Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Desain Design Web Terungkap! Inilah Tren Web Design yang akan Ramai Digunakan...

Terungkap! Inilah Tren Web Design yang akan Ramai Digunakan di 2021

-

2021 akan tiba dalam hitungan hari. Yuk, segera percantik website Anda sekarang dengan trend design web yang akan ramai dipakai di 2021 berikut ini. Dijamin, web design inspiration 2021 berikut ini akan sukses membuat website Anda makin trendy!

Faktanya, web design inspiration selalu berubah-ubah dari waktu ke waktu. Design web yang sudah populer di tahun ini bisa jadi sudah tidak menarik atau membosankan di tahun depan, dua tahun lagi, dan seterusnya. Pun kalau Anda sudah cukup lama aktif di dunia web design, maka Anda mungkin menyadari bahwa design web populer dari tahun ke tahun selalu berbeda.

Sudah penasaran ingin tahu apa saja web design inspiration 2021 terbaik yang bisa dicoba? Yuk langsung kita simak bersama-sama kumpulan web design inspiration 2021 terbaik berikut ini. Selamat membaca!

6 Web Design Inspiration 2021 yang Wajib Anda Tahu

trend-design

Mengembangkan sebuah website memang perlu melibatkan banyak komponen, salah satunya adalah web design. Desain dan layout web ini memang tidak bisa untuk diabaikan, sebab hal pertama yang akan membuat visitor (pengunjung) tertarik untuk melihat-lihat website Anda adalah desainnya. Jika visitor tidak merasa nyaman dengan web design inspiration pilihan Anda, maka ia bisa saja beralih ke website lain yang lebih menarik.

Cara termudah agar desain web Anda tidak ketinggalan zaman adalah dengan sering mencari web design inspiration terkini. Rajin mengupdate tampilan website Anda dengan web design inspiration terbaru juga akan memberikan nuansa baru sekaligus fresh untuk pengunjung setia website Anda. Seperti pada web design inspiration terbaru 2021 berikut ini.

Uniknya, prediksi web design inspiration tahun 2021 tak hanya mengusung elemen-elemen desain modern kekinian saja lho. Beberapa trend web design lama juga akan kembali hadir dan digunakan dengan sentuhan inovasi. Berikut ini adalah 6 web design inspiration untuk tahun 2021 yang wajib Anda ketahui. Let’s check them out!

Artikel Terkait  Kumpulan UI Design Libraries Terbaik dan Pentingnya Mulai Membuat Library Sendiri

Neumorphism

Tren desain web 2021 pertama adalah gaya neumorphism. Apa itu neumorphism? Neumorphism adalah gaya desain unik karena menjadi inovasi dari gaya desain skeuomophism, sebuah teknik rendering zaman dahulu ke desain-desain modern. Neumorphism adalah teknik desain yang menggabungkan seni minimalis realisme dan skeuomophism kemudian memodifikasinya dengan sentuhan digital untuk website.

Contoh pengaplikasian neumorphism yang akan paling banyak atau mudah ditemukan adalah pada icon-icon website. Tidak seperti icon warna-warni biasa, icon gaya neumorphism jauh lebih datar, berwarna seragam dan diformat dalam bentuk 3D (timbul ke permukaan). Dengan begini, user akan lebih mudah untuk mengenali icon-icon pada website.

Parallax Animation

Di posisi kedua trend web desain 2021 adalah parallax animation. Banyak pakar dan pengamat desain sudah yakin bahwa trend parallax animation akan booming tahun depan karena keunikannya yang luar biasa.

Parallax animation adalah desain web animasi yang memiliki fokus utama pada permainan ilusi optik. Salah satu contoh parallax animation adalah gambar pemandangan pada background website yang terus berubah ketika user men-scroll halaman website. Sehingga, user akan terus merasa mendapat ‘kejutan’ ketika menjelajahi website Anda dan tidak akan merasa bosan.

Untuk mengetahui lebih banyak seputar ide-ide kreatif desain dengan parallax animation, Anda bisa membaca artikel khusus Appkey yang bertajuk “Percantik Web dengan Parallax Effect | Rekomendasi Source Parallax Web”.

Dark Mode

Siapa yang tidak tahu dark mode? Tren desain mode gelap pada aplikasi dan website ini pertama kali muncul pada tahun 2020, namun tingkat penggunaannya diprediksi akan semakin bertambah di tahun 2021 mendatang. Hal ini disebabkan tak lain karena tingginya penggemar tampilan dark mode sampai hari ini.

Tampilan dark mode memang mempunyai banyak manfaat bagi user. Mulai dari memberikan kesan elegan di halaman web, tidak membuat mata pegal saat melihat layar, hingga lebih menghemat konsumsi daya baterai dari gadget Anda. Ada cukup banyak website yang sudah mengaplikasikan mode gelap ini pada halaman-halamannya. Ada juga website yang menyediakan “tombol switch” sehingga user bisa menyesuaikan sendiri ingin memakai mode gelap atau terang saat menyimak konten website, seperti pada website media harian Tirto.id.

Hanya saja di tahun 2021 mendatang terdapat prediksi bahwa tampilan dark mode akan ditambahkan dengan inovasi sentuhan baru. Inovasi dark mode tersebut adalah pemberian sentuhan warna neon atau pastel pada icon, judul, dan tombol-tombol lain agar tampilan gelap website menjadi semakin cantik. Bagaimana, tertarik untuk mengubah tampilan desain website Anda menjadi dark mode versi terbaru?

Mode Scroll Horizontal (Mendatar)

apa-itu-balsamiq

Jika biasanya kita men-scroll website secara menurun (vertical), maka bersiaplah karena di tahun 2021 kita akan bertemu dengan trend scroll mendatar atau horizontal. Sesungguhnya ini bukan kali pertama bagi trend horizontal scrolling mengudara di dunia web desain. Dahulu sempat ada banyak website yang didesain secara horizontal namun berakhir dianggap sebagai faux-pas alias “kesalahan” dalam dunia web designing. Sejak saat itu, gaya scroll horizontal sempat vakum dan tidak diminati sama sekali oleh masyarakat.

Akan tetapi tahun 2021 dianggap sebagai momen kelahiran kembali bagi gaya scroll horizontal ini. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya desainer yang kembali mencoba bereksperimen dengan gaya scroll mendatar. Pun banyak desainer web profesional modern menilai gaya scroll horizontal mempunyai daya kinerja yang lebih praktis, efisien, dan fungsional untuk web yang dibuka melalui gadget seperti smartphone.

Artikel Terkait  Rahasia untuk Memperlancar Pengembangan Aplikasi? Perbedaan antara Mockup dan Prototipe

Product Photography

Seiring dengan pertumbuhan e-commerce kekinian yang semakin massif, trend desain web product photography pun menjadi salah satu inspirasi desain web yang wajib untuk dicoba gunakan.

Sesuai namanya, product photography adalah gaya desain web yang menggunakan foto-foto utama konten (seperti foto produk dagang) sebagai fokus utama website. Nantinya, diharapkan foto-foto tersebut dapat menjadi media penarik engagement dan interaksi visitor dengan konten website.

Penggunaan product photography diprediksi akan meningkat dan semakin optimal di 2021. Beberapa inovasi dari pengaplikasian product photography misalnya seperti memakai teknologi animasi 3D untuk menampilkan gambar dari beragam sisi, teknologi virtual reality (VR) yang memungkinkan masyarakat mencoba produk secara virtual dan membuat foto yang sesuai dengan ukuran asli produk.

Uniknya, teknologi product photography VR sudah mulai diaplikasikan oleh sejumlah brand lipstick dari sekarang. Mereka sengaja memakai VR untuk melengkapi konten produk lipstick guna menghindarkan calon konsumen dari kesalahan memilih shade warna lipstick. Dengan sistem virtual reality, user bisa mencocokkan langsung warna produk lipstick pada bibir mereka – seolah-olah mereka sudah memakai lipstick tersebut sebelum membeli produk. Canggih! Apakah web Anda juga akan mencoba strategi ini tahun depan?

Reinkarnasi Font Retro

Seperti yang sudah disebutkan di awal, trend web desain 2021 tak hanya melahirkan inovasi unik tetapi juga memunculkan kembali trend-trend lama. Trend lama yang diyakini akan terlahir kembali untuk desain web adalah font retro.

Elemen font memang tidak akan pernah lepas dari dunia desain website. Font adalah nama lain dari bentuk tipografi tulisan. Font adalah elemen penting dalam website karena tanpa adanya font, tulisan konten dan judul web kita akan menjadi tidak karuan bentuknya.

Setiap hari, beraneka jenis font tulisan diciptakan dirilis ke masyarakat. Saat ini pun kita sudah punya jutaan jenis font yang bisa digunakan untuk mendesain web. Hanya saja, font retro mulai digunakan kembali oleh banyak desainer belakangan ini, sekaligus menjadi landasan prediksi kelahiran kembali mode font retro pada dunia web desain 2021.

Artikel Terkait  Pengelola Aplikasi Wajib Baca! Survei Data Pada Aplikasi

Namun tentunya font retro di 2021 akan mengalami modifikasi dan inovasi, sehingga besar kemungkinan akan terjadi perpaduan nuansa klasik dan modern dari retro. Ada pula pakar desain web yang meyakini bahwa 2021 adalah tahun terjadinya pembenahan font serta tipografi retro, sehingga font ini akan sukses menjadi font terbaik baru dalam dunia desain. Seperti apa ya kira-kira bentuk font retro 2021 nanti? Mari kita nantikan bersama-sama!

Demikianlah pembahasan artikel Appkey.id edisi kali ini tentang web design inspiration 2021. Bagaimana, sudahkah kini Anda siap untuk mencoba mempraktekkan trend-tred desain web di atas untuk website sendiri?

Wah, terima kasih sudah membaca artikel sampai akhir. Jangan lupa untuk mengikuti sosial media dan website Appkey.id untuk mengetahui lebih banyak informasi terkini seputar dunia IT lainnya. Sayonara!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya