Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Desain Design Web Percantik Web dengan Parallax Effect | Rekomendasi Source Parallax...

Percantik Web dengan Parallax Effect | Rekomendasi Source Parallax Web

-

Bosan dengan tema web yang statis, membosankan dan itu-itu saja? Sekarang Anda bisa berkerasi mempercantik website dengan Parallax effect CSS yang bisa didapatkan gratis dari source web rekomendasi berikut ini dari kami!

Sudahkah Anda pernah mendengar istilah Parallax effect sebelumnya? Parallax effect atau efek Parallax web adalah sebuah inovasi trik desain website yang mampu menjadikan tampilan UI web lebih dinamis dan ‘hidup’. Dengan mengaplikasikan Parallax website tutorial saja, Anda sudah bisa mengubah tampilan web yang membosankan menjadi penuh kejutan ketika pengunjung web men-scrolling website Anda.

Ya, kunci utama dari permainan Parallax effect CSS adalah pada saat user men-scrolling isi website. Pada website biasa, Anda pastinya hanya akan mendapatkan tampilan website yang biasa-biasa saja, statis, dan tampilan informasi yang kaku.

Namun dengan sentuhan efek Parallax web, transisi objek dan konten di website Anda menjadi lebih interaktif, dinamis dan menyenangkan untuk dilihat. Anda bisa mengatur kecepatan scroll halaman dengan Parallax effect agar visitor bisa lebih nyaman kala menggulir website Anda. Pun Anda bisa menggabungkan dua layer dan lebih sehingga menjadikan mereka saling tumpang tindih demi menciptakan tampilan yang lebih menarik untuk dilihat. Alhasil, website-website yang menggunakan Parallax effect lebih mudah untuk mendapatkan serta mempertahankan visitor.

Saat mempelajari Parallax website tutorial, Anda akan belajar bagaimana cara membuat metode scrolling yang lebih hidup untuk semua halaman di website Anda mulai dari homepage atau beranda, halaman konten, about us, dan seterusnya sesuai keinginan Anda. Wah, jadi semakin tidak sabar ya untuk mencoba Parallax effect?

Jangan khawatir, Anda bisa langsung mempelajari aneka source Parallax effect pada website-website berikut ini untuk mempermudah mengaplikasikan efek scroll dinamis ke web sendiri. Yuk disimak penjelasannya bersama-sama!

15 Rekomendasi Efek Parallax Web Terbaik

web-design

Ingin memakai Parallax effect pada website tapi tidak tahu bagaimana cara terbaik untuk mengaplikasikannya? Berikut ini kami sudah mengumpulkan 15 rekomendasi pengaplikasian Parallax effect pada sejumlah website sebagai resource:

Firewatch

Contoh Parallax effect website pertama sekaligus terbaik adalah Firewatch. Firewatch adalah sebuah website gaming, namun hebatnya, web ini memadukan 6 layer sekaligus sehingga menjadikan tampilan website sangat hidup. Seolah-olah user diajak untuk betul-betul berpetualang di dunia fantasi dan menikmati keseruan bermain secara nyata. Meski demikian, semua fitur navigasi Firewatch disusun dengan simpel sehingga memudahkan setiap orang menemukan informasi yang dibutuhkan.

Intip web Firewatch di: www.firewatchgame.com 

Artikel Terkait  Pemakaian Material UI dalam Design Web dan Aplikasi, Layakkah untuk Dicoba?

Garden Studio

Berbeda dengan Firewatch, Garden Studio mempunyai perpaduan 3 layer dan menampilkan 3 menu utama saja pada homepagenya. Setiap menu juga akan mengantarkan Anda pada tampilan suasana yang berbeda-beda, lengkap dengan animasi tambahan, di setiap kali Anda men-scroll mouse.

Garden Studio memilih memakai Parallax effect untuk mempersimpel tampilan websitenya agar pengunjung tidak kebingungan saat mengunjungi web. Bahkan, Garden Studio sukses memperoleh juara di ajang desain web Awwwards sebagai ‘Site of The Day’. Keren!

Intip web Garden Studio di: https://gardenestudio.com.br/en

Alex Dram

Untuk Anda yang sedang mencari inspirasi web portofolio konten pribadi yang bagus, maka Anda bisa mencoba membuat web seperti Alex Dram ini. Dengan memanfaatkan efek Parallax, setiap objek karya yang terposting di website ini bisa berubah bentuk di setiap kali user men-scroll halaman website. Efek Parallax sukses membentuk website portofolio yang biasa menjadi sebuah platform yang ‘bercerita’ mengenai karya-karya terbaik Anda kepada audiens!

Intip web Alex Dram di: www.alexdram.com

DogStudio

Satu lagi website pemenang Site of The Month dari Awwwards untuk kategori web desain terbaik: DogStudio. Website ini sukses menciptakan tampilan UI/UX yang super memukau dengan menggabungkan beraneka ragam elemen kompleks pada desain web, mulai dari transisi warna kontras, gambar-gambar 3D dan juga backsound.

Tentunya diperlukan banyak praktek dan pengetahuan agar bisa menemukan kombinasi perpaduan elemen desain yang baik seperti yang dilakukan oleh tim DogStudio. Jika Anda penasaran, maka Anda bisa melihat-lihat ke website DogStudio untuk mendapatkan inspirasi.

Intip web DogStudio di: https://dogstudio.co

The Dockyard Social

Selanjutnya, ada website The Dockyard Social yang patut diacungi jempol karena menghadirkan konsep yang berbeda dengan website-website sebelumnya. Jika website lain memakai efek Parallax untuk membuat tampilan portofolio yang baik, maka The Dockyard Social memakai Parallax ini untuk membuat tampilan khas restoran visual.

Ketika Anda mengunjungi The Dockyard Social, Anda akan langsung disambut dengan konsep resotran trendy dan layar website akan ‘terbuka’ bak pintu masuk restoran secara virtual. Efek Parallax tentunya sangat berperan di sini, begitu pula dengan tampilan selanjutnya yang berubah-ubah pada halaman website saat digulir. Menarik, bukan? Jika Anda punya website bisnis makanan, maka Anda perlu mampir mengunjungi website The Dockyard Social.

Intip web The Dockyard Social di: www.dockyardsocial.com 

Artikel Terkait  Cara Membuat Landing Page yang Menarik dan Responsive

Diesel: BAD Guide

Beranjak dari restoran virtual, kita sekarang tiba di website produsen parfum asal Paris bernama Diesel: BAD Guide. Website milik Diesel: BAD Guide ini juga mengaplikasikan efek Parallax untuk mengoptimalkan user experience dari pengunjung website. Seluruh produk parfum yang dijual oleh brand ini akan ditata seperti pinboard. Jadi, user hanya perlu untuk mengklik produk yang ingin mereka lihat dan akan langsung diarahkan pada spesifikasi produk seperti saat mencoba parfum sungguhan. Cara memamerkan produk yang simpel dan menarik, ya!

Intip web Diesel: BAD Guide di: www.bad.diesel.com

Vectary

Tak kalah menarik dengan Diesel: BAD Guide yang menunjukkan produk sebagai sorot fokus utama web, Vectary menyajikan review / testimoni terbaik dari seluruh konsumen Anda di website dalam bentuk bubble chats. Alhasil, visitor yang baru pertama kali tiba ke website Anda akan membaca testimoni user sebelumnya seperti halnya sedang membaca pesan chat. Efek Parallax juga mempermudah tampilan informasi karena memberi efek fade-in dan fade-out serta warna-warni untuk setiap teks.

Intip web Vectary di: www.vectary.com

Jess & Russ

Siapa yang masih sering kebingungan saat membuat undangan? Saat ini, banyak orang sudah menggunakan sistem undangan online untuk mempermudah menyebarkan undangan ke banyak orang, seperti undangan pernikahan. Bahkan, Anda juga bisa menggunakan website dengan Parallax effect untuk mempermudah membuat undangan dan menyebarkannya. Contohnya ada pada website Jess & Russ.

Di Jess & Russ, undangan pernikahan disusun seperti sebuah buku cerita yang saling sambung menyambung terkait perjalanan cinta sang calon mempelai pengantin. Anda bisa menggunakan Parallax untuk membuat undangan cantik dari acara sendiri, atau membuka jasa agensi desain undangan yang menarik. Dijamin keuntungan Anda akan berlimpah karena konsep jasa yang super unik!

Intip web Vectary di: www.jessandruss.us

A-dam

website-3

Anda punya website toko baju (fashion)? Jika iya, Anda bisa mencoba mendesain web dengan Parallex seperti yang dilakukan oleh A-dam, sebuah website fashion underwear (pakaian dalam) pria ini. Semua produk pakaian ditampilkan dengan unik, bergulir dan bergiliran seperti saat Anda hendak memilih pakaian di lemari dengan efek Parallax.

Intip web A-dam di: www.a-dam.com

Bagigia

Satu lagi website e-commerce yang menggunakan Parallax effect yakni Bagigia. Berbeda dengan website A-dam yang simpel, Bagigia memakai efek Parallax untuk memperkenalkan dan menjelaskan produk-produknya secara rinci ke setiap pengunjung dalam format 3D. Jadi, calon pembeli bisa bebas sesuka hati melihat produk dari beragam sisi untuk mendapatkan gambaran nyata terkait produk idaman. Pemilik website pun tidak perlu repot menulis banyak deskripsi untuk menjelaskan produk.

Intip web Bagigia di: www.bagigia.com 

Artikel Terkait  5 Masalah Desain UI/UX yang Sering Dihadapi Developer

Hegarty on Advertising

Siapa bilang website dengan efek Parallax harus ribet dan kompleks? Anggapan tersebut dipatahkan oleh website Hegarty on Advertising. Website Hegarty sukses mengaplikasikan efek Parallax namun tetap menjaga konsep desain minimalis dengan warna-warni cantik untuk memanjakan mata setiap visitornya sekaligus memudahkan mereka mendapatkan informasi.

Intip web Hegarty on Advertising di: www.hegartyonadvertising.com

Walking Dead

Rekomendasi web Parallax yang satu ini ditujukan untuk Anda yang mengelola website komik elektronik (e-comic). Beberapa website memang menyediakan aneka komik online secara gratis, namun sensasi membaca komik online di kebanyakan website masih terasa datar dan membosankan. Untuk itu, website Walking Dead menghadirkan sensasi baru membaca komik online seperti komik asli dengan Parallax efek.

Ya, di Walking Dead, Anda bisa membaca dan ‘membalik’ halaman komik pada website seperti Anda membalik kertas buku komik biasa. Seluruh ilustrasi dalam komik juga terasa amat nyata, sebab background komik bisa berubah mengikuti perjalanan sang tokoh cerita saat Anda menggulir halaman website. Tertarik untuk mencoba membuat website unik seperti ini sebagai milik Anda sendiri?

Intip web Walking Dead di: www.cabletv.com/the-walking-dead

Missing

Selain komik, konten cerita lain juga bisa ditampilkan dalam metode yang unik dengan Parallax efek. Seperti pada website Missing buatan SBS developer yang menampilkan cerita Wendy Jane Pfeiffer ke dalam format bak film layar lebar bioskop. Semua dekorasi dan desain yang unik dibuat di website ini dengan memakai Parallax efek saja. Keren!

Intip web Missing di: www.sbs.com/au/missing/

Github Page 404

Paling berbeda dibandingkan website-website lainnya, GitHub menggunakan efek Parallax untuk mempercantik halaman yang sedang diperbaiki! Jika Parallax digunakan kebanyakan untuk mempercantik halaman utama web, GitHub justru memakai efek Parallax untuk memperindah halaman errornya. Tujuannya agar visitor tidak kecewa karena halaman yang mereka tuju sedang error dan diperbaiki. Ada-ada saja, ya!

Namun trik ini juga bisa Anda gunakan agar halaman website Anda yang sedang di-maintenance dapat tetap meninggalkan kesan yang baik dalam benak visitor.

Intip web GitHub Page 404 di: https://github.com/404

Tunnel Creek

Rekomendasi website source dengan efek Parallax yang terakhir adalah Tunnel Creek milik New York Times. Di sini Anda akan menemukan artikel informatif terkait Pegunungan Cascades yang ditulis oleh tim New York Times namun ditampilkan dengan gaya berbeda agar pengunjung bisa lebih mudah memahami informasi yang dipaparkan di dalamnya.

Dengan memakai efek Parallax, Anda bisa memberikan edukasi lengkap dengan ilustrasi untuk mempermudah penyampaian pesan dan isi konten ke masyarakat. Untuk Anda yang berprofesi sebagai content writer, cara ini wajib dicoba pada laman website pribadi Anda, ya!

Artikel Terkait  Flat Desain Dan 10 Tips Untuk Membuat Desain Yang Menarik

Demikianlah pembahasan kali ini tentang Parallax website tutorial. Semoga penjelasan di atas mampu menambah wawasan Anda seputar Parallax effect CSS untuk mempercantik website, ya. Selamat berkreasi dengan Parallax efek di web!

Yuk jangan lupa temukan lebih banyak artikel seru dan informatif seputar tips dan inspirasi desain website beserta dunia IT lainnya hanya dari Appkey.id. Sampai jumpa!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya