Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Aplikasi Cross-platform Manfaat Pengembangan Aplikasi Xamarin Bagi Kelancaran Bisnis Anda

Manfaat Pengembangan Aplikasi Xamarin Bagi Kelancaran Bisnis Anda

-

Memutuskan antara pengembangan aplikasi asli dan lintas platform seringkali merupakan salah satu tugas menyiksa yang dilakukan oleh organisasi meskipun pada akhirnya, pilihannya tergantung pada ekosistem proyek, persyaratannya, dan manfaat platform yang sesuai dengan tugas yang ada.

Biasanya, pengembangan aplikasi Xamarin lintas platform lebih hemat biaya sementara pada saat yang sama mudah digunakan serta dapat dijalankan di berbagai platform. Artikel ini akan menjelaskan berbagai manfaat pengembangan aplikasi Xamarin untuk bisnis Anda.

Pengertian Aplikasi Xamarin

aplikasi-2

Xamarin adalah perusahaan perangkat lunak yang dimulai pada tahun 2011. Microsoft baru-baru ini mengakuisisi Xamarin pada tahun 2016. Xamarin menyediakan berbagai macam alat untuk pengembang yang dapat digunakan untuk pengembangan aplikasi seluler lintas platform.

Ini adalah kerangka kerja untuk mengembangkan aplikasi seluler lintas platform menggunakan C #. Ada berbagai kerangka kerja, yang menawarkan pengembangan aplikasi Xamarin. Mereka menggunakan HTML dan JavaScript. Dengan bantuan kerangka kerja ini, kami dapat mengembangkan aplikasi seperti situs web untuk aplikasi seluler menggunakan perpustakaan JS. Situs web dikemas dalam wadah yang memberikan nuansa aplikasi asli.

Artikel Terkait  Contoh Situs yang Kompatibel dengan PWA! Apa Perbedaan dari Aplikasi Mobile? (versi 2020)

Aplikasi Xamarin ini berbeda karena ia menawarkan satu bahasa C # dan runtime, yang bekerja pada tiga platform seluler (Android, iOS, dan Windows).

Untuk mengunduh dengan Visual Studio, alat Xamarin sudah tersedia. Untuk menggunakan Xamarin di Windows, kita perlu menginstal Visual Studio, yang dapat berupa versi gratis atau lisensi premium. Setelah itu, kita perlu mengkonfigurasinya.

Aplikasi Xamarin sejauh ini merupakan salah satu kerangka kerja yang paling banyak digunakan oleh pengembang di seluruh dunia sementara popularitas dan permintaannya terus meningkat. Organisasi besar seperti BOSCH, SIEMENS, PINTEREST, dan lainnya saat ini menggunakan Xamarin untuk pengembangan produk mereka.

Karena pengembang dapat membuat kode dan menggunakan kembali sebagian besar di platform lain juga, Xamarin telah menjadi alat untuk pengembangan yang sempurna. Ini memungkinkan aplikasi xamarin untuk membawa semua manfaat C # dalam proses pengembangan sementara pada saat yang sama memfasilitasi penggunaan API yang sama. Selain itu, sebagai kerangka kerja sumber terbuka, Xamarin saat ini menampilkan komunitas 1,5 juta pengembang di seluruh dunia yang terus bekerja untuk membuatnya lebih baik.

Pendekatan Pengembangan Aplikasi Xamarin

Ada dua pendekatan untuk pengembangan Aplikasi Xamarin untuk platform seluler seperti Android dan iOS:

  1. Forms memungkinkan pengembang untuk memasang logika C # ke antarmuka visual yang telah dirancang dan berbagi kode di beberapa platform seluler seperti Android atau iOS sebagai serta Windows.
  2. Xamarin Native, di sisi lain, memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi khusus untuk berbagai platform seperti iOS, Windows dan Android.

Lintas Platform

coding-error-1

Untuk aplikasi seluler, tablet, dan desktop, Xamarin menyediakan solusi pengembangan lintas platform.

Membangun aplikasi seluler bisa semudah membuka IDE, menulis dan menguji aplikasi, dan mengirimkannya ke toko aplikasi. Ini melibatkan proses yang melibatkan desain di muka, pengujian kegunaan, pengujian QA pada ribuan perangkat, siklus hidup beta penuh, dan kemudian penerapan dalam beberapa cara berbeda.

Ketika kita memikirkan bagaimana membangun aplikasi Android dan iOS, banyak orang percaya bahwa bahasa asli, Objective-C, Swift, Java, dan Kotlin adalah satu-satunya pilihan.

Xamarin memungkinkan kita untuk mengembangkan dalam C # dengan pustaka kelas dan waktu proses yang bekerja di semua platform termasuk ios, Windows, dan Android.

Pengembangan Aplikasi Xamarin menggabungkan semua kemampuan platform asli dan menambahkan beberapa fitur canggihnya sendiri, yaitu:

Artikel Terkait  Jasa Aplikasi Android Terpercaya dan Terbaik

  • Pengikatan lengkap untuk SDK: Xamarin berisi pengikatan untuk seluruh SDK di Android dan iOS. Binding ini diketik dengan kuat, yang artinya mudah dinavigasi dan digunakan. Xamarin menyediakan pemeriksaan tipe yang kuat selama waktu kompilasi serta selama pengembangan. Ini mengarah pada pengurangan kesalahan waktu proses dan aplikasi berkualitas lebih tinggi.
  • Interop Objective-C, Java, C, dan C ++: Xamarin menyediakan fasilitas untuk secara langsung memanggil library Objective-C, Java, C, dan C ++. Ini memberi kita kekuatan untuk menggunakan beragam kode pihak ketiga yang telah dibuat. Dengan ini, kita dapat memanfaatkan pustaka iOS dan Android yang ada yang ditulis dalam Objective-C, Java, atau C / C ++. Selain itu, Xamarin menawarkan pengikatan proyek yang memungkinkan kita melampirkan native Objective-C secara efisien, dan library Java menggunakan sintaks deklaratif.
  • Konstruksi Bahasa Modern: Aplikasi Xamarin ditulis dalam C #. C # adalah bahasa modern yang mencakup peningkatan signifikan atas Objective-C dan Java. Ini terdiri dari * Fitur Bahasa Dinamis, Konstruksi Fungsional seperti * Lambdas, * LINQ, fitur pemrograman Paralel, canggih * Generik dan banyak lagi.
  • Perpustakaan Kelas Basis Luar Biasa: Aplikasi Xamarin menggunakan .NET BCL. Koleksi kelas yang luas yang memiliki fitur lengkap dan efisien seperti XML, Database, Serialisasi, String, IO, dukungan Jaringan yang kuat, dan banyak lagi. Kode C # yang ada dapat dikompilasi untuk digunakan dalam aplikasi, yang menyediakan akses ke ribuan perpustakaan yang memungkinkan kita melakukan hal-hal yang tidak tercakup dalam BCL.
  • Modern Integrated Development Environment (IDE): Xamarin menggunakan Visual Studio di Windows, Visual Studio untuk Mac di macOS dan. Keduanya adalah IDE modern. Ini termasuk fitur-fitur seperti pelengkapan otomatis kode, proyek canggih, dan sistem manajemen solusi, perpustakaan templat proyek yang komprehensif, kontrol sumber terintegrasi, dan banyak lainnya.
  • Dukungan Lintas Platform Seluler : Pengembangan Aplikasi Xamarin menawarkan dukungan lintas platform canggih untuk tiga platform seluler utama iOS, Android, dan Windows. Aplikasi dapat ditulis untuk membagikan hingga 90% kode mereka. Perpustakaan seluler menawarkan API terpadu untuk mengakses sumber daya bersama di ketiga platform karena mengurangi biaya pengembangan serta waktu pemasaran untuk pengembang seluler. Ini menargetkan tiga platform seluler paling populer.

Kebutuhan Pengembangan Aplikasi Xamarin

Aplikasi Xamarin menggabungkan semua kekuatan platform asli dan juga menyertakan fitur-fiturnya sendiri.

  • Aplikasi Xamarin dikembangkan menggunakan C #. C # adalah bahasa modern yang memiliki banyak peningkatan dibandingkan Objective-C dan Java.
  • Xamarin menyediakan fasilitas untuk menyertakan library Objective-C, Java, dan C ++ secara langsung. Ini memberi kita kemampuan untuk menggunakan kembali semua basis kode pihak ketiga, yaitu Java, Objective-C, atau C ++.
  • Xamarin menawarkan dukungan lintas platform untuk tiga platform seluler utama (Android, iOS, dan Windows). Aplikasi dapat membagikan 90% basis kode mereka.
  • Xamarin mengurangi waktu dan biaya pengembangan aplikasi seluler.
  • Xamarin menyediakan banyak koleksi perpustakaan kelas.
  • Xamarin menyediakan pemeriksaan waktu kompilasi yang kuat. Ini akan menyebabkan lebih sedikit kesalahan runtime dan aplikasi berkualitas tinggi.

Artikel Terkait  Tips Panen Download Setelah Meluncurkan Aplikasi

Fitur Xamarin

  • Xamarin mendukung perangkat yang dapat dikenakan seperti Android Wear dan Apple Watch. Fungsionalitas perangkat yang dapat dikenakan ini dalam aplikasi aslinya disertakan dengan mengunduh plugin sederhana dari Toko Komponen XamarinCo .
  • Plugin Populer adalah Cross-Platform, seperti Text-to-speech dan status baterai. Plugin khusus platform juga tersedia di toko komponen Xamarin seperti plugin dukungan penagihan Google Play.
  • Aplikasi lintas platform berbasis Xamarin dapat dengan mudah digabungkan ke sebagian besar platform backend populer seperti Parse, Microsoft Azure, dll.
  • Pengindeksan pengembangan aplikasi Xamarin memungkinkan aplikasi tersebut berada di hasil pencarian, yang biasanya dilupakan setelah beberapa kali digunakan oleh pengguna.

Manfaat Pengembangan Aplikasi Xamarin untuk Bisnis:

aplikasi-xamarin

Pengalaman Pengguna Asli

Pengembangan aplikasi Xamarin menghasilkan pembuatan aplikasi yang menawarkan pengalaman asli atau hampir asli dengan penggunaan Xamarin.forms. Kerangka kerja memiliki akses ke API asli yang saat ini digunakan untuk platform seperti Android, iOS, sedangkan keaslian adalah hasil dari beberapa elemen khusus platform yang dapat ditemukan di C # dan Visual Studio. Selain itu, Xamarin.Forms selanjutnya memastikan pembuatan UI yang nyaman untuk platform seperti iOS, Windows, dan juga Android.

Tumpukan Teknologi Tunggal

Aplikasi Xamarin adalah salah satu cara yang paling dicari oleh bisnis untuk memastikan efektivitas waktu serta kemudahan pembuatan bagi pengembang. Bahasa tunggal dalam tumpukan teknologi yaitu C # dapat digunakan untuk membuat beberapa solusi tanpa harus berpindah lingkungan, semua berkat Visual Studio. Tumpukan teknologi tunggal dalam Xamarin Framework membuatnya mudah digunakan dan dipelajari.

Logika Aplikasi Bersama

Dengan hampir 95% kode yang dapat digunakan kembali setelah ditulis, pengembangan aplikasi Xamarin dianggap sebagai salah satu tugas termudah untuk dilakukan. Ini secara strategis mengurangi jumlah waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas aplikasi sekaligus mengurangi upaya yang diperlukan secara signifikan. Pengembang dapat menjalankan satu basis kode di beberapa platform dengan hanya sedikit perubahan yang diperlukan.

Hemat Biaya

Karena kerangka kerja pengembangan aplikasi Xamarin menggunakan satu tumpukan teknologi serta kode yang dapat digunakan kembali, waktu yang dibutuhkan oleh pengembang untuk pengembangan satu aplikasi berkurang secara signifikan sementara pada saat yang sama memungkinkan mereka untuk merilis perangkat lunak mereka lebih cepat ke klien.

Karena seluruh proses dilakukan antara C # dan Visual studio, organisasi hanya memerlukan satu tim untuk mengerjakan tugas karena disederhanakan secara signifikan sehingga menghilangkan biaya tambahan yang diperlukan untuk beberapa tim. Mulai membangun di tingkat yang lebih kecil dan meningkatkan pemindahan meneruskan.

Pengujian Terintegrasi

Awan uji Xamarin, tidak seperti yang lain, memungkinkan pengembang untuk menguji aplikasi mereka terus menerus selama proses pengembangan yang dengan demikian menghasilkan pembuatan kode yang sempurna.

Selain itu, cloud pengujian Xamarin dapat digunakan di beberapa platform seluler untuk menguji aplikasi tanpa harus membeli beberapa perangkat untuk pengujian individual. Menemukan masalah kinerja sebelum rilis aplikasi membuka jalan bagi solusi yang agak hemat biaya jika dibandingkan dengan kerangka kerja lain.

Sumber Terbuka dan Dukungan Microsoft

Menjadi kerangka kerja sumber terbuka, Xamarin terus berkembang seperti yang kami katakan. Selain itu, framework ini didukung oleh kekuatan paling dominan di dunia yaitu Microsoft, membuatnya lebih dapat diskalakan, stabil, dan juga kuat.

Perawatan Mudah

Karena kerangka kerja memungkinkan penggunaan kembali kode, aplikasi yang dibuat dengan Xamarin.Forms agak mudah dipelihara. Menerapkan perubahan pada kode sumber ketika setuju dengan suatu masalah pada akhirnya dapat dilihat pada aspek lain juga sehingga menghemat waktu dan uang. Selain itu, komunitas besar selalu siap untuk mendukung dengan masalah yang dihadapi sambil memberikan dokumentasi dan pelatihan yang tepat.

Sejak pengembangan aplikasi Xamarin dengan banyak manfaatnya telah terbukti bermanfaat bagi organisasi bisnis, popularitas kerangka kerja tampaknya tidak terikat di masa sekarang. Mengembangkan aplikasi seluler dengan Xamarin menghasilkan efektivitas biaya serta peningkatan efisiensi selain mendapatkan pengalaman seperti aplikasi asli juga.

Ini adalah salah satu kerangka kerja yang tidak memungkinkan kompromi pada kualitas sementara pada saat yang sama menawarkan penghematan waktu dan langkah-langkah pemotongan biaya untuk organisasi. Skalabilitas platform selain kemudahan penggunaan semakin menambah manfaatnya. Namun, perlu berkonsultasi dengan profesional saat memilih antara pengembangan aplikasi asli atau lintas platform dengan mempertimbangkan berbagai ekspektasi bisnis, tren pasar, serta persyaratan klien.

Artikel Terkait  Aplikasi Pengatur Keuangan - Aplikasi Pengatur Keuangan Seluler Terbaik untuk Keuangan Pribadi dan Bisnis

Kesimpulan

Xamarin juga dikenal sebagai raja pengembangan aplikasi lintas platform. Fitur yang kaya dan manfaat yang dihasilkan dari semua poin menuju aplikasi asli lintas platform. Selain keunggulan Xamarin, Xamarin membanggakan komunitas yang terus berkembang dari 70.000 lebih pengembang yang terus berkolaborasi dan meningkatkan perangkat lunak.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya