Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Desain Design Web Mengintip Desain Website Kekinian Tahun 2021

Mengintip Desain Website Kekinian Tahun 2021

-

Desain website merupakan komponen yang paling penting dalam sebuah bisnis yang mengandalkan promosi melalui website. Desain website merupakan bentuk visualisasi dan grafis dari tampilan suatu website. Tampilan website yang baik tentunya akan sangat membantu meningkatkan peforma bisnis Anda secara online.

Ini sangat berguna dalam mengelola tampilan konten yang akan ditayangkan pada suatu website. Seiring berkembangnya teknologi, maka desain juga akan mengikuti perkembangan teknologi yang ada saat ini. Untuk itu Anda perlu mengetahui tren desain-desain populer yang ada di tahun 2021. Yuk simak bahasannya berikut ini!

Konsep Dasar Desain

trend-design-website-2021

Sebelum berbicara terkait desain website lebih jauh, maka sebagai seorang web desainer terutama web desainer harus memahami terlebih dahulu terkait konsep dasar mengenai desain website. Mengetahui konsep dasar desain akan sangat membantu seorang web desainer untuk menghasilkan sebuah desain yang tidak hanya menarik secara visual namun juga dapat menawarkan solusi pemasaran bagi perusahaan serta kenyamanan berselancar bagi para konsumen.

Terdapat berbagai faktor yang dapat mempengaruhi desain suatu website. Salah satunya adalah faktor psikologis faktanya sangat mempengaruhi dalam menciptakan suatu website yang tidak hanya sekedar website biasa. Namun, agar website yang diciptakan dapat menjadi suatu komunikasi dan membentuk persepsi visual di benak konsumen.

Persepsi visual merupakan kecenderungan yang dapat mempengaruhi pikiran manusia dalam menilai suatu hal, dalam hal ini tentunya persepsi yang dibentuk konsumen terhadap produk atau bisnis Anda. Oleh karena itu, faktor ini menjadi faktor penting dalam pertimbangan seorang desainer website dalam menciptakan web design.

Desain website yang baik juga harus memperhatikan beberapa aspek. Aspek penting yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

1. Aspek Kesatuan dan Variasi

Unity dapat diartikan secara sederhana sebagai aspek penyajian suatu gabungan dari gambar. Kesatuan yang dimaksud disini adalah gabungan dari elemen-elemen teks, grafis, shape yang saling melengkapi satu sama lain sehingga terbentuk suatu harmoni dari gabungan tersebut.

Aspek kesatuan juga menilai kontras yang ditampilkan dari desain suatu website, kegunaan kontras bagi desain suatu website untuk menampilkan variasi dan komposisi visual untuk meningkatkan efek visual secara keseluruhan. Kontras pada suatu website juga dapat berfungsi untuk menonjolkan pesan yang ingin disampaikan kepada para pengunjung website.

Kontras dapat dilihat melalui kontras size, kontras dalam nilai. kontras bentuk, dan keseimbangan visual. Kontras ukuran adalah hal yang sering terlihat dalam suatu desain website, hal ini karena ukuran merupakan bentuk paling dasar dan elemen penting dalam sebuah desain.

Ukuran juga merupakan elemen penting yang dapat mengalihkan kesadaran visual seseorang. Memasang ukuran yang berbeda-beda dalam sebuah layout website dapat menciptakan komposisi visual yang menarik.

Kontras dalam nilai biasanya berhubungan dengan kegelapan atau kecerahan suatu objek. Aspek kegelapan dan kecerahan yang ditampilkan dapat mempengaruhi desain secara kesuluruhan. Selanjutnya, kontras dalam bentuk merupakan aspek penting dalam menggambarkan elemen-elemen visual yang tercipta dalam suatu website.

Kontras dalam bentuk dapat dicapai dengan membandingkan berbagai jenis bentuk baik secara dua dimensi atau tiga dimensi. Kontras tentunya akan lebih mudah terwujud bila membandingkan bentuk-bentuk yang sangat berlawanan seperti bentuk lengkung dipadukan dengan bentuk sudut, lalu bentuk geometris dengan bentuk organik.

Komposisi suatu kelompok elemen akan membentuk suatu keseimbangan visual. Keseimbangan visual yang paling umum adalah berkaitan dengan keseimbangan simetris dan asimetris.

Keseimbangan simetris terbentuk dari kumpulan-kumpulan elemen dengan jumlah dan bentuk yang sama. Keseimbangan asimetris tercapai dengan menyandingkan elemen-elemen yang memiliki ukuran, gelap terang, dan bentuk yang berlawanan.

Artikel Terkait  TailwindCSS, untuk Proses Prototyping Desain Web yang Lebih Cepat

2. Aspek Navigasi

Navigasi merupakan aspek yang wajib diperhitungkan oleh seorang desainer website. Navigasi diartikan sebagai aspek yang dapat membantu memudahkan para konsumen untuk berselancar di website yang dirancang dengan mudah. Aspek navigasi merupakan aspek yang dapat mencerminkan baik buruknya desain web yang dikembangkan.

Navigasi biasanya terdiri dari menu-menu yang tersusun rapi, tombol home, link yang saling terhubung, fitur-fitur pencarian, fitur-fitur komunitas dan fitur bantuan yang harus ada dalam sebuah website.

3. Aspek Konsep Penulisan

Penulisan dalam suatu website juga merupakan elemen dasar yang harus diperhatikan. Hal ini berkaitan dengan fungsi suatu website yang dapat membantu memberikan informasi kepada para pembaca. Konsep penulisan berhubungan dengan tipografi dan konten yang ditampilkan pada website bersangkutan.

Tifografi merupakan teknik yang memadupadankan seni dan tampilan tulisan. Tipografi memberikan kesan visual kepada para pembaca. Tipografi yang harus diperhatikan adalah pengaturan jenis font, ukuran font, dan hingga efek yang ingin ditampilkan pada suatu font.

Untuk aspek konten kejelasan pesan dan teknik penulisan harus sangat diperhatikan. Hal ini berkaitan dengan para konsumen atau pembaca yang terkadang tidak memiliki banyak waktu untuk mendapatkan dan menggali suatu informasi.

Penulisan konten harus memperhatikan perilaku para pembaca yang cenderung membaca memindai, sehingga dalam penulisan konten sebaiknya dijadikan poin-poin dan hindari penulisan yang bertele-tele serta membosankan yang akan membuat para pembaca menjadi tidak nyaman.

4. Aspek Penggunaan dan Akses yang Mudah

Website yang baik adalah website yang membuat para pembaca atau konsumen betah berselancar di website dalam jangka waktu yang lama. Hal ini menuntut seorang desainer website untuk merancang website tidak hanya unggul dalam segi visual akan tetapi juga harus unggul dalam segi penggunaan dan akses.

Percuma saja merancang dan mendesain web yang canggih, profesional, dan menarik secara visual, namun sangat sulit bahkan para pengguna tidak bisa menggunakannya.

Sulitnya mengakses website juga berarti menyulitkan pembaca mengakses suatu informasi, hal ini dapat menyebabkan konsumen atau pembaca kapok mendatangi website Anda. Hasilnya tentu konsumen-konsumen Anda mengabaikan keberadaan website Anda.

Konsumen atau pembaca biasanya menginginkan kemudahan, kejelasan, dan kecepatan dari pengaksesan informasi dari suatu website. Penggunaan website yang mudah menjadikan para pengguna untuk selalu mengandalkan website Anda dalam mencari informasi terkait produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Oleh karena itu dalam merancang sebuah website aspek kemudahan akses dan penggunaan website dari sisi konsumen juga harus diperhatikan.

5. Aspek Kebutaan Warna

Aspek kebutaan warna berkaitan dengan pemilihan warna yang dapat dibaca oleh semua konsumen dari berbagai kalangan. Pemilihan warna sangat berpengaruh dalam tampilan visual bagi para pembaca yang mungkin memiliki penyakit buta warna.

Permasalahan ini juga merupakan hal krusial yang sebaiknya dipikirkan oleh seorang web desainer. Seorang web desainer harus mampu menetralkan masalah ini dengan cara menghidari penggunaan satu jenis warna dalam perancangan sebuah website.

Kontras warna dapat menjadi dasar untuk mencari solusi dalam menyelesaikan masalah ini bagi web desainer.  Sehingga, pembaca dari berbagai kalangan tetap mampu untuk membaca segala informasi yang termuat di dalam website yang Anda rancang dan membentuk suatu harmoni perpaduan warna yang membuat website Anda tidak monoton.

Bagaimana Desain Website Dapat Membantu Penjualanmu?

Setelah mengetahui aspek-aspek penting yang harus termuat dalam suatu desain web, sekarang saatnya mengetahui fungsi dan peran penting desain web dalam membantu meningkatkan penjualan.

Promosi produk atau jasa yang menggunakan website dalam kegiatan pemasarannya, tentunya tampilan dan komponen-komponen website dalam bisnis Anda menjadi suatu hal yang sangat penting.

Desain website yang memenuhi konsep dasar desain dan profesional tentunya akan mendatangkan banyak pembaca. Para pembaca atau pengunjung ini juga selanjutnya akan menjadi calon konsumen bagi produk yang Anda tawarkan.

Untuk membantu meningkatkan penjualan, selain menyediakan tampilan yang baik website Anda juga harus menyediakan apa yang ingin didapatkan konsumen. Konsumen terkadang ingin mendapatkan informasi dan tanggapan yang cepat. Kecepatan konsumen dalam mendapatkan informasi semakin besar peliang untuk meningkatkan penjualan dalam bisnis Anda.

Website yang profesional menunjukkan bahwa setiap detailnya akan memberikan kemudahan dan mempengaruhi penilaian para pengunjung, sehingga informasi terkait produk dan manfaat produk atau jasa yang ditawarkan harus dijelaskan dengan sejelas mungkin. Oleh karena itu, website Anda rancang harus menyediakan navigasi yang berfokus pada potensi terjadinya suatu transaksi bagi calon pelanggan potensial.

Artikel Terkait  10 Prototyping Tools Terbaik Untuk Para Desainer UI/UX di Tahun 2021

Inilah Desain Website Populer 2021

desain-website-2

Desain suatu website merupakan suatu hal yang akan terus berkembang dan berubah terus menerus. Perubahan website setiap tahunnya biasanya mengikuti tren desain yang ada pada tahun bersangkutan.

Perubahan tren website biasanya terjadi pada perubahan tren tipografi, tren animasi, dan efek-efek realistis. Mengikuti tren desain mampu membantu para pembaca untuk selalu membaca dan mengikuti website Anda. Berikut ini adalah rangkuman desain web yang populer di tahun 2021

1. Parallax Animation

Penambahan parallax animation pada desain web di tahun 2021 merupakan pilihan yang tepat. Parallax adalah ilusi optik yang objeknya ditempatkkan berdekatan pada jarak pandang pembaca akan bergerak lebih cepat, sedangkan objek yang jauh dari jarak pandang pembaca akan bergerak lebih lambat.

Ilusi parallax akan menciptakan kesan visual yang nyata kepada para pembaca seperti sedang melihat pemandangan yang luas saat mengemudi dalam kehidupan nyata.

2. Dark Mode

Tren desain web dark mode sangat banyak digunakan pada website-website yang ada di tahun 2021. Penerapan dark mode pada website juga dipengaruhi oleh perilaku pembaca yang lebih menyukai tampilan dark mode, hal ini disebabkan karena dalam dark mode mata pengunjung akan lebih nyaman membaca tulisan-tulisan yang ada pada website Anda.

Penggunaan dark mode tentunya juga mempengaruhi tampilan visual dari website yang Anda rancang terlihat sederhana namun tetap elegan. Kontras yang ditampilkan pada website dengan dark mode akan lebih terlihat dibandingkan tanpa menggunakan dark mode.

3. Neumorphism

Neumorphism merupakan desain web yang menonjolkan perpaduan penggunaan elemen-elemen yang terkesan klasik dan sederhana, yang selanjutnya dipadukan dengan desain modern serta minimalis. Neumorphism juga dapat diartikans ebagai gabungan skeumophism dengan flat desain.

Tren desain ini lebih menonjolkan warna-warna yang seragam dan penggunaan elemen-elemen yang sederhana, serta menggunakan desain minimalis atau flat. Desain neumorphism memudahkan pembaca dari berbagai kalangan membaca dan menangkap pesan yang ingin disampaikan.

Artikel Terkait  Proses Desain User Experience : Memulai Dari Awal dan Apa Saja Tahapannya?

4. Dynamic Scrolling

Navigasi merupakan elemen penting dalam suatu website, scrolling juga merupakan salah satu navigasi menuju ke halaman website berikutnya. Scrolling juga berguna saat pengunjung ingin berinteraksi dan melihat gambar-gambar dari produk Anda.

Scrolling mungkin adalah hal sederhana, namun pengalaman scrolling yang cepat dan menarik akan membuat pengunjung tertarik untuk berinteraksi lebih lama dan jauh dengan website Anda. Penggunaan dynamic scrolling membantu menawarkan pengalaman interaksi cepat dan menarik bagi para pengunjung.

Dynamic scrolling dapat dilakukan dengan berbagai penambahan efek-efek animasi, pergerakan dynamic scrolling juga dapat dibuat secara horizontal maupun vertikal. Dynamic scrolling agar lebih menarik dapat dilakukan penambahan warna, bahkan transisi animasi.

5. Gradien Warna

Tampilan warna juga merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan dalam merancang suatu website. Warna-warna terang juga mendominasi desain tampilan website, warna-warna terang yang menjadi favorit para pembaca adalah palet warna pastel dan warna-warna yang soft.

Selain warna-warna terang, gradient warna juga menjadi favorit dalam penggunaan desain website. Tren warna ini dapat menciptakan suatu kesan tampilan visual yang artistik dan kedalaman visual. Dengan demikian, warna tampilan dari website Anda akan lebih menarik dan berbeda dari website-website lainnya.

Itulah beberapa tren desain web yang ada pada tahun 2021 yang dapat menjadi inspirasi Anda dalam membuat website yang dapat menarik banyak pembaca yangs elanjutnya dapat menjadi calon konsumen yang potensial.

Bisnis Anda tentunya memerlukan website dengan desain yang sedang tren di tahun 2021. Namun Anda bingung dan tidak memiliki skill dalam pembuatan website? Jangan khawatir! Hanya dengan menghubungi tim Appkey, Anda bisa memiliki website dengan desain kekinian yang dapat membantu Anda meningkatkan penjualan bisnis Anda.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya