Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

DesainDesign Web5 Tren Desain Website Terbaru Lengkap dengan Contohnya

5 Tren Desain Website Terbaru Lengkap dengan Contohnya

-

Last Updated on October 16, 2023 by

5 Tren Desain Website Terbaru Lengkap dengan Contohnya – Seperti yang telah kita ketahui, tren desain website akan senantiasa berubah dari waktu ke waktu, bertransformasi dari tren lama ke tren yang baru. Setiap tahun tren desain website pasti mengalami perubahan.

Lantas, seperti apa tren desain website pada tahun ini?

Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai tren desain website. Pastinya, topik pembahasannya itu tidak hanya terfokus pada tren desain website terbaru saja. Akan tetapi, kita juga akan membahas mengenai tren desain website yang terbaik dan juga menarik di tahun ini.

Yuk, simak penjelasan lengkapnya. Jangan lupa siapkan secangkir kopi hangat untuk menemani Anda dalam membaca artikel ini!

5 Tren Desain Website Terbaru di Tahun Ini

1. Retro Fonts (Retro-Futuristik Fonts)

Ketika berbicara tren desain web, rasa-rasanya ada yang kurang lengkap, jika kita tidak membahas jenis fontsnya terlebih dahulu. Karena, fonts merupakan elemen penting yang tak bisa dikesampingkan. Fonts adalah salah satu elemen terpenting untuk mendesain web.

Selain dapat mempercantik tampilan website. Pemilihan jenis fonts yang tepat, ternyata dapat mempermudah dalam penyampaian isi pesan. Pesan/informasi yang ada di dalam web menjadi lebih mudah dipahami, jelas, dan enak dibaca. Sampai saat ini, sudah banyak jenis font yang dibuat dan dirilis yang dapat digunakan untuk mendesain web.

Alih-alih merasa kuno atau ketinggalan zaman. Faktanya, sekarang ini para desainer web profesional di seluruh dunia, mencoba untuk menghadirkan kembali mode retro fonts di tahun 2023 ini.  Akan tetapi, mereka malah memunculkan font jenis baru, yaitu font retro-futuristik yang merupakan inovasi baru, dari sebuah fusi antara font klasik dengan fonts modern.

2. Parallax Effect

Salah satu desain website yang menjadi tren di tahun ini adalah parallax effect.

Sebenarnya, parallax effect adalah efek scroll yang sudah ada sejak lama. Awalnya, muncul di dunia game sebagai alat scroll visual game 2D. Kemudian, diterapkan untuk mendesain web, lalu menjadi tren di dunia web desain dari tahun ke tahun hingga sekarang.

Menurut para desainer web, pada tahun ini, parallax effect juga tetap menjadi salah satu tren desain website yang berada di posisi teratas dunia. Karena, parallax effect ini merupakan fitur scrolling yang dapat memberikan sensasi efek kedalaman optik (3D) agar tampilan background pada halaman web menjadi lebih hidup dan dinamis serta dapat memberikan user experience yang baik bagi user, saat kita melakukan penjelajahan ke setiap sudut laman website.

Namun, ada satu hal yang sangat penting untuk penggunaan desain website ini. Disarankan parallax effect digunakan hanya untuk menyoroti bagian-bagian yang penting saja yang ada di dalam website.

Artikel Terkait  Kesalahan Desain Olshop yang Sering Tidak Disadari

3. Comfortable Colors (Skema Warna)

Sepanjang tahun lalu, sebagian besar orang menghabiskan waktunya bergelut di depan komputer dan gadget selama berjam-jam. Maka, tidak sedikit user yang mengeluh, karena mengalami kelelahan mata. Sebab, mereka terlalu banyak menatap screen dalam waktu yang sangat lama.

Oleh karena itu, para desainer web sepertinya terinspirasi untuk merancang skema warna untuk membuat tampilan visual web yang lebih nyaman dan ramah ditatap mata.

Pada 2022, para desainer web mencoba untuk menghembuskan kembali tren Dark Mode. Bahkan, mereka ingin menciptakan konsep desain warna yang baru sebagai inovasi dari Dark Mode yang sempat trending di tahun lalu.

Skema warna yang difokuskan itu, tentunya di luar warna gelap dan terang. Sehingga, di tahun ini kita akan melihat lebih banyak warna-warna soft yang akan menghiasi setiap tampilan halaman website.

Memang, warna-warna lembut itu memiliki tipikal yang adem, cerah, ramah dipandang mata, dan menenangkan. Contohnya, seperti warna hijau muda, biru laut, cyan, coklat muda, mocca, magenta, ungu lavender, orange muda, hijau tosca, dan masih banyak yang lain.

4. VR (Virtual Reality)

VR adalah teknologi digital terkini yang bisa diterapkan oleh desainer web ke dalam website agar desain website menjadi lebih menarik.

Penggunaan VR di dalam website diprediksi akan menjadi tren desain web di tahun 2022. Bahkan, mungkin trennya ini akan terus meningkat dengan pesat selama beberapa tahun ke depan. Hal itu bisa terlihat, karena VR memiliki fitur yang dapat membuat website perusahaan semakin memiliki user experience yang baik bagi pengunjung.

Misalnya, Airbnb telah lama menggunakan aplikasi VR untuk digunakan dalam mendesain websitenya. VR yang digunakan di website Airbnb adalah teknologi canggih yang dapat menampilkan foto-foto kamar penginapan agar terlihat real sesuai dengan aslinya.

Hanya dengan melihat foto-foto yang ada di website saja, maka seolah-olah si calon klien bisa melihat langsung bagaimana kondisi kamar penginapan tersebut. Aplikasi ini, tentu sangat membantu bagi para pengunjung web, karena dapat memudahkan mereka dalam menemukan kamar penginapan yang paling cocok dengan keinginan mereka sendiri.

Tanpa harus beranjak dari tempat tidur dan hanya melalui website Airbnb yang diakses dari Gadget. Kemudian, mengenakan headset. Maka, pengunjung seperti sedang menyaksikan dan merasakan sendiri seperti apa dan bagaimana kondisi kamar penginapan yang akan disewanya itu secara virtual.

5. Hand-Drawn

Sudah cukup lama, halaman website banyak disesaki dengan sentuhan-sentuhan desain modern yang mainstream. Selama bertahun-tahun itu, kita sudah merasa nyaman dengan desain-desain modern yang sempurna, rapi, dan penuh warna yang sudah tersedia secara default oleh berbagai aplikasi atau software komputer digital.

Namun, ada juga beberapa orang yang menganggap kalau desain modern itu, mungkin agak kurang natural, monoton, dan cenderung membosankan. Oleh karena itu, para desainer web mencoba untuk menemukan tren desain web yang sedikit anti mainstream.  Salah satunya, yaitu Hand-Drawn.

Hand-Drawn adalah gaya desain yang berbentuk tulisan atau gambar tangan alami yang biasanya dibuat di atas secarik kertas dengan pensil/crayon warna dalam bentuk sketsa

Pengunaan elemen hand-drawn yang diusung oleh para desainer web, jelas diharapkan bisa memberikan angin perubahan dan warna yang berbeda untuk desain web. Karakter Hand-Drawn yang awalnya dianggap tidak sempurna dan tidak terkomputerisasi.

Sekarang, malah menjadi tren desain web terbaru yang banyak ditampilkan di web page, karena desain Hand-Drawn dapat membuat website terlihat berbeda, natural, unik, dan out of the box.

Contoh Tren Desain Website Terbaru di Tahun ini

Berikut ini contoh lima tren website terbaru di tahun ini, mulai dari Retro Fonts, Parallax Effect, Comfortable Colors,  Virtual Reality,  sampai dengan Hand Drawn Style.

1. Retro Fonts

retro fonts

Contoh retro fonts yang digunakan di website Spotify

2.Parallax Effect

paralel effect

Contoh Parallax Effect Scroll yang digunakan oleh website The Story of The Goonies

3. Comfortable Colors

comfortable colors

Contoh desain skema warna Comfortable Colors pada website tympanus.net

Artikel Terkait  Apa itu Wireframe Website? Mengenal Wireframe Website dan Manfaatnya

4. VR (Virtual Reality)

virtual reality

Contoh VR yang digunakan pada website Airbnb

5. Hand-Drawn

hand drown

Contoh desain website hand-drawn pada website Kyle Steed

Kesimpulan

Seperti yang sudah dijelaskan tadi di atas, tren desain web pasti selalu berubah/berganti dalam setiap tahunnya. Perubahan tren desain web selalu terjadi, ternyata bukan hanya karena adanya perkembangan teknologi digital terkini.

Namun, ada hal-hal lain juga yang turut memengaruhi terjadinya perubahan trend design web dari tahun ke tahun. Selain perkembangan teknologi digital terkini, perubahan tren desain web terjadi, karena adanya perubahan pada budaya dan selera di masyarakat. Tidak bisa dipungkiri, kedua hal itu dapat mempengaruhi perubahan pada tren desain web di dunia.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya