Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Backend Mengenal Oracle: Pengertian, Fungsi, dan Kelebihannya

Mengenal Oracle: Pengertian, Fungsi, dan Kelebihannya

-

Database merupakan salah satu komponen penting dalam sistem informasi setiap perusahaan, karena dibutuhkan untuk menyimpan dan mengolah data menjadi sebuah informasi.

Betapa pentingnya database. Maka tak heran, sekarang ini banyak tersedia software-software untuk mengelola sistem manajemen database gratis ataupun berbayar. Salah satunya, yaitu Oracle.

Apakah kalian mengenal Oracle?

Sebenarnya, sudah banyak orang yang mengenal Oracle. Apalagi, jika mereka yang sering berkecimpung di dunia IT, pasti sudah mengenal Oracle.

Perkembangan

oracle-2

Sebelum lanjut ke pengertian, penting untuk mengenal oracle dimulai dari perkembangannya terlebih dahulu. Oracle dikembangkan oleh Larry Ellison pada tahun 1977 di Software Development Laboratories (SDL). Dua tahun berselang, pada tahun 1979, SDL berganti nama menjadi Relational Software Inc. (RSI).

Tidak lama kemudian, Oracle versi 2 dirilis. Sejak saat itu, disebut juga sebagai moment untuk pertama kalinya, Oracle mulai dikomersilkan. Kemudian, memasuki tahun 1983, RSI berganti nama menjadi Oracle Corporation. Nama Oracle Corporation ini masih digunakan sampai sekarang.

Seperti itulah ulasan singkat mengenai Oracle pada awal perkembangannya hingga software ini pertama kali dipasarkan. Untuk lebih mengenal Oracle. Yuk, kita pelajari pengertian, fungsi, dan kelebihan Oracle berikut ini.

Pengertian Oracle

Menurut opini beberapa orang, mengenal Oracle membutuhkan waktu yang lama. Sehingga, ada anekdot yang menyebutkan Oracle adalah “ora kelar-kelar.”

Pengertian seperti itu, mungkin termasuk pengertian yang kirata (kira-kira tapi nyata). Pengertian dengan dasar perkiraan semata.

Untuk mengenal oracle lebih lanjut, berikut pengertian-pengertian dari Oracle :

Oracle adalah database Oracle, Oracle DB, atau disebut juga Oracle. Nama Oracle adalah sebuah nama yang diambil dari kode nama CIA yang ditemukan oleh Larry Ellison di dalam sebuah proyeknya. Hal ini memang wajar, karena sebelum dikomersilkan atau digunakan oleh publik, Oracle adalah software database yang digunakan di lingkungan militer Amerika Serikat.

Oracle adalah sebuah software untuk sistem manajemen database relasional (RDBMS) dan bukan software untuk sistem manajemen database biasa (DBMS). Oracle diproduksi dan dipasarkan oleh perusahaan pembuat software terkemuka di dunia, yaitu Oracle Corporation yang bermarkas di Redmond City, California.

Oracle adalah software yang pertama kali melibatkan SQL (Structure Query Language) di dalam pengelolaan database. Adanya SQL ini membuat pengguna komputer lain dapat mengakses informasi dari dalam database komputer yang menggunakan sistem RDBMS dengan mudah dan cepat.

Informasi yang tersimpan pada database relasional Oracle, biasanya berupa kumpulan data-data dalam bentuk tabel-tabel yang dapat diakses menjadi informasi menggunakan SQL.

Oracle sendiri memiliki berbagai edisi, seperti Enterprise, Standar, Ekspres, dan Oracle Lite. Selain itu, Oracle dapat berjalan pada setiap sistem operasi, seperti OS Windows, UNIX, Linux, dan MacOS.

Dengan pengertian dan penjelasan untuk mengenal oracle tersebut diatas, mungkin dapat sedikit membantu anda untuk memahami dan mengenal oracle.

Artikel Terkait  MySQL Adalah ? | Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

Fungsi

Fungsi Oracle hampir sama seperti fungsi software database biasa (DBMS), yaitu sebagai pengelola data yang tersimpan dalam database. Tetapi, Oracle adalah RDBMS yang memiliki perbedaan fungsi dengan software-software DBMS. Perbedaan fungsi tersebut, intinya dalam hal pengelolaan database. Berikut fungsi-fungsi yang ditawarkan oleh Oracle:

Menvisualisasi

Data Pengguna dapat memvisualisasikan data dalam bentuk baris dan kolom di dalam tabel digital. Artinya, pengguna dapat menyimpan seluruh datanya dalam skala besar secara digital di database Oracle. Hal Itu berarti user, tidak memerlukan lagi rak dan ruangan yang besar untuk tempat penyimpanan tumpukan data-data fisik. Dengan begitu, pengguna bisa menghemat biaya.

Visualisasi data dengan baris dan kolom di tabel digital. Hal ini agar data-data mudah diidentifikasi sesuai dengan spesifikasinya. Bila mana user mencari data, maka user tidak akan bingung dengan tumpukan data-data dan mudah menemukan data tersebut dengan waktu yang cepat.

Alat Manajemen

Oracle merupakan software database yang mudah digunakan yang dapat menjadi fondasi penting bagi perusahaan yang ingin membangun sistem manajemen informasi handal demi meningkatkan kinerja perusahaan.

Pengontrol akses

Memonitor setiap user yang akan mengakses data ke sistem database dengan menggunakan SQL. SQL ini adalah teknologi pendukung yang terdapat di dalam setiap software sistem manajemen database relasional.

Perlindungan Data

Oracle dapat mencegah kerusakan atau kehilangan data perusahaan dengan menggunakan Real Application Clusters (RAC). RAC ini merupakan teknologi yang memberikan perlindungan terhadap data-data/asset perusahaan, bila mana terjadi kegagalan sistem pada salah satu server database.

Adanya RAC, kegagalan sistem tidak akan mempengaruhi kinerja server database lain. Karena, teknologi ini membuat pengelolaan database menjadi terpusat, terstruktur rapi, dan memungkinkan antar server  terintegrasi.

Apabila salah satu server database ada yang mengalami downtime, server-server yang lain secara cepat dan otomatis merecovery, sehingga downtime pada salah satu server tersebut tidak akan menimbulkan efek kepada seluruh user.

Skalabilitas dan Keamanan

Oracle memiliki potensi untuk terus dikembangkan atau dapat diskalakan kapasitasnya menjadi lebih besar lagi, hanya dengan menambah resources (server dan data storage). Sehingga, dengan skalabilitasnya ini, Oracle mampu mengelola data yang selalu bertambah besar secara mudah dan aman.

Manajemen user

Oracle dapat melakukan pengaturan akses data. Jadi, tidak sembarang orang dapat mengakses data secara bebas ke database. Hanya user-user tertentu yang telah diberikan hak akses yang dapat mengakses data ke dalam database.

Untuk mengenal oracle lebh lanjut, berikut kelebihan-kelebihan dari oracle:

Kelebihan Oracle dibandingkan PostgreSQL

oracle-3

  • Jika dibandingkan dengan PostgreSQL, Oracle dapat menghandle database dengan kapasitas yang besar. Tak heran, Oracle database banyak diminati oleh perusahaan-perusahaan yang memerlukan space besar untuk menampung data-data terstruktur dengan volume besar.
  • Database Oracle mengupdate versi terbarunya setiap dua atau tiga tahun sekali. Update ini dilakukan untuk perbaikan kualitas sesuai dengan permintaan pasar. Sedangkan, PostgreSQL mengupdate versi terbarunya setiap empat atau lima tahun sekali. Update itu berupa perbaikan kualitas dan penambahan fitur-fitur baru sesuai dengan trend.
  • Oracle memiliki fitur-fitur keamanan yang berkualitas tinggi yang dapat melindungi data di dalam database. Fitur-fitur keamanan Oracle lebih baik dan lebih canggih daripada fitur-fitur keamanan database PostgreSQL.

Kelebihan Oracle dibandingkan MySQL

  • Oracle memiliki fleksibilitas dalam mengontrol transaksi. Hal ini karena, Oracle memiliki fitur yang tidak dimiliki oleh MySQL, yaitu High Transaction Processing Performance.  High Transaction Processing Performance adalah sebuah fitur yang digunakan untuk menjaga performa sistem database selama proses transaksi data berlangsung. Sehingga, dengan adanya fitur ini, meski di database sedang banyak terjadi transaksi atau akses terhadap data yang sama yang dilakukan secara bersamaan, proses transaksi atau akses data semua user ke sistem tetap berjalan dan sistem database tidak mengalami down.
  • Oracle memiliki tingkat skalabilitas yang lebih tinggi ketimbang MySQL. Artinya, Oracle memiliki kemampuan yang tidak terbatas, kemampuan yang tidak dipunyai oleh MySQL, yaitu kemampuan menghandle penambahan beban yang bertambah besar, seperti penambahan user dan penambahan volume data.

Adanya penambahan beban yang sangat besar, tidak akan membuat overload dan kinerja sistem database Oracle tetap stabil dan tidak menjadi down. Bahkan, akan terus berkembang menyesuaikan dengan penambahan beban-beban yang semakin bertambah besar.

Simpulan

Oracle merupakan sistem manajemen database yang sukar dipelajari, membosankan, lambat, dan mahal ketimbang sistem manajemen database MySQL dan PostgreSQL. Tetapi, tak dapat dipungkiri, ternyata Oracle mendapatkan respek yang lebih besar dari perusahaan-perusahaan besar di dunia.

Karena, Oracle memiliki fungsionalitas (benar-benar berfungsi), fleksibilitas, dan skalabilitas yang dapat diandalkan untuk pengembangan sistem informasi pada setiap perusahaan. Saat ini, Oracle menjadi salah satu pesaing utama Big Data di pasar IT dunia.

Demikianlah, semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat.

 

 


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya