Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteBackendManfaat Penting Menggunakan IoT Backend Sebagai Layanan

Manfaat Penting Menggunakan IoT Backend Sebagai Layanan

-

Ide IoT sudah ada sejak lama. Namun, penemuan terbaru seperti Backend sebagai layanan untuk IoT membawa ide tersebut ke level yang baru. Mari mengenal lebih banyak tentang teknologi luar biasa IoT Backend di bawah ini.

Apa itu IoT?

Dalam hal memahami IoT atau Internet of Things, Anda harus tahu bahwa IoT adalah jaringan objek fisik, yakni hal-hal yang terintegrasi atau tertanam dalam sistem berupa sensor, software dan berbagai teknologi lainnya.

Tujuan dari objek tersebut adalah untuk terhubung dengan sistem dan perangkat lain untuk bertukar data atau informasi melalui internet. Yang paling menakjubkan, perangkat semacam itu mulai dari benda-benda rumah tangga sederhana seperti peralatan rumah pintar hingga peralatan industri yang canggih dan raksasa.

Menurut para ahli, saat ini, sekitar 10 miliar perangkat IoT yang terhubung berfungsi secara global dan jumlahnya diperkirakan akan meningkat menjadi 22 miliar pada tahun 2025. Tingkat penggunaan perangkat semacam IoT Backend sebagai layanan jelas akan terus meningkat dari statistik ini.

Jadi, mengapa tidak melihat pentingnya mereka dalam hidup kita?

Mengapa Internet of Things (IoT) begitu penting?

iot-backend-3

Selama bertahun-tahun, internet of things telah menjadi salah satu teknologi paling penting dan menakjubkan saat ini. Dengan bantuan perangkat IoT, kita dapat terhubung dengan objek sehari-hari mulai dari mobil, peralatan dapur, monitor bayi hingga thermostat dan banyak lagi melalui perangkat yang disematkan.

Melalui internet, komunikasi tanpa batas menjadi mungkin antara proses, orang, dan benda. Dengan bantuan komputasi berbiaya rendah, data besar, analitik, cloud, dan teknologi seluler canggih, hal-hal fisik dapat berbagi dan menghubungkan data melalui intervensi minimal manusia.

Di dunia hyperconnected saat ini, sistem ini dapat memantau, menyesuaikan dan merekam setiap interaksi dengan hal-hal yang terhubung.

Apa itu Backend sebagai layanan?

Backend as Service atau Backend sebagai layanan juga dikenal sebagai BaaS adalah opsi layanan berbasis cloud yang berfungsi sebagai middleware.

Platform BaaS memberi pengembang cara yang lebih sederhana namun lebih efektif dan efisien untuk menghubungkan aplikasi seluler dan web mereka ke layanan cloud dengan bantuan API (Antarmuka Pemrograman Aplikasi) dan SDK (Kit Pengembangan Perangkat Lunak).

Pikirkan mengembangkan aplikasi tanpa menggunakan penyedia BaaS sebagai mengarahkan film. Sutradara film bertanggung jawab untuk mengawasi atau mengatur kru kamera, pencahayaan, konstruksi set, lemari pakaian, casting actor dan jadwal produksi, selain benar-benar memfilmkan dan mengarahkan adegan yang akan muncul dalam film.

Sekarang bayangkan jika ada layanan yang mengurusi semua aktivitas di balik layar sehingga yang harus dilakukan sutradara hanyalah mengarahkan dan merekam adegan. Itulah gagasan BaaS: Vendor menangani ‘lampu’ dan ‘kamera’ (atau, fungsi sisi server *) sehingga direktur (pengembang) dapat fokus pada ‘tindakan’ – apa yang akhirnya pengguna lihat dan alami

BaaS memungkinkan pengembang untuk fokus pada penulisan kode aplikasi frontend. Melalui API (yang merupakan cara bagi program untuk membuat permintaan program lain) dan SDK (yang merupakan kit untuk membuat perangkat lunak) yang ditawarkan oleh vendor BaaS mereka dapat mengintegrasikan semua fungsi IoT backend yang mereka butuhkan, tanpa membangun backend sendiri.

Mereka juga tidak harus mengelola server, mesin virtual atau kontainer untuk menjaga aplikasi tetap berjalan. Hasilnya, mereka dapat membangun dan meluncurkan aplikasi seluler dan aplikasi web (termasuk aplikasi satu halaman) dengan lebih cepat.

Artikel Terkait  Apa itu Aplikasi Web? Penjelasan Fitur dan Cara Pengembangannya

Mengapa BaaS begitu penting?

  • Biaya pengembangan lebih rendah

Solusi BaaS lebih sering menghasilkan solusi terkelola seperti server, infrastruktur aplikasi, dan lainnya. Semua ini akan membantu Anda lebih menghemat sumber daya dan pada akhirnya menurunkan biaya pengembangan.

  • Waktu lebih cepat untuk diterjunkan ke pasar

Dengan BaaS, pengembang IoT tidak perlu khawatir tentang administrasi database, skalabilitas dan aspek pengembangan aplikasi serupa lainnya.

Bahkan saat pesaing sedang sibuk atau tenggat waktunya sangat ketat, Anda dapat menikmati kebebasan menulis kode aplikasi untuk meningkatkan pengalaman pengguna dengan aplikasi tersebut.

  • Tidak ada kerumitan manajemen server

Dengan solusi BaaS, Anda tidak perlu repot dengan manajemen server. Sebaliknya, layanan ini hadir dengan infrastruktur dan pengaturan server mereka yang akan menjauhkan Anda dari gangguan server dengan mudah.

Apa itu Mobile-Backend-as-a-Service (MBaaS)?

iot-backend-1

Mobile-Backend-as-a-Service (MBaaS) adalah IoT Backend yang ditujukan khusus untuk membuat aplikasi untuk seluler. Sementara beberapa sumber menganggap BaaS dan MBaaS pada dasarnya adalah istilah yang dapat dipertukarkan, layanan BaaS tidak harus digunakan untuk membangun aplikasi seluler.

Apa saja yang termasuk dalam BaaS?

Penyedia BaaS menawarkan sejumlah kemampuan sisi server. Contohnya:

  • Manajemen database
  • Penyimpanan cloud (untuk konten yang dibuat pengguna)
  • Otentikasi pengguna
  • Pemberitahuan push
  • Pembaharuan jarak jauh
  • Hosting
  • Fungsi khusus platform atau vendor lainnya; misalnya, Firebase menawarkan pengindeksan penelusuran Google

Penyedia BaaS dan MBaaS termasuk Google Firebase dan Microsoft Azure.

Apa perbedaan antara BaaS dan komputasi tanpa server?

Ada beberapa tumpang tindih antara BaaS dan komputasi tanpa server, karena di kedua pengembang hanya perlu menulis kode aplikasi mereka dan tidak memikirkan backend.

Selain itu, banyak penyedia IoT Backend juga menawarkan layanan komputasi tanpa server. Namun, terdapat perbedaan operasional yang signifikan antara aplikasi yang dibangun menggunakan BaaS dan arsitektur tanpa server yang sebenarnya.

Bagaimana aplikasi dibangun

Backend aplikasi tanpa server dipecah menjadi beberapa fungsi yang masing-masing merespons kejadian dan melakukan satu tindakan saja. Fungsi sisi server BaaS, sementara itu, dibangun sesuai keinginan penyedia dan pengembang tidak perlu menyibukkan diri dengan pengkodean apa pun selain frontend aplikasi.

Saat kode dijalankan

Arsitektur tanpa server didorong oleh peristiwa, artinya arsitektur tersebut berjalan sebagai respons terhadap peristiwa. Setiap fungsi hanya berjalan jika dipicu oleh peristiwa tertentu, dan tidak berjalan sebaliknya.

Aplikasi yang dibangun dengan BaaS biasanya tidak digerakkan oleh peristiwa, yang berarti bahwa mereka membutuhkan lebih banyak sumber daya server.

Dimana kode dijalankan

Fungsi tanpa server dapat dijalankan dari mana saja di mesin apa pun selama mereka masih berkomunikasi dengan aplikasi lainnya yang memungkinkan untuk memasukkan komputasi tepi ke dalam arsitektur aplikasi dengan menjalankan kode di tepi jaringan .

BaaS tidak perlu diatur untuk menjalankan kode dari mana saja, kapan saja (meskipun bisa, tergantung pada penyedia).

Bagaimana skala aplikasi

Skalabilitas adalah salah satu pembeda terbesar yang memisahkan arsitektur tanpa server dari jenis arsitektur lainnya. Dalam komputasi tanpa server, aplikasi secara otomatis menskalakan seiring dengan peningkatan penggunaan.

Infrastruktur vendor cloud memulai contoh singkat dari setiap fungsi sesuai kebutuhan. Aplikasi BaaS tidak diatur dengan cara ini kecuali jika penyedia BaaS juga menawarkan komputasi tanpa server dan pengembang membangunnya ke dalam aplikasi mereka.

Apa perbedaan antara BaaS dan Platform-as-a-Service (PaaS)?

PaaS menyediakan platform melalui cloud bagi pengembang untuk membangun aplikasi mereka. Seperti komputasi tanpa server dan BaaS, Platform-as-a-Service (PaaS) menghilangkan kebutuhan pengembang untuk membangun dan mengelola backend aplikasi.

Namun, PaaS tidak menyertakan logika aplikasi sisi server yang dibuat sebelumnya, seperti pemberitahuan push dan otentikasi pengguna. PaaS menawarkan lebih banyak fleksibilitas kepada pengembang, sementara BaaS menawarkan lebih banyak fungsionalitas.

Artikel Terkait  Anda Membuat Aplikasi Node, Tetapi Apakah Anda Melakukan Logging?

5 Top Aplikasi IoT Backend As Service (Baas)

Berikut adalah beberapa IoT Backend sebagai platform Layanan terbaik yang dapat Anda pertimbangkan:

1. Back4app

Ini adalah salah satu platform pengembangan terbaik yang dapat menawarkan cara yang lebih mudah, lebih cepat, dan efisien untuk mengembangkan web, IoT, dan aplikasi seluler untuk pengembang. Ini dapat membantu mereka dalam menghosting dan menerapkan aplikasi kaya fitur dalam waktu singkat.

Fitur utama Back4app adalah REST dan API GraphQL, pemberitahuan push, skalabilitas otomatis, dan banyak lagi.

2. Kuzzle

Ini adalah solusi BaaS lain yang menghadirkan fitur-fitur back-end yang siap digunakan untuk diintegrasikan ke dalam web, IoT, dan aplikasi seluler Anda. Muncul dengan berbagai fitur luar biasa untuk dimasukkan ke dalam aplikasi Anda dan membuatnya lebih mengesankan bagi pengguna Anda.

3. Firebase

Ini adalah solusi ketiga BaaS yang diperoleh Google. Firebase menawarkan dokumentasi teknis yang kaya untuk membuat proses pengembangan lebih mudah.

Bahkan dapat menghilangkan kebutuhan untuk mengelola dan memelihara solusi perangkat keras dan database untuk proyek Anda. Anda bahkan dapat menyambungkan layanannya yang luar biasa seperti database real-time, ML Kit, fungsi cloud, dan lainnya ke aplikasi Anda.

4. Backendless

Ini adalah salah satu solusi IoT Backend paling menakjubkan yang dapat mempercepat seluruh proses pengembangan. Dengan berbagai fitur bawaan yang luas, Anda dapat dengan mudah mengintegrasikan fungsi penting di web, IoT, dan aplikasi seluler Anda. Integrasi API otomatis menjadikan platform ini solusi yang bagus untuk digunakan.

5. Kinvey

Ini adalah solusi pengembangan backend tanpa server yang menawarkan solusi inovatif berbasis react-native juga untuk pengembangan. Ini dapat membantu Anda mengembangkan aplikasi yang kuat untuk berbagai saluran dan fungsi dengan baik melalui backend cloud dan SDK frontend.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, perangkat IoT menguasai dunia teknologi saat ini. Dan solusi IoT Backend sebagai layanan dimaksudkan untuk membuat proses pengembangan IoT menjadi sangat mudah, nyaman, dan lebih cepat. Namun, Anda dapat memilih salah satu solusi BaaS teratas di atas sesuai kebutuhan untuk menikmati manfaat yang ditingkatkan.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya