kali.

Contoh kasus di atas dikenal sebagai kondisi website yang tidak responsif. Ini adalah kesalahan desain pertama yang wajib untuk Anda hindari.

Amat penting bagi sebuah website bisnis untuk selalu merespon permintaan pengguna dengan cepat, mulus dan lancar. Konsumen Anda jelas akan memilih berbelanja di tempat lain jika setiap tombol yang ada di website Anda tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Selain itu, website yang responsif harus bisa dibuka dengan baik dari perangkat mana saja: smartphone, laptop, tablet, dan seterusnya. Jika desain website Anda dibuat dengan asal-asalan, besar kemungkinan website olshop Anda tidak bisa tampil dan bekerja dengan benar saat dibuka dari berbagai perangkat. Semisal tampilan huruf-huruf dan tombol yang tampak “membengkak” ketika website dibuka dari smartphone yang layarnya kecil.

Artikel Terkait  Apa Itu CSS Selector? Mengenal 20 CSS Selector yang Wajib Anda Kuasai

2. Kualitas Foto di Website Sangat Buruk

Salah satu kendala bisnis online adalah ketidakmampuan pembeli melihat dan memegang langsung produk yang dijual. Solusinya, penjual lah yang menampilkan foto produk untuk memberi gambaran tampilan barang ke konsumen.

Anda wajib sekali untuk memperhatikan kualitas foto produk yang Anda pasang di website olshop. Ini karena manusia secara alamiah adalah makhluk visual. Alhasil seseorang dapat dengan mudah tergiur membeli sebuah produk yang tampilannya bagus, begitu juga sebaliknya. Kalau kualitas foto produk di website Anda jelek, buram, tidak fokus dan tidak proporsional, maka konsumen otomatis enggan berbelanja di tempat Anda.

Selain itu, beberapa website bisnis juga masih menempatkan foto dalam ukuran yang tidak pas. Seperti terlalu kecil sehingga sulit dilihat atau sebaliknya, terlalu besar sehingga memakan banyak ruang yang tak perlu. Segera perbaiki apabila website Anda juga masih memakai foto yang kualitasnya buruk.

3. Tampilan Desain Tidak Profesional

Fungsi utama desain website adalah memberikan kesan pertama yang baik kepada konsumen. Ketika seseorang membuka website Anda, ia bisa langsung menangkap kesan bisnis hanya dengan melihat tampilan desain yang dipakai.

Kesan bisnis ini pun bisa bermacam-macam bentuknya. Seperti kesan profesional, ramah, ceria, minimalis, elegan dan lain-lain. Sebagai pemilik bisnis, maka sudah pasti Anda lah yang bertanggung jawab untuk membangun tampilan desain yang sesuai karakter bisnis.

Sayangnya masih banyak pebisnis online yang mendesain website bisnisnya dengan tidak profesional. Misalnya seperti:

  • Menggunakan terlalu banyak warna mencolok dan kontras seperti hijau-merah.
  • Memakai bentuk desain yang tidak sesuai tema bisnis. Semisal bisnis baju anak-anak tapi websitenya menggunakan warna hitam yang jauh dari kesan ceria dunia anak-anak.
  • Ada terlalu banyak iklan pop-up dan iklan banner di website Anda sehingga menutupi konten utama dan menyulitkan konsumen berbelanja.

Anda harus berhati-hati, sebab website yang tampilannya tidak profesional otomatis akan sepi pengunjung. Siapa yang mau berbelanja di toko online yang dari tampilannya sudah tidak meyakinkan? Tentu saja jawabannya adalah tidak seorangpun.

4. Deskripsi Produk Tidak Jelas dan Membingungkan

Selain foto, deskripsi produk yang tidak jelas dan membingungkan juga bisa menjadi sumber permasalahan konsumen saat berbelanja di toko Anda.

Desain website olshop tidak cuma foto, bentuk tombol dan warna saja. Semua jenis tulisan yang ada di website Anda, mulai dari judul hingga deskripsi produk juga menjadi unsur penting dalam desain. Sebuah deskripsi yang memikat dapat dikombinasikan dengan foto produk dan diatur dengan baik posisinya untuk menarik minat belanja konsumen.

Sebuah deskripsi yang baik tidak selalu harus panjang. Anda hanya perlu membuat deskripsi yang informatif, tidak bertele-tele, rinci dan bisa menyampaikan keunggulan produk supaya konsumen merasa teryakinkan untuk mencoba membeli.

5. Website Terlalu Rumit dengan Banyak Tombol

Kehadiran tombol memang penting untuk memudahkan konsumen berbelanja di toko Anda secara mandiri. Umumnya, sebuah website memiliki lebih dari 1 jenis tombol menu dengan fungsi yang berbeda-beda. Semisal tombol “check-out” untuk membuat pesanan, tombol “keranjang” untuk memilih produk yang ingin dibeli, dan tombol “cari” untuk mencari produk idaman.

Akan tetapi masih banyak juga website bisnis yang justru jadi terlalu rumit pemakaiannya gara-gara punya terlalu banyak tombol. Selain itu, peletakan tombol-tombol di website juga tidak jelas sehingga menyusahkan konsumen saat berbelanja.

6. Tidak Punya Layanan Konsumen (Customer Service)

Kesalahan terakhir adalah website bisnis Anda tidak menyediakan layanan bantuan konsumen atau customer service. Meskipun transaksi dilakukan dari jarak jauh tanpa tatap muka, maka bukan berarti Anda tidak perlu menyediakan layanan customer service.

Justru konsumen cenderung memerlukan lebih banyak bantuan ketika berhadapan dengan sistem berbelanja online. Dengan adanya layanan customer service, konsumen bisa lebih mudah mengomunikasikan pertanyaan atau keluhannya kepada pemilik usaha.

Minimal cantumkanlah e-mail, nomor telepon atau WhatsApp yang aktif dan bisa cepat tanggap melayani keluhan dan pertanyaan konsumen. Akan lebih bagus jika Anda bisa menyantumkan fitur live chat pada website sehingga konsumen dapat langsung berkomunikasi dengan Anda di web.

Adanya informasi terkait layanan customer service selalu terbukti ampuh dalam meningkatkan rasa kepercayaan konsumen terhadap sebuah toko online.

Artikel Terkait  Apa itu GUI (Graphical User Interface)?

Segera Perbaiki Desain Website Bisnis Anda di Sini!

design-web-1

Sudahkah Anda mengecek kualitas desain web olshop Anda? Apakah Anda menemukan satu atau lebih kesalahan desain pada web olshop? Jika Anda menjawab “iya”, maka inilah saatnya untuk memperbaiki desain website bisnis Anda sebelum terlambat!

Jangan tunda-tunda lagi kesempatan untuk memperbaiki kualitas desain website olshop Anda. Lebih baik luangkan waktu sejenak untuk membenahi tata letak website daripada menanggung kerugian ditinggalkan konsumen yang tidak nyaman lagi berbelanja di toko Anda.

Kalaupun Anda masih bingung bagaimana caranya memperbaiki desain website yang berantakan, maka kami punya solusinya. Tidak perlu panik dan serahkan semuanya pada jasa desain website APPKEY!

APPKEY adalah jasa pengembang website bisnis dari Bali yang sudah punya banyak pengalaman mumpuni di bidangnya. Tim desainer profesional kami siap menolong Anda dalam urusan memperbaiki tampilan website bisnis.

Tidak seperti jasa desain website lainnya, tim APPKEY akan membantu Anda mulai dari nol. Kami akan mengajak Anda mengkaji ulang sasaran konsumen tujuan dan target dari bisnis untuk memudahkan memilih bentuk desain yang tepat. Anda juga bisa berkonsultasi gratis dan belajar bagaimana caranya bekerja memakai tampilan desain website yang baru.

Ayo segera konsultasikan permasalahan desain olshop Anda kepada jasa desain website APPKEY di https://appkey.co.id/ sekarang! Dapatkan juga lebih banyak promo menarik lainnya dari APPKEY terkait pengembangan dan jasa desain website profesional. Sayonara!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya