Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Aplikasi Aplikasi iOS iOS Multi-User akan Hadir untuk Anda | Menyimak Kegunaan...

iOS Multi-User akan Hadir untuk Anda | Menyimak Kegunaan Multi-User pada Smartphone

-

Smartphone selalu identik dengan penggunaan pribadi, bukan? Kali ini ada kabar mengejutkan gembira bagi pengguna iOS! Bersiap-siaplah, sebab sistem iOS akan hadir pada smartphone dengan fitur multi user.

iOS multi user support ini diduga mengikuti multiuser android yang telah hadir lebih dulu di kalangan pecinta OS android.

Sejatinya, sistem operasi (OS) pada sebuah gadget dapat dibedakan menjadi 4 tipe berdasarkan jumlah user serta program-program yang dijalankan masing-masing user. Keempat tipe OS tersebut adalah:

  • Single user–single tasking: pada sistem ini, 1 device hanya dapat dipakai oleh 1 user dan 1 program saja. Contoh: Disk Operating System (DOS).
  • Single user–multi tasking: berbeda dengan sistem sebelumnya, di sini user bisa menjalankan lebih dari 1 program dalam kurun waktu tertentu. Akan tetapi, user yang bisa menggunakan OS ini masih 1 orang alias single user. Contoh: Windows, JDS, MacOS, dan BeOS.
  • Multi user–single tasking: satu device dapat digunakan oleh banyak user, akan tetapi, program yang dapat dijalankan hanya 1 saja. Contoh: Novell Netware.
  • Multi user–multi tasking: terakhir, pada sistem multi user dan multi tasking, ada banyak user yang bisa menggunakan banyak program bersamaan dalam kurun waktu tertentu. Contoh: Linux, Unix, FreeBSD.

Pada smartphone, umumnya tipe OS yang digunakan adalah single user–multi tasking. Sementara pada tablet, sudah mulai dikembangkan sistem multi user–multi tasking, seperti pada iPad multiple users iOS 13 maupun tablet-tablet android.

Kira-kira akan seperti apa pengaplikasian iOS multi user support di smartphone? Mari lanjutkan membaca ke bagian selanjutnya.

iOS Akan Hadir dalam Multi User System Support

ios-multi-user-2

Pihak Apple lagi-lagi membawa kabar mengejutkan bagi komunitas pengguna iOS. Kabar tersebut adalah kehadiran multi user system support pada smartphone iOS untuk meningkatkan rasa aman dan nyaman pengguna. Sistem ini dikenal dengan nama iOS multi user support.

iOS multi user support ini sedang dalam proses pengembangan. Berbeda dengan sistem multiuser android, iOS multi user support dikembangkan dengan kolaborasi teknologi “Secure Enclave”. Sebagai hasilnya nanti, diharapkan gadget kecil seperti smartphone dan tablet iOS dapat digunakan secara multi user secara aman dan nyaman.

User pun tidak perlu cemas terjadi kebocoran data-data pribadi ke tangan orang lain ketika gadget mereka berpindah tangan.

Selain bertujuan untuk meningkatkan keamanan setiap user yang berbagi device, Apple menghadirkan iOS multi user support sebagai bentuk paten baru untuk menyamakan kualitas semua produk Apple.

Sebelumnya, Mac Apple sudah memiliki fitur multi user multi tasking. Kini, fitur dan fungsionalitas yang sama akan hadir serentak pada produk-produk smartphone dan tablet Apple.

Bagaimana gambaran mekanisme kerja iOS multi user support? Dalam sistem iOS multi user support, setiap user wajib untuk login ke dalam perangkat untuk mengakses data-data sensitif miliknya. Kemudian setelah selesai bekerja, user bisa log out dan device bisa digunakan oleh user lain.

Sistem autentikasi multi user ini telah dicoba pada iPad multiple user iOS 13, dan hasilnya cukup baik. Pihak Apple mengklaim iPad multiple user iOS 13 terbukti lebih memudahkan banyak user yang bekerja menggunakan 1 device bersama-sama.

Setiap user pemakai gadget akan memiliki password sekaligus kunci enkripsi. Kedua elemen ini akan saling berkaitan melindungi akun dan data pada OS. User pun disarankan untuk mengaktivasi keduanya, sebab, semisal Anda tidak menghidupkan sistem enkripsi maka user lain masih bisa mengakses data Anda meski tidak mengetahui data username dan password.

Sistem iOS multi user support ini juga akan disertai dengan fitur multi tasking dan multi split screen. Multi split screen akan bermanfaat untuk menjalankan dua aplikasi secara bersamaan dalam 1 jendela layar.

Tampilan multi split screen hadir dalam 3 mode tampilan layar, yakni ukuran 2/3, 1/2 dan 1/3 bergantung pada aplikasi yang dijalankan user. Semisal Anda membuka Safari dan membaca dokumen bersamaan, maka layar gadget Anda akan “membelah” setengah menampilkan Safari, setengah sisanya menampilkan layar dokumen.

Pihak Apple pun memastikan bahwa fitur iOS multi user support dapat dinikmati masyarakat pada jajaran tablet dan smartphone versi terbaru yang dirilis Apple. Sudah tidak sabar menantinya? Namun ternyata, fitur multi user ini sudah hadir terlebih dahulu pada Android, lho. Yuk lanjutkan simak bagian berikutnya untuk mengetahui lebih banyak!

Artikel Terkait  Masa Depan Swift Berdasarkan Situasi Penggunaannya Kini

Multiuser Android Sudah Hadir Lebih Dahulu

Tentunya Anda tidak suka jika ada orang lain yang sembarangan membuka informasi sensitif pribadi Anda di smartphone, bukan? Hal inilah yang akhirnya mendasari OS android melahirkan fitur multi user system.

Fitur multiuser android ini memberikan kendali penuh kepada user untuk mengunci semua data-data sensitif Anda pada smartphone. Anda bisa membuat akun dan password khusus untuk setiap pengguna smartphone android Anda, semisal akun khusus anak-anak dan akun teman.

Pun Anda juga bisa menentukan aplikasi apa saja yang bisa tampil dan diakses oleh setiap user. Nantinya, ketika smartphone Anda dipinjam teman ataupun anak, maka Anda bisa langsung beralih mengaktifkan akun khusus yang telah dibuat.

Fitur multiuser android sangat banyak digunakan oleh orang tua yang berbagi smartphone dengan anaknya. Orang tua tidak perlu lagi khawatir jika sang anak mengakses konten-konten yang tidak sesuai dengan usianya pada smartphone.

Bahkan tak sedikit pula orang tua yang sengaja mengunci aplikasi-aplikasi belanja online, Play Store dan e-wallet atau m-banking agar sang anak tidak sembarangan melakukan transaksi tanpa sepengetahuan orang tua.

Konon, iOS juga akan mengikuti langkah serupa pada sistemnya. Salah satu kegunaan dari fitur multi user pada iOS adalah untuk pendidikan anak-anak dengan fitur khusus bernama “Shared iPad for Education”.

Dengan menggunakan Apple School Manager, orang tua maupun guru bisa mengatur agar setiap anak di sebuah kelas bisa berbagi iPad untuk keperluan belajar dengan memakai akun siswa masing-masing. Canggih, bukan?

Inilah Manfaat dan Kelebihan Multi User System Smartphone

ios-multi-user-1

Di pembahasan terakhir ini, kita akan melihat bagaimana manfaat dan kelebihan multi user pada smartphone untuk setiap user. Mungkin Anda masih bertanya-tanya apa manfaat kelebihan multi user pada smartphone? Atau mungkin Anda masih ragu dan malas beralih ke perangkat multi user karena sudah nyaman dengan sistem single user?

Inilah dia kelebihan sistem multi user untuk Anda:

Keamanan Lebih Terjaga

Smartphone single user memang memiliki sistem proteksi yang aman dengan password maupun perlindungan biometrics. Akan tetapi, proteksi-proteksi tersebut tentu tidak akan berguna lagi ketika smartphone dipinjam oleh orang-orang terdekat, seperti teman, keluarga, ataupun anak.

Jika tidak dipinjamkan, maka kita akan terkesan sebagai orang yang pelit. Jika dipinjamkan, kita cemas orang lain bisa mengintip atau mencuri data-data pribadi.

Solusi terbaik untuk permasalahan ini tentunya dengan menggunakan sistem multi user. Dengan menggunakan banyak akun khusus yang bisa digonta-ganti untuk setiap pengguna device, maka Anda maupun user lainnya dapat merasa aman ketika device berpindah tangan. Data-data sensitif Anda tidak akan mampu diakses oleh orang lain selain Anda.

Artikel Terkait  Objective C vs Swift Manakah yang Terbaik untuk iOS Development?

Bisa Mengelola Banyak Akun

Tentunya sistem multi user dapat lebih memudahkan Anda ketika ingin memakai 2 atau lebih banyak akun pada aplikasi-aplikasi dalam 1 smartphone saja.

Semisal Anda bekerja dalam beberapa project kerja menggunakan akun yang berbeda, maka Anda tidak perlu repot membawa banyak smartphone untuk login ke akun kerja yang berbeda-beda. Cukup beralih akun saja, kemudian Anda bisa tetap menjalankan kerja dengan baik.

Memudahkan Kerja Multi Tasking

Fitur multi user biasanya dibarengi dengan fitur multi tasking di dalamnya. Jadi, selain memungkinkan gadget dipakai bersama-sama, gadget dapat digunakan untuk menjalankan lebih dari 1 aplikasi bersamaan untuk mempermudah kerja (fitur multi tasking).

Dengan begini, pekerjaan Anda dapat berjalan dengan lebih cepat dan tidak mengalami gangguan. Semisal Anda sedang mengecek dokumen dan mendapat panggilan telepon, Anda bisa menerima telepon pada layar tanpa perlu menutup aplikasi pembaca dokumen terlebih dahulu. Masih ragu untuk beralih ke multi user support gadget?

Hemat Biaya

Manfaat terakhir dari memilih gadget multi user support adalah hemat biaya. Bayangkan Anda memiliki sebuah tim kerja kelompok atau perusahaan yang personilnya selalu bergonta-ganti. Jelas Anda tidak mungkin memberikan device baru untuk setiap anggota tim yang baru bergabung, bukan?

Dengan gadget berbasis multi user support, user lama yang sudah tidak lagi bekerja dalam tim Anda cukup untuk melakukan log out atau menghapus akun mereka dari device. Sehingga, user baru dapat login dengan akun baru ke device yang sama dan bekerja. Cara ini jauh lebih praktis, mudah dan hemat biaya.

Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini tentang kabar terbaru kehadiran iOS multi user support.

Terima kasih sudah mengikuti sampai di sini. Yuk ikuti sosial media dan website Appkey supaya tidak tertinggal aneka informasi terbaru seputar dunia IT. Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya