Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteBackendApa itu Oracle Cloud? Pengertian dan Alasan Anda Harus...

Apa itu Oracle Cloud? Pengertian dan Alasan Anda Harus Menggunakannya

-

Oracle Cloud adalah sebuah layanan untuk cloud computing yang disediakan oleh Oracle Corporation yang menyediakan penyimpanan, jaringan, aplikasi, dan berbagai layanan lainnya untuk pengembangan aplikasi maupun website.

Sejak lama, Oracle telah banyak digunakan oleh berbagai developer maupun perusahaan besar yang bergerak dibidang pengembangan, salah satunya adalah Oracle Cloud. Pada penjelasan ini, kami akan membahas tentang Cloud yang tersedia di Oracle.

Apa Itu Oracle Cloud?

Oracle Cloud atau dikenal juga dengan OCl adalah layanan cloud publik perusahaan database. Oracle telah memposisikan dan menyesuaikan layanan cloud-nya sebagai opsi terbaik untuk menjalankan database Oracle. Cloud Database keluaran Oracle ini adalah pesaing dari pesaing pemimpin pasar, Amazon.

Oracle memiliki jaringan global pusat data terkelola yang diatur untuk menjalankan penawaran cloud mereka. Perusahaan menggunakan layanan Oracle Cloud untuk menyediakan aplikasi cloud, server, penyimpanan, dan pemrosesan di jaringan global ini.

Jaringan itu sendiri dibangun di atas Ethernet 25Gb; tidak ada node yang dipisahkan dari node lain oleh lebih dari satu hop dengan topologi datar jaringan. Jaringan ini memberi Oracle kepercayaan diri untuk menawarkan service level agreement (SLA) yang kuat.

Infrastruktur, platform, perangkat lunak, dan layanan data semuanya dapat digunakan untuk memperluas atau mengintegrasikan aplikasi perusahaan ke dalam cloud Oracle atau untuk membangun dan menyebarkan yang baru. Baik penerapan multi-penyewa tervirtualisasi dan layanan komputasi bare metal dapat dihubungkan dengan application program interface (API).

Mengapa Harus Menggunakan Oracle Cloud?

oracle-cloud.

Oracle Cloud adalah cloud database publik pertama yang dibangun dari awal untuk menjadi cloud yang lebih baik untuk setiap aplikasi. Dengan memikirkan kembali rekayasa inti dan desain sistem untuk komputasi awan.

Oracle menciptakan inovasi yang mempercepat migrasi, memberikan keandalan dan kinerja yang lebih baik untuk semua aplikasi, dan menawarkan layanan lengkap yang dibutuhkan pelanggan untuk membangun aplikasi awan yang inovatif.

Framework Adoption (adopsi kerangka kerja) dari Cloud OCI membantu organisasi memfasilitasi transisi mereka ke cloud dengan menawarkan kumpulan sumber daya cloud, praktik terbaik, tutorial, dan alat pemberdayaan yang berharga.

Framework ini membantu pelanggan menentukan strategi cloud yang kuat, merencanakan migrasi beban kerja yang berhasil, dan memastikan pengelolaan lingkungan cloud yang lengkap. Cloud Adoption Framework memberikan metodologi kepada pelanggan untuk menggunakan efisiensi bawaan Oracle Cloud seperti Layanan Cloud Lift, dan program nilai utama, termasuk Oracle Support Rewards.

Artikel Terkait  Hibernate adalah : Framework Backend Java Terpopuler

Kelebihan dan Kekurangan Oracle Cloud

Meskipun Oracle Cloud menawarkan berbagai layanan yang luar biasa, namun cloud database ini tetap memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan Oracle Cloud.

1. Kelebihan Oracle Cloud

Bersamaan dengan berbagai layanannya yang luar biasa, inilah kelebihan Oracle Cloud Database yang bisa jadi pertimbangan untuk Anda ketika ingin menggunakannua.

  • Oracle Bare Metal Cloud

Oracle Bare Metal Cloud adalah kumpulan layanan cloud yang memungkinkan Anda membangun lingkungan yang Anda butuhkan. Layanan bare metal berarti tidak ada hypervisor, hanya node komputasi fisik. Ini sangat membantu dalam situasi seperti

  • Anda menginginkan kinerja tinggi (yang biasanya berarti ada hubungannya dengan database).
  • Anda ingin kontrol yang lebih besar.
  • Anda ingin manajemen biaya yang lebih baik.

Pada dasarnya Anda memiliki lebih banyak kebebasan untuk melakukan apa yang Anda inginkan. Biaya ini datang dalam bentuk lebih banyak keterampilan dan waktu yang dibutuhkan untuk mengkonfigurasi sistem yang Anda inginkan.

Jika Anda tidak terbiasa dengan konsep server bare metal, hypervisor, dan sejenisnya, Anda mungkin akan menemukan bahwa Oracle Cloud lebih cocok daripada beberapa dari tiga penyedia cloud besar karena Oracle, secara umum, membutuhkan lebih banyak pengetahuan cloud.

  • Database Oracle Cloud

Berbicara tentang database, mari kita bicara tentang opsi database Oracle Cloud. Ini benar-benar kekuatan terbesar Oracle Cloud, yang seharusnya tidak menjadi kejutan besar mengingat basis pelanggan terbesar Oracle didorong oleh basis data.

Oracle Exadata, misalnya, adalah platform komputasi yang dioptimalkan untuk menjalankan Oracle Database. Ini unggul pada aplikasi pemrosesan transaksional online (OLTP) yang berjalan secara bersamaan.

Tentu saja, ulasan apa pun tentang Oracle Cloud tidak akan lengkap tanpa diskusi tentang Database Otonomnya yang terkenal, yang sangat cocok untuk OLTP. Autonomous Database adalah campuran dari database tradisional dengan pembelajaran mesin untuk memberikan sejumlah keuntungan database ini menawarkan patch otomatis, pencadangan pengoptimalan, dan perbaikan sendiri

Artikel Terkait  Cara Membuat Database Baru | Xampp, MySQL, Access

  • Oracle di tempat dan lingkungan hybrid

Akhirnya, mari kita bicara tentang lokal. Oracle Cloud, terutama unggul dalam migrasi dan dukungan lingkungan hybrid. Oracle mendesain lingkungan cloud-nya dengan salah satu target utama mereka adalah basis pengguna yang ada.

Database pengguna itu hampir secara eksklusif di tempat. Dengan pengetahuan itu, Oracle telah merancang banyak fitur bermanfaat bagi pengguna untuk bermigrasi ke cloud. Mereka juga memiliki model dukungan yang sangat kuat untuk lingkungan hybrid.

2. Kekurangan Oracle Cloud

Dibalik berbagai kelebihan luar biasa dari cloud database di Oracle. Ada beberapa kekurangan yang dimiliki oleh Oracle Cloud. Khususnya terkait dengan Oracle yang jelas tumbuh pada tingkat yang sangat besar.

Kekurangan terbesar mereka pada tahap ini adalah setelah Anda melangkah keluar dari kasus penggunaan inti itu dan ke dalam penawaran kelas bawah atau lebih banyak kasus tepi, fitur-fiturnya tidak cocok dengan pesaing yang lebih besar seperti Microsoft Azure atau AWS.

Oracle Cloud VS Cloud Database Lainnya

Mulai akhir tahun 2016, Oracle Cloud merupakan salah satu pemain baru di bidangnya. Pada dasarnya ada dua kelompok cloud yang berbeda saat ini: pemimpin industri dan pemain khusus. Gartner memiliki grafik yang sangat bagus yang menjelaskan detailnya dan memberi Anda garis besar kasar dari letak tanahnya.

Amazon Web Services (AWS), Microsoft Azure, dan Google Cloud (GCP) adalah pemimpin di bidang Cloud Computing ini. Namun di sisi lain Alibaba, Oracle, IBM, dan Tencent menempatkan diri mereka sebagai niche player atau pemain yang menawarkan keunikan pada cloud database mereka.

Meskipun Oracle saat ini terdaftar sebagai pemain niche, mereka memiliki basis pelanggan dan keinginan untuk tumbuh menjadi pemimpin industri seperti tiga besar. Saat melihat grafik, penting untuk dipahami bahwa niche tidak selalu berarti tingkat kedua. Faktanya, platform ini mungkin menawarkan opsi terbaik untuk Anda tergantung pada kebutuhan spesifik Anda.

Penggunaan Oracle Cloud dalam Dunia Nyata

Cloud database dari ini sudah banyak digunakan oleh berbagai perusahaan maupun aplikasi. Lihatlah dua contoh pengunaan cloud computing ini dalam dunia nyata.

1. Zoom

Zoom adalah platform yang sangat populer untuk rapat online. Salah satu alasan utama Zoom memilih Oracle dibandingkan penyedia cloud lainnya adalah karena harga. Zoom memiliki ratusan ribu terabyte lalu lintas yang mengalir melalui cloud setiap bulan dan Oracle Cloud mengenakan biaya yang jauh lebih rendah untuk harga transfer data.

Jika Anda membutuhkan transfer atau penyimpanan data dalam jumlah besar, Oracle Cloud dapat menjadi pilihan yang tepat dibandingkan penyedia cloud lainnya karena penawaran harga yang kompetitif.

2. Pengguna Oracle Database

Jika Anda adalah pengguna Oracle Database, Anda akan menemukan bahwa Oracle telah membangun cloud mereka dengan mempertimbangkan kasus penggunaan ini. Dari harga hingga mendukung opsi database hingga hybrid, dan lokal, ada banyak hal yang disukai tentang Oracle Cloud untuk pengguna Oracle yang sudah ada.

Kesimpulan

Oracle Cloud menjadi salah satu layanan Cloud Computing terbaik yang bisa digunakan secara individu maupun oleh perusahaan. Meskipun bukan pemain utama dalam cloud database, Oracle tetap menjadi pilihan terbaik dengan berbagai fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda ingin lebih banyak informasi seputar cloud computing ataupun cloud database, jangan lupa kunjungi Web App di https://appkey.id/ dan dapatkan selalu informasi terbaru seputar pengembangan blog, website, maupun database.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Mau Jadi Front End Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya