Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Desain Design UI 10 Rekomendasi Aplikasi Desain UI Terbaik untuk Pemula

10 Rekomendasi Aplikasi Desain UI Terbaik untuk Pemula

-

Memiliki aplikasi baik mobile ataupun web telah menjadi kebutuhan hampir seluruh instansi atau organisasi hingga pelaku bisnis. Oleh karena itu membuat aplikasi dengan rancangan yang menarik dan friendly menjadi hal yang wajib untuk dilakukan karena akan berpengaruh pada jumlah user yang akan berpengaruh juga pada perkembangan bisnis.

Oleh karena itu membuat mockup atau prorotype aplikasi akan sangat memudahkan Anda menentukan apakah aplikasi tersebut telah layak dan memanjakan user atau tidak. Maka jasa seorang UI designer menjadi sangat penting dan banyak dibutuhkan sehingga tidak heran banyak yang menginginkan bekerja di bidang satu ini. Apakah Anda salah satunya?

Proses pembuatan desain User Interface (UI) menjadi proses yang sangat penting dalam pembuatan aplikasi, baik aplikasi berbasis web maupun aplikasi mobile. Untuk menghasilkan desain UI yang baik, selain Anda dituntut untuk kreatifitas, Anda juga harus memiliki pengetahuan yang up-to-date tentang UI agar ketika mendesain Anda mengetahui trend terbaru.

Selain dua hal di atas, mengetahui berbagai tools atau aplikasi yang tepat untuk membantu Anda membuat desain user interface juga merupakan hal yang harus Anda ketahui. Ini akan sangat membantu Anda menemukan aplikasi terbaik sehingga Anda dapat bekerja dengan nyaman dan pekerjaan Anda dapat selesai lebih cepat.

Anda juga dapat memilih apakah akan menggunakan aplikasi berbayar atau aplikasi open source alias gratis. Berikut 10 rekomendasi aplikasi desain UI yang dapat menjadi pilihan Anda.

10 Rekomendasi Aplikasi Desain UI

user-interface-1

1. InVision

InVison adalah aplikasi yang cukup terkenal dan populer di dunia dan digunakan pada web. Bahkan merupakan aplikasi pembuatan prototyping berbayar, namun untuk Anda yang masih belajar dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis untuk proyek tunggal. Untuk opsi berbayar, terdapat paket 3 proyek yang harus Anda bayarkan sejumlah $15 perbulan dan dapat juga memilih paket proyek tidak terbatasnya dengan membayar $25 perbulannya.

Salah satu yang menjadikan aplikasi yang satu ini menjadi sangat terkenal dengan banyaknya pengguna yang menggunakannya adalah karena pengembang aplikasi ini selalu konsisten untuk menambah berbagai fitur terbaru dan menarik untuk memudahkan penggunanya membuat desain user interface yang lebih interaktif.

Pada halaman kerja aplikasi ini Anda dapat mengatur sendiri berbagai komponen maupun komplemen desain Anda ke dalam workflow. Selain itu Anda juga dapat mengatur kolom To-Do, In Progress, Needs Review, dan berbagai hal lainnya untuk memudahkan Anda mengidentifikasi pekerjaan Anda sehingga pekerajaan Anda lebih terorganisir.

Jika Anda ingin memasukkan berbagai jenis file ke dalam workspace Anda, dapat dilakukan dengan sangat mudah karena telah didukung. Mulai dari AI, PSD, JPG, sampai PNG. Bahkan aplikasi ini telah terintegrasi dengan berbagai aplikasi lainnya seperti Slack, Dropbox, Box, hingga Trello.

Dengan berbagai fitur dan kemudahan yang diberikan Anda tidak harus membuat banyak desain untuk membuat tampilan diberbagai macam device, karena dengan InVision Anda dapat membuat desain responsive yang akan menyesuaikan diri secara otomatis di berbagai device yang didukung aplikasi ini. In akan sangat membantu Anda untuk lebih fokus pada desain UI yang akan Anda buat.

2. Adobe Experience Design

Apakah Anda menginginkan aplikasi yang dapat digunakan gratis bahkan untuk versi fullnya? Maka aplikasi yang cocok untuk Anda adalah Adobe Experience Design! Aplikasi yang juga dikena dengan Adobe XD inipun dapat digunakan diberbagai sistem operasi seperti OS X, Windows, Android, hingga IOS.

Anda dapat membuat desain untuk aplikasi maupun web. Membuat Wireframe, prototype yang interaktif, Screen Layout, hingga aset yang siap untuk diproduksi dapat Anda lakukan dengan Adobe XD. Juga membuat gambar, Re-use, dan mencampur vector dengan sangat mudah.

Kemudahan lainnya ialah kemudahan Anda untuk beralih dari mode desain ke prototype di dalam aplikasi, bahkan Anda juga dapat membagikan hasil pekerjaan Anda dengan rekan kerja atau klien secara langsung untuk menilai desain Anda.

Apalagi aplikasi ini juga telah memiliki fitur untuk klien atau rekan tim memberikan komentar secara langsung terkait desain yang Anda buat secara real time.

3. Origami Studio

Masih rekomendasi aplikasi desain UI yang dapat digunakan gratis, aplikasi berikutnya adalah Origami Studio yang berjalan pada OS X yang dapat Anda manfaatkan untuk mendesain aplikasi android dan iOs. Aplikasi pembuat prototype yang dapat melihat pratinjau langsung secara real time pada ponsel ini adalah aplikasi yang awalnya dibuat oleh Facebook dengan tujuan membantu timnya untuk membangun dan merancang sebuah produk.

Dengan aplikasi ini  Anda dapat mempresentasikan desain yag telah Anda buat pada layar berbagai perangkat berbeda bahkan mengimpor desain yang telah Anda buat di Sketch ataupun PhotoShop. Lalu dengan sendirinya proyek desain Anda tetap bertahan untuk siap dihubungkan, lalu dianimasikan untuk kemudian berubah sesuai dengan kebutuhan. Hanya saja, aplikasi ini belum menyediakan fitur kolaborasi sehingga tidak dapat dikerjakan dengan tim Anda secara langsung di aplikasi ini.

Artikel Terkait  Mengenal Apa itu Angular JS dan Panduan Cara Menggunakannya

4. Axure

Axure adalah pilihan berikutnya yang dapat menjadi opsi untuk Anda memilih aplikasi desain untuk UI yang professional dengan desain yang lengkap. Jika Anda seorang pemula dan masih mencari-cari aplikasi yang tepat, tidak perlu risau atau kehilagan minat menggunakan aplikasi ini, karena telah disediakan paket trial atau percobaan selama 30 hari untuk Anda. Aplikasi ini dapat Anda gunakan membuat prototype untuk diberbagai sisyem operasi.

Bagaimana dengan fitur yang disediakan? Aplikasi ini memberikan Anda pengalaman tidak hanya untuk membuat desain UI saja melainkan dapat juga Anda gunakan untuk membuat prototype atau mockup yang fiturnya dapat dicoba secara langsung tanpa harus memiliki kemampuan coding.

Adapun beberapa fitur yang ada terdiri dari fitur Dynamic Content yang memberikan fungsi hover jika diperlukan, Conditional Flow Statement, hingga penyortiran informasi berbasis data. Bahkan Anda juga dapat menyisipkan animasi yang Anda inginkan untuk membuat desain UI Anda semakin menarik.

5. Atomic

Aplikasi berikutnya adalah Atomic yang merupakan aplikasi berbasis web sehingga dapat digunakan untuk seluruh sistem operasi yang digunakan perangkat Anda namun hanya dapat diakses dengan Chrome. Selain dapat digunakan untuk semua perangkat, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mendesain prototype semua jenis aplikasi yang akan Anda buat. Dengan aplikasi ini Anda diberikan fleksibilitas serta control untuk mengendalikan desain sehingga dapat menyempurnakan interaksi Anda. Anda dapat melihat perubahan dan animasi yang Anda buat hanya dengan mengklik tombol putar.

Kelebihan lainnya adalah telah disediakannya akses yang sangat mudah ke berbagai pengembangan dengan sistem prototyping bersama yang mudah dan sederhana.

Sehingga Anda tidak harus menginstal aplikasi tambahan hanya untuk berkolaborasi. Yang tidak boleh dilewatkan untuk jadikan pertimbangan adalah fitur histori yang memungkinkan Anda untuk “mundur” ke iterasi sebelumnya lalu menyempurnakan atau mengeditnya dari titik manapun yang Anda inginkan.

Artikel Terkait  Apa itu Chatbot? Indikator Pengembangan Layanan dan Tujuh Contoh Layanan yang Menggunakan Chatbot

6. Balsamiq Mockups

ide-design

Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi berbayar, namun menyediakan masa percobaan gratis selama 30 hari. Penggunaan aplikasi ini sangat mudah dan cepat dengan kenyamanan seperti membuat desain di atas kertas, namun sebenarnya menggunakan media digital.

Dalam aplikasi ini disediakan lebih dari 500 ikon dan item yang dapat Anda gunakan untuk mulai membuat desain UI. Bahkan untuk Anda yang baru mempelajari baik UI maupun UX dapat menggunakan aplikasi satu ini dengan sangat mudah. Dengan Balsamiq, peggunaan low-fidelity akan terasa lebih seperti wireframe yang sangat interaktif.

Tidak hanya desain UI, UX juga dapat Anda buat dengan sangat mudah, menghasilkan gambaran kasar yang sangat menarik untuk klien Anda melakukan penilaian. Keunggulan lainnya ialah aplikasi ini telah mengadopsi pintasan keyboard PC sehingga semakin memudahkan penggunanya bekerja lebih cepat dan efisien.

7. Framer

Framer adalah aplikasi berikutnya yang akan membantu Anda dalam membuat desain UI yang sangat populer dikalangan pengembang developer pengguna. Aplikasi ini menawarkan fitur yang sangat lengkap yang dapat Anda nikmati dengan membayar $15 perbulannya. Namun Anda dapat mencoba menggunakannya secara gratis karena terdapat mode trial selama 14 hari.

Aplikasi ini menyediakan alur kerja yang sangat mudah dipahami. Anda dapat melihat preview atau pratinjau perangkat, mengontrol versi yang diinginkan, serta berbagai dengan tim Anda dengan sangat mudah. Jika Anda sangat baru menggunakannya pun tidak perlu merasa khawatir karena telah disediakan berbagai dokumen yang akan memudahkan Anda untuk belajar menggunakan aplikasi satu ini.

Bahkan Anda dapat mengintegrasikan atau menghubungkan proyek yang telah Anda buat sebelumnya di aplikasi Sketch atau Photoshop untuk diimpor ke desain yang Anda buat dengan Framer. Anda juga tidak perlu khawatir desain yang Anda buat terganggu karena Framer akan tetap mempertahankan lapisan desain Anda.

8. Figma

Figma merupakan aplikasi yang berbasis web yang dapat Anda jalankan diberbagai aplikasi pencarian mulai dari Google, Opera, Mozilla, sampai dengan Safari sehingga tidak akan memberatkan perangkat Anda untuk memasang aplikasi ini dan dapat dijalankan pada semua sistem operasi. Kelebihan pada aplikasi ini ialah tersedianya fitur kolaborasi dengan tim Anda sehingga sangat memudahkan proses pembuatan desain aplikasi. Ini tentunya akan memudahkan Anda untuk bekerja lebih cepat dan efisien.

9. MockFlow

Jika Anda menginginkan aplikasi yang memiliki fitur Wireframe terbaik maka MockFlow adalah pilihan terbaik untuk Anda. Aplikasi desain UI satu ini memungkinkan Anda membangun layout serta tata letak dasar dengan sangat mudah dan tentunya cepat.

Hasil desain yang dihasilkan juga akan terlihat lebih rapi sehingga ketika Anda aplikasikan nantinya akan terlihat jauh lebih menarik. Selain itu, MockFlow akan sangat membantu dalalam pengerjaan berbagai task yang terdapat dalam proyek desain UI yang tengah Anda kerjakan. Dengan bantuin Wireframe-nya Anda dapat mengeksplor ide lebih jauh dan melakukan pengujian langsung dengan aplikasi satu ini.

Artikel Terkait  Yuk Bedah User Experience (UX) Desain dari Game Among Us!

10. Sketch

Aplikasi desain user interface berikutnya adalah Sketch yang digunakan pada platform OS X dan dapat digunakan secara gratis. Namun bagi Anda yang ingin menggunakan versi lengkapnya maka dapat menggunakannya dengan membayar $99.

Dalam segi tampilan dan beberapa hal lainnya, sesungguhnya aplikasi desain UI satu ini memiliki tampilan yang mirip dengan aplikasi PhhotoShop. Hal ini akan memudahkan Anda dalam mengedit atau memanipulasi foto agar lebih menarik.

Aplikasi vector pada aplikasi ini sangat fleksibel sehingga dapat beradaptasi dengan perubahan gaya, ukuran, ingga tata letak. Tentunya ini akan membantu Anda menghasilkan karya berupa prototype yang berkualitas.

Itulah dia ulasan terkait 10 rekomendasi aplikasi desain UI terbaik yang dapat Anda coba dan cukup friendly untuk user pemula. Ada yang gratis seperti Adobe XD namun ada juga yang harus Anda bayar untuk dapat menggunakan fitur lengkapnya.

Namun kabar baiknya, bagi Anda yang baru berkenalan dengan bidang satu ini, Anda dapat mencoba versi trial atau masa percobaan yang disediakan oleh berbagai aplikasi tersebut.

Gunakanlah aplikasi yang paling cocok dan nyaman untuk Anda. Jika telah merasa nyaman, tentunya tidak akan berat atau rugi meski harus membayar sejumlah uang untuk dapat menikmati fitur lengkap dari aplikasi-aplikasi tersebut.

Sekian pembahasan tentang aplikasi-aplikasi desain UI kali ini, terima kasih telah mengikuti hingga akhir. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya, semoga membantu!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya