Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Aplikasi Aplikasi Android 12 Cara Menemukan Ide Aplikasi Terbaru dan 25 Inspirasi...

12 Cara Menemukan Ide Aplikasi Terbaru dan 25 Inspirasi Aplikasi Gratis

-

Membuat suatu aplikasi dari titik nol memang tidak mudah. Anda harus teguh menapaki jalan panjang proses pembuatan sekaligus momen-momen inovasi untuk bisa mencapai garis finish. Namun sebelum lanjut ke eksekusi pembuatan aplikasi, Anda tentu harus sudah berbekalkan sejumlah ide aplikasi yang bagus terlebih dahulu. Mengapa?

Kreativitas menjadi kunci utama di balik kesuksesan suatu aplikasi di masyarakat. Hal ini sudah menjadi rahasia umum. Terlebih, setiap orang memiliki daya kreativitas masing-masing. Ada juga orang-orang yang berusaha mendorong dirinya agar bisa menjadi lebih kreatif lagi. Namun, apa sesungguhnya kreativitas itu? Bagaimana caranya daya kreativitas tersebut bekerja? Lebih penting lagi, bagaimana cara untuk bisa menggali daya kreativitas pada diri sendiri?

Masyarakat sering berpikir bahwa sains dan daya kreativitas merupakan dua hal yang terpisah. Apakah Anda juga demikian? Pola pemikiran ini menjadikan para pendesain aplikasi berpikir selayaknya seorang teknisi dan pendesain produk yang kaku alih-alih berpikir kreatif. Padahal, untuk bisa mendapatkan ide terbaru dan termutakhir guna menciptakan aplikasi terbaik, Anda seharusnya menyeimbangkan antara daya logika dengan kreativitas. Lalu, bagaimana caranya?

Artikel kali ini dijamin akan menolong Anda dalam proses menciptakan aplikasi baru. Pada pembahasan kali ini, kami akan mengajak Anda melihat 5 tips terbaik untuk menggali rasa kreativitas guna menemukan inspirasi untuk aplikasi. Tak hanya sampai di sana, tips no 6 hingga 12 selanjutnya akan memberikan informasi peralatan terbaik untuk memulai membuat aplikasi. Lalu akhirnya, Anda akan mendapat suguhan berupa 25 ide keren dan gratis yang bisa Anda kembangkan menjadi aplikasi sendiri!

Table of Contents

Ilmu Kreativitas

 

be-creative

Bagi suatu kelompok masyarakat modern dimana kehidupan teknologi berkembang dengan canggih dan cepat, tingginya tuntutan untuk berinovasi dan melahirkan kreativitas baru menjadi hal yang wajar. Untuk bisa memenuhi tuntutan tersebut, Anda perlu untuk menggali ke dalam daya kreativitas Anda sendiri.

Hanya saja, tidak ada rumus eksak untuk melahirkan ide kreativitas dengan instan. Anda juga tidak bisa menggunakan patokan pasti untuk mendapatkan ide atau inspirasi kreatif. Ini dikarenakan setiap orang memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri, jadi, ide-ide terbaik menurut versi Anda pun bisa datang dari mana saja secara tak terduga.

Berita baiknya, daya kreativitas lebih merupakan suatu skill ketimbang talenta atau bakat. Dengan memahami hal mendasar ini, Anda kini bisa mempelajari cara untuk menumbuhkembangkan daya kreativitas sendiri, alih-alih menunggunya muncul tiba-tiba secara ajaib.

Inspirasi memang bisa datang dari mana saja,  entah itu saat Anda sedang melihat suatu lukisan bagus, atau dari teori-teori Einstein tentang alam semesta. Hal apapun yang menjadi sumber inspirasi Anda sesungguhnya bukan masalah! Justru, Anda harus mulai memahami bahwa daya imajinasi manusialah yang melahirkan semua mahakarya yang ada di dunia.

Daya imajinasi menjadi bahan bakar utama untuk proses penciptaan benda yang dilakukan setiap manusia. Daya imajinasi juga mendorong kita untuk bergerak maju dan berkarya. Para ilmuwan telah mempelajari proses imajinasi kreatif ini dan mendapatkan hasil berupa teori wawasan yang bisa Anda gunakan untuk menggali ke dalam daya kreativitas diri sendiri. Tunggu apa lagi, yuk simak cara-cara terbaik untuk merangsang daya kreativitas diri menurut para ilmuwan berikut ini!

Artikel Terkait  Peluncuran APP-TOKO: Paket Layanan Pengembangan Aplikasi dan Website

1) Berada di Lingkungan Orang-Orang Kreatif

Cara pertama untuk merangsang daya kreativitas pada diri sendiri cukup sederhana. Anda bisa melakukannya semudah bergaul dan membangun lingkungan dengan orang-orang kreatif lainnya.

Beberapa orang di dunia memang terlahir lebih kreatif dibandingkan masyarakat umum, dan hal ini merupakan suatu talenta tersendiri. Tapi jangan langsung berkecil hati jika Anda tidak lahir dengan talenta tersebut. Anda juga bisa mendorong diri menjadi lebih kreatif hanya dengan menempatkan diri di lingkungan orang-orang kreatif.

Menurut hasil penelitian, daya kreativitas sesungguhnya bekerja selayaknya otot. Semakin sering Anda melatihnya, maka Anda akan menjadi orang yang super kreatif!

Penelitian sains juga telah berhasil membuktikan bahwa anak-anak dengan orang tua kreatif cenderung memiliki daya kreativitas tinggi. Penelitian ini didasarkan pada prinsip bahwa peranan genetika hanya memiliki porsi kecil dalam membentuk sifat kreativitas. Sementara keterampilan yang dipelajari sendiri dan terus-menerus memberikan hasil yang lebih signifikan.

Sedangkan penelitian serupa yang melibatkan orang dewasa menunjukkan hasil kalau seseorang menjadi lebih kreatif saat memiliki semakin banyak pergaulan dengan orang-orang kreatif. Berada di tengah-tengah lingkungan kreatif mendorong orang dewasa dalam proses mengembangkan daya kreativitas diri sendiri.

Jadi, kalau Anda ingin mengembangkan suatu aplikasi yang keren dan unik, gunakan langkah awal dengan berada dalam lingkungan masyarakat yang kreatif. Dengan begitu, ide-ide “ajaib” bisa jadi mulai bermunculan ke benak Anda.

2) Menggali Ruang Imajinasi Fantastis dengan “Mengkhayal”

Cara kedua adalah dengan mengkhayal. Ya betul, mengkhayal. Tentunya Anda pernah mengkhayal, bukan? Meskipun aktivitas mengkhayal biasa diasosiasikan sebagai kebiasaan buruk, ternyata, mengeksplor alam fantasi Anda sendiri ternyata bisa melahirkan ide terbaru dan unik untuk aplikasi.

Selain itu, para ilmuwan telah menemukan bahwa mengkhayal dan berangan-angan dengan fantasi dapat menjadi suatu cara guna meningkatkan daya kreativitas Anda untuk menyelesaikan masalah.

Anda juga bisa memanfaatkan kekuatan imajinasi Anda yang fantastis untuk membantu dalam proses pembuatan aplikasi. Caranya yakni dengan memvisualisasikan diri Anda sendiri terpaku dalam proses kreatif tersebut.

Kemampuan untuk menyerap dan tenggelam dalam ide-ide fantasi Anda sendiri bisa mengantarkan Anda pada gerbang kesuksesan proyek yang tengah dijalani. Selain itu, cara ini juga bisa menjadi kunci untuk menemukan ide serta inspirasi terbaik.

3) Menstimulasi Imajinasi dengan Proses Visualisasi

 

ide-aplikasi-1

Saat membicarakan istilah visualisasi untuk mengembangkan imajinasi, yang sesungguhnya dimaksud bukanlah “melihat diri Anda sendiri telah sukses mencapai target”. Ide tersebut umumnya dibicarakan oleh buku-buku self-improvement atau pengembangan diri.

Namun kali ini, faktanya, pada ilmuwan menemukan bahwa motivasi dalam seluruh buku self-improvement tersebut keliru.

Salah satu penelitian membuktikannya dengan cara membagi seluruh siswa dalam satu kelas ke dalam 2 kelompok. 1 kelompok diminta membayangkan diri mereka telah sukses mendapatkan nilai ujian yang baik. Sedangkan kelompok yang satu lagi diminta membayangkan diri mereka belajar keras dan mati-matian untuk ujian. Bisakah Anda memprediksi kelompok mana yang akhirnya mendapatkan hasil ujian terbaik?

Hasilnya, performa dari kelompok kedua jauh lebih mengungguli kelompok pertama. Penelitian ini pun menarik suatu kesimpulan bahwa proses visualisasi menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan performa kerja. Namun tentunya, agar bisa mendapatkan hasil yang terbaik, Anda harus mencurahkan fokus energi mental kepada proses daripada hasil semata.

Bayangkanlah diri Anda sedang berjuang menjalani proses pembuatan aplikasi. Visualisasikan diri Anda pada setiap tahap dari proses kreatif. Tonton dari perspektif diri sendiri bagaimana diri Anda belajar, bekerja, berkembang hingga mengenyahkan hambatan serta permasalahan yang muncul saat mengembangkan aplikasi.

Artikel Terkait  Apa itu Multitasking? Bagaimanakah Cara Untuk Melakukan Multitasking Pada Iphone dan Android?

4) Berkreativitas Selayaknya Anak-Anak

Jika sampai di sini Anda justru menentang gagasan-gagasan ini karena pikiran Anda mengatakan semuanya terdengar kekanakan, ketahuilah Anda tidak akan bergerak kemana-mana dari garis start. Faktanya, anak-anak memang guru terbaik untuk persoalan menumbuhkan daya kreativitas. Apa kiranya yang menyebabkan anak-anak cenderung memiliki daya kreativitas yang sangat baik?

Jawabannya sederhana: anak-anak cenderung tidak kenal rasa takut. Jiwa dan perasaan anak-anak tidak dibebani oleh perasaan takut, gugup, dan kekhawatiran pelik yang senantiasa mengacaukan pemikiran orang dewasa. Anak-anak tidak pernah cemas membayangkan mempermalukan diri mereka sendiri atau bertindak salah secara tidak sengaja.

Sebagai orang dewasa, sepatutnya kita memahami bahwa ide-ide selalu berevolusi. Jadi, mengapa kita harus takut untuk membagikan gagasan tersebut? Kemukakan ide atau inspirasi yang Anda miliki sekeras mungkin, meskipun ide tersebut masih memerlukan riset serta penggalian informasi lebih lanjut agar bisa diwujudkan dengan maksimal.

Selain itu, anak-anak juga cenderung penasaran akan beragam hal. Anak-anak tidak pernah menahan keinginan mereka untuk bertanya dan alhasil, pengetahuan mereka jadi bertambah dan berkembang luas. Anda selaku orang dewasa juga seharusnya meniru sikap ini, bukan? Jangan merasa takut untuk meminta pendapat, klarifikasi, nasihat atau ulasan (feedback) dari teman-teman atau orang-orang yang menjadi mentor Anda selama proses pengembangan kreativitas ini berlangsung.

Kemudian, anak-anak selalu mempelajari hal baru di sekitar mereka. Pernahkah Anda memerhatikan saat anak-anak tak sabaran dan senang sekali mencoba hal-hal baru untuk pertama kali? Kenyataannya, anak-anak memang sangat gembira jika diberikan kesempatan untuk mencoba dan mempelajari suatu permainan baru atau diajak mengeksplorasi tempat yang belum pernah mereka kunjungi.

Ketahuilah bahwa pengalaman baru akan melahirkan ide-ide baru. Untuk bisa mendapatkan pengalaman baru, Anda bisa menggabungkan sifat-sifat berani mencoba ala anak kecil dengan kehidupan serta pengalaman Anda selaku orang dewasa. Senantiasa mencari jalur-jalur eksplorasi baru bisa membebaskan daya kreativitas Anda dan menjadikannya lebih berkembang. Anda bisa mulai dengan memikirkan bagaimana cara terbaik menciptakan suatu lingkungan yang berani untuk bersuara dan memiliki kebebasan berekspresi dan mengutarakan ide.

5) Menggali Ide Lewat Permainan Asosiasi Kata

Dalam menemukan ide baru dan unik, nyatanya, Anda tidak perlu untuk selalu merumuskan hal-hal original dan tidak pernah ada sama sekali sebelumnya di dunia. Banyak ide-ide kreatif lahir dengan mengembangkan konsep atau hal-hal yang sudah ada sebelumnya. Kemudian, orang-orang kreatif ini mulai berkreasi dan menghasilkan sesuatu yang baru.

Jika ide Anda terdengar pasaran atau Anda justru kehilangan inspirasi, coba gali inspirasi lebih dalam dengan menggunakan permainan kata. Bukan tidak mungkin Anda justru mendapatkan ide kreatif lewat permainan ini. Sebab seperti yang dijelaskan di awal, inspirasi memang bisa datang dari mana saja.

Selain itu, permainan asosiasi kata bisa menjadi teknik terbaik yang membantu Anda membentuk suatu asosiasi kreatif baru dan belum pernah ada sebelumnya. Pengetahuan ini didapatkan oleh pengembang permainan anak-anak asal Jepang bernama Shimpei Takahashi. Takahashi menggunakan permainan asosiasi kata sebagai cara untuk mendapatkan ide desain mainan terbarunya. Dia pun akhirnya menggabungkan dua kata yakni “Gitar” dan “Sikat gigi”, lalu berhasil menemukan desain mainan bagus sekaligus bermanfaat menjadikan anak-anak lebih gemar menyikat gigi.

Untuk Anda yang tidak suka bermain dengan kata-kata menjemukkan, jangan khawatir. Masih ada banyak teknik dan latihan lain guna menggali ke dalam daya kreativitas diri sendiri. Yuk keep scrolling!

6) Menganalisa Nilai Perusahaan Anda Sendiri

Selayaknya manusia, perusahaan pun bisa berubah dan berevolusi dari waktu ke waktu. Jadi, salah satu cara terbaik untuk bisa menggali ide kreatif adalah dengan melihat situasi dan kondisi perusahaan Anda saat ini. Anda juga bisa meninjau kembali untuk melihat sudah sejauh apa perusahaan Anda berkembang. Melihat riwayat perjalanan perusahaan dan usaha Anda sendiri bisa mendatangkan rasa kepercayaan diri plus ide-ide dan inspirasi baru untuk diaplikasikan di masa yang akan datang.

Apa saja nilai-nilai yang menjadi keunggulan perusahaan Anda? Apa strategi terbaik yang Anda gunakan? Jika perusahaan Anda diwujudkan sebagai seseorang, bagaimana Anda akan mendeskripsikannya?

Lalu pertanyaan utama yang harus Anda jawab aplikasi dibuat untuk membantu orang-orang atau konsumen jadi, bagaimana Anda bisa membuat aplikasi yang berdaya guna tepat sasaran?

Sempatkan juga waktu untuk mengobservasi konsumen serta kolega Anda. Berikan dorongan agar mereka mau memberikan review atau ulasan atas pengalaman mereka dengan perusahaan, observasi mereka sendiri terhadap perusahaan, hingga keluhan-keluhan yang mereka rasakan. Anda bisa mendapatkan perspektif baru dengan cara aktif mencari pendapat orang lain. Selain itu, orang-orang yang Anda mintai informasinya juga akan merasa tersanjung sebab merasa diperhatikan kebutuhannya oleh perusahaan. Sama-sama menguntungkan kedua belah pihak, bukan?

Tanamkan pikiran ini baik-baik dalam benak Anda: jangan pernah meremehkan efek dan nilai dari suatu feedback. Feedback menjadi harta berlian yang sangat dibutuhkan kala menciptakan suatu aplikasi. Bahkan untuk mendapatkan ide-ide potensial yang brilian, Anda bisa merasa harus membicarakan tujuan yang ingin Anda capai dengan banyak orang sekaligus meminta mereka untuk berkontribusi kelak.

Nilailah kekuatan dan kelemahan dari bisnis. Aplikasi seperti apa kiranya yang bisa membantu Anda untuk memaksimalkan kekuatan bisnis, atau mengatasi kekurangannya?

Apa tujuan dari perusahaan untuk ke depannya? Mengapa penting bagi perusahaan untuk mencapai target tersebut?

Apakah perusahaan Anda sedang berusaha untuk membangun lebih banyak jalinan kerjasama aktif, meningkatkan proses kinerja, atau hanya berusaha untuk menyelesaikan masalah tertentu? Mungkinkah Anda saat ini hanya sedang berfokus pada retensi atau pengalaman pengguna saja?

Kesimpulannya, menggunakan nilai-nilai dan target yang dimiliki oleh perusahaan saat ini bisa menjadi langkah awal yang efektif untuk merumuskan ide terbaik aplikasi perusahaan. Berikut ini sejumlah pertanyaan lain yang bisa Anda gunakan sebagai bahan pertimbangan:

  1. Apa saja nilai-nilai utama dari perusahaan?
  2. Apa target saat ini dari perusahaan?
  3. Bagaimana cara Anda mendeskripsikan perjalanan perusahaan sejauh ini?
  4. Apa yang bisa Anda pelajari dari strategi pendekatan perusahaan yang telah digunakan selama ini?
  5. Bagaimana cara Anda membantu masyarakat?
  6. Apa yang bisa Anda pelajari dari para kolega perusahaan?
  7. Pembelajaran apa yang bisa Anda petik dari klien atau konsumen?
  8. Bagaimana cara terbaik Anda untuk mengerahkan seluruh kekuatan tim dalam proyek?
  9. Apa saja kelemahan dan kelebihan perusahaan?
  10. Apakah kelemahan dan kelebihan perusahaan bisa dimanfaatkan untuk meraih keuntungan?

  7) Menganalisis Konsumen dan Penilaian Mereka

Mengetahui pendapat dan keluhan konsumen sangat mudah dilakukan saat ini berkat kehadiran perangkat lunak (software) pengumpul data. Hal ini pun menjadi kabar baik bagi para pengembang aplikasi, sebab ada banyak informasi tersedia guna menunjang pekerjaan mereka.

Jika Anda ingin membuat sebuah aplikasi yang baik, lakukanlah riset dan analisa terhadap perilaku konsumen terlebih dahulu. Dengarkanlah kebutuhan dan keinginan mereka. Cari tahu segala kritik dan saran dari mereka, serta alasan mengapa mereka tidak menyukai fitur yang ditawarkan aplikasi.

Bagaimana cara konsumen menjalin hubungan dengan perusahaan Anda? Apakah jenis konten yang menarik minat mereka? Dimana saja mereka meninggalkan jejak digital? Bagaimana cara mereka mencari dan mengakses konten produk atau penawaran yang Anda tawarkan?

Berbicang-bincang secara sederhana dengan konsumen bisa menjadi jalan pintas untuk Anda mengumpulkan informasi terkait keinginan serta kebutuhan mereka.

Ada pula beragam cara yang bisa Anda terapkan guna mendapatkan feedback dari konsumen. Anda bisa mengirimkan survei atau kuesioner (dengan ataupun tanpa upah insentif) ke pada mereka. Anda bisa menyebarkannya ke alamat e-mail konsumen atau media sosial. Selain itu, Anda juga bisa membuat suatu database atau menambahkan fitur pemberian feedback secara langsung dalam aplikasi.  Terakhir, Anda bisa menelepon langsung ke konsumen dan menanyai kesan dan pesan mereka selama menggunakan aplikasi.

Meminta feedback pada konsumen bisa memberikan dampak baik di mana konsumen merasa diperhatikan oleh perusahaan. Sebab, salah satu alasan konsumen berhenti menggunakan suatu aplikasi tak lain karena keluhan mereka tak pernah didengarkan atau ditanggapi oleh pihak pengembang aplikasi. Alhasil, mereka tidak nyaman lagi menggunakan aplikasi tersebut. Taktik melibatkan pelanggan ini juga bisa sekaligus meningkatkan nilai pelayanan konsumen perusahaan di mata masyarakat.

Sejumlah pertanyaan yang bisa Anda gunakan untuk evaluasi adalah:

  1. Apakah Anda sudah memiliki sistem yang efektif untuk mengumpulkan data-data konsumen yang relevan?
  2. Seberapa baik kualitas perusahaan Anda untuk melayani klien dan konsumen?
  3. Hal-hal apa saja yang dicari oleh konsumen dan dimiliki oleh perusahaan?
  4. Nilai-nilai apa saja yang dijunjung tinggi oleh konsumen?
  5. Bagaimana cara konsumen menjalin hubungan dengan perusahaan?
  6. Bagaimana cara termudah untuk orang-orang memberikan feedback?
  7. Apakah Anda sudah memiliki sistem pemberian dan penerimaan feedback yang efektif?
  8. Bisakah saluran feedback ini dioptimalisasikan kembali?
  9. Apa yang bisa Anda pelajari dari feedback sebelumnya?

Artikel Terkait  Mudah WFH Bersama Trello | Aplikasi Organisasi Perusahaan Online No. 1

8) Mengeksekusi Perencanaan Bisnis

Cara ini dipandang tradisional oleh sebagian pebisnis, namun percayalah, perencanaan bisnis yang perusahaan Anda miliki di awal bisa menjadi alat strategi terpenting sekaligus paling bermanfaat guna merumuskan ide baru untuk aplikasi.

Sebuah perencanaan bisnis yang baik biasanya memuat rencana dan target jangka pendek dan jangka panjang. Menggunakan informasi tersebut, Anda bisa mengidentifikasi langkah-langkah spesifik terbaik yang perlu untuk diaplikasikan ke aplikasi dalam rangka meraih target perusahaan.

Perencanaan bisnis juga berguna sebagai suatu “pengingat” akan perusahaan nilai-nilai mendasar perusahaan dan visi misi, yang mana akan membantu Anda juga agar tetap fokus. Anda bisa menggunakan nilai-nilai dasar perusahaan serta strategi perkembangan sebagai inspirasi untuk merumuskan ide aplikasi perusahaan terbaik.

Beberapa pertanyaan yang bisa membantu evaluasi diri:

  • Permasalahan apa saja yang perusahaan Anda berhasil atasi di masa lalu?
  • Bagaimana cara perusahaan mengatasi masalah tersebut?
  • Strategi apa saja yang ampuh dan efektif saat diaplikasikan? Mengapa strategi ini berhasil?
  • Kemudian, strategi apa saja yang gagal? Mengapa strategi tersebut gagal?
  • Bagaimana cara aplikasi menambah nilai bisnis Anda?

9) Mengevaluasi Strategi Marketing Anda

Tidak ada cara terbaik untuk menyenangkan hati bos (dan juga Anda) selain membantu urusan digital marketing perusahaan. Strategi marketing suatu perusahaan senantiasa berubah dari waktu ke waktu. Situasi ini menjadi peluang baik untuk para pembuat aplikasi, sebab mereka bisa dengan mudah mencari tahu invoasi apa yang dibutuhkan oleh aplikasi dan perusahaan kala itu.

Apakah Anda butuh aplikasi yang bisa mendatangkan banyak prospek baik bagi perusahaan? Bagaimana dengan aplikasi yang bisa melacak dan meningkatkan SEO perusahaan, kualitas manajemen media sosial, atau optimalisasi konversi?

Atau, bagaimana dengan menciptakan sesuatu yang bisa mendongkrak konten marketing perusahaan hingga mencapai optimal?

Ada begitu banyak daftar aplikasi potensial yang bisa diciptakan untuk ranah digital marketing saja. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba mengecek kembali situasi dari strategi marketing perusahaan, tren di masyarakat dan data-data relevan lainnya. Gunakan hasil yang Anda dapat sebagai langkah awal untuk menciptakan optimalisasi.

Sejumlah pertanyaan yang bisa Anda gunakan untuk evaluasi adalah:

  1. Pada titik manakah pusat kekuatan marketing perusahaan Anda?
  2. Hal-hal apa saja yang bekerja dengan baik untuk saat ini?
  3. Apa saja hal-hal yang tidak bekerja dengan baik? Mengapa?
  4. Hal-hal apa sajakah yang saat ini sedang dalam perbaikan?
  5. Bagaimanakah cara teknologi baru memengaruhi strategi marketing di masa depan?
  6. Bagaimana langkah terbaik untuk mempersiapkan diri beradaptasi terhadap perubahan situasi dan kondisi yang cepat?

10) Menganalisis Tren Industri Saat Ini

Hal apa yang sedang menjadi tren atau populer saat ini di sektor industri perusahaan Anda? Apakah perusahaan Anda juga ikut bergerak ke arah tren, ataukah justru menjauhinya? Apakah yang dibutuhkan oleh konsumen Anda, dan bagaimana perkembangan ekspektasi mereka terhadap produk atau pelayanan?

Saat membuat suatu aplikasi, penting bagi Anda untuk selalu up to date agar bisa meraih keuntungan. Hanya saja, selalu up to date mengikuti perkembangan terbaru industri tidaklah mudah. Pada kenyataannya, hal ini disebabkan oleh perubahan konstan dalam dunia industri.

Cara terbaik agar Anda bisa mencetuskan ide brilian sekaligus tepat sasaran untuk aplikasi yakni dengan selalu memantau perkembangan tren. Selain itu, gunakan juga beragam informasi yang Anda temui di lapangan. Manfaatkan informasi-informasi tersebut untuk membentuk desain aplikasi yang sempurna.

Lalu, bagaimana caranya agar bisa selalu up to date dengan tren? Caranya mudah sekali! Saat ini sudah ada banyak informasi berharga dan data-data statistik di jagat maya yang tersedia untuk digunakan. Manfaatkanlah sebaik-baiknya!

Anda bisa mulai dengan membuat sebuah daftar berisikan orang-orang berpengaruh dan sukses di sektor indusri perusahaan Anda berdiri. Cari tahu lebih lanjut tentang mereka. Baca tulisan-tulisan yang mereka unggah di blogs, ikuti mereka di media sosial, lalu serap ilmu-ilmu yang mereka bagikan ke khalayak umum.

Untuk memperluas wawasan, cobalah membaca jurnal-jurnal pendukung, mengikuti forum diskusi serta mendengarkan podcast atau menonton video YouTube yang sesuai dengan topik di industri perusaahan Anda.

Jangan lupa belajar dan mengenal beragam sistem dan peralatan analisis website terkini. Berbekal pengetahuan ini, Anda kelak akan bisa melacak sendiri cara konsumen berinteraksi dengan website perusahaan. Data interaksi konsumen ini nantinya akan sangat berguna saat merancang aplikasi yang sesuai untuk perusahaan.

Taktik memonitor bisnis dan kondisi industri sekaligus bisa mengantarkan Anda untuk berada di posisi teratas kurva pencapaian. Ada pula sejumlah website bagus yang bisa Anda manfaatkan untuk mempermudah proses monitoring tren dan strategi marketing terbaik di pasaran, seperti Google Trends, Trendwatching, dan Nichehunt.

Saat Anda sudah terbiasa menjadi sosok yang update terhadap perubahan situasi pasar, otomatis, ide-ide dan inovasi baru akan datang menghampiri benak dengan mudah. Anda tidak akan kebingungan lagi saat mencari ide aplikasi yang paling baik untuk memenuhi kebutuhan pasar di suatu waktu tertentu.

Coba evaluasi diri dengan sejumlah pertanyaan berikut:

  1. Apa saja tren yang relevan dengan industri perusahaan saat ini?
  2. Apakah Anda sudah up to date dengan tren terbaru?
  3. Apakah Anda sudah memahami dengan baik ekspektasi konsumen? Bagaimana dan mengapa ekspektasi tersebut berubah?
  4. Siapa sosok yang paling unggul di sektor industri perusahaan Anda? Apa yang Anda bisa pelajari dan teladani darinya?
  5. Apakah ada kesenjangan di antara informasi yang Anda dapatkan?
  6. Apa saja peralatan analistik yang bisa Anda gunakan untuk melengkapi informasi yang sebelumnya “kosong”?

Kumpulan Website yang Bermanfaat untuk Up to Date dengan Tren

Untuk menambah wawasan Anda, berikut kami sajikan 17 top website internasional yang bisa dimanfaatkan untuk stay up to date dengan tren. Anda juga bisa mencobanya secara gratis.

  1. Springwise – Membantu mengeksplor ide-ide, konsep dan usaha-usaha bisnis dari seluruh dunia.
  2. Trendwatching – Menyediakan beragam informasi terkait inovasi dan tren di kalangan konsumen.
  3. Trend Hunter – Kumpulan terbaik dari ide-ide, wawasan dan laporan yang didapat dari 217.000 orang di seluruh dunia.
  4. Trends@alltop – Memberikan akses pada Anda untuk membaca berita-berita dan informasi terkini dari sumber terpercaya.
  5. David Report – Sebuah blog milik seorang influencer yang membahas beragam hal mulai dari arsitektur, musik dan makanan. Blog ini bisa menyediakan informasi tren terbaru terkait pasar yang akan sangat berguna jika perusahaan Anda bergerak di bidang desain atau budaya.
  6. NOTCOT – Menyediakan ide-ide unik dan khas di bidang visual. Website ini cocok agar Anda selalu up to date dengan dunia desain.
  7. CoolBusinessIdeas – Ini adalah sebuah blog yang berisikan ide-ide baru dan keren untuk beragam sektor industri.
  8. PSFK – Sebuah situs yang didedikasikan di bidang ritel. Website ini berfokus memberikan wawasan dan analisis yang berkaitan dengan pengalaman konsumen. Website ini pula menjadi sumber daya yang berguna untuk para desainer, pemasar digital dan orang-orang di bidang teknologi industri.
  9. MoreInspiration – Sebuah website berisikan daftar dari inovasi yang diorganisir oleh industri.
  10. Trendcentral – Sebuah koleksi lengkap berisikan semua tren gaya hidup dan dunia entertainment.
  11. World Future Society – Website yang menyediakan tren di bidang sains, politik dan dialog-dialog bermakna di kalangan elit intelektual masyarakat. Oleh sebab itu, website ini berguna jika Anda penasaran dengan prospek di masa depan.
  12. JWT Intelligence – Sementara website ini melaporkan tren-tren terkait teknologi, gaya hidup, kesehatan, retail dan budaya. Website ini juga menyediakan banyak data yang bermanfaat untuk “meramal” tren yang akan datang.
  13. TED – Nama website “TED” merupakan singkatan dari Teknologi, Entertainment dan Desain. Website ini berguna untuk mencari tahu kumpulan inovasi terbaik bagi perusahaan Anda.
  14. Lidewij Edelkoort – Lidewij adalah seorang “peramal profesional” baik untuk tren ataupun perusahaan-perusahaan unggulan di bidang seperti tekstil, busana, desain interior, kecantikan, dan industri kesejahteraan. Dia juga merupakan pendiri dari perusahaan bernama Trend Union.
  15. Copenhagen Institute for Futures Studies (CIFS) – CIFS adalah organisasi independent yang berfokus di bidang riset korporat dan organisasi futuristic. Mereka telah bekerja memberikan saran serta pengarahan pada 500 perusahaan dan juga kementrian negara.
  16. Cool Hunting – Cool Hunting memuat koleksi tren dan inovasi yang berkaitan dengan desain, budaya dan teknologi.
  17. Mashable – Mashable juga merupakan salah satu situs yang menyediakan informasi terupdate beserta tren terkini di dunia entertainment, teknologi, budaya dan sains.

11) Menganalisa Kompetitor

Setiap atlet, enterpreneur, dan para eksekutif pemilik bisnis terbaik dunia mengetahui bahwa kunci kesuksesan mereka adalah memahami nilai dan kekuatan para pesaing mereka. Hal ini juga berlaku pada Anda. Para kompetitor Anda sedang berusaha melakukan yang terbaik agar bisa menjadi yang terunggul di pasaran. Jadi, mengapa Anda tidak memanfaatkan kejadian ini untuk memperoleh keuntungan?

Bukan. Poin yang satu ini bukan bermaksud untuk meniru gaya para kompetitor. Melainkan Anda harus mencoba memahami cara kerja mereka, serta mencari tahu alasan mereka melakukan aktivitas tertentu dalam proses kerja mereka.

Jika Anda mencoba meluangkan waktu untuk mengintip pekerjaan para pesaing, Anda akan mendapatkan banyak sekali informasi terkait produk serta strategi yang mereka lakukan. Mungkin juga Anda akan melihat sesuatu yang mereka lewatkan. Selanjutnya, Anda pun bisa mengidentifikasi setiap elemen pendekatan yang mereka lakukan untuk diadaptasi menyesuaikan dengan strategi perusahaan sendiri.

Coba perhatikan semua komentar para pengguna di laman review atau feedback milik kompetitor. Anda bisa menggunakan informasi ini sebagai bahan untuk mengembangkan produk sendiri. Apakah Anda juga menemukan komentar kritik dari penggunaan produk pesaing? Atau Anda hanya ingin fokus menciptakan pengalaman pengguna produk yang lebih baik?

Cari tahu hal apa saja yang bisa bermanfaat untuk masyarakat dan perusahaan dengan baik dan yang tidak. Kemudian, cobalah membuat produk yang serupa atau bahkan lebih baik daripada milik kompetitor.  Dengan sedikit menggali lebih dalam ke data yang sudah ada, Anda bisa mendapatkan ide-ide unik dan luar biasa untuk dikembangkan sebagai aplikasi perusahaan sendiri. Semuanya semudah itu, cukup dengan menganalisa feedback milik para pesaing!

Catatan tambahan:

Jangan pernah takut untuk mencoba menggali ide-ide dari ranah kompetitor unggulan di sektor industri perusahaan Anda. Sah-sah saja bagi semua orang untuk terinspirasi dari ide-ide yang sudah dicetuskan oleh orang lain. Anda bebas menggunakan inspirasi tersebut untuk dikembangkan menjadi hal baru yang lebih baik! Memiliki karya yang murni orisinil memang baik, namun untuk beberapa kasus, mustahil ada seseorang yang bisa mencetuskan ide orisinil sepenuhnya.

Coba ajukan pertanyaan berikut untuk membantu evaluasi diri tentang topik ini:

  1. Strategi apa yang digunakan oleh para pesaing Anda?
  2. Taktik apa saja yang bekerja dengan baik pada pengembangan produk dan perusahaan mereka? Mengapa?
  3. Apa-apa saja yang menjadi kegagalan mereka saat ini? Mengapa?
  4. Apakah perusahaan Anda mampu untuk mengembangkan dan mengungguli hal-hal yang mereka lewatkan?
  5. Sumber daya apa saja yang dimanfaatkan oleh para pesaing?
  6. Apa yang bisa Anda pelajari dari feedback yang mereka dapatkan dari konsumen?

12) Berpikir Out of The Box

Sekali lagi, inspirasi bisa datang dari mana saja. Kebanyakan orang memang memilih berfokus untuk mencari inspirasi dan berkreasi di dalam ranah industri yang mereka pilih. Anda pun tentunya demikian, bukan? Namun kadangkala, bisa jadi Anda merasa kehabisan inspirasi karena telah menggali semua hal potensial dari ranah industri perusahaan sendiri. Rasanya, apapun inovasi yang coba Anda buat terasa sama dengan milik perusahaan lain atau sudah pernah diterapkan sebelumnya oleh perusahaan. Tidak ada hal yang baru.

Jika Anda ingin ide-ide yang fresh, unik, dan beda daripada yang lain, cobalah untuk berpikir “keluar” alias mengeksplor industri lain untuk mendapatkan inspirasi. “Meminjam” ide serta mempelajari strategi dari industri lain yang tidak terlalu relatif dengan perusahaan justru bisa memberikan perspektif baru, konsep yang fresh, dan memperkaya jenis-jenis fitur dalam aplikasi Anda.

Berikut ini pedoman ringkas yang bisa Anda gunakan dalam proses evaluasi topik ini:

  1. Anda ingin membuat aplikasi yang lebih menarik minat dan tumbuh erat dalam benak masyarakat? Cobalah belajar dari industri permainan atau film tentang cara mereka menciptakan pengalaman immersive atau pengalaman yang melibatkan kesan dari para audiens.
  2. Apakah Anda ingin menciptakan aplikasi dengan desain yang cantik, unik, bahkan estetik? Mengintiplah ke ranah industri grafik desain untuk mendapat inspirasi baru!
  3. Atau yang Anda butuhkan adalah inovasi yang langsung mendatangkan perhatian tinggi di masyarakat? Pelajari cara-cara terbaik menjadi tren dari para seleb entertainment dan fashion guru.
  4. Ingin agar aplikasi Anda bisa menceritakan kisah yang menarik ke masyarakat? Lihat cara para penulis terkenal bekerja dari industri sastra. Kemudian, ikutilah metode yang mereka gunakan.
  5. Ingin mengemas penjelasan yang rumit menjadi sederhana dan mudah dipahami? Belajar dari ranah industri pendidikan tentang metode pengajaran terbaik. Setelah memahaminya, coba terapkan di aplikasi Anda.
  6. Anda ingin menginspirasi masyarakat? Gunakan tips-tips populer dalam industri pengembangan diri atau self-improvement.

Intinya, apapun tujuan yang ingin Anda capai, selalu ada sektor industri di luar perusahaan yang bisa menjadi sumber inspirasi Anda. Yang Anda butuhkan hanyalah berusaha untuk menemukannya, dibarengi dengan membuka pikiran seluas-luasnya agar bisa belajar dari sektor-sektor industri tersebut.

Coba ajukan pertanyaan berikut untuk membantu evaluasi diri tentang topik ini:

  1. Secara general, apakah tujuan perusahaan Anda?
  2. Sektor industri mana yang bisa menjadi sumber inspirasi untuk mencapai target Anda?
  3. Apa tujuan perusahaan Anda secara lebih spesifik?
  4. Apakah ada industri yang menjadi unggulan di sekitar lingkungan Anda?
  5. Apakah ada kekosongan atau “gap” dari pengetahuan Anda yang bisa dipenuhi dengan belajar dari industri di luar sektor perusahaan?

25 Ide Aplikasi Gratis untuk Anda Coba!

ide-aplikasi-3

Ini dia bagian yang sudah Anda nantikan! Berikut ini kami sediakan daftar berisi 25 ide aplikasi yang sudah siap dicoba. Semua ide ini gratis untuk Anda coba kembangkan atau jadikan bahan inspirasi untuk invoasi terbaru. Penasaran apa saja? Yuk simak bersama-sama!

1) Gudangnya Opini dan Inspirasi dari Komunitas Sehobi

Ide pertama adalah aplikasi yang bisa bekerja sebagai suatu alat kolaborasi berkarya dalam suatu komunitas. Aplikasi ini bisa saling menghubungkan orang-orang yang memiliki ide-ide, opini, project, ataupun minat yang sama dari berbagai wilayah. Aplikasi ini bisa menjadi sarana terbaik untuk bertemunya otak-otak kreatif di seluruh dunia, begitupun untuk para ilmuwan yang bisa bekerja sama bertukar wawasan melalui platform ini.

Saat ini, ada aplikasi yang berkembang dari ide ini. Aplikasi tersebut bernama Quora. Sudah ada banyak orang menggunakan Quora untuk mendapat ataupun membagi informasi ke khalayak umum. Untuk inovasi, Anda bisa meng-upgrade basis Quora dengan versi yang lebih baik seperti menyediakan fitur personal chatting atau diskusi. Fitur ini pun bisa semakin memperkaya wawasan dari para penggunanya.

2) Aplikasi Pengubah Perspektif

Bayangkan sebuah aplikasi yang membantu Anda untuk mendapatkan cara pandang berbeda untuk suatu hal atau persoalan. Anda juga diberikan kesempatan untuk berbagi pemikiran serta pandangan tentang sebuah isu, sekaligus mendapatkan saran dari orang lain yang memiliki perspektif berbeda.

Mendapatkan perspektif yang berbeda, baik untuk masalah keluarga, bisnis, hubungan percintaan atau persahabatan dapat membantu kita untuk memahami motivasi dan tindakan dari orang lain. Alhasil, kesehatan psikologis pengguna pun dapat berkembang ke arah yang lebih baik.

3) Aplikasi Olahraga yang Memungkinkan Anda Menyewa Peralatan dan Menemukan Orang Untuk Diajak Bermain

Pernahkah Anda melihat lapangan kosong dan berharap Anda punya bola sepak, raket bulutangkis atau peralatan hoki? Atau mungkin Anda memiliki peralatan olahraga di rumah, tetapi tidak ada yang diajak untuk membentuk sebuah tim?

Aplikasi ini akan menghubungkan pengguna dengan bisnis lokal di bidang olahraga yang dapat menyediakan peralatan olahraga untuk disewa. Aplikasi ini berguna agar orang-orang tetap fit dan sehat. Selain itu, ia juga memiliki fitur yang bisa menghubungkan orang di masyarakat untuk diajak bermain sejumlah permainan olahraga.

4) Cara Terbaik Memanfaatkan Uang Lebih

Anda memiliki beberapa uang lebih? Sebaiknya diapakan uang tersebut? Tidak perlu bingung lagi, cukup masukkan secara rinci jumlah uang yang Anda miliki lalu biarkan aplikasi yang memberitahu Anda cara terbaik untuk menggunakannya. Anda pun bisa memiliki sejumlah daftar kategori, seperti menambah pengalaman diri, produk idaman, sedekah membantu orang, hingga tata cara untuk berinvestasi. Jadi, Anda cukup memilih mau digunakan untuk apa uang lebih tersebut. Mudah, bukan?

5) Aplikasi Perencanaan Pernikahan

Aplikasi perencanaan pernikahan akan sangat membantu kelancaran jalan pernikahan seseorang sekaligus mengambil alih beban stres dari calon mempelai. Aplikasi Anda juga dapat membantu menghubungkan setiap pasangan dengan bisnis penyedia sarana pernikahan di sekitar lingkungan mereka seperti toko bunga, pembuat kue, toko pakaian, perhiasan, dan banyak lagi.

Aplikasi juga bisa membantu proses persiapan pernikahan tetap terorganisir, seperti melacak janji pertemuan dengan pihak-pihak yang terlibat dengan pernikahan, sesi mencoba gaun sesi mencicipi kue, serta mengecek tempat berlangsungnya pernikahan. Anda juga dapat menambahkan bagan tempat duduk untuk setiap undangan serta menyediakan cara bagi pasangan melacak kehadiran tamu-tamu penting.

Jangan lupa untuk menambahkan fitur yang memungkinkan keluarga serta teman-teman mempelai berbagi kegembiraan mereka dalam prosesi pernikahan tersebut.

6) Membeli dan Menjual Barang Bekas secara Gratis!

Saat ini, kita bisa membeli dan menjual barang bekas milik pribadi. Hanya saja, sistem jual-beli ini masih mengharuskan kita membayar biaya tambahan sebesar 10%. Masalah ini mendatangkan ide bagus untuk sebuah aplikasi yang memungkinkan kita membeli dan menjual barang bekas secara gratis.

Anda bisa mengatur aplikasi untuk mengakomodasi pembeli dan penjual, atau bahkan mengatur sehingga orang dapat melakukan barter barang. Jelas, akan diperlukan mekanisme untuk mencocokkan item bernilai sama yang memungkinkan pengguna menerima atau menolak ajuan barter. Ide ini dijamin akan menarik banyak pengguna sebab siapa yang tidak menyukai barang gratis?

7) Bertukar Skill

Apakah Anda memiliki keterampilan praktis yang bisa mendatangkan keuntungan untuk orang lain? Mungkin, Anda adalah ahlinya untuk urusan dapur datau membuat barang-barang rakitan sendiri? Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menawarkan keterampilan seperti memperbaiki mesin cuci orang lain. Nantinya, orang yang ditolong oeh jasa Anda bisa memberi imbalan dengan hal lain seperti makanan.

Aplikasi ini akan mendorong masyarakat setempat untuk saling berbagi dan bertukar keterampilan. Anda bahkan dapat menggabungkan elemen pengajaran dan pembelajaran, seperti memberi pelajaran musik sebagai imbalan untuk membantu menulis buku. Pekerjaan tertentu pun dapat diiklankan melalui aplikasi ini.

8) Aplikasi Pelapor Penipuan untuk Wisatawan

Penipuan menjadi masalah serius bagi wisatawan. Jadi, Anda bisa membuat sebuah aplikasi yang memungkinkan wisatawan untuk melaporkan penipuan atau kejahatan yang mereka alami saat berlibur.

Pengguna dapat memberikan informasi tentang lokasi kejahatan dan memberikan rincian tentang bagaimana penipuan dilakukan. Hal ini akan membantu melindungi wisatawan lain dari menjadi korban serupa sekaligus berpotensi mengurangi tingkat kejahatan di daerah tersebut.

9) Aplikasi Perang Debat!

Tak sedikit orang menyukai argumen. Lalu, mengapa Anda tidak mencoba membuat aplikasi yang mempertemukan para pecinta debat yang memiliki pandangan berlawanan? Aplikasi ini dapat memfasilitasi beragam perdebatan seru secara real-time seperti menggunakan video chat.

Ada banyak jenjang karier seperti hukum, politik, dan manajemen, yang mana skill berdebat menjadi salah satu keterampilan penting yang dibutuhkan. Alhasil, aplikasi ini juga dapat dirancang untuk membantu orang-orang di industri tersebut berlatih debat sehingga mereka dapat mengasah dan mengembangkan keterampilan diri. Sebagai catatan penting jika Anda ingin mengembangkan aplikasi ini, Anda harus memiliki sistem yang memastikan jati diri pengguna benar sesuai aslinya. Tujuannya tak lain untuk mencegah orang lain menyalahgunakan aplikasi tersebut.

10) Aplikasi Penebar Kebaikan

Pernahkah terlintas di benak Anda untuk membuat aplikasi yang membantu menyebarkan kebaikan di dunia? Aplikasi ini dapat menghubungkan orang yang membutuhkan bantuan dengan orang lain yang siap membantu ataupun hanya sekadar ingin bersikap baik. Aplikasi ini dapat memfasilitasi pengguna dengan beragam kesempatan untuk melakukan perbuatan baik dan memberikan rasa percaya diri pada diri sendiri

Aplikasi ini dapat mendorong orang-orang membantu satu sama lain di banyak hal seperti memotong rumput, mencuci mobil atau membantu seseorang pindah rumah. Mungkin juga ada sistem dalam aplikasi yang menawarkan bantuan kepada orang tua, orang miskin, atau siapa saja yang membutuhkan pertolongan untuk alasan apapun.

Industri pendidikan juga bisa menjadi aspek yang baik untuk perkembangan aplikasi ini. Banyak guru memiliki waktu luang di musim libur sekolah dan mungkin bersedia untuk menjadi sukarelawan membantu anak-anak belajar membaca atau menulis.

11) Aplikasi Pencocokan Skill Para Freelancer

Untuk sejumlah situs seperti Upwork dan People per Hour, freelancer (pekerja lepas) yang baru menggunakan platform harus mencurahkan segenap waktu dan tenaga untuk membangun reputasi dan feedback pada profil mereka. Bahkan freelancer terkenal dengan banyak klien di dunia nyata pun masih harus berusaha ekstra karena tidak adanya feedback yang mereka dapatkan saat bergabung dengan platform untuk pertama kali.

Untuk itu, dibutuhkan sebuah aplikasi yang mampu menilai keterampilan freelancer, memberikan peringkat dan memungkinkan mereka mendapatkan rekomendasi. Aplikasi ini akan membantu meyakinkan klien bahwa freelancer ini, meskipun baru bergabung, memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek mereka.

12) Aplikasi Penerjemah Secara Langsung untuk Interaksi Media Sosial

Bayangkan jika percakapan WhatsApp Anda bisa melibatkan semua orang tanpa memerhatikan bahasa apa yang mereka gunakan untuk berkomunikasi. Media sosial menjadi sarana terbaik untuk  menghubungkan setiap orang. Sayangnya, media sosial masih memiliki keterbatasan dari segi bahasa asing dan penerjemahannya. Oleh karena itu, sebuah aplikasi penerjemah yang bisa bekerja secara cepat dapat memungkinkan semua orang di seluruh dunia berkomunikasi dengan lebih efisien.

13) Mengambil Foto Spesial ala Nostalgia

Saat ini, orang-orang sangat senang mengambil foto kapanpun dimanapun. Tidakkah keren jika ada aplikasi yang memungkinkan Anda untuk mengambil foto baru namun dengan cara lama di saat yang bersamaan?

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk mengatur sebuah event, semisal acara ulang tahun. Setiap tamu undangan kemudian diberikan batasan jumlah foto yang bisa mereka ambil dengan aplikasi tersebut. Aplikasi ini didesain dengan cara tertentu agar setiap pengguna bisa kembali merasakan seolah-olah tengah mengambil foto ala kamera vintage.

Anda juga tidak bisa langsung melihat hasil jadi foto Anda, jadi, Anda harus berusaha sebaik mungkin agar foto tersebut berhasil sangat baik. Ditambah pula dengan jumlah foto yang terbatas, orang-orang akan terdorong untuk kreatif dalam mengambil foto yang bagus. Untuk menambah keunikan dan tantangan penggunaan, foto-foto dapat disimpan dan dilihat oleh setiap orang yang mengunjungi event, sekitar seminggu atau lebih setelah acara. Persis seperti bernostalgia mengambil foto di jaman dahulu, bukan?

 14) Aplikasi Pencari Barang

Apakah Anda sering kehilangan barang? Tidakkah Anda menginginkan sebuah aplikasi yang bisa membantu untuk mencari benda-benda yang Anda lupa dimana terakhir kali meletakkannya di dalam rumah?

Mungkin aplikasi ini bisa bekerja selayaknya peta yang memuat informasi lokasi sejumlah barang yang penting untuk Anda ketahui posisinya. Anda bisa mendesainnya juga sebagai alat bantu melacak posisi benda yang digunakan sehari-hari dan otomatis selalu berpindah posisi serta rentan “hilang”, seperti kunci kendaraan atau kacamata.

Ada berapa banyak anggota keluarga Anda yang sering bertanya lokasi penyimpanan barang-barang tertentu? Tandai lokasi barang-barang tertentu di aplikasi lalu bagikan informasi tersebut ke anggota keluarga yang lain.

Mencari barang, apalagi yang sudah sering hilang, memang bisa memicu rasa frustrasi tersendiri dan memakan waktu lumayan banyak. Jadi, kehadiran sebuah aplikasi pembantu pencari barang akan sangat digandrungi oleh masyarakat. Tak pelak aplikasi Anda pun akan terkenal dengan cepat.

15) Aplikasi Visual Booking Meja

Aplikasi ini sangat cocok untuk restoran, bar, dan usaha-usaha di bidang makanan lainnya. Setiap orang memiliki selera atau preferensi tempat duduk yang berbeda-beda saat berada di restoran: ada yang suka duduk di dekat pintu, ada juga yang suka duduk di dekat dapur. Pengunjung juga bisa saja sedang makan bersama seorang difabel, sehingga mereka harus mendapatkan posisi duduk yang mudah diakses. Atau pengunjung ingin duduk di kursi terbaik sebab mereka sedang melakukan dinner date atau kencan.

Jadi solusi dari permasalahan tersebut yakni dengan membuat aplikasi yang bisa menunjukkan posisi kursi-kursi di suatu restoran dan membiarkan pengunjung untuk memilih sendiri mereka ingin duduk di mana. Selain itu, aplikasi ini juga bisa memonitor dan memperlihatkan ketersediaan bangku yang belum ditempati atau di-booking. Alhasil masyarakat pun bisa mem-booking sendiri kursi mana yang mereka inginkan.

16) Pendeteksi Kebohongan

Hampir setiap politikus berbohong di sepanjang waktu. Jadi, bayangkan Anda memiliki suatu aplikasi yang bisa melacak jaring penipuan mereka! Aplikasi ini bisa digunakan untuk melacak dan mengukur tingkat kejujuran serta kebohongan setiap politikus.

Aplikasi ini juga bisa mengecek asosiasi korporat dari setiap politikus, rekam jejak politik mereka, dan mungkin merekam serta menganalisis pidato-pidato mereka dengan data-data statistik yang relevan.

17) Penghindar Keramaian

Saat ini kita sudah memiliki banyak aplikasi yang memberitahukan titik-titik lokasi kemacetan. Jadi, mengapa kita tidak membuat suatu aplikasi yang memberitahukan titik-titik lokasi keramaian?

Ada banyak orang yang membenci keramaian dan lebih suka mendatangi tempat-tempat sepi dan sunyi. Aplikasi ini akan membantu mereka dengan memonitor serta memberitahukan tempat-tempat di mana orang-orang tengah berkumpul. Aplikasi ini akan sangat berguna saat musim liburan untuk memberitahu di taman hiburan mana saja yang sangat ramai, hingga waktu terbaik untuk mengunjungi mall saat tidak disesaki pengunjung. Agar dapat bekerja dengan optimal, aplikasi ini harus bekerja menggunakan peta yang sesuai dengan kondisi waktu sesungguhnya.

18) Aplikasi Pelacak Goals

Aplikasi ini bekerja dengan menggabungkan inspirasi dan sistem pengorganisasian. Alat ini akan membantu Anda untuk mengatur dan merancang cara-cara terbaik untuk meraih tujuan kerja Anda.

Goals atau tujuan setiap orang berbeda-beda, mulai dari rajin fitness dan diet, membangun jenjang karir, belajar skill baru, menabung, hingga goals-goals yang tidak biasa seperti pindah ke negara lain, atau tampil lebih percaya diri.

Apapun tujuan yang Anda miliki, aplikasi ini bisa memonitor proses kerja Anda, menyemangati sudah sejauh mana Anda bekerja, dan memberikan apresiasi pada pencapaian yang telah dilakukan. Dengan memanfaatkan sudah sejauh apa progres kerja Anda, aplikasi ini bisa memberikan prediksi jangka waktu yang Anda butuhkan untuk mencapai tujuan. Kemudian, aplikasi bisa turut memberikan cara agar Anda bisa mencapai tujuan dengan lebih cepat dan efisien.

19) Busana Apa yang Harus Saya Kenakan?

Aplikasi ini akan membantu merumuskan saran busana terbaik untuk Anda dengan menggunakan data-data seperti situasi pertemuan yang dihadiri, personalitas diri dan gaya personal fashion Anda.

Anda juga bisa menambahkan keterangan item pakaian yang Anda punya untuk kemudian mendapatkan saran yang sesuai dengan kondisi isi lemari. Selain itu, aplikasi juga bisa memberikan saran model pakaian jenis apa yang bisa Anda beli untuk mendukung penampilan—tentunya disertai dengan daftar toko dan harga yang bisa Anda kunjungi atau beli secara online.

Sebagai tantangannya, pengembang aplikasi ini harus sering-sering memerhatikan tren busaa terbaru. Anda juga bisa menambahkan detil terkait bentuk badan, tinggi, tipe badan, berat, dan lainnya demi mendapatkan rincian yang lebih spesifik untuk saran baju terbaik.

20) Aplikasi “Icebreaker” untuk Pesta dan Pertemuan

Ide yang satu ini bisa melahirkan aplikasi yang terbaik untuk digunakan dalam setiap jenis acara pertemuan sosial, mulai dari kencan hingga konferensi bisnis.

Cara kerjanya, setiap orang yang mendatangi event tersebut harus memasukkan beberapa detil informasi terkait diri mereka (dan foto selfie yang bisa diambil saat event berlangsung) ke aplikasi. Pengguna juga harus menyertakan informasi yang lengkap tentang kesukaan dan ketidaksukaan mereka, passion, beberapa pengalaman, dan goals dalam hidup mereka. Fakta-fakta lain yang menarik tentang mereka pun bisa turut ditambahkan.

Jadi, sebelum Anda berusaha mendekati seseorang, Anda bisa mengecek terlebih dahulu detail informasi tentang mereka di aplikasi dan menggunakannya nanti sebagai topik pembicaraan pembuka.

Aplikasi ini adalah solusi cerdas untuk menghindari pertemuan yang canggung dengan orang baru!

Jadi, daripada berbasa-basi dan meraba-raba menggali informasi dari orang baru yang Anda tidak kenal, Anda bisa langsung membangun percakapan yang lebih dalam dengannya. Namun tetap pastikan bahwa lawan bicara Anda tertarik dengan topik yang Anda bahas.

Anda pun bisa menggunakan aplikasi untuk menemukan kelompok orang-orang yang memiliki ketertarikan atau minat yang sama dengan Anda.

21) Aplikasi Pembaca Cerita

AI / aplikasi mobile pembelajaran bisa mengupayakan yang satu ini. Sudah saatnya teknologi pengubah teks-ke-suara untuk diperbaharui. Idenya tentu saja menciptakan suatu aplikasi yang bisa membaca teks dari Anda dengan gaya seorang storyteller atau pembaca cerita?

Aplikasi ini pun bisa melakukan analisis untuk mengidentifikasi kategori dari teks yang diinput oleh pengguna. Nantinya, aplikasi akan memasukkan suara dan gaya membaca yang sesuai menurut genre cerita ataupun preferensi pengguna. Aplikasi juga bisa didesain agar pengguna bisa menambahkan suara mereka sendiri. Aplikasi ini otomatis akan menjadi solusi terbaik bagi orang tua yang sibuk agar bisa tetap mendongengi anak-anaknya.

22) Nanti Makan Malamnya Apa Ya?

Internet memang sudah menyediakan lebih dari 1000 resep online yang bisa Anda akses. Sayangnya, kejadian yang sering terjadi adalah Anda menemukan resep makanan kesukaan atau yang ingin dicoba, tetapi hanya ada 1 atau 2 bahan saja di dapur!

Ide dari aplikasi ini adalah membuat rekomendasi resep makanan berdasarkan bahan-bahan yang telah dimiliki. Anda bisa men-input antara 5 atau 6 bahan makanan yang dimiliki, lalu aplikasi akan membantu mencarikan resep yang sesuai. Tantangan untuk aplikasi ini sudah pasti harus selalu men-update daftar menu dan resep.

Aplikasi juga bisa membuat rekomendasi berdasarkan konten kesukaan dan preferensi pengguna. Semisal Anda menyukai makanan Thailand, maka Anda akan mendapat lebih banyak rekomendasi resep makanan Thailand. Selain itu, aplikasi ini bisa diatur oleh pengguna untuk memilih resep berdasarkan kategori waktu yang dihabiskan untuk memasak, atau resep dengan tingkat kerumitan tertentu.

23) Aplikasi Manajer dan Penasehat Finansial

Mengatur finansial rumah tangga bisa menjadi hal yang super susah dan merepotkan banyak orang. Bayangkan betapa repotnya mengatur tagihan hal yang berbeda-beda di setiap tanggal, menjumlahkan semua pemasukan dan pengeluaran, belum lagi jumlah pengeluaran untuk kebutuhan yang terus bertambah dari bulan ke bulan!

Wajar saja jika melacak semua aktivitas finansial bisa menjadi sangat sulit dan memakan waktu. Jadi, tidakkah semua orang akan terbantu kalau ada aplikasi yang bisa menolong mereka mengatur pemasukan dan pengeluaran setiap bulan secara sederhana? Mudah sekali bagi aplikasi ini untuk segera menjadi primadona di masyarakat!

Aplikasi ini bisa melacak tagihan dan pendapatan Anda, termasuk kartu kredit, pembayaran hutang, pajak penghasilan dan lainnya. Selain itu, ia bisa memberikan nasehat dan informasi terkait cara menabung dan meningkatkan situasi finansial Anda. Aplikasi juga bisa melacak berapa banyak jumlah pengeluaran Anda untuk setiap kategori kebutuhan, sehingga memberikan Anda informasi kemana saja perginya uang gaji. Anda pun juga bisa membuat perubahan untuk pengeluaran jika dibutuhkan.

24) Aplikasi Penentu Skala Prioritas

Banyak orang kesulitan dalam menentukan prioritas. Jika Anda ingin menjadi orang yang produktif, maka Anda harus mengedepankan hal-hal yang terpenting lebih dahulu, bukan? Berteori memang mudah, tetapi pada prakteknya, masih banyak orang yang kesulitan. Ini dikarenakan otak manusia yang selalu mengecoh membuat seseorang berpikir dirinya telah bekerja produktif padahal dia hanyalah sibuk tak berarti.

Aplikasi ini bisa menjadi solusi permasalahan tersebut. Aplikasi ini akan membantu masyarakat menyortir hal-hal yang benar-benar penting untuk dikerjakan. Sistem kerja aplikasi ini yakni dengan menyediakan serangkaian daftar kegiatan Anda dalam bentuk pasangan. Kemudian ia akan meminta Anda untuk memilih tugas yang lebih penting untuk dilakukan dari setiap pasangan aktivitas.

Alhasil, pengguna bisa membandingkan sendiri pekerjaan-pekerjaan mereka untuk selanjutnya menentukan mana yang paling membawa manfaat untuk diselesaikan. Setelah semua tugas dalam daftar aktivitas dibandingkan dan disusun skala prioritasnya oleh aplikasi, pengguna pun sudah siap untuk menyelesaikan pekerjaan menurut daftar.

25) Aplikasi Pengecek Kesehatan Anjing

Sesuai namanya, aplikasi ini berfokus pada kesehatan dan kesejahteraan anjing peliharaan Anda. Aplikasi ini bisa memonitor segala aktivitas anjing peliharaan Anda, makanan yang dikonsumsi sehari-hari dan juga parameter kesehatan lainnya seperti detak jantung si anjing.

Anda juga bisa melacak serta mencatat jumlah langkah dan jarak tempuh yang dilakukan anjing peliharaan Anda saat ia berjalan-jalan sendiri melalui GPS. Lebih jauh lagi, aplikasi ini bisa menjadi bantuan untuk memantau masalah kesehatan yang bisa menghampiri anjing peliharaan yang baru melahirkan.

Aplikasi ini memberikan akses kepada pemelihara anjing untuk terhubung dengan dokter hewan. Sehingga, para pemilik bisa mendapatkan nasehat serta panduan terkait pemeliharaan hewan. Bahkan, mereka juga bisa segera meminta bantuan kepada dokter hewan di situasi darurat.

Untuk menarik minat pengguna, Anda bisa bekerja sama dengan dokter hewan ternama. Tampilkan beberapa foto dan profil dokter hewan tersebut disertai keterangan bahwa mereka siap membantu masyarakat melalui aplikasi Anda.

Masyarakat pun bisa merasa terbantu dengan cukup berkonsultasi dari rumah tanpa perlu repot-repot lagi membawa hewan dalam kendang ke klinik hewan. Untuk membuat aplikasi lebih baik lagi, Anda bisa memfasilitasi akses ke jurnal-jurnal rekomendasi seputar hewan peliharaan kepada pengguna.

Mari ambil kesimpulan dari tulisan ini.

Namun sebelumnya, selamat karena Anda sudah terus membaca sampai di titik ini! Anda kini sudah belajar banyak informasi baru dan bermanfaat, bukan?  Semoga Anda bisa menggali lebih dalam ke semua sumber atau referensi yang kami sajikan di artikel ini. Semakin banyak membaca dan mencari tahu, maka akan ada semakin banyak informasi yang bisa membantu proses berkreasi Anda.

Semoga artikel ini bisa mendorong Anda menjadi lebih percaya diri untuk memulai proses pembuatan aplikasi sekaligus mendapatkan ide-ide kreatif. Membuat sebuah aplikasi pun sesungguhnya tidak sulit. Faktanya, jika Anda mengikuti saran-saran dalam artikel ini, membuat aplikasi bisa terasa sangat menantang dan menyenangkan! Terlebih, tiada yang mampu menandingi perasaan bangga dan senang saat melihat ide kreatif Anda sudah terwujud menjadi kenyataan.

Jangan biarkan ide-ide fantastis Anda justru terkubur atau terbuang begitu saja! Dengan perkembangan teknologi saat ini, membuat aplikasi sendiri bukanlah hal yang susah lagi. Kalaupun Anda benar-benar kebingungan dan tidak begitu mengerti teknologi dasar untuk aplikasi, manfaatkanlah jasa-jasa pembuat aplikasi yang kini ada banyak dan bisa dicari sendiri di internet.

Jadi jangan ragu-ragu, takut, apalagi cemas dan menghambat diri sendiri sewaktu berkarya dan bereksplorasi. Selamat mencoba!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya